Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Cara Menghemat Listrik

    20 Cara Menghemat Listrik di Rumah Efektif Amankan Tagihan

    Hampir seluruh kegiatan di rumah akan bergantung pada penggunaan listrik. Pemakaian listrik yang terlalu besar tentu dapat membuat tagihan bulanan Anda membengkak. Lalu apa yang harus kita lakukan untuk menghemat listrik? Dan bagaimana cara menghemat listrik yang tidak harus merepotkan? Berikut tips ampuh yang bisa Anda coba!

    20 Cara Menghemat Listrik di Rumah

    Tagihan listrik yang membengkak tentu membuat kebutuhan rumah tangga menjadi naik. Untuk itu, berikut berbagai hal sederhana yang bisa Anda coba untuk mengurangi penggunaan daya listrik. 

    1. Cabut saklar tidak digunakan

    cara menghemat listrik mencabut saklar

    Cara menghemat listrik yang paling sederhana adalah mencabut saklar yang sedang tidak digunakan. Tanpa disadari dan sering dilupakan, biasanya Anda membiarkan kabel terpasang bahkan saat tidak digunakan. Padahal, abai mencabut colokan dari beberapa alat elektronik menjadi salah satu alasan tagihan membengkak. Sebaiknya, hemat listrik dengan segera mencabut seluruh produk elektronik begitu selesai digunakan.

    Di samping meningkatkan tagihan bulanan, lupa mencabut kabel juga berbahaya, sebab dapat memicu terjadinya korsleting listrik. Mengabaikan saklar tidak terpakai juga akan menyebabkan listrik terus mengalir dan terbuang percuma. Untuk itu, coba cek saklar rumah sekarang, ada yang masih lupa dicabut?

    2. Gunakan lampu LED

    cara menghemat listrik menggunakan lampu led

    Masih menggunakan bola lampu biasa? Beralih ke penggunaan lampu LED dapat menjadi salah satu langkah dalam usaha cara menghemat listrik di rumah. Meski lebih mahal, terbukti, daya konsumsi lampu LED jauh lebih kecil dibandingkan bola lampu biasa. Sebagai perbandingan, lampu LED 3 watt ternyata setara dengan lampu pijar 40 watt.

    Selain sebagai salah satu cara menghemat listrik, lampu LED juga mempunyai penerangan maksimal yang lebih terang. Lampu LED juga dinilai mampu menghemat energi hingga 80-90% bahkan dengan kapasitas watt yang sama. Justru, jauh lebih awet dan tidak cepat rusak, lampu LED dapat bertahan hingga 20.000 jam pemakaian.

    3. Manfaatkan ventilasi udara

    cara menghemat listrik ventilasi udara

    Seringkali, kita tidak sadar saat sudah terlanjur bersantai menikmati hembusan angin segar dari AC dan kipas angin. Untuk menekan penggunaan, Anda bisa menguranginya dengan memanfaatkan ventilasi udara di rumah. Oleh karena itu, pilih atau buatlah rumah dengan penempatan ventilasi udara yang mendukung dan proporsional.

    4. Memilih perabot elektronik hemat listrik

    cara menghemat listrik perabot mesin cuci hemat listrik

    Sebenarnya, apa yang harus kita lakukan untuk menghemat listrik adalah dengan berinvestasi ke produk-produk elektronik yang ramah energi. Menggunakan perabot elektronik hemat listrik akan menekan biaya penggunaan lebih sedikit. Misalnya dengan memilih mesin cuci watt kecil dengan fitur pembersih noda yang lebih hemat listrik.

    5. Menekan penggunaan dispenser

    cara menghemat listrik menekan penggunaan dispenser otomatis

    Secara kumulatif, pengeluaran daya dispenser listrik ternyata jauh lebih besar daripada AC dan kulkas. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk lebih menggunakan dispenser manual yang hemat listrik. Opsi lain yang dapat dipilih adalah dengan mendinginkan air langsung di kulkas dan memasak air panas di kompor. Cara menghemat listrik ini juga dinilai efektif menurunkan tagihan bulanan Anda.

