Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Cara Membersihkan Kulkas

    Ini 11 Cara Membersihkan Kulkas yang Benar, Cepat & Anti Bau!

    Sudah tahu bagaimana cara membersihkan kulkas yang benar? Sering dianggap sebelah mata nyatanya lemari pendingin pun perlu dirawat secara teratur agar bisa berfungsi maksimal. Apalagi mengingat fungsinya sebagai tempat menyimpan makanan, sudah seharusnya Anda lebih memperhatikan lagi kebersihan area sekitar kulkas.

    Untuk itu, luangkanlah waktu sesekali untuk merapikan bagian dalam dan luar freezer agar tetap higienis. Mudah dan anti ribet, berikut cara membersihkan kulkas yang bisa Anda praktekkan di rumah!

    Alat dan Bahan

    Sebelum mempraktekkan cara membersihkan kulkas 2 pintu yang benar, ada baiknya Anda mengetahui apa saja senjata yang harus disiapkan. Setidaknya, inilah beberapa alat dan bahan yang diperlukan.

    Cairan pembersih

    Air saja tidak cukup, Anda pun memerlukan cairan pembersih untuk hasil yang lebih maksimal. Hal itu disebabkan oleh kandungan tertentu dalam sabun yang memang sudah terbukti ampuh untuk menghilangkan noda maupun bakteri, terutama pada cara membersihkan kulkas bagian luar milik Anda.

    Lap microfiber

    Tekstur halus lap microfiber ternyata ampuh membantu cara membersihkan kulkas 2 pintu Anda semakin mudah. Selain digunakan untuk menggosok bagian-bagian tertentu, Anda pun dapat menyediakan beberapa lembar lap yang kering guna mengeringkan rak ataupun permukaan dinding kulkas.

    Sikat

    Untuk beberapa noda, debu, maupun kerak yang sulit dihilangkan, Anda bisa menggunakan sikat agar hasil pembersihan lebih maksimal. Sikat juga tersedia dalam banyak jenis sehingga dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

    Baskom 

    Di hampir seluruh kegiatan beberes, baskom termasuk peralatan yang selalu dibutuhkan tak terkecuali pada cara membersihkan kulkas. Baskom dapat difungsikan sebagai media mencuci, merendam, memindahkan air, atau hal lain sesuai kebutuhan Anda.

    Sponge

    Tak hanya berguna untuk membuat piring dan alat masak kembali kinclong, sponge pun dapat dimanfaatkan sebagai perlengkapan cara membersihkan kulkas 2 pintu. Meski murah, sponge akan sangat membantu Anda untuk menghilangkan noda membandel pada lemari pendingin.

    Botol spray

    Senjata terakhir yang harus Anda siapkan adalah botol spray. Tujuannya tentu untuk meletakkan cairan pembersih dan dapat menyebarkannya secara merata. Anda pun dapat melakukan cara membersihkan kulkas bagian luar hingga sisi tertinggi dengan mudah.

    Baca juga: CARA MEMBERSIHKAN KACA JENDELA YANG BERJAMUR, MUDAH!

    Cara Membersihkan Kulkas yang Benar

    Anti ribet dan tak perlu waktu lama, berikut beberapa cara membersihkan kulkas bagian luar maupun dalam yang bisa Anda ikuti secara mudah!

    1. Mulai dari bagian terluar

    Cara Membersihkan Kulkas

    Sumber: lkiran.com

    Agar tidak bingung, Anda bisa memulainya dari sisi depan lemari pendingin. Cara membersihkan kulkas bagian luar ini cukup mudah. Anda hanya perlu mengelapnya dengan kain microfiber yang telah diberi cairan pembersih. Bila jarang dibersihkan, biasanya bagian pintu lemari pendingin akan meninggalkan plak dan noda kusam tertentu.

    2. Cabut stop kontak terlebih dahulu

    Cara Membersihkan Kulkas

    Sumber: saintif.com

    Setelah beres, pastikan agar sambungan listrik ke lemari pendingin Anda telah terputus. Hal ini bertujuan untuk menghindari masalah korsleting yang mungkin terjadi. Akhirnya, Anda pun dapat menerapkan cara membersihkan kulkas 2 pintu dengan lebih leluasa.

    3. Kosongkan bagian dalam kulkas

    Cara Membersihkan Kulkas

    Sumber: assegur.com

    Untuk hasil yang lebih maksimal, sebaiknya penerapan cara membersihkan kulkas dilakukan secara menyeluruh sampai ke sudut terkecil di dalamnya. Oleh karena itu, sebaiknya kosongkan dulu seluruh bagian dalam lemari pendingin termasuk di area freezer.

