Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Cara Membuat Kamar Kedap Suara

    12 Cara Membuat Kamar Kedap Suara yang Mudah dan Efektif

    Sudah tahu bagaimana cara membuat kamar kedap suara dengan bahan sederhana? Bagi Anda yang ingin mendapatkan momen tidur lebih nyenyak sekaligus meningkatkan privasi hunian, tak ada salahnya lho untuk mengaplikasikan trik khusus ini. Apalagi bila lokasinya terletak di pinggir jalan besar perkotaan, meminimalisir masuknya suara-suara bising dari luar rumah bisa jadi alternatif terbaik.

    Jangan khawatir, karena ternyata Anda pun bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan ahli lho. Enggak percaya? Daripada penasaran, langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini!

    12 Cara Membuat Kamar Kedap Suara

    Seperti yang sudah dijelaskan tadi, membuat kamar kedap suara sebenarnya simpel loh, dan dapat dikerjakan sendiri. Anda bisa memanfaatkan karpet tebal, pelapis dinding hingga tirai kedap suara. Selain itu, beberapa trik berikut juga efektif untuk membuat kamar kedap suara. Daripada penasaran, yuk langsung cek bersama!

    1. Pasang karet pelapis pada dinding

    cara membuat kamar kedap suara

    Sumber: pinterest.com

    Pertama, cara membuat kamar kedap suara adalah dengan memasang karet pelapis pada dinding. Pasalnya, permukaan keras seperti tembok dapat memantulkan suara. Maka dari itu,, aplikasikanlah karet agar pantulan suara tidak menimbulkan kebisingan di hunian Anda.

    2. Manfaatkan gypsum

    cara membuat kamar kedap suara

    Sumber: hargadepo.com

    Jarang ada yang tahu, tetapi suara juga dapat terpantul lewat dinding atas ruangan juga loh. Untuk meredamnya, Anda bisa memanfaatkan plafon gypsum yang dikhususkan untuk membungkam suara. Ketebalannya pun bisa dipilih sesuai dengan keinginan atau rekomendasi arsitek. 

    3. Tempel door seal pada pintu

    cara membuat kamar kedap suara

    Sumber: pinterest.com

    Jika Anda ingin cara membuat kamar kedap suara dengan bahan sederhana, mengaplikasikan door seal adalah langkah yang mudah sekaligus murah. Biasanya, celah udara dari pintu depan membuat hunian menjadi berisik. Nah untuk meminimalisir kebisingannya, gunakanlah door seal sebagai pengganjal celah pintu. 

    4. Gunakan karpet tebal

    cara membuat kamar kedap suara

    Sumber: rugs.com

    Selain menambah estetika, rupanya penggunaan karpet tebal juga dapat membantu meredam suara loh. Bagaimana bisa? Karena bahan dari benda satu ini dapat menyerap suara pantulan dengan baik. Namun, Anda tidak perlu memasang karpet di seluruh ruangan, meletakkannya di beberapa sudut tertentu juga sudah cukup membantu. 

    5. Selipkan rug pad di bawah karpet

    cara membuat kamar kedap suara

    Sumber: apartmenttherapy.com

    Apabila kurang meredam, Anda bisa menyelipkan rug pad di bawah karpet. Struktur ketebalannya sekitar satu sampai dua meter, membuat alas yang satu ini menyerap suara lebih baik. Untuk menjaga keindahan ruangan, sebaiknya lapisi rug pad dengan karpet lantai yang menarik.

    6. Pasang vinyl

    cara membuat kamar kedap suara

    Sumber: baylandflooring.com

    Vinyl dikenal sebagai pelapis lantai sintetis, pengganti keramik dan ubin, yang harganya lebih terjangkau serta mudah untuk diaplikasikan. Tidak perlu menghabiskan banyak uang, Anda dapat memasang vinyl agar dapat meminimalisir kebisingan. Motifnya yang beragam dan minimalis juga membuat pelapis satu ini menambah estetika ruangan. 

