Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Cara Membersihkan Kaca

    14 Cara Membersihkan Kaca Jendela Buram, Auto Kinclong!

    Terlihat sepele, merawat kaca di rumah merupakan kegiatan penting yang harus dilakukan secara rutin. Kaca rumah yang bersih dapat memantulkan cahaya, sehingga membuat hunian terlihat lebih hidup. Walau tampak susah, ternyata cara membersihkan kaca di rumah tidak sesulit yang dibayangkan. 

    Namun terkadang meskipun terbilang mudah, cara membersihkan kaca berjamur yang salah dapat meninggalkan plak pada permukaan kaca. Oleh karena itu,  menggunakan peralatan, bahan serta cara yang tepat dapat membantu Anda dalam memoles kaca di rumah. Berikut beberapa tips serta cara membersihkan kaca yang dapat Anda ikuti.

    Cara membersihkan kaca Jendela

    Dalam setiap hunian, kaca yang bersih menjadi identitas bagi penghuninya. Jika kaca terlihat kotor, secara tidak langsung akan memberikan kotor pada pemilik rumah. Pastikan tak ada lagi kaca penuh noda di rumah Anda agar siapapun merasa nyaman melihatnya. Untuk itu, ikuti cara membersihkan kaca berikut.

    Alat Pembersih Kaca 

    • ember dengan air bersih
    • cairan pembersih kaca
    • spons pembersih kaca
    • sarung tangan karet
    • wiper pembersih kaca
    • kain microfiber
    • pasta gigi
    • cuka
    • kertas penyaring kopi
    • koran

    Cara Membersihkan Kaca Cepat

    Bila tak punya banyak waktu, Anda bisa mempercepat pengerjaan dengan mengikuti beberapa cara membersihkan kaca berikut.

    1. Bersihkan kaca bagian dalam terlebih dahulu

    2. Siapkan plastik atau alas kain sebagai tampungan tetesan air

    3. Takar cairan pembersih dan siram pada permukaan kaca

    4. Bersihkan kaca dengan kain atau spons pembersih

    Tips & Cara Membersihkan Kaca Berjamur

    Kaca yang berjamur terkadang menjadi masalah besar bagi sebagian orang. Jika begitu, Anda memerlukan solusi untuk menghindarkan jamur yang membandel. Berikut cara membersihkan kaca berjamur sederhana yang dapat Anda terapkan di rumah Anda 

    1. Menggunakan kain kering

    Tak harus membasahi kain, Anda juga dapat menggunakan kain kering sebagai medianya. Cukup gosok perlahan bagian permukaan kaca dengan kain kering. Gosok secara merata sampai jamur dan noda pada permukaan kaca semakin memudar. Agar tidak jamur tidak muncul kembali, pastikan untuk selalu membersihkan kaca seminggu sekali.

    2. Menggunakan air soda

    Jika memang kaca di rumah sedang berkerak, Anda dapat menggunakan air soda sebagai cairan pembersihnya. Air soda juga mampu menghilangkan jamur pada kaca.  

    Siram air soda ke permukaan kaca dan bersihkan menggunakan kain lembut yang menyerap air. Tetapi yang perlu diingat, jangan campur air soda dengan air biasa karena dapat terjadi reaksi kimia yang akan mengurangi manfaatnya.

    3. Menggunakan pasta gigi

    Selain berguna untuk membersihkan gigi, pasta gigi pun dapat menjadi alternatif menghindarkan kaca rumah dari debu dan jamur. Namun, penggunaan pasta gigi lebih disarankan untuk menghilangkan goresan-goresan tipis yang pada kaca. 

    Caranya cukup mudah, oleskan pasta gigi pada goresan, lalu gosok perlahan memakai kain lembut atau spons selama beberapa saat. Bilas dengan lap basah kemudian lanjutkan menggunakan lap kering.

