Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Cara Menata Bunga Di Depan Rumah

    12 Cara Menata Bunga di Depan Rumah Agar Tampak Cantik, Mudah!

    Sudah tahu bagaimana cara menata bunga di depan rumah yang baik? Agar terlihat cantik dan sempurna, tentu Anda memerlukan teknik khusus dalam mengatur penempatannya. Sebab setiap jenis bunga pasti memiliki warna serta karakteristiknya tersendiri. Oleh karena itu, jangan sampai tatanan kembang di halaman malah tampak berantakan hingga tak nyaman dilihat.

    Tak harus jago berkebun, Anda pun tetap bisa mengatur tata letak koleksi bunga kesayangan agar tampak menawan. Daripada penasaran, yuk langsung simak langkah-langkah sederhana berikut yang dapat Anda ikuti dengan mudah!

    Cara Menata Bunga di Depan Rumah

    Memiliki banyak bunga terkadang  bisa memusingkan saat hendak menatanya. Anda harus bisa mengelompokkan, memilih rak yang sesuai, hingga melakukan eliminasi rutin agar pekarangan selalu terlihat cantik. Bagi Anda yang tidak memahami cara menata bunga di depan rumah, tidak perlu khawatir. Berikut adalah beberapa cara menata bunga di depan rumah yang bisa diterapkan.

    1. Kelompokkan berdasarkan jenis

    cara menata bunga di depan rumah

    Sumber: homoq.com

    Pertama, cara menata bunga di depan rumah adalah mengelompokan tipe-tipenya. Setiap jenis pasti memiliki karakter fisiologi maupun morfologinya masing-masing. Maka dari itu, perlu dilakukan pengelompokkan agar tetap terlihat rapi dan harmonis. 

    Misalnya, Anda bisa menaruh bunga lili paris di satu sudut dan lidah mertua di posisi lainnya. Hal ini merupakan langkah awal yang harus dilakukan saat menata bunga, supaya kedepannya Anda tidak bingung. 

    2. Pilih barisan bunga yang tepat

    cara menata bunga di depan rumah

    Sumber: photos.hgtv.com

    Selanjutnya, cara menata bunga di depan rumah sederhana adalah dengan memilih barisan. Misalnya persegi, kotak, lingkaran dan bentuk lainnya. Namun, ketahui terlebih dahulu bagaimana bentuk halaman Anda dan baris seperti apa yang cocok. Jika halaman berbentuk kotak, sebaiknya buat jalur bundar serta hindari garis dengan wujud yang sama ya, agar kontras dan terlihat menarik. 

    3. Tentukan titik pusat

    cara menata bunga di depan rumah

    Sumber: homestratosphere.com

    Bingung karena penataan kembang terlihat monoton? Cara menata bunga di depan rumah sederhana bisa dilakukan dengan menentukan titik pusat karangan sehingga memberikan daya tarik dan pesona tersendiri. Untuk melakukannya, harus ada satu jenis bunga yang lebih unggul daripada kelompok lainnya. Biasanya, kembang tersebut menjadi ikon paling menonjol di pekarangan Anda

    4. Gunakan berbagai aksesoris bunga

    cara menata bunga di depan rumah

    Sumber: unsplash.com

    Selanjutnya, cara menata bunga di depan rumah adalah dengan menambahkan pernak pernik. Menghadirkan aksesoris adalah teknik mudah agar halaman terlihat cantik dan memikat. Anda bisa menggunakan rak dengan variasi bentuk serta warna mencolok agar setiap bunga memiliki daya tarik masing-masing dan tidak seragam.

    5. Sesuaikan ukuran pot

    cara menata bunga di depan rumah

    Sumber:bhg.com

    Jarang ada yang tahu, tetapi menyesuaikan ukuran pot adalah langkah krusial. Mengapa demikian? Karena jika terlalu besar, bunga tidak dapat bertumbuh dengan baik serta sulit untuk menyerap nutrisi. Walau pot besar memang sering dinilai lebih estetik, tetapi cara ini sangat tidak disarankan ya. 