    6. Saat memasak nasi sebaiknya menggunakan air mendidih

    cara menghemat listrik memasak nasi dengan air mendidih

    Salah satu cara menghemat listrik yang mungkin belum banyak diketahui adalah dengan memasak nasi menggunakan air mendidih. Langkah ini dinilai efektif dan terbukti jauh lebih hemat daripada menggunakan air suhu ruang. Selain hemat listrik, dengan menerapkan cara ini, beras yang dimasak juga akan lebih cepat matang.

    7. Tidak membuka tutup kulkas terlalu sering

    cara menghemat listrik membuka pintu kulkas

    Mulai sekarang, yuk hentikan kebiasaan membuka tutup kulkas tanpa tujuan terlalu sering. Sebab, kulkas yang dibiarkan terbuka selama 30 detik akan membutuhkan waktu 30 menit lamanya untuk mengembalikan suhu seperti semula. Ini menjadi salah satu penyebab utama tingginya pemakaian daya listrik dari kulkas.

    8. Memilih laptop daripada PC

    cara menghemat listrik menggunakan laptop

    Bila tidak diharuskan menggunakan PC, sebaiknya Anda perlu beralih ke laptop secepatnya. Memilih PC mengharuskan Anda untuk selalu menggunakan CPU yang dapat menyedot listrik hingga berkali-kali lipat lebih banyak. Di waktu bersamaan, laptop hanya membutuhkan daya listrik 25 watt sedangkan PC memerlukan daya hingga 400 watt.

    9. Menghindari penggunaan microwave

    cara menghemat listrik menggunakan microwave

    Dianggap praktis dan dapat menghemat waktu memanaskan makanan,  microwave kini kian disukai banyak orang. Padahal microwave membutuhkan daya listrik 850-2000 watt untuk sekali pemakaian. 

    Bagi Anda yang berniat menggunakan microwave, bisa dipertimbangkan matang-matang. Pastikan apakah Anda siap untuk mengeluarkan biaya lebih pada tagihan listrik?

    10. Memilih TV LED dari TV tabung

    cara menghemat listrik menggunakan tv led

    Tak hanya memperoleh pengalaman menonton yang lebih menyenangkan, mengganti TV tabung ke TV LED juga menjadi salah satu cara menghemat listrik. 

    Sebagai perbandingan, daya listrik yang dibutuhkan TV LED 50% lebih kecil daripada TV tabung. Tidak perlu khawatir akan harga mahal, sekarang sudah banyak TV LED yang dijual secara terjangkau di pasaran.

    11. Sebaiknya memasang AC hemat listrik bersuhu 22-25 derajat

    cara menghemat listrik mengatur suhu ac

    Kebutuhan listrik akan semakin tinggi ketika memasang AC dengan temperatur terlalu rendah. Sebab, langkah ini akan membuat kompresor bekerja ekstra untuk mencapai suhu tersebut. 

    Sebaiknya, gunakan AC secara bijak dengan suhu dan temperatur normal, yaitu sekitar 22-25°.

    12. Tidak menggunakan pompa air otomatis

    cara menghemat listrik pompa air otomatis

    Sebagian besar orang menggunakan pompa air otomatis untuk memudahkan aktivitasnya sebab tidak perlu repot menyalakan dan mematikan listrik secara manual. Padahal, sistem otomatis pompa air akan membuat daya listrik terus mengalir, bahkan saat aliran berhenti sehingga banyak energi yang terbuang percuma.

    13. Gunakan setrika dengan pengatur panas otomatis

    cara menghemat listrik setrika suhu otomatis

    Umumnya, kegiatan menyetrika dapat berlangsung lama hingga beberapa jam. Tentunya, aktivitas melicinkan pakaian ini dapat memakan banyak daya listrik bila panas yang keluar tidak diatur. Oleh sebab itu, gunakan listrik dengan pengatur panas otomatis sehingga dapat menekan dan terhindar dari pemakaian listrik berlebih.

