Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Akar Wangi

    11 Manfaat Tanaman Akar Wangi dan Cara Menanamnya di Rumah

    Meski jarang terdengar, nyatanya tanaman akar wangi punya banyak manfaat yang tak boleh Anda lewatkan. Sesuai namanya, rumput akar wangi memang kerap digunakan sebagai sumber wewangian karena aromanya yang cukup harum. Di samping itu, ia juga banyak dimanfaatkan untuk obat-obatan tradisional seperti nyeri perut dan gangguan saraf.

    Namun sayangnya, tanaman akar wangi sendiri masih sedikit dikenal dan dibudidayakan terutama di rumah-rumah pribadi. Tertarik menanamnya? Yuk pelajari dulu beberapa hal seputar akar wangi yang wajib Anda ketahui dalam ulasan berikut!

    Apa itu Tanaman Akar Wangi?

    Tanaman akar wangi atau biasa disebut narwastu, vetiver, dan serai wangi adalah tumbuhan sejenis rumput yang berasal dari India. Meski demikian, tanaman ini juga bisa dibudidayakan di negara tropis seperti Indonesia dengan tinggi mencapai 1 sampai 3 meter. 

    Tanaman serai wangi dapat dikenali dari batang panjang dengan daun tipis melanjai yang kaku dan keras. Namun pada beberapa kasus, vetiver bisa juga ditemui dalam bentuk bunga coklat keunguan dan struktur akar yang cukup kokoh.

    Narwastu sudah sejak lama dikenal sebagai sumber wewangian alami dari akar-akar yang dikeringkan secara tradisional. Bahkan Indonesia dikenal sebagai salah satu negara produsen minyak serai wangi terbesar di dunia yang dihasilkan dari proses penyulingan. Aroma narwastu sendiri cukup identik, mirip seperti wangi citrus ala tropis yang semerbak dan menyegarkan.

    Manfaat Akar Wangi

    Ada banyak manfaat serai wangi yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Padahal jika dipahami dengan benar, segudang khasiat vetiver bisa sangat membantu beberapa masalah kesehatan tubuh. Daripada penasaran, berikut 11 manfaat akar wangi yang dapat Anda peroleh.

    1. Menyamarkan noda dan bekas luka

    Noda dan bekas luka yang mungkin sulit hilang ternyata dapat diatasi dengan tetesan minyak narwastu. Pasalnya, kandungan cicatrizant narwastu memang terbukti mampu mempercepat peremajaan jaringan kulit yang terkena noda ataupun luka.

    2. Mencegah kerusakan saraf

    Kandungan tonic nervine dalam minyak narwastu ternyata juga dapat mencegah kerusakan saraf bila diaplikasikan secara rutin. Kerusakan saraf ini bisa mencakup hingga keluhan depresi, syok, epilepsi, gangguan kecemasan, hingga syok.

    3. Meningkatkan imun tubuh

    Ada satu manfaat akar wangi yang bisa Anda gunakan untuk tetap kuat di masa pandemi seperti ini. Tingginya senyawa antioksidan dalam vetiver ternyata dapat dipakai sebagai senjata untuk meningkatkan imun tubuh, membasmi racun berbahaya, dan zat radikal bebas lainnya.

    4. Pengusir serangga alami

    Siapa sangka, ternyata tanaman narwastu punya manfaat pun cukup unik, dapat membantu Anda untuk mengusir serangga yang mungkin mengganggu. Caranya, oleskan minyak serai wangi ke lapisan kulit dan beberapa bagian tubuh seperti rambut untuk membasmi kutu membandel.

    5. Mencegah penuaan dini

    Bila digunakan secara rutin, manfaat akar wangi ternyata juga akan membuat Anda terhindar dari penuaan dini. Hal tersebut disebabkan oleh tingginya kandungan antioksidan dalam minyak narwastu yang dapat memberikan efek relaksasi untuk mencegah stres berlebih.

    6. Meningkatkan fokus dan kinerja otak

    Sudah jadi rahasia umum, aneka minyak aromaterapi memang dapat membantu peningkatan fokus dan kinerja otak. Manfaat vetiver satu ini cocok bagi Anda yang sulit berkonsentrasi saat belajar, bekerja, maupun aktivitas lain dalam sehari-hari.

