Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Cara Mencuci Karpet

    8 Cara Mencuci Karpet Sendiri di Rumah, Mudah dan Langsung Kinclong

    Karpet permadani menjadi alternatif untuk tempat bersantai bersama keluarga di ruang tengah. Dengan corak dan warna yang menarik, karpet jenis ini dapat memberikan nilai keindahan pada ruangan. Saking nyamannya, sering kali furniture ini lupa dibersihkan sehingga berdebu dan kotor sehingga perlu dibersihkan.Tak hanya melalui jasa pembersihan karpet, Anda bisa melakukan beberapa cara mencuci karpet berikut di rumah. 

    Pembersihan bisa dilakukan oleh orang profesional namun harga laundry karpet permadani cukup tinggi. Tapi jangan khawatir, Anda tentunya bisa melakukannya sendiri. Mencuci karpet di rumah tidaklah sulit. Anda hanya perlu meluangkan beberapa jam dalam sehari untuk membersihkannya. Khususnya saat Anda memiliki waktu luang di akhir pekan. Dengan membersihkan permadani sendiri, Anda bisa memilih langsung jenis pembersih yang cocok untuk dipakai. Termasuk jika ada keluarga yang alergi bahan kimia. 

    Penasaran bagaimana cara mencuci karpet sendiri di rumah? Yuk cek alat, bahan dan langkah-langkah cara mencuci karpet sendiri berikut ini!

    Alat dan Bahan Mencuci Karpet

    Sebelum Anda mengetahui cara mencuci karpet sendiri, perlu disiapkan beberapa alat dan bahan yang akan digunakan saat membersihkan. Berikut adalah bahan dan alat yang perlu Anda persiapkan.

    1. Sampo karpet

    2. Sabun cuci piring

    3. Ember

    4. Spons

    5. Sikat

    6. Selang air

    7. Vacuum Cleaner

    8. Squeegee (pembersih kaca)

    9. Sarung tangan karet

    8 Cara Mencuci Karpet Permadani 

    Langkah cara mencuci karpet tidaklah sulit. Ada banyak alternatif metode yang bisa Anda lakukan, namun cara mencuci karpet kali ini merupakan metode sederhana. Simak metode membersihkan karpet berikut ini!

    1. Bersihkan kotoran debu dengan vacuum cleaner

    Sumber: learn.allergyandair.com

    Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membersihkan karpet di kedua sisi secara menyeluruh. Jangan abaikan bagian belakangnya, yang mau tidak mau menumpuk remah-remah, debu, dan kotoran. Karpet permadani terkadang menyimpan beberapa kotoran yang perlu dibersihkan.

    2. Uji kelunturan karpet

    Sumber: d2xjmi1k71iy2m.cloudfront.net

    Ada beberapa jenis karpet yang luntur saat dicuci. Maka pastikan terlebih dahulu apakah karpet Anda luntur atau tidak saat dicuci. Uji kelunturan ini diperlukan untuk menyesuaikan cara mencuci karpet yang akan diterapkan serta agar nantinya Anda paham apakah karpet luntur atau tidak saat dicuci.

    3. Campur pembersih dengan air 

    Sumber: img.mobilmo.com

    Ada beberapa cara dalam mencampurkan pembersih dengan air sebelum digunakan. Opsi pertama adalah dengan mengikuti mengikuti petunjuk pencampuran pada pembersih/sampo permadani yang dibeli di toko. Sementara itu, cara lainnya adalah dengan menambahkan beberapa tutup botol sabun cuci piring cair lembut ke dalam seember air hangat. Jangan gunakan air panas, karena dapat menyusutkan serat atau memudarkan warna.

    Sekarang, uji pembersih Anda (dibeli di toko atau buatan sendiri) pada bagian permadani yang tidak mencolok, seperti bagian kecil di paling sudut, untuk memastikan bahwa itu tidak membuat warnanya luntur. Jika tidak, lanjutkan ke langkah berikutnya.

    4. Bersihkan karpet dengan pembersih yang disiapkan

    Sumber: cleanvac.co

    Bersihkan karpet permadani Anda dengan spons atau sikat. Gosok karpet dengan campuran air sampo sampai terlihat banyak busa. Biarkan larutan tersebut menempel beberapa menit di karpet sebelum akhirnya dibilas. Untuk karpet permadani minimalis biasanya pembersihan ini akan lebih mudah. Namun untuk ukuran karpet yang besar tentunya akan memerlukan banyak waktu dan tenaga.

    5. Bilas karpet permadani

    Sumber: corporacionsg.net

    Setelah menunggu beberapa saat, bilas karpet permadani Anda secara menyeluruh. Pastikan permadani benar-benar bersih dari busa-busa sabun. Karpet permadani minimalis juga tentu lebih mudah dibilas dibanding ukuran besar.

