Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Arsitektur Modern

    Arsitektur Modern: Pelajari Sejarah, Prinsip, dan Ciri Khasnya

    Arsitektur modern adalah istilah yang merujuk pada bangunan bergaya sederhana dengan penekanan fungsi setiap elemen dan menghindari segala bentuk ornamen hias. Arsitektur modern sendiri dianggap sebagai angin segar karena muncul di awal tahun 1900an, di tengah konstruksi penuh dekorasi seperti desain victorian dan gothic.

    Hingga sekarang, gaya arsitektur modern masih kerap digunakan terutama bagi mereka yang ingin mengutamakan aspek kenyamanan hunian. Lalu apa saja sebenarnya ciri khas dan prinsip bangunan arsitektur modern? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

    Sejarah Arsitektur Modern

    Bangunan arsitektur modern mengalami perjalanan sejarah yang panjang. Perkembangannya ditandai dengan adanya perubahan dan kemajuan dari bidang teknologi, sosial, dan kebudayaan yang berlangsung saat revolusi industri tahun 1760-1863.

    Kemunculan gaya arsitektur modern berawal dari dibangunnya gedung pencakar langit di Amerika Serikat. Contohnya yaitu gedung asuransi yang pertama kali dibangun di Chicago, menggunakan rangka besi karya William Le Baron Jenney di tahun 1883.

    Kemudian, pada awal tahun 1900an bangunan modern lainnya mulai muncul. Desain ini membawa konsep lama yang menampilkan dekorasi gaya Beaux Arts, Neo-renaissance, dan Neo-gothic. Sehingga, bangunan modern muncul saat perang masih terjadi pada periode revolusi industri. 

    Prinsip Arsitektur Modern

    Salah satu tokoh arsitektur modern, Le Corbusier mengembangkan beberapa prinsip yang dapat Anda terapkan pada rumah modern impian Anda, yakni:

    1. Bangunan fungsional

    Bangunan arsitektur modern memiliki prinsip utama dengan mengutamakan sisi fungsionalnya yang praktis namun tetap memberikan kenyamanan. Misalnya, dalam satu area besar terdapat dapur dan ruang keluarga tanpa sekat. Hasilnya, suasana ruang pun akan lebih maksimal dan terasa luas.

    2. Rancangan denah yang bebas

    Salah satu prinsip yang juga perlu diperhatikan dalam arsitektur modern adalah sisi fungsionalitasnya. Sehingga, denah yang bebas bertujuan untuk memaksimalkan fungsi setiap ruangan di dalam rumah.

    3. Jendela horizontal

    Bangunan modern identik dengan jendelanya yang banyak dan besar. Pemasangan jendela horizontal pada rumah, memungkinkan semua ruangan memperoleh cahaya secara merata.

    4. Material tradisional dan ekspos

    Material bangunan wajib ditempatkan pada bagian yang sesuai dengan fungsinya tanpa perlu memikirkan sisi estetikanya secara berlebihan. Misalnya, pemilihan warna netral bertujuan untuk menciptakan kesan rumah alami dan minimalis. Contohnya seperti sentuhan semen yang sengaja tidak dicat atau kayu tanpa polesan.

    5. Pilotis

    Prinsip pilotis merupakan dasar estetika baru yang diterapkan pada bangunan modern. Contohnya seperti penggunaan dinding grid yang diperkuat dengan kolom load-bearing dari beton memungkinkan peningkatan ruangan terbuka.

    6. Rooftop garden

    Le Corbusier menyarankan bagian atap pada bangunan modern tetap datar sehingga dapat dimanfaatkan sebagai ruang terbuka, misalnya sebagai taman alami. Hal ini bertujuan untuk membawa suasana alam yang natural ke dalam rumah. Selain itu, adanya tumbuhan pada atap akan menambah keindahan rumah Anda.

    7. Desain fasad bangunan yang bebas

    Umumnya, konstruksi rumah bergaya modern identik akan penggunaan desain fasad yang bebas. Hal ini memungkinkan adanya pemisahan dinding bagian luar bangunan dari fungsi strukturalnya.  

    Baca juga: 8 CIRI-CIRI DESAIN ARSITEKTUR KONTEMPORER PLUS CONTOHNYA

    Ciri Khas Arsitektur Modern

    Setiap bangunan tentu memiliki ciri khas masing-masing yang membedakan satu sama lain. Karakteristik ini membuat tiap bangunan memiliki keunikan tersendiri, tak terkecuali rumah bergaya modern. Berikut merupakan ciri ciri arsitektur modern yang perlu Anda ketahui.

    1. Desain asimetris

    Ada yang unik dari ciri ciri arsitektur modern yaitu bentuk rancangannya tidak memiliki aturan khusus. Desain asimetrisnya justru menjadi ciri khas yang patut dibanggakan. Hal ini sesuai pada prinsipnya yang menganggap fungsi bangunan lebih penting daripada modelnya.

    2. Kombinasi material modern dan tradisional

    Walaupun bangunan modern menggunakan teknologi konstruksi yang mutakhir, namun dalam proses pengerjaannya ternyata masih menggunakan bahan tradisional. Karena material tradisional dipercaya memiliki kualitas dan ketahanan yang lebih baik, maka digabunglah kedua bahan ini untuk mendapatkan efisiensi terbaiknya.  

