Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Asbes Adalah

    Apa itu Asbes? Pengertian & Plus Minus untuk Bahan Bangunan

    Asbes adalah salah satu jenis atap yang sudah sangat terkenal dan kerap dijumpai pada bangunan. Pasalnya, genteng asbes adalah bahan kedap air yang bahkan juga mampu menahan panas dan api dengan harga cukup terjangkau. Selain itu, atap asbes adalah material yang mudah dipasang sehingga akan mempercepat pengerjaan bangunan.

    Jadi, tak mengherankan memang bila sebagian besar penduduk Indonesia menggunakannya untuk melindungi huniannya. Meski demikian, Anda juga perlu mengetahui karakteristik asbes termasuk kelebihan dan kekurangannya sebagai bahan bangunan. Langsung saja, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

    Apa itu Asbes?

    Asbes adalah salah satu mineral tambang alami yang terbentuk di alam dan sudah digunakan selama berabad-abad. Bahan ini terdiri dari silikat serta serat mineral dengan struktur kimiawi berbeda. 

    Disamping itu, asbes adalah material yang kokoh dan bertekstur halus, tapi tidak bisa diuraikan oleh alam. Bentuk asbes adalah berupa lembaran tipis yang bergelombang kecil hingga besar dengan macam-macam ukuran tebal dan panjang.

    Salah satu manfaat asbes adalah materialnya dapat dipintal atau ditenun menjadi bahan bangunan yang tahan api, panas, maupun listrik. Oleh karena itu, manfaat asbes seringkali dijumpai pada campuran konstruksi bangunan serta bodi kendaraan. Manfaat asbes yang lain adalah sebagai atap rumah. Banyak orang memilih menggunakan asbes daripada genteng karena dinilai lebih praktis.

    Karakteristik Asbes

    Sama halnya dengan material lain, genteng asbes memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut beberapa karakteristik khas asbes yang dapat Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

    Kelebihan asbes

    Di Indonesia, asbes adalah material yang banyak digunakan untuk atap rumah karena memiliki beberapa kelebihan, antara lain

    1. Harganya yang terjangkau dan mudah didapat

    Dalam membangun atau merenovasi sebuah rumah, anggaran merupakan aspek yang sangat penting untuk diperhitungkan. Oleh karena itu, tak sedikit masyarakat memilih menggunakan asbes karena harganya yang murah dan mudah dijumpai di hampir seluruh toko bahan bangunan.

    2. Bobot yang ringan

    Dikarenakan bobotnya yang ringan, atap asbes dinilai lebih aman digunakan karena tidak akan menambah banyak beban bangunan. Selain itu, Anda pun tak memerlukan pengeluaran lebih untuk menyewa banyak tukang.

    3. Mudah dipasang

    Bentuk atap asbes adalah lembaran ringan yang bertekstur halus serta berserat. Hal ini mendukung proses pemasangannya lebih mudah sehingga menghemat waktu.

    Kekurangan asbes

    Selain kelebihan dan manfaat, asbes juga memiliki beberapa kelemahan. Berikut adalah kekurangan genteng asbes yang perlu Anda ketahui

    1. Materialnya yang mudah patah

    Dibandingkan material lain, genteng asbes dinilai rapuh dan mudah patah karena ringan dan teksturnya halus. Maka dari itu, proses pemasangannya pun harus ekstra hati-hati.

    2. Desain yang tidak variatif

    Banyak orang mengabaikan aspek keindahan dalam membangun rumah dan lebih memilih bahan yang murah meskipun desainnya tidak menarik. Kekurangan atap asbes adalah warnanya kurang variatif sehingga terkesan kuno dan monoton.

    3. Tidak mampu menyerap panas

    Meskipun tahan api, salah satu kekurangan atap asbes adalah tidak mampu menyerap dan memantulkan panas kembali. Hal ini bisa mempengaruhi suhu serta sirkulasi udara pada ruangan di bawahnya.

    4. Membahayakan kesehatan

    Asbes dianggap mampu memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan manusia. Pasalnya, debu halus pada genteng asbes dapat memicu sel kanker paru-paru jika terhirup oleh manusia. Bahaya lain yang mampu timbul dari asbes adalah mengakibatkan infeksi pada saluran pernafasan atas.

