Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Arsitektur Tropis

    Apa itu Arsitektur Tropis? Ciri Khas dan Contoh Bangunannya

    Arsitektur tropis adalah salah satu konsep hunian yang paling cocok diterapkan di Indonesia. Sesuai namanya, arsitektur rumah tropis tentu didesain khusus menyesuaikan keadaan iklim tropis yang identik akan tingkat kelembapan udara dan curah hujan tinggi sekaligus sinar matahari terang sepanjang tahun.

    Penerapan arsitektur rumah tropis dianggap sebagai solusi untuk membuat rancangan hunian yang cocok dengan gaya hidup masyarakat setempat. Lalu apa saja ciri khas konsep arsitektur tropis? Dan apa saja contoh bangunan arsitektur tropis? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

    Apa itu Arsitektur Tropis?

    Secara umum, arsitektur tropis adalah suatu rancangan atau desain konstruksi yang bertujuan untuk mengatasi berbagai permasalahan di daerah tropis. Daerah beriklim tropis dikenal memiliki tingkat kelembapan dan curah hujan yang tinggi, salah satunya adalah Indonesia.

    Meski mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun, tidak menutup kemungkinan hujan akan turun sewaktu-waktu. Hal ini disebabkan oleh faktor pergerakan angin yang tidak terduga.  Sehingga, konsep arsitektur tropis modern hadir untuk memberikan solusi agar hunian Anda mampu beradaptasi dengan keadaan iklim setempat supaya penghuni rumah dapat merasakan kenyamanan menempatinya. 

    Akan tetapi, banyak orang masih salah persepsi terhadap konsep arsitektur tropis. Desain bangunan tropis modern bukan hanya sekedar mementingkan sisi estetikanya saja seperti desainnya yang natural dan menyatu dengan alam. 

    Poin penting dari desain arsitektur bergaya tropis adalah sisi fungsionalnya dapat beradaptasi terhadap cuaca yang terus berubah. Sehingga, rancangannya pun harus memperhatikan faktor-faktor seperti sirkulasi udara, tata ruangan, pencahayaan, hingga jenis material seperti apa yang cocok digunakan.

    Faktor-faktor tersebut penting untuk diperhatikan agar bangunan dengan konsep rumah tropis modern tidak hanya terlihat mewah dan indah, namun juga mampu menciptakan kenyamanan bagi penghuni rumah.

    Ciri Khas Konsep Arsitektur Tropis

    Konsep bangunan tropis dapat berbeda-beda tergantung oleh arsitekturnya, namun ada beberapa karakteristik umum yang dapat Anda kenali dari model rumah bergaya tropis. Ciri-ciri konsep arsitektur tropis adalah sebagai berikut.

    Menggunakan atap miring atau segitiga

    Dengan tingkat curah hujan yang cukup tinggi, daerah beriklim tropis seperti Indonesia banyak dijumpai bangunan atau rumah dengan atap segitiga. Konsep arsitektur bergaya tropis modern sangat cocok menggunakan atap yang berbentuk segitiga atau miring agar air hujan cepat turun melewati atap.

    Atap datar tidak cocok diterapkan pada desain arsitektur rumah tropis karena air hujan akan menggenang di atasnya. Manfaat lain dari atap miring pada konsep rumah tropis adalah langit-langit bangunannya akan tinggi sehingga memberikan ilusi ruangan lebih luas dan memungkinkan banyak sirkulasi udara masuk ke dalam ruang.

    Tritisan yang miring dan lebar

    Cahaya matahari yang masuk ke rumah dapat diminimalisir dengan penerapan tritisan yang miring dan lebar pada arsitektur tropis modern. Hal ini bertujuan untuk melindungi bangunan  dari panas. 

    Meski demikian, tritisan tidak akan menutupi seluruh cahaya yang masuk saat cuaca cerah. Sehingga, Anda pun tidak perlu menyalakan lampu pada siang hari karena bagian di dalam rumah tetap terang oleh cahaya alami.

    Banyaknya vegetasi di sekitar rumah

    Konsep bangunan tropis modern memerlukan vegetasi untuk menciptakan kesan alami yang menyatu dengan alam pada rumah Anda. Selain itu, vegetasi di sekitar arsitektur rumah tropis juga bermanfaat untuk membuat ruangan lebih sejuk dan teduh. 

    Konsep ini sangat menguntungkan karena suhu rumah yang sejuk secara alami akan mengurangi penggunaan alat elektronik seperti AC dan kipas angin sehingga lebih hemat energi. 

