Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Cara Menata Foto Di Dinding

    12 Cara Menata Foto di Dinding yang Artistik dan Aesthetic

    Sudah tahu bagaimana cara menata foto di dinding agar terlihat lebih keren? Meski terkesan sepele, nyatanya tata letak dan pemasangan kolase foto terkadang bisa membuat bingung lho. Bahkan jika dilakukan sembarangan atau tak beraturan, hasil susunannya malah akan menyebabkan interior ruang tampak berantakan.

    Padahal, koleksi momen berharga bisa jadi salah satu ide dekorasi yang mudah sekaligus murah. Oleh karena itu, jangan sampai salah, ikuti cara menata foto di dinding yang benar dalam artikel berikut ini!

    12 Cara Menata Foto di Dinding

    Menata foto di dinding tidak harus selalu sejajar. Anda bisa loh mengkreasikannya sendiri seperti misalnya dibentuk kolase, ditata sembarangan, dikombinasikan dengan ornamen lain, atau membentuk photostory. Nah jika bingung, berikut adalah beberapa referensi gambar penataan yang menawan serta harmonis.

    Menata foto di dinding nan sejajar

    cara menata foto di dinding

    Sumber: canon.cn.nz

    Langkah pertama yang paling mudah adalah menata foto secara sejajar pada dinding ruangan. Kesederhanaan ini justru dapat membuat tempat kosong menjadi estetik ala konsep minimalis. Namun, Anda harus memperhatikan keselarasannya, dengan memastikan bahwa bagian kanan dan kiri dinding sama-sama seimbang. Pokoknya, rumah jadi terasa hangat dan nyaman tentunya, lewat penataan gambar yang menawan. 

    Menata foto di dinding berdasarkan warna 

    cara menata foto di dinding

    Sumber: bloglovin.com

    Menyusun foto sesuai dengan color wheel memang cukup sulit. Namun, hasil yang dipancarkan juga sesuai waktu dan tenaganya yang dicurahkan. Pasalnya penataan seperti ini dinilai memiliki nilai estetika tinggi serta tidak pernah bosan ketika dipandang. Ruangan pun jadi terasa lebih berwarna dan tentunya sangat indah. 

    Menata foto di dinding dengan satu titik fokus

    cara menata foto di dinding

    Sumber: whitewall.com

    Menaruh foto berukuran paling besar akan membuat kolase berfokus pada satu titik. Hal ini bisa dilakukan jika Anda memiliki hasil jepretan gambar yang dibanggakan atau bermakna bagi diri sendiri. Jadi ukuran foto juga tidak kalah penting untuk diperhatikan dalam membentuk sebuah penataan yang berkesan. 

    Foto disesuaikan dengan bentuk ruang

    cara menata foto di dinding

    Sumber: pinterest.com

    Cara selanjutnya adalah melakukan penataan sesuai dengan ruangan dan posisi dinding itu sendiri. Misalnya saja, berbentuk naik mengikuti tinggi tangga. Hal ini bisa dilakukan jika Anda merasa foto di bagian dinding justru terkesan mengganggu serta tidak enak untuk dipandang. 

    Penataan tidak berpola

    cara menata foto di dinding

    Sumber: digsgids.com

    Anda tidak suka dengan konsep mainstream? Nah berarti gambar satu ini cocok untuk diadopsi pada hunian. Pasalnya, penataan di atas memang sengaja dibentuk tidak berpola atau sembarangan, tetapi justru disitulah terletak pesonanya. Misal, Anda bisa buat seperti seolah digantung pada jaring laba-laba. 

    Foto di dinding bertema

    cara menata foto di dinding

    Sumber: aliexpress.com

    Kalau gambar satu ini menata foto sesuai dengan tema yakni tempat destinasi wisata. Peletakkan di atas dapat dibuat seolah menjadi photo story. Jadi tidak perlu bercerita panjang lebar, cukup menampilkan gambar yang berkonsep, sehingga audiens pun dapat memahami jalan ceritanya. 

    Baca juga: 10 CARA MENGHIAS LAMPU TUMBLR SIMPLE DI KAMAR JADI CANTIK

    Mengkombinasikan foto dengan ornamen lain 

    cara menata foto di dinding

    Sumber: pinterest.com

    Jika merasa belum cukup meriah, Anda dapat mengkombinasikan foto dengan dekorasi lain. Misalnya saja seperti pada gambar di atas, terdapat pajangan scrabble, poster kata favorit, atau lukisan sekalipun juga bisa. 

    Penataan foto berkonsep monokrom

    cara menata foto di dinding

    Sumber: splendidhabitat.com

    Ingin rumah terlihat estetik? Anda bisa menghadirkan impresi tersebut dengan memajang foto berwarna monokrom alias black and white. Namun perlu diingat bahwa tidak semua gambar cocok dibuat konsep ini ya. Paling cocok ketika kondisi cahaya suatu tempat kontras, antara bagian gelap dan terang.

    Cara menata foto di dinding kamar tanpa pigura

    cara menata foto di dinding

    Sumber: pinterest.com

    Untuk menyiasati dinding sempit, Anda dapat menerapkan cara menata foto di dinding kamar tanpa bingkai seperti di atas. Pasalnya, frame akan memakan lebih banyak ruang ketimbang polos apa adanya. Hal tersebut tidak akan mempengaruhi nilai estetika dan keindahannya loh.

    Cara menata foto di dinding kamar tidur dengan jenis polaroid

    cara menata foto di dinding

    Sumber: pinterest.com

    Polaroid semakin populer seiring berjalannya waktu, karena tergolong instan dalam mencetak gambar. Nah untuk memajangnya di kamar, Anda bisa menggabungkannya dengan ornamen lain supaya tidak terlalu polos. Misalnya menempelkannya pada tali dan diberi sentuhan daun seperti pada gambar di atas. 

    Cara menata foto di dinding ruang tamu berjarak 

    cara menata foto di dinding

    Sumber: desenio.com

    Jarang diperhatikan, tetapi jarak antara satu foto dengan lainnya juga memainkan peran penting loh. Pasalnya, hal tersebut akan membuat gambar terlihat lebih rapi dan cantik. Faktor kenyamanan ketika melihatnya juga berpengaruh. Saat kolase foto terpajang dengan baik, tampilannya pun jadi lebih nyaman dipandang.

    Cara menata foto di dinding kamar estetik ala kolase

    cara menata foto di dinding

    Sumber: spacestock.com

    Terakhir, Anda bisa membuat kolase dengan 8 foto nan estetik pada dinding kamar. Tidak perlu khawatir juga soal ukuran yang seragam, pasalnya jika ditata dengan baik, pasti tetap akan terlihat menawan. 

    Itu dia 12 cara menata foto di dinding yang bisa Anda ikuti untuk membuat tampilan ruang terlihat lebih menawan. Sebagai catatan, sesuaikan juga ya dengan jumlah kolase serta luas dinding masing-masing. Anda pun dapat mengkombinasikan beberapa inspirasi di atas atau memadukannya bersama kreativitas pribadi.

    Tampilan aesthetic saja tidak cukup, karena sebaiknya keindahan interior juga harus diikuti oleh nilai fungsionalitasnya. Untuk itu, tambahkan aneka perabot dan pernak pernik pendukung yang dapat menunjang aktivitas sehari-hari Anda. Jangan sampai salah pilih ya, selalu percayakan kebutuhan dekorasi rumah hanya bersama iCreate, toko furniture online terdepan di Indonesia!

    Baca juga: 
    13 DEKORASI CARA MENATA POLAROID DI KAMAR, AESTHETIC & KEREN!