Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Apa Itu Resin

    Apa itu Resin? Kenali Manfaat, Jenis, dan Kerajinannya

    Mungkin Anda sudah sering melihat berbagai jenis kerajinan dan dekorasi rumah yang terbuat dari bahan resin. Namun, tahukah Anda apa itu resin? Resin adalah bahan yang dapat ditemukan di alam maupun dibuat secara kimia. Di samping ornamen hunian, resin adalah bahan yang juga bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan cincin, anting-anting, hingga gelang. 

    Anda tertarik menggunakan bahan resin? Tak perlu ragu, resin punya berbagai manfaat dan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Agar Anda lebih memahami apa itu resin, yuk simak informasi lengkapnya berikut ini.

    Apa itu Resin

    Sebelum mengetahui jenis resin dan fungsinya, Anda juga perlu mengenal apa itu resin. Sebenarnya, bahan resin adalah istilah untuk menyebut getah yang keluar dari pepohonan konifer dan kunjung. Dalam kurun waktu tertentu, getah tersebut akan membeku dan membentuk massa yang bersifat padat, mengkilat, transparan, dan keras.

    Salah satu sifat lain dari getah pohon tersebut adalah teksturnya yang mudah rapuh. Agar teksturnya semakin kuat dan tidak mudah hancur, getah pohon ini biasanya dicampur dengan bahan kimia lain. Seiring waktu, ketersediaan resin alami semakin terbatas. Sehingga, kini dikenal jenis bahan buatan yang disebut dengan resin sintetis. 

    Jenis Resin dan Fungsinya

    Ada berbagai macam jenis resin dan fungsinya. Masing-masing bahan resin mempunyai kegunaan dan kelebihan tersendiri. Pastikan juga Anda berhati-hati dalam memilih resin karena ada beberapa jenis bahan yang beracun. 

    Epoxy

    Apa itu resin epoxy? Epoxy resin adalah jenis yang paling populer, biasanya digunakan untuk bahan perekat hingga pelapis lantai industri. Keunggulan epoxy resin adalah mempunyai waktu cetak dan pengeringan yang singkat. Di samping itu, epoxy juga tidak beracun sehingga aman digunakan.

    Polyester

    Mungkin Anda pernah mendengar apa itu resin polyester. Polyester resin adalah jenis yang juga dikenal sebagai fiberglass. Bahan resin satu ini dijual dengan harga cukup terjangkau, serta mampu menghasilkan permukaan yang keras dan kuat. Namun, pemakaiannya cukup berbahaya sehingga Anda wajib mengenakan masker saat menggunakan polyester. 

    Polyurethane

    Mirip dengan polyester, polyurethane resin adalah salah satu bahan yang sangat berbahaya jika terhirup. Meski begitu, kerajinan dari polyurethane cepat mengering sehingga dalam proses pembuatannya tak memakan waktu yang lama. 

    Silicone

    Selanjutnya, apa itu resin silicone? Berbeda dengan jenis lain, silicone resin adalah bahan untuk menghasilkan kerajinan lentur dan empuk, mirip dengan karet. Selain itu, bahan resin silicone cukup aman digunakan. Namun, pastikan Anda selalu memakai sarung tangan saat sedang menggunakan silicone.

    Fungsi dan Manfaat Bahan Resin

    Agar lebih memahami jenis dan fungsi resin, selanjutnya Anda perlu mengetahui manfaatnya di kehidupan sehari-hari. Selain kerajinan tangan, sebenarnya resin juga bisa dimanfaatkan untuk pernis hingga membuat wewangian. Berikut beberapa fungsi resin yang harus Anda tahu. 

    Bahan untuk membuat kerajinan tangan

    Sifatnya yang transparan membuat resin sering digunakan untuk bahan kerajinan tangan. Anda bisa mencampurkan resin dengan berbagai warna agar mendapatkan hasil kerajinan yang menarik. Selain itu, resin juga mudah dibentuk sehingga bisa dibuat beragam jenis kerajinan tangan.