    7. Beri panel akustik

    cara membuat kamar kedap suara

    Sumber: archiexpo.com

    Mungkin Anda sering melihat panel akustik di studio musik. Namun fungsinya sebagai peredam suara juga dapat diaplikasikan di berbagai ruangan hunian. Bahan ini dinilai sangat efektif karena tidak hanya mencegah pemantulan, panel akustik juga dapat menghalangi gelombang suara yang masuk lewat pintu atau jendela. ​​Jadi buat Anda yang mudah terganggu dengan kebisingan, panel studio bisa jadi pilihan extra peredam terbaik.

    8. Gunakan rockwool

    cara membuat kamar kedap suara

    Sumber: thisoldhouse.com

    Selanjutnya, cara membuat kamar kedap suara adalah dengan menggunakan rockwool. Rockwool adalah serat minimal yang umumnya terbuat dari bebatuan. Bahan ini sering diaplikasikan sebagai insulator ruangan. Jadi bukan hanya meredam suara, tetapi Anda juga bisa menggunakannya untuk mengisolasi panas terutama ketika kebakaran. 

    9. Pasang door sweep

    cara membuat kamar kedap suara

    Sumber: duckbrand.com

    Benda satu ini memiliki fungsi yang sama, tetapi berbeda bentuk dengan door seal. Door sweep dikenal sebagai bantalan karet seperti sapu, yang dapat dipasangkan di bawah pintu untuk menutup celah. Jadi memang pembeda dari kedua benda ini adalah wujud serta bahannya seperti karet atau busa. 

    10. Tambahkan tirai kedap suara

    cara membuat kamar kedap suara

    Sumber: rollingstone.com

    Setiap ruangan umumnya membutuhkan tirai. Namun apakah Anda tahu bahwa ada gorden yang dapat membantu mengurangi kebisingan? Meskipun tidak sepenuhnya menghilangkan, tetapi tirai dapat diaplikasikan sekaligus untuk menghemat biaya. Nah selain menjadi peredam suara, kehadiran gorden pun dapat mengurangi panas matahari dan menjaga privasi Anda bersama keluarga

    11. Pakai cat dinding peredam suara

    cara membuat kamar kedap suara

    Sumber: soundproofpanda.com

    Selain tirai, Anda juga dapat mengaplikasikan cat dinding yang diformulasikan secara khusus sebagai cara membuat kamar kedap suara dari luar. Pewarna ini memiliki kandungan polymer water based  yang lebih aman digunakan jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Bisa dibilang cat dinding peredam suara lebih awet serta tidak berbau karena menggunakan air sebagai pelarut, bukan minyak. Namun memang dari segi harga lebih mahal berkisar hingga Rp600.000.

    12. Tutup permukaan dinding dengan rak atau lemari

    cara membuat kamar kedap suara

    Sumber: alibaba.com

    Terakhir, lemari pada ruangan yang menutup permukaan dinding juga dapat meredam suara bising dalam hunian Anda. Termasuk rak buku atau objek lain yang terletak tepat di samping permukaan tembok. Pastikan bahwa isi lemari atau rak tidak renggang agar dapat mengurangi suara.  

    Bagaimana, mudah bukan cara membuat kamar kedap suara? Dengan bahan dan peralatan yang mudah ditemukan di pasaran, Anda pun dapat menciptakan ruangan bebas bising secara sederhana. Namun jika masih merasa terlalu ragu, tak ada salahnya juga untuk memanggil jasa profesional yang memang sudah berpengalaman.

    Selain tenang, memiliki kamar kedap suara tentu akan membuat Anda semakin betah di dalamnya. Nah makanya, coba lengkapi juga dengan aneka perabot berkualitas yang mendukung. Kalau soal itu, iCreate juaranya! Sebagai toko furniture online terdepan di Indonesia, iCreate siap bantu Anda wujudkan rumah impian jadi nyata. Yuk buktikan langsung sekarang!

    Baca juga: 6 Cara Memasang Wallpaper Dinding Mudah dan Rapi, Anti Gagal!