Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Cara Membuat Kompos

    10 Cara Membuat Kompos Organik Rumahan, Sederhana dan Mudah!

    Tanaman perlu nutrisi berupa pupuk yang cukup agar bisa tumbuh dengan baik. Selain pupuk kimia buatan pabrik, Anda juga bisa memanfaatkan kompos untuk membuatnya tumbuh lebih subur. Namun sebelum itu, sudahkah Anda mengetahui bagaimana cara membuat kompos organik?

    Pembuatan kompos organik dinilai lebih hemat dan mudah karena bisa dipraktikkan hanya dengan memanfaatkan sampah rumah tangga ataupun kotoran binatang. Berikut cara membuat kompos sederhana yang bisa Anda ikuti dengan mudah di rumah.

    Persiapan Membuat Pupuk Kompos

    Cara membuat kompos bisa dimulai dengan mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan serta beberapa hal terkait pupuk kompos. Apa saja? Simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

    Kriteria sampah yang bisa dijadikan kompos

    Tidak semua bahan bisa diolah menjadi pupuk kompos. Sesuai definisinya, pupuk kompos merupakan penyubur tanaman yang berasal dari bahan organik yang dapat didaur ulang dan tidak berasal dari bahan sintetis. Berikut beberapa contoh sampah yang dapat digunakan sebagai bahan membuat pupuk kompos.

    1. Bahan organik 

    Sumber: theasianparent.com

    Bahan organik dalam pembuatan kompos merujuk kepada benda yang ditemukan di lingkungan, bersifat alami, atau berasal dari makhluk hidup seperti daun, rumput, serpihan kayu, dan bangkai hewan. 

    2. Sampah rumah tangga

    Sumber: foodnetwork.com

    Sisa sampah rumah tangga untuk membuat pupuk kompos meliputi sayuran, buah-buahan, makanan, potongan kertas, dan tisu.

    3. Kotoran binatang 

    Sumber: dezeen.com

    Siapa sangka, ternyata kotoran binatang dapat dijadikan sebagai bahan pembuatan pupuk kompos. Pasalnya, kotoran binatang juga termasuk bahan alami yang berasal dari makhluk hidup. 

    Alat dan Bahan

    Setelah mengetahui kriteria sampah untuk pupuk kompos, kini saatnya Anda menyiapkan alat dan bahan sederhana yang diperlukan untuk membuat pupuk kompos.

    1. Tumbuhan

    Sumber: klikdokter.com

    Gunakan tumbuhan seperti rumput atau daun hijau sebagai bahan pembuatan pupuk kompos. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan bahan organik lain seperti daun kering yang mudah ditemukan di alam.

    2. Serpihan kayu

    Sumber: pixabay.com

    Serpihan kayu dapat Anda temukan dengan mudah di mana saja. Misalnya dari sisa kayu bahan pembangunan rumah atau kayu yang sudah tidak terpakai. 

    3. Tanah 

    Sumber: sinarpidie.co

    Sebaiknya, pilihlah tanah berwarna kecoklatan sebab kandungan material di dalamnya dianggap salah satu zat yang sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan pupuk. Tanah dengan warna coklat  juga menunjukkan kesuburan dibandingkan dengan jenis lain yang tidak terlalu gelap.

    4. Sekam

    Sumber: wikipedia.org

    Sekam termasuk bagian bulir dari tanaman padi yang biasa digunakan untuk menggemburkan tanah. Tak hanya itu, sekam juga berfungsi membantu akar tanaman agar dapat lebih banyak menyerap unsur hara. 

    5. Air

    Sumber: menards.com

    Gunakan air mengalir untuk menyiram campuran tanah dan bahan pembuatan pupuk. Lalu hindari menggunakan air yang sudah tercampur dengan bahan lain dan pastikan kemurnian terjamin. 

    6. Sarung tangan 

    Sumber: konfirmasitimes.com 

    Anda bisa menggunakan alat bantu untuk mencampur tanah dan bahan yang digunakan. Gunakan sarung tangan untuk melindungi dari kotoran atau serpihan bahan pembuatan kompos yang dapat melukai tangan.

    7. Wadah

    Sumber: indotrading.com

    Wadah diperlukan untuk menampung campuran tanah dan bahan pembuatan pupuk. Wadah yang dapat Anda pilih bervariasi, seperti ember, tong, atau pot tanaman.

    Baca juga: 10 CARA MENGUSIR TIKUS DI RUMAH DENGAN BAHAN ALAMI, AMPUH!

    Cara Membuat Kompos Organik Sederhana

    Suka bercocok tanam di rumah? Coba pelajari cara membuat kompos organik sederhana dari sampah rumah tangga yang lebih aman, berkualitas, dan ramah lingkungan berikut ini. Cara membuat kompos ini mudah diikuti karena bahan yang digunakan mudah ditemukan. Berikut cara membuat kompos organik dengan mudah.