    6. Gunakan squeegee untuk menghilangkan kelebihan air

    Sumber: cdn.apartmenttherapy.info

    Jika banyak kelebihan air di karpet, maka gunakan alat pembersih dari karet. Alat yang sering digunakan untuk membersihkan jendela ini hanya berfungsi untuk memeras kelebihan air dari karpet permadani. Tekan kuat bilah squeegee ke karpet dan tarik untuk mengeluarkan cairan sebanyak yang Anda bisa.

    7. Pastikan kedua sisi karpet benar-benar kering

    Sumber: thumbs.dreamstime.com

    Letakkan permadani hingga rata hingga kering. Setelah sisi atasnya mengering, balikkan agar bagian bawahnya juga bisa mengering. Ini merupakan tahapan akhir di cara mencuci karpet sendiri. Setelah karpet kering, tentunya proses membersihkannya pun selesai.

    8. Sedot dan sikat permadani

    Langkah terakhir dan tambahan dalam pembersihan karpet permadani adalah menyedot karpet. Tujuannya untuk mengendurkan serat kain setelah menjadi padat dicuci. Dengan mengendurkan ini, motif karpet permadani pun akan kembali terlihat dari yang sebelumnya kendur. 

    Caranya dengan menggunakan penyedot debu atau sikat berbulu lembut yang bersih di atas permadani Anda untuk mengendurkan serat karpet. Karena ada kemungkinan bahwa karpet telah memadat ketika proses pengeringan. Karpet permadani pun bisa kembali dipakai di kamar. 

    Tips Membersihkan Karpet

    Setelah memahami beberapa cara mencuci karpet sendiri di rumah, ada juga beberapa tips khusus yang bisa Anda manfaatkan juga. Apa saja? Berikut beberapa tips cerdas membersihkan karpet.

    1. Semprotkan pewangi beraroma harum

    Di samping bersih, pastikan juga agar karpet Anda beraroma harum menyegarkan sehingga tidak terkesan apek. Cara mencuci karpet agar tidak bau ini bisa Anda bisa terapkan dengan memanfaatkan wewangian khusus. Namun pastikan juga untuk tidak menyemprotnya terlalu banyak agar permukaan karpet tidak terasa lembab.

    2. Gunakan mesin cuci untuk karpet berukuran kecil

    Bila karpet yang akan dicuci tidak terlalu besar, coba manfaatkan mesin cuci di rumah untuk membersihkannya. Selama menggunakan panduan tepat dan ukurannya sesuai, dijamin mesin cuci Anda akan aman. Hasilnya, karpet pun akan langsung kinclong dengan sendirinya tanpa Anda perlu bersusah payah membersihkannya.

    3. Pilih karpet berwarna hitam

    Mencuci karpet memang termasuk pekerjaan yang cukup melelahkan. Bagaimana tidak, ukurannya yang lebar dan besar tentu membuatnya sangat berat terutama bila dicuci. Solusinya, Anda bisa menggunakan karpet hitam atau warna gelap lainnya untuk menyamarkan noda dan kotoran yang mudah menempel begitu saja.

    Tak perlu khawatir ruangan akan terlihat mencekam, Anda bisa memilih pola yang menarik seperti karpet motif Alpaca yang lucu namun berkelas dari iCreate. 

    4. Pastikan karpet dalam keadaan kering

    Salah satu faktor utama penyebab karpet berjamur adalah kondisi lembab secara terus menerus yang dibiarkan begitu saja dalam waktu lama. Oleh karena itu, pastikan permukaan karpet selalu dalam keadaan kering untuk mencegahnya dari sarang bertumbuhnya jamur dan mikroorganisme lainnya.

    5. Bersihkan secara berkala

    Agar tidak perlu terus-terusan mencuci, Anda bisa mulai membersihkan karpet secara berkala. Misalnya saja dengan langsung menyapu ataupun menggunakan vacuum cleaner bila ada kotoran ataupun noda menempel. Hal ini akan cukup efektif untuk menghindari pengendapan kotoran terlalu lama sehingga Anda pun tidak memerlukan cara mencuci karpet sendiri yang terlalu sulit.

    Itu tadi penjelasan mengenai alat, bahan dan bagaimana cara mencuci karpet secara sederhana di rumah. Perawatan untuk karpet permadani diperlukan agar karpet menjadi awet dan tahan lama. Jika Anda ada waktu,  maka gunakan waktu tersebut untuk membersihkan karpet yang kotor. Namun tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa dari tenaga profesional ketika kotoran pada karpet dirasa telah membandel dan tidak dapat dihilangkan dengan perawatan sederhana.