Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Cara Mengatasi Wc Mampet Dengan Garam

    Simpel! Cara Mengatasi WC Mampet dengan Garam Agar Lancar

    Cara mengatasi WC mampet dengan garam, apakah bisa? Ya, memang ada banyak cara mengatasi WC tersumbat, mulai dari menggunakan zat kimia yang biasa dijual di pasaran hingga bahan dapur alami rumahan. Namun siapa sangka, ternyata sejumput garam juga bisa dimanfaatkan untuk membuat saluran WC di rumah lancar kembali.

    Meski terdengar sepele, tak ada salahnya Anda mencoba trik ini saat WC Anda mampet nantinya. Yuk coba langsung dengan penjelasan lengkapnya berikut ini!

    Penyebab WC Mampet

    Sumber: pexels.com

    WC mampet memang menjadi perkara yang sangat menyebalkan. Bukan hanya karena tidak bisa digunakan, namun bila dibiarkan terlalu lama bisa timbul masalah lain seperti kamar mandi banjir sampai bau yang tidak sedap. Sehingga, Anda perlu mengetahui penyebab toilet tersumbat agar dapat mencari cara untuk mengatasinya.

    1. Septic tank yang penuh

    Septic tank atau tempat pembuangan tinja merupakan komponen utama pada WC. Toilet mampet bisa disebabkan oleh endapan lumpur feses yang memadati tangki. Jika bagian ini sudah penuh, dapat dipastikan toilet rumah Anda akan tersumbat.

    2. Sering membuang sampah ke dalam WC

    Salah satu penyebab toilet mampet adalah adanya sumbatan pada leher dan badan pipa. Hal ini diakibatkan oleh seringnya membuang tisu, plastik, atau sampah lainnya ke dalam WC.

    3. Sumbatan pada lubang ventilasi

    Penyebab WC mampet lainnya yaitu terjadinya sumbatan pada lubang ventilasi yang terdapat di septic tank. Jika tersumbat akan berbahaya sebab lubang ventilasi tersebut berguna untuk melepaskan udara dan CH4 atau gas metana akibat proses anaerobik.

    Cara Mengatasi WC Mampet dengan Garam

    Cara mengatasi WC tersumbat dengan garam adalah tips yang mudah dan murah. Tanpa perlu memanggil jasa tukang, berikut cara mengatasi WC mampet dengan garam

    1. Siapkan alat dan bahan

    Sebenarnya, Anda hanya memerlukan dua bungkus garam kasar atau batu. Akan tetapi, agar diperoleh hasil yang maksimal, Anda bisa menambahkan sebanyak satu cangkir baking soda dan 1 liter air panas. Kemudian, siapkan juga pemompa WC berbentuk tongkat berujung mangkuk karet.

    2. Tuang garam ke lubang kloset

    Setelah menyiapkan peralatan, cara mengatasi WC mampet dengan garam berikutnya adalah menuangkannya ke dalam rongga toilet. Lalu, diamkan selama dua jam. 

    3. Siram dengan air panas 

    Setelah dua jam, siram WC dengan air panas. Anda juga bisa menambahkan secangkir baking soda ke dalamnya untuk hasil yang lebih baik. Selanjutnya, diamkan selama minimal 8 jam sampai semalaman. 

    4.  Gunakan pompa WC

    Jika toilet Anda masih tersumbat, pakailah tongkat WC yang berujung mangkuk karet untuk mendorong sumber penyumbat agar keluar. Cara mengatasi WC mampet dengan garam ini cukup mudah, Anda hanya perlu menelungkupkan mangkuk pemompa toilet ke atas bolongan WC dan memompanya berulang kali hingga aliran air lancar.

    Baca juga: 9 CARA MENGHILANGKAN KARAT PADA BESI, PRAKTIS DAN EFEKTIF!

    Cara Lain Mengatasi WC Mampet

    Tak kalah dengan cara mengatasi WC mampet dengan garam, ada beberapa trik pintar lainnya yang juga dapat Anda manfaatkan. Berikut ini adalah bahan-bahan lain yang bisa Anda gunakan.

    1. Cara mengatasi WC mampet dengan kawat

    Salah satu cara mengatasi WC jongkok yang mampet adalah menggunakan kawat atau gantungan baju. Caranya, potong dan luruskan kawat lalu bungkus ujungnya memakai kain serta rekatkan dengan selotip.

