Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Cara Memasang Wallpaper Dinding

    6 Cara Memasang Wallpaper Dinding Mudah dan Rapi, Anti Gagal!

    Terkadang, dinding yang polos akan terkesan sepi dan membosankan. Untuk menghiasnya, Anda bisa memilih berbagai macam dekorasi atau alternatif lainnya. Salah satunya adalah menggunakan wallpaper dinding di kamar. Motifnya yang menarik dan beragam, membuat wallpaper banyak dipilih terutama untuk menghias kamar. Tak serumit yang dibayangkan, cara memasang wallpaper cukup mudah jika dilakukan dengan benar. 

    Bagaimana cara pasang wallpaper dinding sendiri di rumah? Ikuti panduan cara menempel wallpaper dinding sendiri berikut agar tembok rumah yang lebih menarik.

    Mengapa Harus Memasang Wallpaper Dinding?

    Wallpaper menjadi alternatif yang bisa dipilih untuk menghias tembok dengan langkah yang lebih praktis. Dilihat dari segi pengaplikasiannya, cara memasang wallpaper dinding lebih mudah dibandingkan harus mengecat tembok secara manual. Bahkan dibandingkan cat, wallpaper mampu bertahan hingga 20 tahun bila dipasang dengan tepat.

    Cara Memasang Wallpaper Dinding Sendiri 

    Setelah Anda mengetahui pentingnya memasang wallpaper dinding, berikut langkah-langkah untuk memasangnya sendiri di rumah.

    1. Pastikan dinding terbebas dari rembesan air hujan

    Cara memasang wallpaper dinding yang pertama adalah memastikan tembok telah terbebas dari rembesan air. Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan, sebab apabila ruangan punya kelembaban yang cukup tinggi, maka wallpaper akan mudah mengelupas. 

    2. Bersihkan dinding dari paku dan noda

    Selain memastikan tembok bebas rembesan air, Anda juga harus membersihkan area dinding dari paku dan noda. Apabila menemukan masalah seperti lubang akibat paku maupun mengelupas karena rembesan, dempul tembok terlebih dulu. Cara memasang wallpaper dinding ini bertujuan agar wallpaper yang akan dipasang tidak bergelembung.

    3. Siapkan peralatan 

    cara pasang wallpaper dinding

    Sumber: bigapp.work

    Cara pasang wallpaper dinding hanya dapat dilakukan dengan peralatan yang lengkap dan mendukung. Untuk itu, berikut beberapa peralatan penting yang harus disiapkan terlebih dulu diantaranya,

    • Pisau atau cutter
    • Gunting
    • Meteran
    • Pensil
    • Wallpaper sesuai selera
    • Plumb bob
    • Lem wallpaper
    • Kuas aplikasi wallpaper

    4. Potong wallpaper dengan gunting atau cutter

    Sebelum dipasang, penting bagi Anda untuk menyesuaikan ukuran dinding dengan wallpaper yang ingin ditempel. Jika dirasa ukurannya sudah pas, potong wallpaper dengan gunting ataupun cutter. Terakhir, pastikan pola yang digambarkan sudah benar agar ketika memasangnya, wallpaper bisa tersambung dengan baik.

    5. Pasang dan ratakan wallpaper

    cara pasang wallpaper dinding

    Sumber: cdn.wallpapersafari.com

    Bila pola wallpaper sudah sesuai ukuran dan selesai di potong, Anda dapat langsung memasangnya di sudut dinding yang diinginkan. Namun pastikan sambungan pola dan lem yang digunakan tersusun rata.

    6. Rapikan permukaan wallpaper

    Masalah yang cukup sering terjadi ketika Anda tidak menerapkan cara memasang wallpaper dinding sendiri di rumah adalah munculnya gelembung. Solusinya,  rapikan permukaan tersebut menggunakan kain perca agar gelembung hilang dan kembali rata.

    Tips Memilih Wallpaper Dinding

    Sebelum terlanjur membeli, ketahui dulu yuk beberapa tips memilih wallpaper dinding yang sesuai. Penasaran? Berikut tips lengkap bagaimana cara memilih wallpaper dinding yang tepat.