    3. Ornamen dekorasi yang sedikit

    Perbedaan antara bangunan tradisional dan modern terletak pada penggunaan ornamen, motif, dan dekorasinya. Tidak seperti bangunan tradisional yang memasang banyak dekorasi, konsep rumah modern justru tidak menganggap ornamen sebagai suatu hal penting.

    4. Adanya ruang terbuka

    Desain rumah modern selalu memperhatikan adanya ruang terbuka pada bangunannya. Hal ini bertujuan agar suasana rumah terasa nyaman dan tenang. Selain itu, kehadiran ruang terbuka juga akan memberikan kesan alami dan memungkinkan bangunan mendapatkan sirkulasi udara yang baik.

    5. Banyak jendela dan elemen kaca

    Ciri ciri arsitektur modern lainnya yaitu memiliki banyak jendela dan menggunakan elemen kaca yang bertujuan agar cahaya alami matahari dapat masuk ke dalam ruang. Konsep ini merupakan salah satu cara untuk memaksimalkan fungsi arsitektur yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan pencahayaan alami.

    6. Integrasi dengan alam sekitar

    Meskipun memiliki konsep modern, bangunan ini tetap bisa terkoneksi dengan alam yaitu dengan menerapkan taman di dalam maupun luar rumah. Hal ini dimaksudkan agar rumah terkesan asri, sehat, dan ramah lingkungan.

    7. Atap tinggi dan luas

    Salah satu cara untuk membuat hunian Anda terlihat luas serta terbuka adalah dengan menggunakan atap atau langit-langit yang tinggi. Tujuannya agar hunian Anda mendapatkan sirkulasi udara yang baik.

    8. Garis-garis minimalis

    Penciptaan garis-garis minimalis pada arsitektur modern bertujuan untuk menonjolkan efisiensi serta keindahan bangunan itu sendiri. Tak hanya itu, rumah akan terlihat rapi dan terkesan sederhana.

    9. Penggunaan sistem modern

    Sistem modern pada bangunan maksudnya adalah menyempurnakan desain rumah dengan teknologi terkini, salah satunya smart home. Sistem ini melibatkan teknologi internet seperti wifi yang memungkinkan Anda memantau rumah pada jarak jauh.

    Contoh Bangunan Arsitektur Modern

    Bangunan modern sudah mengalami banyak kemajuan dengan desain-desainnya yang unik dan futuristik. Berikut adalah contoh bangunan arsitektur modern yang dapat dijadikan inspirasi untuk hunian Anda.

    Rumah dengan jendela besar dan horizontal

    contoh bangunan arsitektur modern

    Prinsip utama yang selalu diperhatikan pada bangunan modern adalah sisi fungsionalitasnya. Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan banyaknya jendela besar agar seluruh ruangan dalam rumah mendapatkan cahaya natural dari matahari.

    Rumah dengan tumbuhan alami

    contoh bangunan arsitektur modern

    Adanya tumbuhan di dalam rumah akan menciptakan bangunan yang terasa menyatu dengan alam. Desain rumah seperti gambar di atas dapat menambah keindahan serta kesegaran pada hunian Anda. Selain itu, Anda pun akan merasa betah dan nyaman saat berada di dalamnya.

    Rumah dengan denah yang bebas

    contoh bangunan arsitektur modern

    Desain rumah modern seperti gambar di atas bertujuan untuk menciptakan kesan luas dan lega pada hunian Anda. Konsep bangunan ini memungkinkan penghuninya untuk mendapatkan sinar matahari serta sirkulasi udara yang baik. Selain itu, desain rumah dengan konsep open space juga akan memudahkan mobilitas Anda di dalam rumah.

    Rumah dengan desain asimetris

    contoh bangunan arsitektur modern

    Salah satu ciri-ciri arsitektur modern adalah desain bangunannya yang asimetris. Konsep ini memberikan keunikan tersendiri dan membedakannya dengan model tradisional. Bentuknya yang tidak beraturan ini sesuai dengan prinsip konstruksi modern, yaitu penekanan pada fungsi bangunannya.

    Rumah dengan material alami

    contoh bangunan arsitektur modern

    Memadukan material alami dan modern pada konsep bangunan akan membuat hunian terlihat lebih indah serta berkelas. Selain itu, rumah Anda akan tetap terasa kealamian nya dengan ornamen kayu cantik. Ditambah lagi, bahan tradisional dipercaya tahan lama dan memiliki kualitas yang lebih baik. 

    Itulah sejarah, prinsip, ciri khas, dan beberapa contoh bangunan arsitektur modern yang sudah diterapkan beberapa orang. Setelah memahaminya, apakah Anda tertarik untuk menggunakan rancangan arsitektur bergaya modern pada hunian impian? Jika iya, pertimbangkan dengan baik dan perhitungkan segala kelebihan maupun kekurangannya.

    Kemudian, lengkapi arsitektur bangunan modern Anda nantinya dengan beragam pilihan furniture berkualitas dari iCreate. Dengan kemudahan akses layanan berbelanja, jaminan orisinalitas, dan garansi resmi, kini interior hunian impian bukan lagi mimpi. Untuk itu, yuk wujudkan rumah idaman jadi nyata bersama iCreate sekarang juga!

    Baca juga: APA ITU ARSITEKTUR TROPIS? CIRI KHAS DAN CONTOH BANGUNANNYA