Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Ac Tidak Dingin

    Ketahui 12 Penyebab AC Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

    AC tidak dingin adalah salah satu persoalan yang sering membuat orang kesal, terutama jika cuaca sedang panas-panasnya. Penyebab AC tidak dingin sendiri sangat beragam, mulai dari kesalahan teknis hingga non teknis. Bahkan meski sudah dirawat secara rutin pun, terkadang AC masih saja bisa bermasalah dan tidak dapat berfungsi dengan normal.

    Apapun pemicunya, sebagai orang awam, tentu Anda merasa bingung bagaimana cara mengatasi AC tidak dingin. Untuk itu, ketahui beberapa faktor penyebab AC tidak dingin lengkap dengan cara mengatasinya di sini!

    12 Penyebab AC Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

    Selama mengetahui penyebab utamanya, cara mengatasi AC tidak dingin bukanlah hal yang terlalu sulit. Berikut beberapa penyebab AC tidak dingin yang jarang disadari lengkap dengan cara mudah mengatasinya.

    Pengaturan AC yang salah

    Sebelum menduga penyebab AC rusak atau tidak dingin terlalu jauh, ada baiknya Anda memahami beberapa pengaturan yang telah tersedia. Terlebih kini semakin banyak pilihan pengaturan sistem otomatis yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Untuk itu, pelajari buku panduan AC setelah membelinya guna memahami fungsi dari setiap pengaturan dan fiturnya.

    Freon AC habis atau kurang

    Freon AC merupakan gas pendingin yang bertugas menyalurkan udara sejuk ke dalam ruang. Itulah sebabnya, jika kapasitas freon kurang atau habis maka AC akan kesulitan untuk mendinginkan ruang. Cara mengatasi AC tidak dingin kali ini cukup mudah, Anda bisa langsung mengisi ulang freon secara berkala dengan memanggil teknisi ke rumah.

    Kotornya filter pendingin

    Unit pendingin yang kotor dan jarang dibersihkan termasuk penyebab AC rusak tidak dingin paling sering ditemui. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu cek kondisi kerta filter dan bersihkan debu-debu di dalamnya secara rutin. Namun bila penyaring sudah berubah warna, sebaiknya gantilah dengan yang baru agar AC tetap bisa berfungsi normal.

    Adanya kesalahan sensor pendingin otomatis

    Pada umumnya, AC sudah memiliki sensor pendingin otomatis untuk mengatur perubahan suhu dan menyesuaikannya dengan lingkungan sekitar ruang. Nah bila tiba-tiba terjadi masalah pada sensor otomatis, maka mesin pendingin akan kesulitan mendeteksi suhu udara secara tepat. Akibatnya, AC tidak dingin dan sebaiknya gantilah sensor otomatis bila memang sudah rusak.

    Tersumbatnya pipa drainase

    Mesin pendingin juga memiliki sistem drainase berupa pipa untuk mengeluarkan sisa-sisa air. Otomatis, jika saluran pipa tersumbat maka AC tidak dingin dan gagal berfungsi dengan semestinya. Solusinya, cek kondisi pipa secara rutin dan bersihkan debu-debu ataupun partikel yang berpotensi menghalangi kelancaran saluran drainase.

    Baca juga: 10 CARA MENGATASI SALURAN AIR MAMPET, SEDERHANA DAN MUDAH!

    Ampere kompresor melebihi batas normal

    Jika mesin kapasitor masih normal, mungkin saja penyebab AC tidak dingin adalah ampere kompresor yang melebihi batas normal. Untuk memastikannya, Anda bisa memeriksa kapasitas ampere dengan menggunakan alat pengukur yang biasa disebut clamp meter. Bila hasil pengukuran nantinya melewati batas A, ada baiknya untuk memanggil tukang servis atau menggantinya dengan unit baru.

    Membekunya sistem evaporator

    Bila sudah dipakai secara terus menerus dalam waktu yang lama, kemungkinan penyebab AC tidak dingin adalah membekunya sistem evaporator. Sebaiknya, pasanglah timer agar AC bisa otomatis berhenti bekerja saat udara dalam ruangan sudah dingin. Selain menghindari kerusakan, Anda juga bisa lebih menghemat penggunaan energi dengan menekan pemakaian AC.

    Kerusakan pada beberapa onderdil AC

    Cara kerja sistem pendingin udara sangatlah kompleks karena melibatkan banyak komponen di dalamnya. Saat terjadi kerusakan, mungkin saja penyebab utamanya dapat dipengaruhi oleh adanya beberapa onderdil yang bermasalah. Kerusakan komponen AC ini dapat meliputi kompresor, termistor, papan kontrol, kapiler, hingga motor mesinnya.

    Sistem listrik bermasalah

    AC termasuk perangkat elektronik yang hanya bisa bekerja dengan dukungan listrik. Oleh karena itu, pemasangan instalasi mesin pendingin yang tidak tepat tentu akan mempengaruhi kemampuannya dalam mendinginkan udara. Cara mengatasi AC tidak dingin karena masalah sistem listrik bisa langsung Anda selesaikan langsung dengan memeriksa instalasinya dan mengatur ulang pemasangannya agar tepat.

    Ukuran ruang yang terlalu besar

    Rasio ruang yang tidak ideal dengan jumlah mesin pendingin tentu juga akan mempengaruhi sistem kerja AC. Pasalnya, udara dalam ruang tidak akan dingin bila kapasitas AC terlalu kecil. Sebaiknya, perhitungkan dulu perbandingan ukuran ruang dan AC secara tepat agar mesin pendingin pun dapat berfungsi maksimal.

    Situasi luar rumah yang terlalu dingin atau panas

    Penyebab AC tidak dingin yang kurang diperhatikan adalah kondisi sekitar atau luar rumah. Padahal, situasi luar rumah yang terlalu dingin atau panas bisa mempengaruhi kinerja mesin pendingin. Saat proses pemasangan, sebaiknya letakkan AC di tempat teduh yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Sebaliknya, matikan saja AC bila hawa luar rumah terlalu dingin.

    Pintu dan jendela yang terbuka

    Saat menghidupkan mesin pendingin, selalu pastikan agar pintu dan jendela sudah tertutup rapat. Sebab pintu dan jendela yang terbuka akan mengalirkan banyak udara masuk ke ruang sehingga AC pun tidak bisa berfungsi dengan maksimal. Bila ada keperluan yang mengharuskan keluar ruang, segera tutup kembali pintu dan janganlah sering-sering membukanya.

    Kini Anda telah mengetahui 12 penyebab AC tidak dingin lengkap dengan cara praktis mengatasinya. Semoga melalui ulasan kali ini, Anda tak perlu merasa panik dan terburu-buru memanggil petugas saat AC bermasalah. Selanjutnya, jangan lupa untuk selalu merawat AC Anda secara berkala demi menghindari berbagai kerusakan yang mungkin timbul.

    Kenyamanan hunian bukan hanya terletak pada keindahan desain dan dekorasinya semata. Perangkat elektronik yang bekerja dengan baik juga merupakan salah satu faktor kenyaman tersebut, sehingga penting bagi Anda untuk mengetahui cara-cara sederhana perbaikannya. Oleh karenanya, pelajari dan temukan berbagai tips & trik pintar rumah tangga lainnya hanya di blog iCreate!

    Baca juga: JANGAN SALAH! 10 PENYEBAB KULKAS TIDAK DINGIN & CARA MENGATASINYA