Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Cara Membersihkan Rumah

    20 Cara Membersihkan Rumah dengan Cepat dan Efektif

    Kebersihan dan kenyamanan rumah selalu menjadi aspek yang perlu diperhatikan serta dijaga. Hunian bersih nan nyaman secara tidak langsung dapat mempengaruhi kesehatan mental maupun fisik penghuninya. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk tahu cara membersihkan rumah yang tepat.

    Banyak keuntungan yang bisa diperoleh apabila rumah dibersihkan secara rutin. Selain terhindar dari gangguan hama serangga, rumah yang terjaga kehigienisannya juga mampu membuat penghuninya lebih sehat serta bahagia. Untuk itu, yuk terapkan cara membersihkan rumah dengan cepat berikut ini.

    Cara Membersihkan Rumah yang Berantakan

    Rumah yang terlihat kotor tentu akan menjadi sarang penyakit dan membuat tidak nyaman. Itulah sebabnya berikut cara efektif membersihkan rumah yang berantakan.

    1. Mulai dari ruang laundry

    Disadari atau tidak, banyak kuman ataupun bakteri menempel di pakaian yang kita kenakan setiap hari, terlebih jika sudah menumpuk beberapa hari di ruang cuci. 

    Oleh karenanya, membersihkan ruang laundry secara rutin perlu dilakukan, setidaknya seminggu sekali demi menghilangkan sarang kuman.

    2. Fokus ke area kamar tidur

    Selain ruang laundry, area kamar juga wajib diprioritaskan ketika hendak membersihkan rumah. Di mana sebagian besar orang menghabiskan banyak waktunya di tempat tersebut, mulai dari tidur, belajar, bahkan bekerja di depan laptop menggunakan meja lipat. 

    Jadi, bukan hal yang mengagetkan lagi jika terdapat debu hingga serangga di tempat tidur.

    Solusinya, gantilah seprai dan sarung bantal guling secara berkala. Usahakan juga untuk tidak membawa makanan ke dalam kamar tidur, karena remah makanan akan mengundang hewan-hewan kecil seperti semut masuk dan mengganggu kenyamanan.

    3. Sterilisasi perabotan ruang keluarga

    Kebersihan ruang keluarga juga harus jadi fokus utama saat membereskan rumah. Anda bisa menerapkan salah satu cara membersihkan rumah paling sederhana yaitu melakukan sterilisasi pada benda-benda yang sering dipegang seperti meja, kursi dan karpet minimal seminggu sekali.

    4. Bersihkan gagang pintu dan railing tangga

    Gagang pintu dan railing tangga adalah dua hal yang seringkali dilewatkan ketika membersihkan rumah dari debu. Padahal, keduanya berpotensi menyebarkan kuman karena sering disentuh banyak orang. Untuk itu, sterilkan gagang pintu dan railing tangga menggunakan desinfektan setidaknya seminggu sekali.

    5. Jangan lupakan area dapur

    Wastafel dapur dan spons cuci piring adalah dua benda dengan kuman terbanyak yang ada di rumah. Itulah sebabnya, Anda perlu rutin membersihkan area dapur setiap hari.

    6. Perhatikan area kamar mandi

    Kamar mandi merupakan salah satu area dengan kelembaban paling tinggi. Di mana cara membersihkan rumah dengan cepat khusus di bagian toilet ini adalah menggunakan cairan pembersih minimal seminggu sekali.

    Selanjutnya, pastikan kamar mandi memiliki ventilasi yang cukup agar cahaya matahari dan udara segar bisa masuk sehingga mengurangi pertumbuhan jamur.

    7. Bersihkan seluruh karpet

    Karpet menjadi tempat untuk duduk dan berkumpul bersama keluarga ataupun tamu yang berkunjung. Padahal tanpa disadari, karpet menjadi tempat persembunyian serangga seperti tungau yang dapat menyebabkan alergi. 

    Untuk menghindarinya, Anda bisa melakukan sterilisasi karpet seminggu sekali  menggunakan alat penghisap debu agar hasilnya lebih maksimal.

    8. Lap, bersihkan dan sedot debu di semua perabotan

    Agar hasilnya optimal, Anda bisa menerapkan cara membersihkan rumah dari debu dengan cepat menggunakan lap dan vacuum cleaner mini. Pastikan kotoran-kotoran yang menempel pada pajangan serta bingkai foto tersedot secara sempurna.

    9. Sapu dan pel lantai rumah

    Cara membersihkan rumah yang berantakan selanjutnya yaitu dengan menyapu lantai dan mengepelnya menggunakan cairan pembersih agar bakteri membandel bisa hilang secara maksimal.

    10. Rapikan area luar rumah

    Terakhir, jangan lupa untuk merapikan area halaman atau taman ketika menerapkan beberapa cara membersihkan rumah dengan cepat tadi. Selain dari dalam, kebersihan area rumah tentu juga harus terpancar dari luarnya bukan? 

