Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Bordes Tangga

    Apa itu Bordes Tangga? Kenali 10 Inspirasi Desainnya, Keren!

    Bagi Anda yang memiliki rumah bertingkat lebih dari satu lantai, tangga merupakan salah satu elemen penting dan wajib ada. Tangga diperlukan sebagai akses penyambung antar lantai sehingga jarak dan modelnya perlu diperhitungkan dengan matang. Namun di samping itu, apakah Anda sudah familiar dengan istilah bordes tangga?

    Bordes tangga adalah area kecil yang berfungsi sebagai pembatas atau perantara sekaligus tempat mengistirahatkan kaki sejenak saat menaikinya. Selain bermanfaat, landing stairs juga bisa jadi tambahan dekorasi estetik di rumah. Daripada penasaran, langsung saja simak inspirasi cantiknya berikut!

    Apa itu Bordes Tangga?

    Bagi Anda yang belum mengenal apa itu bordes tangga, landing stairs atau bordes tangga adalah area istirahat pijakan kaki menuju arah tangga berikutnya..  Ukurannya yang cukup luas juga dimanfaatkan sebagai tempat untuk area penyimpanan tambahan atau meletakkan dekorasi di dalam rumah.

    Biasanya ukuran bordes tangga dibuat lebih luas dari ukuran anak tangga lainnya. Meski selalu disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, pada umumnya ukuran bordes tangga berkisar antara 80-120 cm dengan tebal bordes tangga sekitar 90-120 cm. Biasanya, landing stairs dibuat pada sudut peralihan antar dua arah tangga dengan tujuan untuk meminimalisir risiko kecelakaan seperti terjatuh dan tergelincir.

    10 Design Bordes Tangga

    Walau hanya berupa plat datar, design dan ukuran bordes tangga yang tepat ternyata bisa meningkatkan tampilan interior hunian jadi semakin menawan. Berikut beberapa 10 inspirasi desain landing stairs yang bisa Anda coba terapkan di rumah.

    Model konvensional yang tampil penuh gaya

    bordes tangga

    Sumber: dictio.id

    Design bordes tangga pertama kali ini hadir dari model konvensional yang telah dipoles sedemikian rupa sehingga mampu tampil penuh gaya. Meski sederhana, paduan aksen kayu alami dan gypsum putih pada permukaannya, membuat anak-anak tangga tersebut tampak menyatu dengan konsep hunian minimalis pemiliknya. Apalagi ditambah dengan permukaan kaca bening yang dimanfaatkan sebagai railing di sekelilingnya, semakin membuat detail dan tebal bordes tangga di atas terlihat elegan dan mewah.

    Minimalis dengan sentuhan kayu natural

    bordes tangga

    Sumber: consejosparamihuerto.com

    Hunian dengan nuansa earth tone memang selalu jadi perhatian sebab kemampuannya yang dapat menghadirkan suasana hangat ke dalam rumah. Untuk itu bagi Anda yang berminat, design bordes tangga seperti inspirasi di atas bisa jadi referensi terbaik. Selain nuansa hangat dan feeling yang menyatu dengan konsep hunian, aksen kayu berwarna tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai sentuhan natural di sekitar interior rumah.

    Multifungsi dengan storage tambahan

    bordes tangga

    Sumber: kibrispdr.org

    Ingin tetap memaksimalkan fungsi ruang di tengah sempitnya lahan? Menggunakan hunian bertingkat lebih dari satu lantai termasuk solusi tepat sebab Anda bisa menciptakan ruang tambahan tanpa memakan area yang luas. Namun di samping itu, sebaiknya manfaatkan juga ruang kosong di bawah tangga menjadi tempat penyimpanan tambahan seperti desain di atas. Anda bisa memanfaatkan rak susun bertingkat sesuai tinggi detail bordes tangga untuk menyimpan berbagai barang kebutuhan di rumah.