    4. Menggunakan larutan air tembakau

    Cara membersihkan kaca berjamur dengan air tembakau mungkin jarang didengar. Namun, cara ini cukup terbukti membuat kaca semakin bersih dan tahan dari segala cuaca. 

    Tahap pertama yang harus Anda perhatikan adalah merendam tembakau dengan air selama 20 menit. Kemudian usapkan merata dengan kain atau spons pada kaca lalu keringkan permukaan kaca dengan kain kering.

    Baca juga: 16 CARA MEMBERSIHKAN LANTAI SESUAI MATERIAL, AUTO MENGKILAP

    Tips Membersihkan Kaca

    Tak hanya dasar membersihkan kaca yang harus Anda terapkan, memahami tips membersihkan kaca pun perlu dilakukan. Seperti 6 tips membersihkan kaca berikut.

    1. Bersihkan kaca saat cuaca mendung

    Cuaca mendung seringkali menjadi penghalang bagi kebanyakan orang dalam beraktivitas, namun situasi ini akan menjadi cara efektif untuk membersihkan kaca di rumah. 

    Jika membersihkan saat cuaca panas kaca cenderung langsung terpapar sinar matahari, hal itu akan merepotkan karena kaca terlalu cepat kering. Tidak ada salahnya membersihkan kaca ketika mendung agar larutan pembersih tetap menempel di kaca sampai Anda mengelapnya.

    2. Bersihkan debu dan kotoran terlebih dahulu

    Bersihkan debu dan kotoran terlebih dahulu sebelum mulai memberikan cairan pembersih pada kaca. Bersihkan debu dan kotoran dengan kuas atau vacuum cleaner. Ketika membersihkan, pastikan setiap celah yang sulit terjangkau sudah bersih.  Hal ini dapat membuat pekerjaan Anda  menjadi lebih mudah.

    3. Menggunakan sarung tangan dengan koran

    Bukan hal yang asing lagi jika kertas koran dapat menjadi alat ampuh untuk mengembalikan kebersihan kaca. Tetapi, bagi beberapa orang pasti menolak menggunakan cara membersihkan kaca ini, karena kertas koran dirasa dapat membuat kaca semakin kotor. Hal itu bisa saja dihindari asalkan Anda dapat menggunakan kertas koran dengan baik dan tidak sembarang menggosok.

    4. Gunakan wiper pilihan yang nyaman

    Kebanyakan orang akan berpendapat bahwa memakai kain saja tidak akan membersihkan kaca dengan baik. Bagi Anda yang setuju dengan pendapat tersebut, cara yang paling efektif adalah memakai wiper. Menggunakan wiper akan membuat kaca di rumah berkilau dengan mudah dan dua kali lebih bersih, terutama pada kaca berukuran besar.

    5. Gunakan cotton bud, untuk sudut kaca yang sulit dijangkau

    Terkadang residu pada celah kaca masih bersarang walau sudah susah payah membersihkannya. Debu memang cukup sulit dibersihkan apalagi pada celah bingkai kaca. Anda bisa menggunakan cotton bud untuk membersihkan bagian terkecil tersebut.

    6. Bersihkan kaca dari arah atas ke bawah

    Membersihkan kaca dengan bebas memang lebih menyenangkan, tetapi akan lebih baik jika Anda membersihkannya sesuai arah yang benar. Mengandalkan gravitasi akan menjadi ide brilian untuk membersihkan kaca, yakni dengan arak atas ke bawah. Cara membersihkan kaca ini pun lebih praktis karena kotoran yang diusap ke atas lalu kebawah akan turun dengan mudah.

    Mendapatkan kaca jendela yang mulus memang susah, namun bukan berarti tidak bisa. Untuk itu, Anda bisa mencoba cara membersihkan kaca di atas agar cahaya bisa terpantul maksimal dan ruangan menjadi luas.

    Baca juga: 11 CARA MEMBERSIHKAN KULKAS YANG BENAR, MUDAH, DAN CEPAT