    Baca juga: 12 INSPIRASI RUMAH ATAP MIRING BESERTA KARAKTERISTIKNYA

    Harga Asbes

    Harga asbes bervariasi tergantung pada ukuran dan merknya, namun material ini masih lebih murah dibandingkan dengan yang lain. Namun setidaknya, inilah standar harga asbes terbaru 2021.

    No.Ukuran (panjang x lebar)KetebalanHarga
    1.150 x 180 cm0,35 cmRp 29.000 – 49.500
    2.180 x 180 cm0,35 cmRp. 34.000 – 52.500
    3.210 x 80 cm0,35 cmRp. 38.000 – 57.000
    4.240 x 80 cm0,35 cmRp. 43.000 – 66.000
    5.270 x 80 cm0,35 cmRp. 50.000 – 70.500
    6.300 x 80 cm0,35 cmRp. 56.000 – 80.500
    7.150 x 105 cm0,4 cmRp. 45.000
    8.180 x 105 cm0,4 cmRp. 50.000
    9.210 x 105 cm0,4 cmRp. 57.000
    10.240 x 105 cm0,4 cmRp. 69.000
    11.270 x 105 cm0,4 cmRp. 83.000

    Tips Memasang Atap Asbes yang Aman

    Memasang genteng asbes tidak bisa dilakukan sembarangan karena dinilai dapat membahayakan manusia. Itulah sebabnya, Anda perlu mempertimbangkan aspek keamanan serta kesehatan. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan.

    1. Gunakan masker

    Atap asbes memiliki serat-serat kecil yang tidak kasat mata. Jika partikel halus ini terhirup atau tertelan, ditakutkan akan menempel pada paru-paru dan menyebabkan masalah kesehatan yang serius, seperti gangguan pernapasan. Untuk itu, selalu gunakan masker demi meminimalisir terhirupnya partikel-partikel kecil tersebut.

    2. Harus berhati-hati

    Genteng asbes sangat rapuh dan mudah patah karena bobotnya yang ringan. Maka dari itu, Anda harus ekstra berhati-hati dalam memasangnya agar tidak terinjak dan jatuh.

    3. Pastikan rapat agar tidak bocor

    Salah satu tips yang tidak kalah penting dalam memasang atap asbes adalah memastikan kerapatannya. Anda bisa memakai paku payung untuk menempelkan genteng asbes. Pastikan tidak ada rongga pada setiap sambungan untuk mencegah kebocoran.

    Alternatif Pengganti Asbes

    Sebelum memutuskan untuk menggunakannya sebagai atap rumah, Anda perlu mempertimbangkan baik-baik aspek kelemahan asbes. Jika masih belum yakin akan asbes, ada alternatif lain untuk mengganti atap asbes dengan genteng berbahan semen fiber atau bitumen.

    Bitumen adalah material yang terkandung dalam aspal maupun serat selulosa pada kayu. Kelebihannya adalah beratnya yang cukup ringan, tidak bertekstur, awet, dan tahan panas. Sedangkan semen fiber adalah produk yang terbuat dari campuran antara semen dengan material penguat dan serat mineral fiber.

    Kedua material atap tersebut lebih aman bagi tubuh Anda karena tidak mengandung zat berbahaya serta dinilai ramah lingkungan. Selain aman untuk kesehatan tubuh manusia, kedua bahan tersebut juga dinilai lebih kokoh, sejuk, tidak mudah patah, dan bocor.

    Itulah ulasan terkait asbes yang bisa Anda pahami sebelum memutuskan untuk menggunakannya sebagai atap rumah. Setiap material pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, termasuk asbes. Kini saatnya Anda menentukan jenis bahan bangunan seperti apakah yang sesuai dengan kebutuhan.

    Setelah memilih atap hunian, pastikan juga untuk selalu melengkapi keperluan dekorasi rumah Anda dengan aneka furniture dan aksesoris berkualitas. Hadir lebih dekat, iCreate berkomitmen untuk membantu Anda dalam mewujudkan hunian impian jadi nyata. 

    Bahkan ada juga fasilitas cicilan 0% yang bisa Anda nikmati menggunakan berbagai kartu kredit pilihan. Jadi tunggu apalagi? Kunjungi laman resmi iCreate sekarang dan rasakan pengalaman baru berbelanja furniture online yang menyenangkan!

    Baca juga: 6 MODEL ATAP RUMAH MINIMALIS TERBARU UNTUK HUNIAN ANDA