    Berikutnya, masukkan ujung kawat tersebut ke dalam lubang WC. Hal ini dimaksudkan untuk mendorong benda yang menyumbat aliran air pada septic tank. Terakhir, jangan lupa menekan tombol flush untuk memastikan toilet tidak mampet lagi.

    2. Cara mengatasi WC tersumbat dengan soda api

    Cara mengatasi WC jongkok yang mampet berikutnya yaitu menggunakan soda api. Anda bisa dengan mudah menemukannya di toko bangunan. Selain itu, harga soda api juga terjangkau. 

    Selanjutnya, Anda hanya perlu menyiapkan setengah plastik soda api yang sudah dicampur dengan air terlebih dahulu. Lalu, tuangkan campuran kedua material tersebut ke dalam lubang WC. Biarkan semalaman dan keesokan harinya segera siram dengan air bervolume tinggi.

    Akan tetapi, sebelumnya pastikan Anda memakai sarung tangan dan melakukannya dengan ekstra hati-hati. Hal ini bertujuan untuk menghindari luka bakar akibat bersentuhan langsung dengan soda api. Apabila tidak sengaja mengenai kulit, segera cuci dengan air mengalir sebanyak mungkin.

    3. Cara mengatasi WC mampet dengan plastik wrap

    Cara mengatasi WC mampet tanpa sedot lainnya adalah dengan plastik wrap. Bahan ini dapat mudah Anda temukan di supermarket. Biasanya, plastik ini digunakan untuk membungkus buah potong ataupun daging.

    Caranya, pastikan plastik wrap benar-benar menempel pada dudukan WC, lalu tekan tombol flush. Kemudian, plastik akan mengembang dan Anda perlu menekannya berulang-ulang. Hal ini dimaksudkan untuk menekan kembali udara ke dalam toilet sehingga benda yang menghalanginya akan terdorong dan membuat aliran air WC kembali lancar.

    4. Cara mengatasi WC tersumbat dengan sabun pencuci piring

    Cara mengatasi WC duduk mampet selanjutnya yaitu memakai sabun pencuci piring. Jika toilet di rumah Anda tersumbat tisu, pembalut, kertas, atau plastik, segera lakukan tips ini. Pastikan terlebih dahulu air pada WC tidak terlalu penuh atau meluber. Jangan melakukan hal apapun jika air dalam tolet masih banyak.

    Tunggu beberapa saat hingga air surut kembali. Lalu, tuangkan sabun pencuci piring cair secukupnya ke dalam WC. Selanjutnya, Anda bisa menambahkan air panas dan diamkan untuk beberapa waktu. Cara mengatasi WC jongkok yang mampet dengan sabun pencuci piring bertujuan untuk melonggarkan saluran toilet. Sehingga, berbagai benda yang menyumbat WC bisa terdorong melewati bagian pipa.

    Cara Menghindari WC Mampet

    1. Sedot septic tank secara rutin

    Cara mengatasi WC duduk mampet dengan cepat adalah memanggil jasa sedot WC. Lakukanlah cara ini karena septic tank yang penuh tidak bisa diatasi dengan bahan-bahan alami. Sehingga, Anda perlu bantuan dari ahlinya untuk menyedot tangki WC secara rutin.

    2. Hindari terjadinya sumbatan di dalam WC

    Cara mengatasi WC duduk mampet selanjutnya yaitu dengan menghindari terjadinya sumbatan pada WC. Caranya, jangan membuang sampah apapun seperti plastik bekas sabun atau shampoo, tisu toilet, kertas, atau benda lain ke dalam WC. Dengan menghindari melakukan hal tersebut, dapat dipastikan WC Anda tidak akan mampet lagi.

    Bagaimana, simpel bukan cara mengatasi WC mampet dengan garam dan bahan dapur lainnya? Meski terbilang mudah, sebaiknya hindari WC tersumbat melalui perawatan rutin secara berkala. Hasilnya, Anda pun akan menikmati aktivitas di toilet dengan nyaman setiap harinya.

    Kehidupan hunian sehari-hari memang tak terlepas dari berbagai masalah. Sebagai penghuni, Anda pun dituntut untuk bisa menghadapinya agar selalu nyaman berada di dalam rumah. Oleh karena itu, iCreate juga menyediakan banyak tips & trik pintar yang dapat Anda pelajari untuk kasus rumah tangga lainnya. Kunjungi blog iCreate dan buat tempat tinggal Anda semakin nyaman sekarang juga!

    Baca juga: 7 CARA MEMBERSIHKAN KAMAR MANDI EFEKTIF HILANGKAN KUMAN & NODA