Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Cara Memasang Gorden

    4 Cara Memasang Gorden yang Tepat Berdasarkan Jenisnya

    Walaupun terlihat sepele, pemasangan tirai di rumah yang tidak benar ternyata dapat mempengaruhi keindahan ruangan. Terlebih, mengingat harganya yang mahal, tentu Anda perlu memperhatikan cara memasang gorden dengan tepat agar tidak cepat rusak. 

    Seperti penjelasan di awal, tirai yang terpasang sempurna dapat menambah nilai plus pada hunian. Sebagai contoh, jendela atau pintu bisa jadi jauh lebih menawan karena tambahan kelambu tersebut. Oleh karena itu, yuk simak tips cara memasang gorden yang benar berikut ini!

    Tips Memilih Gorden 

    Biasanya, gorden di rumah berfungsi sebagai hiasan pada jendela untuk menambah estetika tampilan hunian. Oleh karena itu, pemilihan tirai perlu disesuaikan dengan ukuran dan bentuk jendela. Berikut beberapa tipsnya untuk Anda.

    1. Menentukan ukuran

    Langkah pertama yaitu melakukan pengukuran terhadap panjang dan lebar jendela dengan saksama agar gorden terpasang dengan pas. Jika menginginkan kesan bersih dan rapi, Anda bisa memasang bagian kelambunya sedikit menggantung. Sedangkan untuk tampilan yang lebih elegan, maka gorden bisa dibuat hingga menyentuh lantai.

    2. Menyesuaikan warna dengan tema ruangan

    Pemilihan warna gorden tentu harus disesuaikan dengan tema ruangan. Tirai yang dipasang di ruang tamu kadang bisa berbeda dari yang ada di kamar lain. Disamping itu, Anda pun perlu mencocokkannya dengan dekorasi lain seperti sofa, bantal, dan dinding. 

    Pemilihan warna dipercaya bisa mempengaruhi suasana hati atau mood penghuni rumah. Misalnya, tone dengan kontras rendah atau soft dianggap mampu menciptakan nuansa damai dan sejuk. Sementara rona-rona cerah seperti kuning dinilai akan menghadirkan suasana ceria.

    3. Memilih model dan motif gorden

    Selain warna, memilih model dan motif tirai yang tepat untuk ruangan tentu juga penting. Setiap jenisnya tentu memiliki keunikan dan keindahan tersendiri. Jadi, Anda pun perlu menyesuaikannya dengan konsep ataupun dinding ruangan. Hindari memilih desain berlebihan agar tampilan gorden bisa menambah nilai estetika hunian dan tidak mengganggu tampilan interior.

    4. Menentukan pengait

    Selanjutnya adalah menentukan pengait untuk kelambu. Pemilihan kancing yang tepat akan menjadi nilai plus karena dapat memberikan kesan elegan terhadap ruangan. Smoke, track, tab top, dan ring merupakan empat jenis pengait yang bisa Anda pilih sesuai dengan tema hunian.

    5. Memilih bahan gorden

    Pemilihan bahan gorden yang benar dapat mempengaruhi kenyamanan ruangan. Jika ruang tamu Anda mendapatkan paparan terik matahari secara langsung, maka kelambu berbahan blackout merupakan jawaban terbaik untuk menjaga suhu ruangan agar tidak silau dan pengap. Akan tetapi, jika material jendela kaca ruangan adalah riben maka pilihlah material tirai yang lebih tipis.

    6. Sesuaikan dengan budget

    Terakhir, jangan lupa untuk menyesuaikan pilihan kelambu dengan budget yang Anda miliki. Tirai dengan model cantik dan bahan bagus tidak harus mahal. Saat ini, banyak toko yang menawarkan tirai beraneka desain elegan serta menawan namun dengan harga terjangkau.

    Baca juga: KREATIF DAN MUDAH! 10 CARA MENGHIAS KAMAR TIDUR SEDERHANA

    Cara Memasang Gorden Berdasarkan Jenisnya

    Cara memasang gorden bisa berbeda-beda tergantung dengan jenisnya. Ada kelambu biasa, model tempel, pita, serta kawat. Agar tidak salah, perhatikan baik-baik tips di bawah ini!