    1. Ukur dinding yang akan diberikan wallpaper

    cara pasang wallpaper dinding

    Sumber: wallpapertrip.com

    Sebelum menentukan dan memikirkan bagaimana cara memasang wallpaper dinding rumah, Anda harus mengukurnya area dinding yang ingin dipasang terlebih dulu. Langkah pertama ini bertujuan agar pembelian wallpaper bisa disesuaikan dengan kebutuhan sehingga menghindari pengeluaran biaya berlebih yang tidak diperlukan.

    2. Pilih motif yang sesuai dengan tema rumah

    Jangan sampai salah, pemilihan motif wallpaper yang tidak sesuai dengan tema rumah dapat merusak keseluruhan konsep hunian. Untuk itu, belilah wallpaper yang desainnya sesuai dengan konsep dan dekorasi rumah.Misalnya saja, ketika ingin rumah bertema monokrom, usahakan untuk memilih motif maupun warna wallpaper yang senada dengan konsep tersebut.

    3. Pilih wallpaper dengan backing kertas

    Tips lain yang juga perlu diperhatikan adalah memilih wallpaper dengan backing kertas. Misalnya saja, menggunakan non-woven. Hal ini bertujuan agar ketika dipasang wallpaper terlihat lebih rapi, indah dan tentunya juga menarik.

    4. Pilih pola datar atau bertekstur

    Selain memilih backing kertas, Anda juga harus menentukan jenis pola wallpaper. Umumnya, hanya ada dua pilihan pola wallpaper yakni datar dan bertekstur. Hal ini bertujuan untuk membuat wallpaper tersebut lebih hidup dan kesan yang dinginkan semakin terpancar.

    Inspirasi Motif Wallpaper Dinding Terbaru 

    Sebelum mencoba mempraktekkan cara memasang wallpaper dinding rumah sendiri, berikut inspirasi motif yang bisa jadi pilihan.

    Motif nuansa alam

    cara pasang wallpaper dinding

    Sumber: zflas.com

    Motif bernuansa alam bisa jadi pilihan bagi Anda yang ingin menghadirkan suasana segar pada ruangan. Motif ini akan memberikan suasana unik seperti menyatu dengan alam. Varian motif wallpaper  nuansa alam sangat beragam mulai dari bunga-bunga, pepohonan sampai daun.

    Wallpaper dinding minimalis

    cara pasang wallpaper dinding

    Sumber: defacile.com.br

    Sesuai namanya, motif minimalis sama sekali tidak mengandung banyak detail serta unsur yang rumit. Biasanya, karakter wallpaper dinding minimalis hanya menggunakan 2 palet saja. Jadi, kesan luas dan lebih bersih akan terasa jika diaplikasikan di berbagai tipe ruang.

    Wallpaper motif garis

    cara pasang wallpaper dinding

    Sumber: ar.naoko.asia

    Bagi Anda yang ingin memberikan kesan mewah maka wallpaper motif garis bisa jadi pilihan. Selain memberikan kesan mewah, wallpaper motif garis juga akan menghidupkan suasana yang berbeda. Selanjutnya, Anda juga bisa memilih warna motif wallpaper garis sesuai keinginan.

    Wallpaper belah ketupat

    cara pasang wallpaper dinding

    Sumber: bestofbharat.com

    Tak hanya unik, wallpaper bermotif belah ketupat akan membuat suasana rumah terlihat eksentrik. Selain itu, aksen pada salah satu dinding akan lebih memikat bila ditempeli wallpaper bermotif belah ketupat.

    Cara memasang wallpaper dinding beserta tips memilihnya bisa Anda praktekkan langsung di rumah. Namun, ketika Anda ragu untuk memasangnya sendiri, menggunakan jasa pasang wallpaper dinding juga bisa jadi pilihan. Jadi, apapun pilihan pola maupun motif wallpapernya, usahakan menerapkan cara memasang wallpaper dinding secara tepat agar hasilnya juga bagus, rata dan indah dilihat.

    Baca juga: 14 CARA MENGECAT TEMBOK RUMAH YANG BENAR, MUDAH UNTUK PEMULA!