    Material yang digunakan

    Salah satu ciri bangunan tropis modern adalah penggunaan material yang lebih sering memanfaatkan sumber daya terdekat, seperti kayu dan batu untuk lantai, serta ijuk untuk atap nya. Selain itu, penggunaan material tradisional akan menciptakan konsep hunian alami sehingga memiliki daya tarik yang unik. Hal ini juga bertujuan agar bangunan dapat beradaptasi dengan iklim dan cuaca di daerah tropis. 

    Baca juga: 7 DESAIN RUMAH TROPIS MODERN HINGGA MINIMALIS TERBARU

    Contoh Bangunan Arsitektur Tropis

    Bangunan arsitektur tropis memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dengan desain bangunan lain. Contoh bangunan di bawah ini merupakan desain arsitektur tropis yang dapat Anda jadikan referensi untuk membangun rumah impian.

    Rumah gadang

    contoh bangunan arsitektur tropis rumah gadang

    Sumber: pinterest.com

    Anda tentu tidak asing dengan bentuk bangunan di atas. Contoh bangunan arsitektur tropis tersebut adalah rumah gadang yang merupakan rumah tradisional suku Minangkabau. Rumah gadang memiliki ciri khas pada atapnya yang runcing dan berbentuk atap segitiga. Contoh bangunan arsitektur tropis di atas memiliki bentuk atap yang cocok diterapkan di Indonesia karena dapat membantu air hujan untuk cepat turun dan tidak menggenang di atap.

    Rumah joglo

    contoh bangunan arsitektur tropis rumah joglo

    Sumber: babe.news.com

    Contoh lain dari bangunan arsitektur tropis adalah rumah joglo. Konsep bangunan ini sering diterapkan karena atapnya yang tinggi. Langit-langit lega tersebut memungkinkan lebih banyak sirkulasi udara yang masuk ke dalam ruang sehingga membuat suasana rumah menjadi sejuk dan teduh. Selain itu, bentuk bangunannya yang lapang juga akan membuat ruangan di dalam terasa lebih luas.

    Rumah dengan atap menonjol

    contoh bangunan arsitektur tropis modern

    Contoh bangunan arsitektur tropis lainnya dapat dilihat dari atapnya yang cukup mencolok. Dengan bentuk atap segitiga yang menonjol, membuat desain bangunan tropis di atas terlindungi dari cahaya matahari langsung yang masuk ke rumah. Namun, Anda tak perlu khawatir sebab hawa ruangan tidak akan menjadi panas dan tetap mendapatkan cahaya cukup terang saat siang hari.

    Rumah dengan lantai kayu

    contoh bangunan arsitektur tropis modern

    Penggunaan elemen alami pada contoh bangunan arsitektur di atas membuat inspirasi diatas terkesan natural namun tetap indah dipandang. Penggunaan material kayu untuk lantai pada contoh bangunan arsitektur tropis modern di atas akan menciptakan suasana mewah yang alami. Selain itu, material tradisional juga dipercaya dapat beradaptasi pada iklim tropis dan bertahan untuk waktu yang sangat lama.

    Rumah dengan atap ijuk yang alami

    contoh bangunan arsitektur tropis

    Salah satu karakteristik pada contoh bangunan arsitektur tropis modern adalah penggunaan material tradisional yang ada di sekitar daerah setempat, misalnya saja seperti ijuk untuk atap. Dengan memanfaatkan material alami, desain arsitektur rumah tropis akan terlihat unik dan menarik.

    Setelah membaca ulasan di atas, apakah Anda jadi merasa tertarik untuk mengaplikasikan konsep arsitektur tropis modern pada hunian impian? Bila iya, pastikan untuk memperhitungkan seluruh kebutuhan hunian dengan cermat lalu pertimbangkan juga beberapa kemungkinan permasalahan sekaligus solusi terbaiknya.

    Selanjutnya, pemilihan konsep arsitektur yang sudah baik seharusnya juga dibarengi dengan penggunaan aneka perabot serta aksesoris berkualitas. Untuk itu, percayakan kebutuhan dekorasi rumah Anda hanya bersama iCreate, toko furniture online terdepan di Indonesia. Dengan jaminan orisinalitas dan garansi resmi, kini Anda tak perlu khawatir lagi menunggu barang idaman sampai ke rumah. Yuk kunjungi laman resmi dan offline store iCreate sekarang!

    Baca juga: 8 CIRI-CIRI DESAIN ARSITEKTUR KONTEMPORER PLUS CONTOHNYA