    7. Meredakan cemas berlebih

    Sebaiknya, atasi cemas berlebih yang Anda rasakan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami seperti minyak vetiver. Hirup dalam-dalam aroma serai wangi dan rasakan efek relaksasi yang begitu menenangkan.

    8. Mengatasi depresi

    Di samping cemas berlebih, minyak narwastu juga bisa meredakan gejala depresi yang mengganggu ketenangan mental dan psikologis. Anda bisa lebih rileks sehingga dapat ber[ikir jernih di tengah hiruk pikuk permasalahan yang tengah dihadapi.

    9. Mengatasi insomnia (susah tidur)

    Aroma narwastu yang begitu khas dan unik ternyata dapat membantu menurunkan kesadaran saat tubuh menghirupnya. Oleh karena itu, bila kesulitan tidur Anda bisa mencoba serai wangi agar cepat mengantuk. Dijamin, masalah insomnia Anda akan berangsur pulih secepatnya.

    10. Mencegah infeksi bakteri

    Bila Anda terluka, sebaiknya segera obati untuk mencegah terjadinya infeksi berkelanjutan. Salah satu cara mudahnya, Anda bisa mengoleskan langsung minyak narwastu di area luka sebagai antiseptik alami untuk menekan perkembangan bakteri Staphylococcus aureus.

    11. Mengatasi radang

    Manfaat akar wangi terakhir yang jarang diketahui banyak orang adalah kemampuannya untuk mengatasi masalah peradangan. Efek menenangkan dari olesan minyaknya terbukti ampuh meredakan nyeri radang serta membuat tubuh kembali nyaman dan rileks.

    Baca juga: 7 DESAIN GREEN HOUSE SEDERHANA DAN CARA MEMBUATNYA

    Cara Menanam Tanaman Akar Wangi

    Setelah mengetahui manfaatnya, tentu Anda tertarik untuk segera menghadirkan tanaman serai wangi di rumah. Anti ribet, berikut cara menanam rumput serai wangi yang bisa Anda praktekkan dengan mudah.

    1. Siapkan alat dan bahan

    Sebelum memulai proses penanamannya, Anda bisa menyiapkan beberapa alat dan bahan yang mungkin dibutuhkan rumput akar wangi. Mulai dari lahan, tanah, pupuk, air, gunting rumput, hingga cangkul dan sendok pasir.

    2. Buat lubang di bawah tanah

    Setelah semua alat dan bahan siap, buatlah lubang di bawah tanah bervolume sebesar 20 cm kubik atau sesuai ukuran rumput akar wangi milik Anda. Kemudian, buat kedalamannya cukup setinggi maksimal 4 cm saja.

    3. Isi lubang dengan pupuk kompos

    Lubang yang sudah tersedia selanjutnya bisa Anda isi dengan pupuk kompos sebagai nutrisi tambahan untuk tanaman vetiver. Sebaiknya, berikan pupuk kompos sebanyak 2 kg di setiap lubang agar tanahnya segera siap untuk ditanami.

    4. Rawat secara rutin

    Langkah terakhir yang tak kalah penting yaitu merawat rumput akar wangi secara rutin. Anda bisa melakukannya dengan menyiram air dan membersihkan rumput liar ataupun hama pengganggu di sekitarnya.

    Setelah membaca ulasan diatas, apakah Anda semakin tertarik untuk menghadirkan tanaman akar wangi di rumah? Dengan menggunakan media tanam dan cara perawatan yang tepat, dijamin Anda berkesempatan untuk memperoleh manfaat rumput serai wangi. Agar tetap aman, perhatikan juga takaran dosis penggunaan yang disarankan.

    Di samping berguna untuk kesehatan, Anda bisa meletakkan tanaman akar wangi di halaman rumah sebagai pelengkap dekorasi. Nah selain akar wangi, masih ada banyak jenis tanaman lain yang tak kalah menarik dipelajari lebih lanjut. Apa saja? Cek selengkapnya di laman blog iCreate!

    Baca juga: 15 JENIS POHON PENEDUH, BUAT RUMAH LEBIH ADEM DAN SEJUK