Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Cara Menata Batu Di Taman

    13 Cara Menata Batu di Taman Agar Tampak Asri dan Indah

    Sudah tahu bagaimana cara menata batu di taman agar terlihat menarik? Meski terdengar sepele, ternyata peletakkan setiap elemen di pekarangan memang benar-benar perlu diperhatikan, termasuk butiran kerikil yang ada di sana. Sebab bila ditempatkan secara asal, bisa-bisa keindahan halaman jadi terdampak dan kurang enak dipandang mata.

    Jadi jangan salah lagi ya, mulai sekarang coba perhatikan lagi setiap detailnya dengan baik. Daripada bingung, ikuti saja beberapa cara menata batu di taman berikut ini!

    Cara Menata Batu di Taman

    Meski sering digunakan, sayangnya masih banyak yang tidak memahami bahwa bebatuan pun butuh ditata dan dirawat dengan baik, supaya tidak mengurangi nilai estetikanya. Berikut beberapa cara mudahnya

    1. Tentukan bagian taman yang akan diberi batu

    cara menata batu di taman

    Sumber: gizzahomes.com

    Langkah dasar cara menata batu di taman adalah menentukan lokasi. Tentunya keputusan ini wajib dipikir secara matang-matang karena memindahkan satu area bebatuan ke lainnya bukanlah hal mudah. Sebab akan membutuhkan waktu dan tenaga lagi. Maka dari itu, cobalah cari inspirasi terlebih dahulu yang memang pas di hati Anda. 

    2. Ukur luas areanya

    cara menata batu di taman

    Sumber: homedepot.com

    Setelah menentukan bagian. Cara menata batu di taman selanjutnya adalah mengukur luas area tersebut. Sekali lagi butuh perencanaan yang matang supaya esensi dari penggunaan bebatuan ini semakin menonjol dan tidak tenggelam di tengah tanaman. Di sisi lain, mengetahui luas area akan membantu Anda juga untuk mengetahui seberapa banyak jumlah batu yang memang dibutuhkan. 

    3. Siapkan sisi taman yang akan diberi batu

    cara menata batu di taman

    Sumber: gardengatemagazine.com

    Apabila keputusan sudah matang, maka Anda dapat menyiapkan sisi taman yang nantinya akan diberi batu. Hal ini bisa dimulai dengan mengeliminasi gulma atau semak di sekitaran area. Cabutlah bunga, rumput, serta tumbuhan liar lainnya yang berpotensi menghalangi bebatuan. Jangan lupa untuk menggunakan kacamata pelindung dan sarung tangan ya! Supaya tangan tidak tergores atau melukai mata. 

    4.  Pilih jenis batu sesuai keinginan

    cara menata batu di taman

    Sumber: extraspace.com

    Setiap batu memiliki ciri khasnya masing-masing, baik dari segi warna hingga bentuknya yang unik. Untuk itu, Anda dapat memilih jenisnya sesuai selera. Misalnya saja kerikil marmer sendiri tersedia dalam rona hitam, kuning, putih, coklat. Nah menariknya lagi, Anda bisa loh mengambil bebatuan dari dasar sungai supaya semakin alami. 

    5. Sesuaikan ukuran batu dengan luas lahan

    cara menata batu di taman

    Sumber: lurverys.com

    Dalam proses pemilihan, pastikan ukuran batu yang dipilih sudah sesuai dengan luas lahan taman Anda. Mengingat variasi bentuk seperti elips, pipih, atau bulat, pasti memiliki volume yang berbeda. Jika tidak sesuai, nantinya hal ini akan berpengaruh pada keharmonisan setiap elemen taman. 

    6. Perhatikan bentuk dan warna batu

    cara menata batu di taman

    Sumber: handyman.net.au

    Saat memilihnya, Anda harus memperhatikan bentuk dan warna batu agar selaras dengan konsep yang ada. Misalnya batuan berona monokrom untuk taman modern atau membuat mozaik supaya terlihat menyenangkan serta tidak monoton. Kembali lagi, pemilihan material ini harus selalu selaras dengan desain yang ada. 

    7. Tata senatural mungkin

    cara menata batu di taman

    Sumber: bhg.com

    Cara menata batu di taman ini dapat dimulai dengan menebarkan batu ke bagian yang sudah ditentukan. Setelah itu Anda bisa merangkai serta meratakannya sesuai jalurnya. Jika ingin terkesan alami, penataan harus dilakukan senatural mungkin dan jangan sampai merusak tumbuhan di sekitarnya ya. 