    Cara memasang gorden biasa

    cara memasang gorden

    Sumber: pinterest.com

    Kelambu biasa merupakan jenis gorden yang sering dijumpai di pasaran. Biasanya, ia berbentuk selembar kain atau berlapis dengan jahitan pada tepi-tepinya. Tirainya pun lebih tebal sehingga kokoh saat digantung pada penyangganya. Cara memasang gorden biasa sangat mudah, yaitu:

     

    1. Ukur kerangka di bagian atas jendela kemudian tandai kedua ujungnya untuk memasang rel penyangga. 

    2. Sematkan rel penyangga tepat di titik tengah yang sudah ditandai tadi lalu pasang gordennya.

    3. Perhatikan lubang rel untuk memasukkan pengait apakah harus digantung atau memerlukan bantuan cincin. 

    4. Apabila menggunakan rel, pengait dapat langsung dimasukkan ke lubangnya. Namun, jika memerlukan cincin, kaitkan satu persatu sesuai bolongan pada kainnya.

    5. Terakhir, gantung gorden dengan mengaitkannya pada rel penyangga.

    Cara memasang gorden tempel

    cara memasang gorden

    Sumber: pinterest.com

    Berbeda dengan kelambu jenis lain yang membutuhkan paku maupun bor, cara memasang gorden tempel sangatlah gampang dan cepat. Anda hanya perlu menempelkan perekatnya saja pada tembok atau tepi jendela.

    Tak hanya itu, Anda juga bisa menyesuaikannya dengan bentuk jendela maupun pintu agar kainnya muat dipasang. Potong saja jika terlalu panjang atau juga bisa dibentuk model lipatan kalau menginginkan tampilan gorden yang bergelombang dan elegan.

    Cara memasang gorden pita

    cara memasang gorden

    Sumber: fuggonyvarraseger.hu

    Gorden pita cocok digunakan untuk jendela tinggi dan sempit. Anda perlu menyiapkan dua pasang penyangga serta dua rel untuk bagian atas maupun bawah kelambu. Namun pastikan untuk melakukan pengukuran terlebih dahulu agar hasilnya rapi dan tidak kendur.

    Walaupun terlihat rumit, cara memasang gorden pita ternyata cukup simpel. Cukup dengan beberapa langkah berikut ini.

    1. Pasanglah penyangga kelambu pada bagian atas dan bawah jendela sejajar dengan panjangnya tali.

    2. Kemudian, masukkan salah satu rel ke tepi atas gorden dan pasang penyangganya di bagian atas jendela.

    3. Masukkan lagi rel satunya ke tepi bawah tirai lalu pasang penyangganya.

    4. Kaitkanlah ujung kelambu ke sudut rel supaya tidak mudah bergeser, lalu atur lipatannya secara merata.

    5. Terakhir, ikatlah tirai dengan rapat secara vertikal di tengah memakai sabuk, pita, ataupun tali hias.

    Cara memasang gorden kawat

    cara memasang gorden

    Sumber: madebytheforge.co.uk

    Gorden kawat adalah jenis tirai yang sangat sering digunakan di rumah-rumah mengingat tampilannya yang begitu mudah. Meskipun model kelambu ini sederhana, tapi masih digemari oleh banyak orang. Selain itu, coraknya tersedia dalam berbagai macam motif dan warna.

    Cara memasang gorden kawat bisa dimulai dengan memasukkan kawat ke lubang acuan bagian belakang kain kelambu. Setelah semua terisi, langsung kaitkan saja ke setiap bolongan yang ada pada penyangga tirai. Sangat mudah, bukan?

    Nah, itu tadi penjelasan tentang cara memilih dan memasang gorden yang benar berdasarkan jenisnya. Setelah menyimak tips-tips di atas, kini Anda bisa mempraktekannya sendiri tanpa ragu. Jadi, model kelambu mana yang lebih Anda sukai?

    Setelah memperindah ruangan menggunakan gorden, kini saatnya bagi Anda melengkapi kebutuhan interior hunian dengan perabot yang berkualitas. Maka dari itu, iCreate hadir untuk membantu dekorasi rumah Anda tampak lebih menawan. Nikmati penawaran terbaik dari iCreate sekarang juga!

    Baca juga: 6 CARA MEMASANG WALLPAPER DINDING MUDAH, RAPI DAN CEPAT