Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Aplikasi Desain Rumah

    13 Aplikasi Desain Rumah, Mudah dan Cocok untuk Pemula

    Anda ingin merancang rumah impian tanpa perlu repot? Tenang, kini banyak pilihan aplikasi desain rumah yang bisa Anda gunakan. Beberapa aplikasi cocok digunakan untuk pemula, sementara sebagian lain memiliki fitur lanjutan yang pas bagi para profesional. Berikut ini merupakan daftar aplikasi desain rumah yang dapat Anda pertimbangkan.

    Kemudahan yang Didapat dari Aplikasi Desain Rumah

    Kehadiran aplikasi desain rumah memberi banyak manfaat dan kemudahan. Tak hanya membantu untuk mewujudkan desain impian dalam bentuk gambar, berikut merupakan kemudahan lain yang dapat Anda rasakan saat menggunakan aplikasi desain rumah.

    Bereksperimen dengan berbagai gaya

    Ingin mencoba desain minimalis? Konsep hunian modern? Tertarik dengan desain rumah industrial? Mediteranian? Ya, dengan menggunakan aplikasi desain rumah, ide yang dapat Anda coba tak terbatas jumlahnya.

    Memadukan furniture yang berbeda-beda

    Bagi Anda yang ingin mengganti furniture di rumah, tak ada salahnya menggunakan aplikasi desain rumah sebagai bahan pertimbangan. Daripada menyesal di kemudian hari, ada baiknya melihat apakah furniture tersebut cocok dengan desain rumah Anda sekarang.

    Aplikasi Desain Rumah Terbaik 2021

    Berikut ini merupakan daftar aplikasi desain rumah terbaik untuk masing-masing kategori, lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya. Anda dapat memilih aplikasi sesuai kebutuhan dan preferensi. 

    1. Terbaik - Virtual Architect Ultimate Home with Landscaping & Decks Design 10

    Software ini bisa diunduh secara online dengan harga Rp 1,4 juta. Anda dapat mengunggah foto serta menambahkan karya seni ke dalam desain. Alat yang tersedia cukup lengkap, seperti dekorasi interior, membangun teras, desain dapur, dan lainnya.

    Selain itu, software tersebut kompatibel dengan Windows 10/8/7 dan sistem operasi 64-bit. Terdapat tutorial video untuk membantu Anda mengerjakan desain. Untuk menjalankan beberapa fitur, dibutuhkan koneksi internet.

    Kelebihan : Terdapat fitur untuk mengunggah foto, sangat mudah digunakan, tersedia ribuan 3D graphics yang bisa dipakai, ada dukungan video tutorial dan technical support. 

    Kekurangan : Lebih mahal dibanding aplikasi lain, tidak ada versi gratis, versi mobile berbayar.

    2. Untuk pemula - RoomSketcher

    RoomSketcher adalah aplikasi desain rumah untuk pemula. Software yang dirilis pada 2007 ini memiliki petunjuk yang mudah dipahami. RoomSketcher berbasis cloud, sehingga Anda dapat menggunakannya di berbagai perangkat, kapan saja, bahkan dalam kondisi offline

    Pengguna dapat membuat denah lantai, mendesain ruangan, serta melihat dalam bentuk 3D, 2D, dan tampilan 360. Selain itu, program ini memiliki banyak pilihan furniture dan tanaman yang bisa Anda gunakan untuk mendesain ruangan.

    Anda bisa memakai RoomSketcher versi gratis, namun terdapat versi VIP dan Pro dengan harga langganan masing-masing Rp 697 ribu dan Rp 1,4 juta per tahun. Versi berbayar menawarkan fitur tambahan yang tidak terdapat di versi gratis.

    Kelebihan : Panduan 3D interaktif, adanya denah lantai, denah digambar sesuai skala, penyimpanan awan memungkinkan Anda bekerja dimanapun.

    Kekurangan : Kualitas gambar yang kurang baik, adanya fitur berbayar.

    3. Gratis - SketchUp

    Meskipun gratis, SketchUp menawarkan kualitas gambar yang baik dan tampilan profesional. Program ini juga memiliki penyimpanan awan sebesar 10GB. Tak hanya itu, terdapat komunitas aktif jika Anda mengalami kesulitan saat mengerjakan desain. 

    Kelebihan : Mudah digunakan, tampilan profesional, penyimpanan awan 10GB.

    Kekurangan : Pustaka foto terbatas, tidak dapat digunakan secara offline, versi mobile berbayar.

    4. Untuk Android dan iOS - HomeStyler

    Ini merupakan pilihan aplikasi desain rumah mudah. HomeStyler awalnya dibuat untuk industri real estate. Software ini memungkinkan Anda mengambil foto lalu menambahkan model 3D furniture untuk mendesain ruangan Anda. Anda juga dapat membangun denah lantai, desain lantai dua, dan kolam renang.