    Untuk itu, cara membersihkan rumah yang berantakan dapat Anda akhiri dengan membuang tumpukan sampah, memotong rumput panjang serta merapikan perabotan di taman.

    Tips dan Cara Membersihkan Rumah dari Debu

    Debu yang menempel pada perabotan rumah tentunya membuat Anda tidak nyaman. Terlebih jika terhirup juga akan mengakibatkan sesak nafas. Untuk itu berikut tips membersihkan debu di rumah paling efektif.

    1. Perhatikan hal-hal kecil

    Sesuatu yang besar pasti dimulai dari hal kecil. Ungkapan tersebut rupanya juga cocok digunakan dalam tahapan cara membersihkan rumah yaitu fokus pada hal-hal kecil seperti merapikan tumpukan buku, mainan, pakaian ataupun piring yang terkadang luput dari perhatian.

    2. Kebiasaan bersih menciptakan rumah nyaman

    Perlu dipahami bahwa cara membersihkan rumah dari debu adalah usaha yang perlu dilakukan rutin. Anda bisa mulai dari merapikan ranjang setelah bangun tidur, menyapu rumah di pagi dan sore hari, serta meletakkan barang sesuai tempatnya. Kebiasaan sepele yang terdengar simpel ternyata dapat menciptakan rumah bersih.

    3. Jangan menunggu kotor

    Kegiatan bersih-bersih tidak perlu menunggu sampai rumah kotor. Anda dapat melakukannya setiap hari. Misalnya, membiasakan mengusap bingkai foto dengan lap basah di sore hari. 

    4. Hindari perabotan yang tidak perlu

    Memiliki banyak koleksi benda akan membuat rumah terasa lebih sesak. Tak hanya itu, terlalu banyak barang juga akan menyita waktu serta tenaga ketika membersihkannya. 

    Jadi, hindarilah pembelian koleksi yang tidak perlu sehingga beberapa cara membersihkan rumah dari debu di atas dapat diterapkan dengan cepat hanya dalam hitungan menit.

    5. Fokus membersihkan setiap ruang

    Agar hasil yang maksimal, menerapkan cara membersihkan rumah dari debu sebaiknya dikerjakan dari satu ruang ke ruang lain. Hindari membersihkan banyak ruang secara bersamaan. 

    Hal ini dilakukan agar Anda bisa berkonsentrasi penuh sehingga ruang yang dirapikan bisa bersih secara menyeluruh.

    6. Berani membuang koleksi setiap ruang

    Bagi sebagian orang, membuang benda di rumah adalah hal yang sangat sulit dilakukan. Terkadang, rasa tidak tega untuk menyingkirkan beberapa koleksi dapat menghambat Anda ketika menerapkan cara membersihkan rumah dari debu di atas. Mulai sekarang simpanlah benda yang memang dibutuhkan dan bermanfaat bagi Anda.

    7. Beli alat bersih-bersih yang berkualitas

    Penerapan cara membersihkan rumah dari debu ini tak bisa terealisasi apabila alat-alat yang digunakan kurang memadai. Itulah sebabnya, Anda perlu menyisihkan sedikit uang untuk investasi ke alat kebersihan yang berkualitas. 

    Selain dapat mendukung penerapan cara membersihkan rumah yang berantakan, alat dengan kualitas tinggi juga lebih awet atau tak mudah rusak.

    8. Hindari pemakaian kertas berlebih

    Banyak pekerjaan rumah maupun kantor yang membutuhkan kertas. Oleh karena itu, tanpa disadari terkadang kita banyak menumpuk kertas di rumah yang bahkan sudah tidak diperlukan lagi. Padahal, tumpukan kertas dapat mengganggu pemandangan sehingga tampak berantakan dan menghambat penerapan cara membersihkan rumah dengan cepat.

    9. Letakkan barang dalam storage agar rapi

    Daripada menaruh barang di sembarang tempat, menempatkannya ke beberapa storage bisa menjadi pilihan bijak ketika ingin menerapkan cara membersihkan rumah yang berantakan. 

    Selain rapi dan terhindar dari debu, langkah ini juga memudahkan Anda saat ingin mencari barang yang diperlukan. 

    10. Bila perlu, gunakan jasa pembersih

    Jika Anda memang benar-benar sibuk dan tidak punya waktu untuk mengikuti beberapa cara membersihkan rumah yang berantakan di atas, menggunakan jasa pembersih bisa menjadi alternatifnya. Manfaatkan sumber daya yang ada, baik jasa bersih-bersih harian, mingguan atau bulanan.

    Baca Juga: 6 Cara Membersihkan Kamar Mandi Dari Kerak Membandel

    Tidak perlu menunggu kotor untuk mulai menerapkan cara membersihkan rumah tadi. Bila merasa tidak punya banyak waktu, Anda dapat membereskan rumah setidaknya seminggu sekali. Yuk ciptakan hunian yang nyaman dan bersih sekarang juga.