Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Cara Mengatasi Saluran Paralon Mampet

    10 Cara Mengatasi Saluran Paralon Mampet Mudah, Paling Ampuh!

    Pernah terpikir bagaimana cara mengatasi saluran paralon mampet? Bila pernah mengalaminya, Anda pasti sudah paham semenyebalkan apakah permasalahan ini. Nah sebaiknya, jangan coba-coba menunda untuk memperbaikinya ya! Pasalnya jika dibiarkan terlalu lama, bisa-bisa malah akan tersumbat sepenuhnya. 

    Lalu apakah ada cara mengatasi saluran paralon mampet dengan menggunakan bahan-bahan alami yang biasa ditemukan di dapur? Tentu ada! Jangan khawatir, simak langsung langkah selengkapnya dalam ulasan berikut ini!

    Penyebab Saluran Paralon Mampet

    Beberapa kebiasaan buruk yang sering dianggap remeh ternyata mampu membuat air tidak bisa mengalir serta menguap ke permukaan. Berikut penyebab saluran paralon mampet yang perlu Anda hindari

    Endapan sabun

    cara mengatasi saluran paralon mampet

    Sumber: cantik.tempo.com

    Apabila sabun terendap terlalu lama sampai menempel pada dinding pipa, hal tersebut akan berpotensi menutup aliran air. Namun jika dibandingkan dengan faktor lain, penyebab satu ini tergolong mudah untuk diatasi yakni dengan menyiram obat atau cairan soda kimia untuk mengikis gumpalan yang menyangkut. 

    Sampah makanan

    cara mengatasi saluran paralon mampet

    Sumber: thissoldhouse.com

    Sampah makanan dinilai menjadi penyebab utama dari mampetnya saluran paralon. Nah, umumnya kebiasaan tidak membuang sisa makanan terlebih dahulu sebelum mencucinya ini akan menumpuk di dalam pipa. Apalagi ketika paralon jarang dibersihkan, jangan heran ya kalau aliran air tersendat dan menguap ke permukaan.

    Lumpur dan kotoran

    cara mengatasi saluran paralon mampet

    Sumber: krovati-i-divany.ru

    Terakhir, sumbatan satu ini diakibatkan pengendapan lumpur dari air tanah atau pengguna sumur bor. Biasanya partikel halus yang tidak terlihat banyak menempel ketika sedang mengalir dengan air, alhasil terjadi penumpukan gumpalan. Untuk mencegahnya, Anda bisa menginstalasi saringan air, sehingga lumpur tidak melapisi dinding paralon.

    10 Cara Mengatasi Saluran Paralon Mampet

    TIdak perlu menunggu tukang, Anda bisa mengatasi saluran paralon yang mampet dengan memanfaatkan barang di rumah seperti sabun cuci piring, baking soda, lemon jus, sampai coca cola sekalipun. Jadi tak perlu mahal, benda-benda murah berikut pun juga dapat dimanfaatkan loh!

    1. Sabun cuci piring dan air panas

    cara mengatasi saluran paralon mampet

    Sumber: parenting.dream.co.id

    Pertama, cara mengatasi saluran tersumbat adalah dengan menggunakan sabun cuci piring, yang bisa membantu membasmi lemak serta minyak. Cairan satu ini pasti ada di setiap hunian, sehingga tidak perlu repot keluar untuk membeli larutan kimia. Nah caranya, Anda hanya perlu menuangnya ke dalam saluran tersumbat tersebut. Kemudian gunakan air mendidih untuk membilas dan saluran pun kembali bekerja dengan baik.

    2. Baking soda dan cuka

    cara mengatasi saluran paralon mampet

    Sumber: jawapos.com

    Baking soda serta vinegar adalah bahan yang paling sering digunakan untuk memunculkan reaksi kimia pada penyumbatan saluran. Hal tersebut dapat terjadi mengingat cuka memiliki sifat asam dan baking soda sebagai basa murni. Cara menggunakannya, bisa dimulai dengan menuang baking soda ke dalam pembuangan yang mampet. 

    Selanjutnya, dibilas air mendidih kemudian kembali tambahkan baking soda, diikuti dengan cuka. Terakhir, cukup bilas dengan air mendidih hingga tidak lagi muncul reaksi. 

    3. Jus lemon

    cara mengatasi saluran paralon mampet

    Sumber: bp-guide.id

    Selain cuka, Anda juga bisa memanfaatkan baking soda dengan jus lemon sebagai cara mengatasi saluran paralon mampet. Pertama, tuanglah kedua bahan tersebut ke dalam pipa, dan tunggu sekitar 30 menit. Selanjutnya, tuang kembali soda bikarbonat kemudian biarkan semalaman. Terakhir, tinggal bilas dengan air panas pada keesokan harinya.

