Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Cara Membasmi Rayap

    19 Cara Membasmi Rayap Ampuh Secara Alami, Efektif dan Mudah!

    Sudah tahu bagaimana cara membasmi rayap yang mudah dan ampuh? Meski berukuran kecil, nyatanya hama pengganggu satu ini kerap menghantui bangunan maupun furniture berbahan kayu. Bahkan bukan hanya sekedar merusak pemandangan, keberadaan rayap juga akan membuat kayu lapuk sehingga perlahan hancur dan tidak tahan lama.

    Tak harus selalu dengan bahan kimia, sebenarnya Anda pun dapat mengikuti cara membasmi rayap secara alami lho! Daripada penasaran, berikut beberapa trik mudah yang dapat dimanfaatkan untuk mengusir rayap di rumah.

    19 Cara Membasmi Rayap Tanah Secara Alami

    Keberadaan rayap dapat sangat mengganggu jika tidak dibasmi dengan baik. Untuk mengusir rayap, Anda tidak perlu repot menunggu tukang karena sebenarnya dapat dilakukan sendiri. Berikut adalah beberapa cara membasmi rayap yang dapat diikuti. 

    1. Air cucian beras

    cara membasmi rayap

    Sumber: lemonilo.com

    Jarang diketahui, tetapi air cucian beras dapat menjadi obat alami sebagai cara membasmi rayap.Cukup semprotkan cairan bekas cucian beras tersebut pada tempat yang dikerumuni rayap. Jadi mulai sekarang jangan langsung membuang air beras ya!

    2. Daun salam dan kemangi

    cara membasmi rayap

    Sumber: klikdokter.com

    Rempah populer yang satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir rayap hunian. Cukup letakkan daun tersebut pada furniture yang didatangi oleh binatang tersebut. Selain praktis, cara ini juga lebih sehat karena tidak berbahan kimia seperti penyemprot di pasaran.

    3. Minyak jeruk

    cara membasmi rayap

    Sumber: wallpaperbetter.com

    Minyak jeruk memiliki aroma menyegarkan ketika dihirup. Namun, rupanya cairan tersebut mengandung zat racun yakni d-limonene yang dapat membunuh serangga. Jadi Anda dapat menyuntik minyak tersebut ke dalam lubang gerogotan rayap, sehingga binatang pun akan mati dengan sendirinya. 

    4. Lidah buaya

    cara membasmi rayap

    Sumber: unsplash.com

    Selain menyembuhkan luka, lidah buaya juga dinilai ampuh untuk membasmi rayap loh! Caranya, Anda perlu memblender tanaman tersebut dan dimasukkan ke dalam botol semprotan. Kemudian, tinggal semprotkan saja ke area-area yang sering ditempati oleh rayap. 

    5. Garam dapur

    cara membasmi rayap

    Sumber: garam.co.id

    Bingung cara membasmi rayap pada kusen? Manfaatkanlah garam dapur setelah melarutkannya ke dalam air dan semprotkan langsung saja! Jadi alih-alih membuang duit, Anda bisa mengusir binatang tersebut hanya dengan garam di dapur. 

    6. Minyak tanah

    cara membasmi rayap

    Sumber: nyaribisnis.com

    Minyak tanah dikenal sebagai cairan beracun yang dapat membahayakan manusia ataupun hewan. Jika ingin membasmi rayap, zat berbahaya pada larutan ini dijamin ampuh membasminya. Tinggal disemprot langsung saja ke furniture kayu yang diserang oleh rayap. 

    7. Tembakau

    cara membasmi rayap

    Sumber: id.depositphotos.com

    Produk pertanian yang satu ini sering digunakan sebagai pestisida, karena mengandung zat racun seperti hidrogen sianida. Maka dari itu, Anda juga dapat memanfaatkannya sebagai cara membasmi rayap. Agar lebih ampuh, campurlah tembakau dengan air dan didiamkan selama satu malam untuk mengeluarkan sarinya.

    8. Cengkeh 

    cara membasmi rayap

    Sumber: freepik.com

    Tidak perlu menggunakan bahan kimia, cara membasmi rayap kayu adalah dengan menggunakan minyak cengkeh, yang mudah untuk dijumpai. Sama seperti cara sebelumnya, Anda bisa menyemprotnya kepada sarang binatang tersebut berulang kali. 

    9. Air kapur sirih

    cara membasmi rayap

    Sumber: hellosehat.com

    Kapur memiliki sifat panas yang dapat membunuh hewan berkulit tipis seperti rayap. Maka dari itu, cara membasmi rayap dengan air kapur sirih dinilai efektif untuk mengusir serangga yang berkeliaran di hunian Anda. Bisa disemprotkan ke sarang rayap atau perabotan itu sendiri. 

    10. Kapur barus

    cara membasmi rayap

    Sumber: motorplusonline.com

    Tidak hanya sebagai pengharum dan pencegah jamur di ruangan lembab, kapur barus juga dapat digunakan untuk membasmi rayap. Anda hanya perlu melarutkan bahan tersebut ke dalam minyak tanah dan menyemprotnya, maka binatang pun akan langsung hilang.  

    11. Minyak nimba

    cara membasmi rayap

    Sumber: indonesian.alibaba.com

    Larutan yang satu ini dikenal sebagai biji yang diproses serta diperoleh dari Pohon Nimba. Aromanya memang aneh dan tidak mengenakkan, tetapi dijamin ampuh. Ketika dioles atau disemprot, rayap akan berhenti makan sehingga akhirnya lebih cepat mati. 

