Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Cara Membuat Taman Depan Rumah

    13 Cara Membuat Taman Depan Rumah Minimalis tapi Tetap Asri!

    Penasaran bagaimana cara membuat taman depan rumah agar terlihat apik? Tak harus memanggil jasa tukang kebun, Anda bisa lho menyulap pekarangan jadi jauh lebih asri dan memukau dengan beberapa trik khusus. Bahkan lahan kecil pun bukan masalah, beranda hunian tetap sukses glow up jika disiati tindakan yang tepat.

    Kira-kira, apakah butuh waktu lama untuk mempercantik tampilan halaman? Tentu tidak, 13 cara membuat taman berikut dapat Anda lakukan sendiri secara cepat. Yuk cek selengkapnya!

    13 Cara Membuat Taman Depan Rumah

    Lahan sempit bukan masalah, pekarangan hunian bisa tetap terlihat kece dengan beberapa cara membuat taman depan rumah berikut

    1. Tentukan lahan

    cara membuat taman depan rumah

    Sumber: beres.id

    Hal pertama yang paling dasar adalah menentukan titik lokasi rumah untuk dijadikan taman. Pastikan lahan tersebut kaya akan sinar matahari supaya tumbuhan tidak cepat mati. Di sisi lain, posisi tanaman juga harus mudah dijangkau agar memudahkan proses perawatan. 

    2. Susun anggaran

    cara membuat taman depan rumah

    Sumber: outlookindia.com

    Menyisihkan anggaran merupakan faktor penting yang perlu dipertimbangkan supaya tidak membengkak. Dengan demikian, arsitek Anda jadi dapat menyesuaikan material serta tanaman hias yang nanti akan diaplikasikan. Selain itu, sisa uang mungkin dapat dialokasikan untuk keperluan lainnya.

    3. Pilih desain taman

    cara membuat taman depan rumah

    Sumber: designsize.blogspot.com

    Selanjutnya, Anda dapat memilih desain taman sesuai selera serta fungsinya. Misalnya ingin dijadikan bunga, kebun sayur, panen bumbu dapur, dan lainnya. Pastikan juga letak taman terpisah dari jalur akses masuk rumah untuk meminimalisir kerusakan, sehingga tampilannya pun terlihat cantik setiap harinya. 

    4. Buat denah kasar

    cara membuat taman depan rumah

    Sumber: pinterest.com

    Lalu, cara membuat taman depan rumah adalah dengan menciptakan denah kasar. untuk menentukan tata letak setiap elemen. Umumnya, area khusus tanaman terbentang seluas sepertiga dari lahan.

    Sisanya, Anda dapat menambahkan furniture lain seperti meja, kursi, hingga kolam sekalipun. Namun pastikan juga bahwa proporsi setiap elemen harus tetap selaras dan harmonis agar enak untuk dipandang.

    5. Siapkan lahan untuk taman

    cara membuat taman depan rumah

    Sumber: asrigriya.com

    Jika sudah menentukan lokasi taman, Anda bisa lanjut membersihkan area tersebut seperti dengan mengeliminasi ilalang dan membuang rongsokan sampah. Hal ini tentu akan memudahkan Anda untuk merancang taman depan rumah ideal sesuai keinginan. 

    6. Perhitungkan saluran air

    cara membuat taman depan rumah

    Sumber: jawacorpo.com

    Selanjutnya, cara membuat taman depan rumah adalah dengan memperhitungkan saluran air. Saat mendesain taman, Anda harus mengetahui posisi serta drainasenya. Jangan sampai ada genangan ketika hendak menyiram tanaman. Mengingat nantinya hal ini akan berpengaruh pada penyerapan nutrisi dan proses pembusukannya.

    7. Perhatikan kualitas tanah

    cara membuat taman depan rumah

    Sumber: pathfindersrdc.com

    Memahami kualitas tanah hunian nantinya akan berpengaruh pada pertumbuhan tanaman serta penambahan nutrisi apabila dibutuhkan. Jika memang tidak memadai, Anda bisa menyeimbangkannya dengan pupuk organik yang berasal dari kotoran hewan atau buah busuk. Dengan demikian, tanaman tidak akan cepat mati dan bisa tumbuh secara maksimal. 