    6. Hindari memajang pot terlalu banyak

    cara menata bunga di depan rumah

    Sumber: depositphotos.com

    Berikutnya, cara menata bunga di depan rumah adalah menghindari pemajangan pot yang terlalu banyak. Memasang banyak pot dapat memberikan kesan berantakan dan padat. Sebaiknya, hindari kesan tersebut apalagi pekarangan rumah seharusnya enak untuk dipandang, serta menjadi tempat yang pas untuk bersantai. 

    Baca juga: CEK 9 CARA MERAWAT TANAMAN HIAS AGAR TUMBUH SUBUR!

    7. Atur posisi tanaman

    cara menata bunga di depan rumah

    Sumber: pinterest.com

    Mengatur posisi tanaman harus disesuaikan dengan konsep rumah Anda. Sebagai contoh penataan sederhana akan cocok bagi hunian bergaya minimalis. Penyelarasan ini penting dilakukan untuk menciptakan harmonisasi antara tampilan rumah dengan hiasannya. 

    8. Manfaatkan bagian atas teras

    cara menata bunga di depan rumah

    Sumber: houzz.com

    Selanjutnya, cara menata bunga di depan rumah adalah dengan memanfaatkan atas teras. Bagian tersebut dapat digunakan jika hunian Anda tidak terlalu luas. Selain menghemat tempat, tanaman gantung rata-rata mudah untuk dirawat juga loh! Pastinya menambah nilai estetika sekaligus daya tarik hunian.

    9. Buat taman dinding

    cara menata bunga di depan rumah

    Sumber: pinterest.com

    Seterusnya, cara menata bunga di depan rumah sederhana adalah lewat pembuatan taman dinding. Sesuai dengan namanya, konsep ini memang menekankan pada peletakan setiap tumbuhan yang disusun ke atas. Bisa dijadikan sarana ruang hijau untuk menahan panas matahari dan membuat sejuk hunian Anda. 

    10. Maksimalkan setiap sudut

    cara menata bunga di depan rumah

    Sumber: my-best.id

    Sering dilupakan, tetapi Anda juga bisa menata bunga di sudut teras hunian. Terutama saat halaman depan rumah memiliki ruang yang sempit. Meskipun ditaruh di pojok, kehadiran tanaman hijau tetap dapat menghilangkan kesan monoton bangunan juga loh!

    11. Lihat keselarasan

    cara menata bunga di depan rumah

    Sumber: proflowers.com

    Agar tanaman terlihat rapi dan enak dipandang, penting untuk mengatur keselarasan setiap bunga. Anda dapat melakukannya dengan memotong sedikit bagian batang bunga yang terlalu tinggi. 

    12. Eliminasi secara rutin

    cara menata bunga di depan rumah

    Sumber: dailyadvent.com

    Terakhir, cara menata bunga di depan rumah adalah dengan melakukan eliminasi secara rutin. Seiring berjalannya waktu, pasti akan ada tanaman yang menjadi layu, kering, dan tidak sehat lagi. Maka dari itu, penting untuk melakukan eliminasi rutin agar pekarangan Anda tetap terlihat segar dan menarik. 

    Bagaimana, mudah bukan cara menata bunga di depan rumah? Setelah mengaplikasikannya, dijamin tampilan hunian akan semakin indah dan menawan. Jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan kebersihan area sekitar pekarangan agar fasad rumah tetap nyaman dilihat.

    Setelah memperhatikan bagian eksterior, kini saatnya mempercantik sisi interior hunian. Tak perlu susah, Anda cukup menentukan desain dan memilih perabot pendukung yang sesuai. Jika masih bingung, iCreate sebagai toko furniture online di Indonesia punya banyak inspirasi menariknya. Tunggu apalagi? Yuk temukan dekorasi rumah impian hanya di iCreate!

    Baca juga: CARA MENATA TAMAN DEPAN RUMAH & IDE DESAIN TERBARUNYA