    4. Sortir semua makanan yang Anda simpan

    Cara Membersihkan Kulkas

    Sumber: en.yiwugo.com

    Setelah kosong, langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah menyortir seluruh isi kulkas. Artinya, Anda harus rela menyingkirkan makanan ataupun minuman yang sudah tidak dapat dikonsumsi lagi. Kemudian simpan beberapa yang masih dapat digunakan dan letakkan di tempat lain terlebih dahulu selama proses pembersihan berlangsung.

    5. Lepas seluruh rak 

    Cara Membersihkan Kulkas

    Sumber: appliancepartspros.com

    Ada banyak sisi lemari pendingin yang harus Anda bereskan. Agar lebih mudah, aplikasi cara membersihkan kulkas 2 pintu sebaiknya dilakukan saat seluruh rak di dalamnya telah dilepas. Sebab biasanya, rak juga menjadi tempat bersarangnya kotoran ataupun noda membandel sisa makanan.

    6. Gosok dan bersihkan bagian dalam rak

    Cara Membersihkan Kulkas

    Selagi rak sedang dikeluarkan, sebaiknya perhatikan juga kebersihan permukaannya. Seperti yang sudah disinggung di poin sebelumnya, jangan sampai rak di kulkas Anda jadi area yang tidak higienis untuk makanan dan minuman di dalamnya. Untuk itu, gosok permukaan rak dengan sponge ataupun sikat khusus kerak membandel.

    7. Lap seluruh permukaan dinding kulkas

    Cara Membersihkan Kulkas

    Sumber: appliancecity.co.uk

    Pernah mencium bau tak sedap dari dalam lemari pendingin? Jika iya, mungkin saja hal tersebut diakibatkan oleh serpihan sisa makanan ataupun tetesan cairan daging dan sayuran yang tertinggal. Tapi tenang, Anda pun dapat mengatasinya dengan sikat, lap microfiber, sponge, dan cairan pembersih yang telah disiapkan sebelumnya. Lap seluruh bagian rak hingga tampak kinclong dan mengkilap.

    8. Perhatikan saluran drainase

    Cara membersihkan kulkas yang benar tentu harus memperhatikan seluruh komponennya, termasuk saluran drainase. Meski jarang terpikirkan, nyatanya saluran drainase lemari pendingin pun perlu dibersihkan untuk memastikan kelancaran aliran di dalamnya. Hal ini juga dilakukan agar sumbatan yang mungkin terjadi dapat dicegah.

    9. Cek gulungan kondensor kulkas

    Selain saluran drainase, coba cek juga kondisi gulungan kondensor lemari pendingin Anda. Biasanya, debu-debu yang menempel di dalamnya dapat menjadi salah satu dari 10 penyebab kulkas tidak dingin. Anda bisa menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot endapan debu di gulungan.

    10. Nyalakan dan atur kembali suhu kulkas

    Cara Membersihkan Kulkas

    Sumber: es.dreamstime.com

    Saat seluruh bagian lemari pendingin sudah bersih dan komponennya telah dipastikan baik-baik saja, Anda bisa mulai menyalakan kembali sembari mengatur suhu kulkas seperti biasa. Sambungkan freezer ke instalasi listrik dan biarkan mesinnya mendingin secara perlahan.

    11. Tata kembali makanan dan minuman

    Cara Membersihkan Kulkas

    Sumber: kodus.ee

    Sembari menunggu kulkas dingin, Anda pun bisa memasang kembali seluruh rak sesuai tempatnya. Kemudian, atur ulang penataan makanan dan minuman dengan rapi. Sebaiknya, letakkan makanan dan minuman secara terorganisir sesuai jenisnya agar Anda pun lebih mudah saat ingin menemukannya.

    Bagaimana, mudah bukan cara membersihkan kulkas yang benar? Anda bisa mempraktekkannya secara perlahan di sela-sela waktu luang. Agar tidak terlalu berat, Anda pun dapat membiasakan untuk selalu menyortir isi kulkas dan langsung membuang makanan ataupun minuman yang telah kadaluarsa.

    Kegiatan bebersih memang selalu jadi aktivitas rutin yang harus Anda lakukan setiap hari. Meski terdengar merepotkan, sebenarnya ada banyak cara mudah yang dapat membantu Anda agar bisa menyelesaikannya secara cepat. Penasaran? Kunjungi blog iCreate sekarang juga! Di sana, akan ada beragam tips & trik bermanfaat yang akan memudahkan aktivitas beberes Anda.

    Baca juga: 16 CARA MEMBERSIHKAN LANTAI SESUAI MATERIAL, AUTO MENGKILAP