    Kelebihan : Gratis, terdapat video tutorial, dan opsi mengunggah hasil desain ke media sosial.

    Kekurangan : Program tidak berjalan dengan maksimal di desktop kecuali Anda menggunakan Chrome, dan versi berbayar jika ingin melihat hasil desain dengan resolusi 4K.

    5. Desain Interior - Home Designer Suite 2020 by Chief Architect

    Software ini dirancang khusus untuk pekerja profesional seperti arsitek dan desainer. Home Designer Suite 2020 by Chief Architect merupakan aplikasi desain rumah di PC yang dapat digunakan pada Windows maupun Mac. Jika tertarik berlangganan software ini, Anda harus merogoh kocek sebesar Rp 1,4 juta per tahun.

    Kelebihan : Banyak fitur yang bisa dipilih dan setiap pembelian akan diberi viewer software gratis sehingga Anda bisa berbagi hasil desain dengan klien.

    Kekurangan : Tampilan website yang belum maksimal.

    Aplikasi Desain Rumah di Android

    Selain HomeStyler, berikut ini merupakan opsi lain bagi Anda yang ingin mendesain rumah melalui gadget, terutama untuk smartphone berbasis Android. Anda hanya perlu menyediakan ruang yang cukup di smartphone dan mengunduh aplikasi di Google Play Store.

    1. Magicplan

    Magicplan merupakan aplikasi desain rumah gratis yang bisa digunakan di Android. Aplikasi ini menawarkan fitur estimasi biaya yang diperlukan untuk mewujudkan suatu desain. Tak hanya 3D, hasil desain yang dibuat dapat diubah ke format XLS, SVG serta PDF.

    2. Kitchen Planner 3D

    Aplikasi ini digunakan khusus untuk mendesain dapur. Anda dapat menggunakan berbagai model furniture, warna, bahkan desain langit-langit dan lantai dapur. Namun, Anda harus mengubah langganan ke versi Pro untuk menyimpan hasil desain.

    3. Homify

    Aplikasi desain rumah di Android lainnya ialah Homify. Aplikasi ini menawarkan pustaka desain interior dengan lebih dari 1,5 juta gambar. Tak hanya itu, Anda bisa menyimpan desain favorit Anda serta melihat tren desain. Aplikasi ini gratis dan tidak berisi pembelian apapun di dalamnya.

    4. Houzz - Home Design & Remodel

    Houzz adalah salah satu aplikasi desain rumah sederhana. Menawarkan fitur sketsa, Houzz memungkinkan Anda menggambar desain Anda sendiri. Meski gratis, Houzz bekerja dengan cukup baik.

    Aplikasi Desain Rumah untuk Profesional

    Selain aplikasi di atas, berikut merupakan pilihan aplikasi lain yang bisa Anda gunakan untuk mendesain hunian. Aplikasi berikut biasanya digunakan oleh profesional, seperti mahasiswa, arsitek, maupun desainer interior.

    1. Energy3D

    Aplikasi ini mampu merancang rumah dengan kualitas gambar 3D. Terdapat berbagai macam tools yang bisa Anda gunakan. Hasilnya juga bisa diekspor ke dalam format PNG untuk Anda bagikan ke orang lain.

    2. Sweet Home 3D

    Aplikasi ini banyak digunakan oleh desainer rumah maupun arsitek. Sweet Home 3D menawarkan berbagai macam plugin dan fitur untuk mempermudah proses desain. Tak hanya itu, dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa melakukan room tour serta membagikan hasilnya kepada orang lain.

    3. ArchiCAD

    ArchiCAD diperuntukkan bagi para mahasiswa arsitektur dan kalangan profesional karena penggunaannya yang cukup rumit. Tak hanya rumah, aplikasi ini bisa membantu merancang gedung, masjid, mall, hingga jalan raya.

    4. DreamPlan

    Aplikasi ini tidak hanya membantu Anda mendesain secara detail interior rumah, tetapi juga bagian eksterior hunian, seperti taman dan garasi. Namun, disebutkan bahwa DreamPlan hanya dapat digunakan untuk pengguna Apple dan Mac.

    Setelah membaca informasi di atas, apakah Anda telah menemukan aplikasi desain rumah yang cocok? Pilih aplikasi yang sesuai dengan keperluan Anda, apakah akan digunakan di PC, Android, atau iOS. Kunjungi iCreate untuk memperoleh inspirasi furniture desain interior hunian selengkapnya.

    Baca juga: TIPS DAN TRIK MENERAPKAN METODE EKLEKTIK PADA DESAIN RUMAH