    8. Lengkapi dengan tanaman yang sesuai

    cara menata batu di taman

    Sumber: bhg.com

    Ada berbagai macam tanaman batu yang cantik dan akan memperindah penampilan. Seperti misalnya bunga Aubrieta dengan warna mencoloknya seperti kuning, pink, oranye, dan ungu. Jika ingin rona netral, Anda bisa menghadirkan bunga Aster putih yang cocok di taman berbatu karena mudah tumbuh serta tidak butuh perawatan intensif.

    9. Beri rerumputan di sekelilingnya

    cara menata batu di taman

    Sumber: blessmyweeds.com

    Terakhir, cara menata batu di taman adalah memberikan sentuhan rumput di sekelilingnya. Hal ini dapat dilakukan agar material tersebut dapat terpadu secara alami dengan elemen pada taman lainnya. Di sisi lain kombinasi warna kontras antara batu dengan tumbuhan sekitarnya akan membantu taman Anda terlihat hidup, sehingga cantik ketika dipandang. 

    Baca juga: CARA MENATA TAMAN DEPAN RUMAH & IDE DESAIN TERBARUNYA

    Tips Menata Batu di Taman

    Cara menata batu di taman butuh kecermatan supaya tampilannya harmonis dengan desain taman yang ada. Jadi proses peletakannya tidak bisa dilakukan sembarangan. Bingung bagaimana caranya? Berikut adalah beberapa tips dalam menata batu di taman yang dijamin mempesona. 

    1. Desain mozaik dengan batu koral 

    cara menata batu di taman

    Sumber: pinterest.com

    Salah satu cara menata batu koral di taman adalah dengan membentuknya menjadi sebuah mozaik. Pasalnya aneka warna dari jenis ini dapat Anda manfaatkan sebagai cat lukis. Apalagi jika hunian memiliki taman serta carport yang berdampingan, batu koral dijamin dapat memperindah sekaligus menjadi fondasi lantai kokoh pada tempat parkir mobil Anda. 

    2. Memanfaatkan batu koral untuk dijadikan jalan setapak

    cara menata batu di taman

    Sumber: pinterest.com

    Supaya efisien dalam melakukan proses perawatan, setiap taman pasti membutuhkan jalan setapak sebagai jembatan dari satu sisi ke lainnya. Nah, batu koral ini termasuk salah satu yang ramai digunakan karena dapat mempercantik taman sekaligus meminimalisir risiko kepleset akibat licinnya rumput. Apalagi dengan ragam warnanya, dijamin membuat pekarangan semakin memikat. 

    3. Kesan mewah pada dinding berbatu alam

    cara menata batu di taman

    Sumber: pinterest.com

    Inspirasi satu ini cocok buat Anda yang memiliki taman indoor. Jadi bukan hanya di luar saja, batu alam juga dapat mempercantik pekarangan dalam rumah. Sayangnya jenis material ini sangat rentan terserang lumut, apalagi jika tidak dilakukan perawatan apapun. Solusi utamanya, Anda dapat menggunakan coating atau diberi lapisan ekstra selama enam bulan sekali supaya terhindar dari kerusakan. 

    4. Penggunaan bebatuan acak dan tidak berpola

    cara menata batu di taman

    Sumber: pinterest.com

    Terakhir, menata bebatuan secara acak mungkin untuk dilakukan pada taman kering yang berukuran kecil. Tidak perlu khawatir karena penataan tidak berpola ini tetap bisa membuat taman terlihat menawan. Cocok buat Anda yang kurang suka dengan susunan berpola dan monoton. 

    Bagaimana, mudah bukan cara menata batu di taman agar terlihat menarik? Rasanya, kini sudah tak perlu memanggil tukang kebun lagi untuk membuat tampilan pekarangan tampak menawan. Semuanya, bisa dilakukan sendiri dengan bermodal tekad kuat dan pengetahuan yang mumpuni.

    Nah selain menata batu, sudah tahu bagaimana cara berkebun yang lain? Misalnya soal pemilihan desain taman, tumbuhan hijau, hingga aneka jenis pepohonan teduh di depan rumah. Kalau belum, yuk pelajari selengkapnya di blog iCreate! Dijamin, pengetahuan berkebun Anda akan semakin meningkat. Semangat!

    Baca juga: 12 CARA MENATA BUNGA DI DEPAN RUMAH AGAR TAMPAK CANTIK