    Membuat sabun 

    Tahukah Anda bahwa resin juga bisa digunakan untuk membuat sabun? Kandungan asam resinat pada resin akan dilarutkan dengan alkali, sehingga mampu menghasilkan cairan seperti sabun yang memiliki buih. 

    Melapisi furniture

    Di samping itu, fungsi resin adalah memberi lapisan agar permukaan furniture tidak mudah tergores dan rusak. Sifat resin yang berbentuk cairan dapat dengan mudah dioleskan pada beragam jenis furniture. 

    Komponen utama pembuatan bodi mobil

    Pada mobil, manfaat resin adalah sebagai bahan utama pembuatan bemper. Resin dinilai mempunyai bobot yang ringan dan aman jika sewaktu-waktu kendaraan mengalami kecelakaan. Apabila terjadi kecelakaan, bemper yang berbahan dasar resin akan hancur, sekaligus menyerap dampak tabrakan, sehingga bagian utama mobil tetap aman.

    Untuk terapi, dupa, dan kemenyan

    Bahan oleoresin yang mempunyai sifat wangi juga sering dimanfaatkan untuk membuat kemenyan dan dupa. Bahan-bahan ini selanjutnya dipakai sebagai wewangian dalam proses terapi.

    Contoh Kerajinan Resin

    Jika Anda telah mengetahui apa itu resin, kini saatnya mengenali manfaatnya untuk kerajinan tangan. Ada banyak contoh kerajinan resin, simak contoh dan ulasan lengkapnya berikut ini.

    Asbak resin

    Anda bosan dengan desain asbak yang itu-itu saja? Untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan resin yang diberi hiasan dan warna menarik seperti gambar berikut. Dengan asbak resin yang unik, dekorasi ruang tamu akan semakin lengkap.

    Sumber: olx.co.id

    Jam dinding resin

    Jam dinding resin adalah salah satu dekorasi keren untuk mempercantik tampilan interior rumah. Tak hanya bulat, Anda pun bisa membuat jam dinding dengan bentuk unik lainnya. Warna yang bisa dipakai pun beragam, sesuaikan dengan konsep hunian Anda.

    Sumber: etsy.com

    Gelang resin

    Gelang resin adalah tren aksesoris yang cukup viral beberapa tahun silam. Corak yang dipakai biasanya bernuansa kalem, ada juga yang memasukkan ornamen bunga indah ke dalamnya. 

    Sumber: trendhunter.com

    Tatakan gelas

    Salah satu ornamen dekorasi yang cukup ngetren belakangan ini adalah tatakan gelas. Jika ingin berkreasi, Anda pun bisa membuatnya sendiri dengan memanfaatkan resin. Tambahkan pula hiasan seperti bunga dan daun kering agar tampilannya semakin cantik.

    Nampan

    Biasanya, nampan atau baki makanan dibuat dari bahan plastik, kayu, maupun stainless. Padahal, Anda pun bisa menciptakan nampan dari resin seperti gambar berikut. Dijamin, tampilannya yang berbeda akan membuat tamu terpesona.

    Piring unik

    Ingin memberi hiasan aesthetic pada dapur? Jangan khawatir, piring berbahan resin bisa jadi pilihan yang tepat. Namun, pastikan Anda memilih model yang cocok dengan kebutuhan. Biasanya, piring berukuran sedang sering dipilih karena dinilai pas untuk makanan ringan.

    Setelah membaca ulasan di atas, apakah Anda semakin mengenal apa itu resin? Meski dapat digunakan untuk menciptakan kerajinan, pastikan untuk memilih jenis resin dan fungsinya yang tepat agar hasilnya bagus dan sesuai keinginan Anda.

    Jika kesulitan mencari aksesoris resin untuk dekorasi rumah, jangan khawatir, iCreate menjual punya banyak pilihan menarik. Tak hanya aksesoris hunian, iCreate juga menghadirkan berbagai jenis furniture yang lengkap dan berkualitas. Tunggu apalagi? Yuk kunjungi iCreate sekarang dan dapatkan beragam promo menarik!

    Baca juga: LENGKAP! PENGERTIAN FURNITURE, JENIS, DAN TIPS MEMILIHNYA