Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Inspirasi > Teras Bersantai > Balkon Rumah Minimalis

    8 Desain Balkon Rumah Minimalis yang Fungsional dan Keren

    Konsep minimalis menjadi tren yang digemari oleh banyak orang. Tak hanya dari segi desain ruangan, kini banyak juga konsep balkon rumah minimalis yang diterapkan pada hunian. Balkon sendiri menjadi area yang bisa dimanfaatkan untuk menyalurkan hobi bercocok tanam atau sekedar tempat bersantai. 

    Terlebih jika Anda, memiliki rumah dengan dua lantai, maka balkon rumah minimalis adalah spot ternyaman untuk menghabiskan waktu. Agar momen bersantai di balkon rumah lebih nyaman, 8 inspirasi model balkon rumah berikut bisa jadi pilihan. 

    8 Inspirasi Desain Balkon Rumah Minimalis

    Memiliki balkon rumah tentu perlu dimanfaatkan sehingga menjadi tempat bersantai selain di teras. Banyak pilihan konsep desain yang bisa Anda pilih. Simak beberapa model balkon rumah minimalis yang sedang banyak diterapkan berikut ini. 

    Balkon rumah terbuka

    balkon rumah minimalis

    Sumber: houzz.com.au

    Seperti namanya, balkon rumah terbuka ini menyatu dengan area indoor tanpa adanya batasan dinding atau pintu. Balkon jenis ini cocok untuk diterapkan pada rumah 3 lantai atau  hunian apartemen dengan ketinggian di bawah lantai 10.

    Karena dengan balkon yang lebih terbuka, Anda dapat menikmati pemandangan lebih clear namun dengan resiko intensitas angin yang cukup tinggi. Namun untuk mengurangi hal tersebut, Anda bisa menambahkan jendela atau pintu geser dengan ukuran yang sesuai sehingga dapat disesuaikan.

    Desain balkon klasik

    balkon rumah minimalis

    Sumber: ionianplaza.com

    Bagi Anda yang menyukai desain klasik, tentu model balkon rumah sederhana klasik bisa jadi pilihannya. Desain balkon ini akan terlihat elegan dengan penggunaan railing besi sebagai pagar dan kayu pada bagian lantai nya.

    Kombinasi perabotan bernuansa klasik mulai dari kursi besi, kursi goyang, lampu taman dan berbagai aksesoris interior makin membuatnya terlihat selaras.

    Desain balkon modern oriental

    balkon rumah minimalis

    Sumber: livspace.com

    Tidak hanya bernuansa klasik, model balkon oriental modern juga bisa jadi pilihannya. Anda bisa mendesain area balkon rumah dengan vegetasi taman yang dikombinasikan lantai kayu. Untuk tumbuhan, Anda bisa memilih tanaman paku, bambu hias maupun jenis taman lain yang berdaun runcing.

    Kesan modern oriental akan semakin terlihat jika Anda bisa memadukan dengan kursi santai berwarna coklat senada.

    Desain balkon nuansa kayu

    balkon rumah minimalis

    Sumber: nhadatmoi.net

    Bagi Anda pecinta desain rumah bertemakan natural maka balkon bernuansa kayu adalah pilihan tepatnya. Jenis balkon rumah sederhana ini akan memberikan kesan hangat, homey dan santai.

    Tentunya ketika Anda mengkombinasikan dengan perabotan berwarna earthy tone juga akan membuat dekorasi balkon terlihat maksimal dan menyenangkan sebagai tempat bersantai bersama keluarga.

    Baca juga: 12 Desain Ruang Keluarga Mewah Modern - Keren dan Menawan

    Desain balkon modern

    balkon rumah minimalis

    Sumber: cifi.it

    Bagi Anda yang memiliki rumah berukuran minimalis di daerah perkotaan maka desain balkon modern adalah jawabannya. Kombinasi antara pemandangan gedung dengan desain balkon rumah minimalis sederhana tentu akan membuat momen bersantai lebih menyenangkan. Apalagi ketika Anda memilih meletakkan bantal pada dudukan, bikin terlihat homey serta menghangatkan suasana.

    Desain balkon taman

    balkon rumah minimalis

    Sumber: hipcouch.com

    Bagi Anda yang suka berkebun namun memiliki rumah dengan ukuran minimalis tanpa halaman, maka desain balkon taman adalah solusinya. Balkon rumah dengan desain taman tidak hanya terlihat menarik tapi juga menambahkan kesan estetika pada rumah minimalis. Sentuhan kombinasi area terbuka hijau dengan pemandangan gedung tinggi, dan kursi minimalis makin jadi perpaduan yang cantik.

    Namun, bagi Anda yang tidak suka berkebun atau tidak memiliki waktu merawat tanaman hias. Pilihlah jenis tanaman seperti kaktus, sukulen dan sebagainya yang tidak membutuhkan perawatan ekstra. Jadi, buatlah taman menyenangkan sebagai tempat santai bersama keluarga di balkon rumah Anda.

    Desain balkon batu

    balkon rumah minimalis

    Sumber: houzz.com

    Tidak hanya menjadi tempat bersantai, balkon yang cantik tentunya juga membuat elemen dekoratif bagunan rumah makin menarik. Itulah sebabnya, Anda bisa membuat kolam ikan dengan memanfaatkan batu alam sebagai dekorasinya. Tampilannya yang terlihat elegan akan membantu memberikan view menarik pada ruangan yang berada di area lantai 2 rumah Anda.

    Desain balkon ruang makan

    balkon rumah minimalis

    Sumber: zrob-to-sam.eu

    Bagi Anda yang ingin menghadirkan konsep rumah yang berbeda maka model balkon ruang makan bisa jadi pilihannya. Balkon untuk dijadikan tempat makan ini membutuhkan area yang luas sebab, Anda harus meletakkan meja makan besar dan kursi sebagai perabotannya. 

    Namun, ketika Anda bisa menghadirkan di rumah, suasana makan keluarga akan terasa berbeda. Terlebih dengan adanya pemandangan indah yang bakal menemani momen makan bersama keluarga. Untuk menambahkan kesan hangat pada model balkon satu ini, Anda bisa menambahkan sofa sebagai tempat bersantai, lilin dan tentunya desain lantai kayu sebagai tema dekorasinya.

    Momen bersantai di atas balkon tentu akan semakin seru jika dilengkapi furnitur dan dekorasi yang tepat. Dari aktivitas bersantai bersama keluarga atau sekedar menikmati udara bisa Anda lakukan disini. Terlebih bagi Anda yang hobi foto, menghadirkan balkon rumah minimalis yang menarik juga bakal jadi background cantik untuk di unggah ke sosial media. Jadi, ciptakan area menyenangkan dan hangat di rumah Anda selain ruang makan, kamar tidur dan ruang keluarga sebagai tempat berkumpul dan bersantai setelah beraktivitas dengan dekorasi balkon menarik sesuai dengan kebutuhan maupun tema.

    Baca juga: 10 Inspirasi Model Teras Rumah Minimalis Untuk Hunian Anda