Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Cara Membuat Denah Rumah

    12 Cara Membuat Denah Rumah Sederhana, Simpel untuk Pemula!

    Pernah terpikir bagaimana cara membuat denah rumah? Selain meminta jasa profesional seperti arsitek dan desainer interior, nyatanya Anda pun bisa berkreasi sendiri dengan menciptakan rancangan denah sesuai keinginan maupun kebutuhan. Apalagi jika ide atau konsep hunian impian yang dimiliki sangat detail, coba sketsa saja langsung agar tidak lupa.

    Meski tak mudah, bukan berarti tidak bisa ya! Nah bagi Anda yang tertarik, coba ikuti beberapa cara membuat denah rumah sederhana berikut, dijamin cocok untuk pemula!

    12 Cara Membuat Denah Rumah

    Ketika berhasil membangun hunian sendiri, tentu ada kepuasan yang Anda rasakan. Untuk membantu mewujudkannya, coba perhatikan beberapa cara membuat denah rumah sederhana di bawah ini.

    1. Kumpulkan banyak inspirasi dan referensi

    cara membuat denah rumah

    Sumber: ksioks.com

    Hal utama yang harus diperhatikan dalam cara membuat denah rumah sendiri yaitu mengumpulkan serta memperbanyak inspirasi. Misalnya, Anda dapat mencari ide dengan jalan-jalan, mengunjungi pameran, maupun membaca majalah untuk menemukan tipe dan gaya hunian yang sesuai keinginan. Tak hanya itu, Blog iCreate juga bisa jadi salah satu rujukan terbaik.

    Inspirasi sangat dibutuhkan ketika hendak mendesain denah rumah idaman. Lalu, setelah referensi dikumpulkan, Anda dapat meniru atau memodifikasi gaya bangunan, ukuran, serta tata letak ruangannya.

    2. Perhatikan daftar aktivitas keluarga

    cara membuat denah rumah

    Sumber: pinterest.com

    Langkah selanjutnya adalah membuat daftar aktivitas yang nantinya akan dilakukan anggota keluarga di dalam rumah. Sebagai contoh, apabila Anda suka memasak, maka rancanglah dapur lebih luas supaya kegiatan membuat berbagai kudapan tetap nyaman walau harus dilakukan berjam-jam.

    Kemudian, jika Anda dan anggota keluarga senang menghabiskan waktu bersama, buatlah ruang keluarga yang bisa ditempati oleh banyak orang. Sehingga, kegiatan bercengkrama tidak terasa sesak maupun sempit.

    Nah, untuk denah yang lebih efisien, Anda mungkin perlu menghilangkan atau bahkan menggabungkan beberapa fungsi dan aktivitas dalam satu area.

    3. Ukur luas lahan dan bangunan

    cara membuat denah rumah

    Sumber: pinterest.com

    Salah satu cara membuat denah rumah dengan skala adalah mengukur luas lahan dan bangunannya. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui berapa biaya yang harus dikeluarkan. 

    Selain itu, cara membuat denah rumah dengan skala juga dapat dilakukan dengan menghitung ukuran bangunan. Pasalnya, Anda akan dimudahkan dalam mendesain model hunian sesuai keinginan dengan akurat.

    4. Pilih model rumah

    cara membuat denah rumah

    Sumber: pinoyeplans.com

    Cara membuat denah rumah minimalis juga harus memperhatikan model bangunan. Tipe hunian yang dimaksud adalah jumlah lantainya, mulai dari satu hingga lebih. Hal ini jelas akan berpengaruh pada proses pembuatan sketsa bangunan secara keseluruhan. 

    Sebab, jika menghendaki desain rumah sederhana satu lantai, Anda dapat langsung menggabungkan semua ruangan dalam satu tata letak. Namun, berbeda dengan denah bangunan 2 tingkat yang harus digambar secara terpisah pada bagian atas dan bawahnya.

    5. Tentukan jumlah ruangan

    cara membuat denah rumah

    Sumber: katrinaleechambers.com

    Kini saatnya menentukan jumlah ruangan, mulai dari kamar tidur, tempat mandi, ruang tamu, dapur, dan seterusnya. Tentu kebutuhan tersebut berbeda-beda pada setiap bangunan, tergantung berapa banyak anggota keluarga yang tinggal di dalam rumah dan apa saja aktivitas mereka.

    Contohnya, hunian tertentu mungkin memerlukan perpustakaan kecil, studio lukis atau musik, serta ruangan lain yang dapat menyediakan kebutuhan penghuninya. 

