Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Cara Membersihkan Lantai

    16 Cara Membersihkan Lantai Sesuai Material, Auto Mengkilap

    Sebagai tempat berpijak, lantai merupakan salah satu elemen dalam rumah yang paling rentan kotor. Kebersihan lantai cukup penting untuk diperhatikan. Sebab saat masuk ke dalam rumah secara tidak langsung fokus utama semua orang pasti akan tertuju ke lantai. Untuk itu Anda perlu mengetahui cara membersihkan lantai yang tepat agar tetap bersih dan membuat penghuninya nyaman.

    Disadari atau tidak, lantai yang kotor juga dapat merusak keindahan interior hunian. Semakin lama dibiarkan, noda yang menempel pada lantai akan lebih sulit untuk dibersihkan nantinya. Oleh karena itu, ketahui beberapa cara membersihkan lantai yang dapat Anda terapkan di rumah.

    Cara Membersihkan Lantai Berdasarkan Materialnya

    Meskipun terlihat sederhana, cara membersihkan lantai ternyata tak bisa disamaratakan. Hal tersebut tergantung pada material lantai dan ukuran yang digunakan. Menyesuaikan material dengan cara membersihkan lantai dapat membuatnya lebih awet. Agar tidak salah saat mengepel, ada baiknya untuk mengetahui cara membersihkan lantai sesuai dengan jenis materialnya.

    Lantai laminasi

    Cara Membersihkan Lantai laminasi

    Sumber: carpetdecor.co.za

    Lantai laminasi dibuat dari lapisan yang tahan sinar dan cahaya matahari. Papan laminasi umumnya sedikit menyerupai keramik batu alam atau kayu. Salah satu cara membersihkan lantai laminasi adalah  dengan alat penyedot debu atau vacuum cleaner. Setelah debu hilang, kemudian usap dengan kain pel yang lembab. Terakhir, hindari untuk memoles lantai laminasi karena akan berpengaruh pada faktor kerusakan permukaannya.

    Lantai kayu

    Cara Membersihkan Lantai kayu

    Sumber: aik.co.id

    Biasanya, lantai yang terbuat dari kayu memiliki lapisan poliuretan, uretan atau poliakrilat. Kandungan tersebut diyakini mampu melindungi kayu dari noda dan kerusakan akibat air. Agar lapisan tersebut tidak terkikis dan hilang, perlu adanya perlakuan khusus untuk lantai jenis ini. Cara membersihkan lantai kayu cukup dengan melarutkan sabun lembut dengan air. Selanjutnya, gunakan pel yang tidak terlalu basah untuk membersihkannya. Tunggu hingga cairan tersebut mengering, kini lantai kayu telah bersih dari noda.

    Lantai vinyl

    Cara Membersihkan Lantai vinyl

    Sumber: importer.co.id

    Bila Anda tertarik menggunakannya, ketahui terlebih dulu bahwa lantai vinyl harus dibersihkan secara rutin. Anda dapat menambahkan cuka dalam larutan air dan sabun untuk pembersihan mingguan. Lalu usap dengan kain microfiber yang basah. Ada perawatan khusus untuk lantai vinyl yang perlu dilakukan setidaknya dua minggu sekali. Anda bisa melakukan pembersihan mendalam dengan menggunakan alat pembersih uap.

    Lantai batu alam

    Cara Membersihkan Lantai batu alam

    Sumber: marmerpro.com

    Cara membersihkan lantai keramik kasar dari batu alam ternyata membutuhkan beberapa treatment khusus. Sangat disarankan untuk tidak menggunakan cuka, sebab kandungan asam dapat merusak permukaan lantai. Cukup pel lantai batu alam dengan air biasa atau cairan pembersih non pengelat dengan pH netral.

    Lantai bambu

    Cara Membersihkan Lantai bambu

    Sumber: crona.id

    Terkadang, permukaan lantai bambu terasa lembut sehingga lebih rentan terkena goresan daripada kayu. Selain tetap dibersihkan secara rutin dengan sapu, Anda juga perlu mengepelnya dengan campuran air dan sabun netral. Lap secara lembut dengan kain pel yang telah dicelupkan. Dan biarkan tunggu hingga mengering.

    Lantai keramik

    Cara Membersihkan Lantai keramik

    Sumber: ctm.co.za

    Lantai keramik merupakan material lantai yang paling banyak digunakan, cara membersihkan lantai keramik dapat dilakukan dengan menyapu dan mengepelnya setiap hari. Jangan lupa bersihkan keramik hingga ke sela-selanya. Cara membersihkan lantai keramik ini tentu tidak merusak material, bahkan jika rutin dilakukan akan semakin membuat lantai berkilau dan bersih.