    Kombinasi gaya scandinavia

    bordes tangga

    Sumber: courtina.id

    Bila diperhatikan sekilas, hunian bergaya pedesaan ala skandinavia di atas tampak sangat asri dengan memanfaatkan halaman hijau luas dan aksen kayu alami di hampir seluruh permukaan lantainya, tak terkecuali pada detail tebal bordes tangga. Susunan papan tebal yang telah diamplas halus dengan finishing natural ala kayu tampak semakin menawan dengan railing permukaan kaca bening. Terlebih dengan paduan jendela lebar di sampingnya, semakin membuat desain interior di atas tampak kekinian, stylish, dan memukau.

    Aksen kayu yang tak biasa

    bordes tangga

    Sumber: cf.broadsheet.ie

    Detail bordes tangga berbahan kayu mungkin memang sudah banyak dan umum ditemukan, namun apakah Anda pernah menjumpai langsung desain di atas? Penggunaan kayu panjang yang dibentuk sedemikian rupa didesain khusus agar bisa tersambung rapi menjadi anakan tangga modern minimalis. Bila tertarik, Anda juga tak perlu repot memikirkan desain railing tangga, karena biasanya tipe desain di atas dikonsep alami begitu saja.

    Unik dan minimalis tanpa railing

    bordes tangga

    Sumber: interiordecoration.eu

    Selanjutnya, bagi Anda yang benar-benar ingin menghadirkan interior minimalis, detail bordes tangga tanpa railing seperti inspirasi desain di atas mungkin bisa jadi pilihan terbaik. Caranya, tempelkan papan permukaan dengan teknik khusus sesuai materialnya lalu gunakan warna kontras yang berlawanan dengan dinding belakangnya untuk menimbulkan ilusi tangga melayang. Konsepnya yang tanpa railing, tentu membuat penggunaan tangga ini perlu diawasi agar tidak membahayakan penghuninya.

    Lahan mini untuk tangga keren

    bordes tangga

    Sumber: introtrading.com

    Meski terkendala oleh lahan yang sempit, Anda tetap bisa membuat design tangga modern keren seperti inspirasi di atas. Kuncinya, Anda harus pintar-pintar mengatur fungsi ruang dan tata letak setiap elemennya. Bila melihat desain di atas, Anda bisa meletakan rak buku bertingkat dan satu ruang kecil tepat di bawah tangga agar setiap sisi di rumah dapat berfungsi optimal.

    Elegan dengan aksen transparan

    bordes tangga

    Sumber: archinect.imgix.net

    Kemudian, bila Anda menginginkan konsep yang lebih elegan dan modern, cobalah adopsi design lengkap dengan ukuran bordes tangga cantik satu ini. Railing dan tangganya dibuat dengan kaca tebal transparan yang cukup bening, tampak serasi dengan konsep hunian serba putih di sekelilingnya. Namun perlu diperhatikan, bila Anda tertarik dengan desain tersebut, pastikan untuk selalu menjaga kilau permukaan tangga agar tidak tampak bernoda.

    Railing besi vertikal minimalis

    bordes tangga

    Sumber: theconstructor.org

    Meski tampak sederhana dan biasa saja, desain dan ukuran bordes tangga terakhir ini bisa jadi pilihan tepat bagi Anda yang menginginkan gaya casual tanpa detail berlebih. Selain menggunakan elemen kayu, tambahkan juga tiang besi panjang berwarna hitam yang disusun secara vertikal sebagai railing pegangannya. Dijamin, rumah Anda akan langsung tampak aesthetic dan kece ala hunian kekinian.

    Dari 10 pilihan desain di atas, dapat dipahami bahwa ternyata seluruh elemen yang ada di dalam rumah bisa jadi aksen cantik selama dibuat dengan konsep tepat. Selain konsep dasar yang menarik, Anda juga bisa menambahkan beberapa hiasan dekoratif untuk membuat area sekitar tangga tampak semakin stand out.

    Pastikan juga furniture maupun aksesoris yang akan Anda tambahkan di bordes anak tangga sudah sesuai dan terlihat serasi. Untuk itu, percayakan kebutuhan interior hunian Anda hanya di iCreate! Dengan aneka koleksi beragam, layanan fasilitas dan penawaran menarik, Anda bisa mendapatkan kemudahan berbelanja furniture secara online hanya dengan sekali klik. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung cek laman iCreate sekarang juga!

    Baca juga: 7 MODEL TANGGA RUMAH MINIMALIS LEBIH UNIK DAN CANTIK