    4. Pasir kasar

    cara mengatasi saluran paralon mampet

    Sumber: qhomemart.com

    Memanfaatkan bahan ini akan membutuhkan beberapa langkah ekstra. Pertama, Anda harus mematikan air serta memotong pipa paling jauh dari toren seperti pada keran depan hunian. Setelah dipotong, masukkan pasir kasar ke dalam saluran dan diikuti dengan selang kompresor yang memiliki tekanan tunggu serta menutup lubang tersebut. 

    Langkah terakhir, buka aliran udara yang dihasilkan dari kompresor tersebut. Nah metode ini dinilai mampu menghancurkan kotoran seperti lumut, sehingga saluran air berfungsi layaknya semula. 

    5. Garam dan air panas

    cara mengatasi saluran paralon mampet

    Sumber: klopmart.com

    Selanjutnya, Anda dapat memanfaatkan bumbu dapur sebagai cara mengatasi saluran paralon mampet. Hanya perlu menuang garam dengan sedikit baking soda, lalu bilas  dengan 2 liter air panas, dan pipa pun menjadi lebih bersih. Agar hasil lebih maksimal, terapkanlah langkah ini setiap seminggu sekali.

    Baca juga: SIMPEL! CARA MENGATASI WC MAMPET DENGAN GARAM AGAR LANCAR

    6. Soda api

    cara mengatasi saluran paralon mampet

    Sumber: roomme.id

    Apa itu soda api? Bahan kimia satu ini dikenal dengan sifat korosifnya, sehingga sering dijadikan cara mengatasi saluran paralon mampet. Jika ingin mengaplikasikan soda api, jangan lupa menggunakan masker serta sarung tangan ya. 

    Setelah itu, Anda dapat menuang bubuk tersebut ke dalam saluran air dan diguyur dengan air panas perlahan-lahan. Lalu ulangilah langkah tersebut hingga tidak ada sumbatan lagi. Nah apabila sudah berhasil, tunggulah 5 sampai 6 jam sebelum wastafel dapat digunakan. 

    7. Coca cola

    cara mengatasi saluran paralon mampet

    Sumber: mkaskus.co.id

    Minuman bersoda yang satu ini memang terkenal sebagai cara mengatasi saluran paralon mampet, untuk membersihkan karat hingga kotoran wastafel sekalipun.  Anda perlu menuang sebanyak 2 liter coca-cola dan membiarkannya selama 2 jam. Jika sudah, bisa langsung dibilas dengan air biasa ya.

    8. Manfaatkan tali

    cara mengatasi saluran paralon mampet

    Sumber: velascoindonesia.com

    Percaya atau tidak, tetapi dengan seutas tali dapat dilakukan sebagai cara mengatasi saluran paralon mampet loh! Caranya, Anda hanya perlu membuat gulungan plastik dan mengikatnya pada tali panjang. Setelah buntalan tersebut dirasa sudah sampai ujung, maka mulailah menariknya sampai keluar sehingga kotoran sedikit-sedikit mulai terangkat dan bersih kembali. 

    9. Pemutih baju

    cara mengatasi saluran paralon mampet

    Sumber: laundry.drop.id

    Selanjutnya, ada juga yang memanfaatkan pemutih baju sebagai cara mengatasi saluran paralon mampet. Anda hanya perlu menuang 200ml cairan ke dalam saluran yang tersumbat dan dibiarkan selama 5 hingga 10 menit. Setelah itu baru bisa dibilas dengan air perlahan-lahan sampai bau pemutih tidak tercium lagi.

    10. Cairan pembersih kimia

    cara mengatasi saluran paralon mampet

    Sumber: toropchemical.com

    Cara mengatasi saluran paralon mampet paling mudah dan dijamin ampuh adalah dengan menggunakan cairan kimia pembersih khusus, biasanya dijual di semua minimarket. Formulasi larutan tersebut nantinya dapat menghancurkan lemak dan kotoran menempel, termasuk juga dengan bangkai  penyebab bau. 

    Bagaimana, mudah bukan 10 cara mengatasi saluran paralon mampet di atas? Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk memperbaiki penyumbatan yang terjadi ya! Hindari juga beberapa penyebabnya agar kejadian serupa tidak terulang lagi di kemudian hari.

    Dari ulasan ini, dapat diketahui bahwa ternyata bahan-bahan dapur pun bisa membantu mengatasi permasalahan rumah tangga lainnya. Selain mudah ditemukan, cara-cara tersebut juga tak akan menguras dompet Anda. Nah ingin tahu lebih banyak soal tips & trik serupa? Jangan lewatkan artikel terbaru iCreate setiap harinya ya!

    Baca juga: 10 CARA MENGATASI SALURAN AIR MAMPET, SEDERHANA DAN MUDAH!