    Baca juga: 12 CARA MENGUSIR SEMUT DI RUMAH DENGAN BAHAN ALAMI, MUDAH!

    Tips Hunian Anti Rayap

    Buat Anda pemilik hunian, lebih baik mencegah daripada harus membasmi serangga yang satu ini bukan? Membuat rumah anti binatang rayap sebenarnya tidak sulit loh, seperti salah satunya dengan menurunkan suhu ruangan. Berikut adalah beberapa tips lainnya yang bisa dilakukan.

    1. Buat ventilasi yang banyak

    cara membasmi rayap

    Sumber: solarinnovations.com

    Salah satu cara untuk membasmi rayap di plafon rumah adalah dengan membuat banyak ventilasi, mengingat, serangga menyukai tempat lembab dan tidak terekspos sinar matahari. Sedangkan ventilasi inilah yang akan menghadirkan cahaya surya pada setiap sudut rumah, sehingga, tidak didatangi oleh rayap.

    2. Tutup retakan di setiap sudut rumah

    cara membasmi rayap

    Sumber: homenaddecor.com

    Cara membasmi rayap di tembok adalah dengan menutup kerusakan itu sendiri. Retakan pada sudut rumah adalah hal yang wajar untuk muncul. Maka dari itu, penting untuk melakukan pemeriksaan rutin terhadap bolongan pada dinding. Pasalnya, retakan-retakan yang ada dapat dimanfaatkan oleh rayap untuk menjadi jalan masuk. Jadi, segera tutup celah ini ya! 

    3. Jemur perabotan kayu

    cara membasmi rayap

    Sumber: foter.com

    Bila perabotan rumah terlanjur lembab, Anda bisa menjemurnya secara rutin agar kondisi kayu tidak mengundang rayap. Setelah selesai ditaruh di bawah matahari, gunakanlah pernis sebagai bahan finishing yang memberikan fungsi proteksi tambahan pada furniture hunian. 

    4. Beri jarak antar permukaan kayu dan tanah

    cara membasmi rayap

    Sumber: secrets-of-shed-building.com

    Pastikan terdapat jarak antara permukaan kayu dan tanah, terutama pada bagunan berkayu. Apalagi jika kualitas material kayu buruk, serta tidak diolah dengan baik, maka dapat dijadikan tempat favorit para rayap untuk berkembang, lewat pengumpulan uap yang menghasilkan kelembaban. 

    5. Hindari genangan air

    cara membasmi rayap

    Sumber: istockphoto.com

    Rayap dapat dengan mudah berkembang biak pada genangan air. Jadi langkah paling awal adalah mencegah adanya penumpukan pada hunian Anda. Terutama saat musim hujan, harus lebih teliti terhadap tempat terjadinya genangan dan mana yang harus dilakukan pembersihan rutin. 

    6. Bersihkan kayu kering

    cara membasmi rayap

    Sumber: familyhandyman.com

    Salah satu cara membasmi rayap tanah adalah dengan menjaga kebersihan luar rumah. Terutama pada hunian bertaman yang rawan didatangi rayap tanah. Maka dari itu, Anda harus rajin membuang ranting serta kayu kering yang menumpuk di sekitar rumah supaya tidak dijadikan tempat sasaran. Jangan tunggu sampai terbentuk koloni dulu ya. 

    7. Turunkan suhu ruangan

    cara membasmi rayap

    Sumber: thoughtco.com

    Ruangan dingin berseberangan dengan cuaca panas yang membuat ruangan lembab. Jadi jika tidak ingin kedatangan rayap, turunkanlah suhu ruangan supaya berada di derajat yang ekstrim dan tidak disukai binatang tersebut. Lakukanlah secara rutin terutama pada ruangan yang penuh dengan perabotan kayu. 

    8. Perbaiki pipa atau keramik yang rusak

    cara membasmi rayap

    Sumber: doublekplumbing.com

    Terakhir, selalu perbaiki pipa serta keramik yang rusak supaya uap air tidak masuk dan menjadi lembap. Jangan anggap remeh ya! Pasalnya kerusakan yang terkesan sepele ini ternyata bisa jadi salah satu penyebab utama rayap masuk ke dalam hunian. Perbaiki segera sebelum terlanjur diserang dan dijadikan koloni oleh serangga tersebut.  

    Bagaimana, mudah bukan cara membasmi rayap membandel di rumah? Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, dijamin hunian Anda akan terbebas dari gangguan hewan tersebut dalam waktu singkat. Setelah tahu trik pintarnya, kini rasanya tak perlu khawatir lagi untuk memperbanyak koleksi furniture kayu di rumah.

    Nah berbicara soal perabot, pastikan benda-benda pilihan Anda tak hanya unggul dalam tampilannya saja, namun juga kualitasnya. Eits, tak harus mahal! Sebab iCreate sebagai toko furniture online terdepan di Indonesia punya beragam koleksi menarik dengan harga terjangkau. Jadi tunggu apalagi? Yuk klaim segera dan nikmati penawarannya sekarang juga!

    Baca juga: 5 BAHAYA TUNGAU KASUR, INI CARA MENGOBATI & MENGHILANGKANNYA