    8. Tentukan aneka jenis tanaman

    cara membuat taman depan rumah

    Sumber: abahtani.com

    Setelah menyiapkan urusan tanah, Anda dapat melanjutkan tahap berikutnya dengan memilih jenis yang diinginkan. Supaya tumbuh subur serta optimal, faktor iklim, cuaca, dan luas taman memainkan peran penting. Ada beberapa tanaman yang dapat beradaptasi terlepas dari situasinya seperti bunga sepatu, lidah mertua, dan sri rejeki.

    9. Perhatikan nutrisi setiap tanaman

    cara membuat taman depan rumah

    Sumber: kompasiana.com

    Seperti yang diketahui, nutrisi tanaman memainkan peran penting bagi tumbuhan untuk berkembang. Biasanya, kebutuhan ini bisa didapatkan dari tanah yang memiliki unsur hara. Terlepas dari itu, setiap tumbuhan membutuhkan kadar larutan nutrisi berbeda-beda, baik dari segi kalsium, kalium, oksigen, hingga besi itu sendiri. Maka dari itu, penting untuk mengenali kebutuhan tanaman supaya tumbuh subur. 

    10. Rawat tanaman sesuai kebutuhannya

    cara membuat taman depan rumah

    Sumber: aetra.co.id

    Kemudian, cara membuat taman depan rumah adalah merawat tanaman sesuai kebutuhannya. Tergantung jenisnya, tetapi beberapa tumbuhan membutuhkan perawatan intensif dan rutin. Misalnya melakukan penyiraman setiap hari hingga menakar pupuk sesuai kebutuhannya. Maka dari itu, jangan hanya memerhatikan eloknya tumbuhan, tetapi juga proses merawatnya. 

    11. Tambahkan penerangan dan dekorasi

    cara membuat taman depan rumah

    Sumber:loveroperty.com

    Taman mungkin akan terlihat cantik pada tengah hari, tetapi sudahkah Anda memastikan agar tetap bersinar di waktu malam? Nyatanya masih banyak yang lupa untuk melengkapi karangan dengan lampu. Jika takut perkara borosnya listrik, Anda bisa menggunakan lampu tenaga surya ya. 

    Menambah dekorasi menjadi salah satu cara membuat taman depan rumah minimalis. Bisa berupa pagar kecil atau pajangan, dijamin taman akan selalu terlihat menawan.

    12. Buat jalan setapak dan pagar pembatas

    cara membuat taman depan rumah

    Sumber: pidjar.com

    Supaya lebih indah serta fungsional, hadirkanlah jalan setapak dari material batu alam sebagai akses menyebrang dari satu sisi ke lainnya. Terlepas dari itu, mengaplikasikan bahan natural tersebut juga akan membuat pekarangan terlihat minimalis sekaligus lebih luas. 

    Bila memang tidak memiliki lahan sisa, Anda bisa loh memanfaatkan pagar pembatas sebagai wadah tanaman supaya terlihat alami. Jadi daripada terlihat mengganggu, memanfaatkan tumbuhan akan mendukung unsur minimalis dan estetika hunian. 

    13. Bila perlu, konsultasikan dengan ahlinya

    cara membuat taman depan rumah

    Sumber: arkamaya-grhatama.com

    Terakhir, jika masih ragu Anda dapat mengkonsultasikan cara membuat taman depan rumah dengan ahlinya supaya seluruh proses berjalan dengan lancar dan menghindari potensi masalah. Dengan demikian, anggaran serta target desain pun dapat tereksekusi dengan baik sesuai rencana awal. 

    Itulah 13 cara membuat taman depan rumah sendiri yang mudah. Setelah membacanya, apakah Anda sudah siap mulai menata pekarangan hunian sekarang juga? Intinya, nikmati setiap waktu berkebun, jadi tak perlu buru-buru ya! Perhatikan juga karakteristik setiap tanaman agar Anda bisa merawatnya dengan baik.

    Setelah berhasil membuat bagian depan rumah glow up, mungkin sudah saatnya untuk memperhatikan interior hunian. Ya, apalagi mengingat Anda dan keluarga banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan, tentu perlu aneka perabot berkualitas yang tepat. Untuk itu, percayakan hanya kepada iCreate, toko furniture online terdepan di Indonesia!

    Baca juga: CARA MENATA TAMAN DEPAN RUMAH & IDE DESAIN TERBARUNYA