    6. Riset kebutuhan setiap ruang

    Melakukan riset atas kebutuhan area merupakan cara membuat denah rumah sederhana yang bisa Anda lakukan sendiri. Pelajari setiap detailnya, mulai dari ukuran standar kamar, hingga perlu atau tidaknya menyediakan ruangan tertentu. 

    Misalnya, Anda perlu menghitung luas kamar mandi agar bisa menempatkan shower atau bathtub. Lalu, pembangunan garasi juga harus mampu menampung kendaraan yang dimiliki. Pastikan juga untuk menyesuaikan denah rumah dengan ketersediaan lahan.

    7. Sesuaikan ruang dengan standar ukurannya

    Tahapan-tahapan dalam cara membuat denah rumah sederhana juga harus menyesuaikan setiap ruangan dengan standar ukurannya. Langkah ini perlu dilakukan untuk memastikan bahwa setiap tata letak ruang sesuai dan tidak mengganggu.

    8. Perhatikan zonasi dan koneksi antar ruang

    cara membuat denah rumah

    Sumber: cougarhomes.com.au

    Memperhatikan zonasi artinya adalah Anda wajib mengatur tata letak ruangan sesuai fungsinya. Sebagai saran, hindari merancang denah kamar mandi dekat ruang tamu sebab dapat membuat keadaan di dalam rumah menjadi tidak nyaman.

    Pastikan tata letak setiap area tidak saling mengganggu satu sama lain. Oleh karena itu, cara membuat denah rumah sederhana memerlukan metode zonasi ruangan. 

    9. Buat denah dasar

    cara membuat denah rumah

    Sumber: cadbull.com

    Setelah menentukan zonasinya, cara membuat denah rumah minimalis selanjutnya adalah menggabungkan kedua area menjadi satu diagram dasar hunian. Konsep ini bisa dikatakan masih sangat mentah sehingga membutuhkan banyak penyesuaian lagi. 

    Sketsa rumah tersebut masih berbentuk garis-garis sederhana. Kendati demikian, denah dasar akan sangat bermanfaat untuk memperoleh ilustrasi kasar tentang tata rumah nantinya.

    10. Ciptakan beberapa variasi denah

    cara membuat denah rumah

    Sumber: mungfali.com

    Meskipun sudah mempunyai denah dasar, namun ada baiknya jika Anda menciptakan beberapa variasi lain sebagai alternatif. Hal ini akan membantu untuk menentukan pilihan terbaik sebelum akhirnya diterapkan pada model rumah.

    Dalam cara membuat denah rumah sederhana, Anda bisa menukar posisi ruangan satu dengan lainnya, memutar sketsa dasar, maupun membalikkan zonasi. Tentukan desain mana yang paling cocok untuk gaya hunian impian.

    11. Beri detail denah secara spesifik

    Apabila sudah menentukan denah rumah terbaik, selanjutnya sempurnakan dengan detail-detail spesifik. Perinciannya dapat berupa ukuran luas, notasi, maupun arsitektur lainnya. 

    Anda juga boleh melengkapi detail interior seperti ketinggian lantai, ketebalan dinding, model pintu atau jendela, sampai jenis material yang akan digunakan. Hal-hal ini tentu bisa lebih memudahkan Anda untuk memiliki gambaran rumah nantinya. 

    12. Uji efektivitas denah dan coba evaluasi kembali

    Cara membuat denah rumah yang terakhir adalah dengan menguji efektivitas sketsa dan mencoba mengevaluasinya kembali. Dalam tahapan ini, Anda perlu membandingkan beberapa desain yang berbeda. Coba juga untuk membayangkannya modelnya dalam bentuk nyata agar ukurannya sesuai.

    Di samping itu, Anda juga dapat mengonsultasikannya dengan tenaga profesional seperti arsitek ataupun desainer interior favorit untuk mewujudkan rencana hunian impian.

    Itulah cara membuat denah rumah sendiri secara sederhana yang bisa Anda jadikan acuan sebelum memulai proses pembangunan. Setelah mengetahui langkah-langkahnya, apakah Anda semakin tertarik untuk menggunakan rancangan denah sendiri dalam mewujudkan hunian impian?

    Apapun keputusannya, pertimbangkan seluruh plus minus yang mungkin terjadi ya! Sebab perencanaan skema rumah termasuk hal krusial. Sama halnya dengan pemilihan perabot, jika salah pilih, bisa-bisa konsep rumah idaman Anda hanya akan jadi mimpi saja. Untuk itu, percayakan kebutuhan pada iCreate, toko furniture online terdepan di Indonesia!

    Baca juga: 13 APLIKASI DESAIN RUMAH, MUDAH DAN COCOK UNTUK PEMULA