    Lantai parket kayu

    Cara Membersihkan Lantai parket kayu

    Sumber: leroymerlin.fr

    Cara membersihkan lantai keramik parket kayu butuh trik khusus. Lantai parket kayu tidak tahan terhadap air, sebab dapat membuatnya rawan ditumbuhi jamur dan cepat lapuk.

    Namun Anda tetap bisa mengepelnya secara hati-hati. Cara membersihkan lantai parket kayu sederhananya hanya membutuhkan kain pel lembab dan langsung keringkan setelah selesai.

    Lantai marmer

    Cara Membersihkan Lantai marmer

    Sumber: inserumoa.xyz

    Terbuat dari batuan kristalin yang berasal dari dolomit atau batu kapur, membuat perawatan lantai marmer cukup berbeda. Pori yang terdapat pada teksturnya membuat marmer tidak tahan akan genangan air.

    Pastikan agar permukaan lantai tetap kering dan poles beberapa tahun sekali supaya tetap berkilau.

    Baca juga: 7 CARA MEMBERSIHKAN KAMAR MANDI EFEKTIF HILANGKAN KUMAN & NODA

    Cara Membersihkan Lantai

    Setelah mengetahui berbagai jenis material yang biasa digunakan, berikut urutan cara membersihkan lantai keramik yang paling efektif.

    1. Tentukan area yang akan dipel

    Cara Membersihkan Lantai

    Sumber: anvitrade.cz

    Cara membersihkan lantai keramik dapat dimulai dengan mempersiapkan area yang ingin dipel. Pinggirkan dulu berbagai perabotan seperti meja, kursi dan lain sebagainya dari area atau ruangan yang akan dipel.

    2. Bersihkan kotoran dan debu

    Cara Membersihkan Lantai

    Sumber: ceneo.pl

    Hilangkan seluruh kotoran dan debu menempel dengan menggunakan sapu ataupun alat penghisap. Pastikan untuk membersihkannya hingga ke sudut terkecil, lalu buang kotoran dan debunya ke tempat sampah.

    3. Siapkan cairan pembersih lantai

    Cara Membersihkan Lantai

    Sumber: bellacesakent.co.uk

    Setelah selesai menyapu, segera persiapkan peralatan untuk mengepel lantai. Larutkan air dan cairan pembersih lantai dengan takaran sesuai petunjuk pemakaian produk ke dalam sebuah ember.

    4. Celup alat pel ke cairan pembersih lalu peras

    Cara Membersihkan Lantai

    Sumber: broshdirect.com

    Ambil alat pel lalu celupkan ke dalam ember yang telah berisi campuran air dan sabun. Kemudian peras alat pel sampai tidak ada air yang menetes dan alat pel siap digunakan. Terakhir, jangan biarkan air menggenang di lantai ya!

    5. Mulai pel dari sudut terjauh dari pintu

    Cara Membersihkan Lantai

    Sumber: bobvila.com

    Kegiatan mengepel sebaiknya dilakukan dari sudut terjauh seperti dari bagian belakang pintu. Selain bertujuan untuk memudahkan Anda dalam bergerak, cara ini juga berguna agar lantai yang telah dipel tidak kotor lagi.

    6. Bilas kain pel setiap beberapa saat

    Cara Membersihkan Lantai

    Sumber: thenorthernshopper.com

    Seusai mengepel beberapa sudut lantai, jangan lupa untuk membilasnya sesekali. Membilas lap pel dilakukan untuk menghilangkan kotoran yang  menempel. Bilas kain pel secara berkala, lalu peras dan lanjutkan pel sampai selesai.

    7. Gerakkan alat pel dengan berjalan mundur

    Cara Membersihkan Lantai

    Sumber: skanaa.com

    Cara mengepel lantai yang tepat adalah dengan menggerakkan alat pel sambil berjalan mundur. Langkah ini bertujuan agar Anda dapat menunggu lantai hingga kering di area lain.

    8. Biarkan lantai kering beberapa saat

    Cara Membersihkan Lantai

    Sumber: cendi.edu.co

    Setelah semua langkah selesai dilakukan, selalu pastikan agar lantai benar-benar kering sebelum Anda menginjaknya lagi. Tunggu beberapa saat sampai tidak ada lagi air yang menempel pada lantai.

    Jadi, cukup mudah bukan untuk membersihkan lantai keramik kasar di rumah? Cegah kotoran menempel di lantai dengan rajin membersihkan dan mengepelnya secara rutin. Cara membersihkan lantai yang benar akan membantu mempertahankan fungsi serta nilai estetika sehingga akan lebih awet.

    Baca juga: CARA MEMBERSIHKAN KACA JENDELA YANG BERJAMUR, MUDAH!