    14. Mengurangi pemakaian mesin pengering pakaian

    cara menghemat listrik mesin pengering

    Menjemur pakaian di bawah sinar matahari langsung dapat menjadi alternatif lain untuk mengurangi pemakaian mesin pengering pakaian. Selain itu, disarankan untuk menggunakan mesin cuci sesuai kebutuhan saja. Sebab kapasitas mesin cuci yang semakin besar akan berpengaruh pada peningkatan konsumsi listrik. Sebaiknya, cucilah pakaian kotor dalam jumlah banyak secara langsung daripada mencucinya setiap hari.

    15. Tidak mengisi daya HP sepanjang malam

    cara menghemat listrik mengecas hp

    Sering dilakukan, mengisi daya HP sepanjang malam merupakan kebiasaan buruk yang harus dihentikan. Faktanya, sebuah handphone hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam saja untuk bisa terisi penuh. 

     Apalagi, sekarang sudah banyak telepon genggam yang dibekali teknologi fast charging sehingga Anda tidak perlu waktu lama untuk mengisi dayanya sampai sepanjang malam.

    16. Mematikan beberapa alat elektronik sebelum tidur

    cara menghemat listrik mematikan lampu

    Selain tidak sehat, kebiasaan tidur dengan keadaan TV, lampu, gadget yang masih menyala tentu turut andil dalam pembekakan bulan Anda. Mulai sekarang, Anda bisa membiasakan diri mematikan alat elektronik sebelum tidur. 

    Hal ini sebagai salah satu cara menghemat listrik yang dapat menguntungkan pada kualitas tidur Anda. Dengan mencoba cara menghemat listrik dengan matikan seluruh alat elektronik yang sudah tidak digunakan sebelum tidur. Sebaiknya, padamkan juga lampu agar lebih rileks dan nyaman selama istirahat.

    17. Mengurangi penggunaan mesin pemanas air

    cara menghemat listrik mesin pemanas air water heater

    Mesin pemanas air dapat berfungsi dengan memanfaatkan daya listrik di rumah. Sehingga tanpa disadari, pemakaian mesin pemanas air turut menyumbang pengeluaran besar dalam tagihan listrik. Itulah sebabnya, bagi Anda yang ingin mandi menggunakan air hangat, usahakan merebusnya saja agar tagihan bulanan tidak membengkak.

    18. Manfaatkan tirai untuk menahan panas

    cara menghemat listrik tirai jendela menahan panas

    Selain mengoptimalkan penggunaan ventilasi, Anda juga bisa memanfaatkan tirai untuk menahan panas sehingga ruangan terasa lebih sejuk. Cara menghemat listrik satu ini dianggap dapat meminimalisir penggunaan daya AC maupun penerangan rumah Anda. Hal ini dikarenakan, dengan menggunakan tirai Anda bisa membukanya di siang hari dan membiarkan cahaya matahari masuk, dan dapat menutupnya jika tidak diinginkan.

    19. Beralih ke listrik prabayar

    cara menghemat listrik prabayar

    Cara menghemat listrik paling efektif adalah dengan beralih ke listrik prabayar. Alih-alih khawatir akan tagihan yang mungkin membengkak di akhir bulan, Anda dapat menentukan sendiri seberapa besar pemakaian listrik sesuai dengan kebutuhan. Secara tidak langsung, Anda akan dipaksa untuk lebih bijak dalam menggunakan produk elektronik agar lebih hemat.

    20. Optimalkan fungsi tanaman di sekitar rumah

    cara menghemat listrik tanaman hias indoor

    Memperbanyak tanaman di rumah juga dapat menjadi salah satu cara menghemat listrik yang patut dicoba. Hal ini dikarena, ketika pohon melakukan proses fotosintesis maka oksigen keluar dan membuat udara menjadi sejuk. Tentunya, Anda bisa menurunkan intensitas menggunakan AC sehingga tagihan listrik bisa ditekan. 

    Itulah 20 cara menghemat listrik yang dapat Anda coba di rumah. Selain menekan biaya yang dikeluarkan, usaha ini juga membantu menyelamatkan bumi dalam mengurangi ketergantungan kita akan energi. Tidak ada salahnya untuk lebih cerdas dalam memanfaatkan energi listrik di rumah, Selamat mencoba! 

    Baca juga: 20 CARA MEMBERSIHKAN RUMAH DENGAN CEPAT DAN EFEKTIF