    1. Siapkan alat dan bahan 

    Langkah pertama dari cara membuat pupuk kompos yaitu dengan menyiapkan beberapa alat dan bahan seperti  wadah, alat pengaduk, bahan organik, hingga tanah. 

    2. Siram permukaan tanah

    Setelah semuanya siap, mulailah cara membuat kompos sederhana dengan mengairi permukaan tanah agar hasilnya nanti tidak terlalu kering.

    3. Campurkan bahan

    Anda dapat mencampur tanah yang sudah disiram dengan bahan organik hingga komposisinya merata. Aduk menggunakan sekop atau sarung tangan sesuai keinginan Anda. 

    4. Masukkan campuran kompos ke wadah

    Letakkan campuran tanah dan bahan organik ke dalam wadah tertutup. Tunggu selama dua minggu agar kompos terbentuk sempurna dan pupuk siap digunakan.

    5. Simpan wadah di tempat aman

    Letakkan wadah berisi kompos tersebut di tempat yang tidak terkena gangguan seperti air hujan atau sinar matahari yang terlalu terik agar dapat terbentuk secara sempurna.

    Cara Membuat Kompos Organik dari Sampah Rumah Tangga

    Penasaran dengan cara membuat kompos dari sampah rumah tangga? Berikut cara membuat kompos sederhana dari sampah rumah tangga yang dapat Anda ikuti. 

    1. Pilih sampah rumah tangga

    Pastikan untuk memilih sampah rumah tangga yang bersifat alami. Hindari menggunakan sampah rumah tangga seperti plastik, kaleng, dan kaca karena bahan tersebut tidak dapat didaur ulang. 

    2. Letakkan sampah ke dalam wadah

    Langkah selanjutnya adalah memasukkan sampah tersebut ke dalam wadah yang berisi tanah. Jika sudah, Anda dapat mengaduk hingga tanah dan sampah organik tercampur.

    3. Tambahkan sekam 

    Anda juga dapat menambahkan sekam pada campuran tanah dan sampah organik tersebut. Sekam diperlukan sebagai pengikat unsur hara dalam tanah sehingga kompos pun menjadi lebih subur.

    4. Pastikan perbandingan telah sesuai

    Hindari memasukkan salah satu bahan terlalu banyak. Oleh karena itu, penting untuk mengukur takaran setiap bahan. Idealnya, setiap bahan ditambahkan dengan perbandingan 1:1

    5. Siram dan letakkan di tempat aman

    Jika seluruh bahan telah tercampur, Anda dapat menyiram dan meletakkan kompos tersebut ke dalam wadah. Pastikan untuk menutup wadah agar tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung 

    Cara Membuat Kompos Organik dari Kotoran Binatang

    Jika Anda memiliki binatang peliharaan di rumah, Anda dapat memanfaatkan kotorannya sebagai bahan membuat pupuk kompos organik. Ingin tahu bagaimana cara membuat kompos dari kotoran binatang? Simak langkahnya berikut ini.

    1. Pastikan kotoran binatang kering

    Selain karena masih ada bau yang menyengat, kotoran binatang yang masih basah juga sulit tercampur karena teksturnya yang lengket. Jadi biarkan kotoran binatang mengering hingga siap digunakan

    2. Siapkan larutan dekomposer

    Larutan dekomposer berisi mikroorganisme akan membantu proses fermentasi dari proses pembuatan kompos dan mempercepat penguraian bahan organik agar pupuk lebih cepat terbentuk.

    3. Campurkan bahan

    Selanjutnya letakkan tanah, kotoran binatang, dan larutan dekomposer dalam satu wadah lalu aduk hingga tercampur. Gunakan sarung tangan agar lebih mudah saat mencampur bahan tersebut.

    4. Tutup rapat wadah

    Setelah tercampur, pastikan campuran bahan dalam wadah tersebut sudah tertutup. Tunggu selama tiga hari dan cek apakah pupuk sudah siap digunakan.

    Bagaimana, mudah bukan cara membuat kompos sederhana di rumah? Tak hanya bermanfaat bagi tanaman, membuat pupuk kompos juga akan membantu Anda untuk menguraikan sampah rumah tangga dengan cara yang lebih ramah lingkungan. 

    Selain membuat kompos, ada banyak cara pintar untuk memaksimalkan seluruh elemen yang ada di rumah. Sebagai toko furniture online terdepan di Indonesia, iCreate bukan hanya menyediakan inspirasi dekorasi rumah namun juga beragam tips & trik yang bermanfaat untuk kenyamanan hunian. Kunjungi laman resmi iCreate sekarang untuk ulasan menarik lainnya!

    Baca juga: 12 CARA MENGUSIR SEMUT DI RUMAH DENGAN BAHAN ALAMI, MUDAH!