Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Cara Menghilangkan Bau Kulkas

    14 Cara Menghilangkan Bau Kulkas secara Alami, Gampang!

    Cara menghilangkan bau kulkas dengan memanfaatkan bahan-bahan alami sangatlah gampang. Pasalnya, benda-benda tersebut mudah ditemukan di dapur atau toko dekat rumah. Selain itu, bahan-bahannya pun tergolong murah. Sehingga, masalah bau busuk pada lemari pendingin tidak akan terabaikan terlalu lama.

    Bila kulkas mengeluarkan aroma tak sedap, sebaiknya langsung ambil tindakan dan segera perbaiki permasalahannya. Hal ini penting untuk mencegah aroma busuknya semakin parah. Maka dari itu, yuk simak cara menghilangkan bau kulkas berikut ini!

    Penyebab Kulkas Bau

    Kulkas merupakan benda penting yang ada di rumah karena berfungsi untuk menyimpan dan mengawetkan makanan. Namun, seringkali kebersihannya luput dari perhatian sehingga menimbulkan bau tak sedap. Adapun penyebab aroma busuk pada kulkas adalah sebagai berikut.

    1. Adanya tumpahan makanan

    Tumpahan bekas makanan atau minuman yang menempel pada kulkas dapat menimbulkan bau tak sedap. Semakin lama Anda membiarkannya tanpa dibersihkan, maka aromanya akan semakin menyengat. Oleh karena itu, usahakan untuk segera mengelap tumpahan makanan atau minuman dalam kulkas. 

    2. Menyimpan makanan sampai busuk

    Menyimpan makanan sampai busuk merupakan kebiasaan buruk yang termasuk salah satu penyebab utama bau tak sedap pada kulkas. Sehingga, Anda harus sesering mungkin memeriksa tanggal kadaluarsa makanan dan buanglah segera jika sudah lewat.

    3. Tidak menyimpan makanan dalam wadah tertutup

    Ada beberapa jenis makanan yang akan terlalu repot jika dipindahkan ke wadah tertutup. Alhasil, mangkok, gelas, bahkan piring sering dijadikan tempat untuk menaruhnya. Padahal, setiap aroma dari masing-masing makanan tersebut dapat bercampur menyebabkan bau tak sedap pada kulkas. Oleh sebab itu, pastikan untuk menggunakan wadah tertutup jika ingin menyimpan makanan di dalam lemari pendingin.

    4. Saluran pembuangan kulkas yang kotor

    Apabila Anda sudah membersihkan kulkas tetapi masih mencium bau tak sedap, penyebabnya mungkin terdapat pada saluran pembuangan di lemari es. Bagian ini terdapat di dasar lemari pendingin yang bisa diakses dari depan maupun belakang, tergantung pada modelnya. Anda dapat mencabutnya, lalu mencucinya dengan air hangat dan sabun. 

    Cara Menghilangkan Bau Kulkas

    Bau tak sedap pada lemari pendingin memang sangat mengganggu. Pasalnya, hal ini dapat membuat semua makanan yang ada di dalamnya juga ikut tercemar oleh aroma busuknya. Namun jangan khawatir, Anda dapat memanfaatkan bahan-bahan alami di bawah ini untuk mengatasi bau tak sedap pada kulkas. 

    Cara menghilangkan bau kulkas dengan bubuk kopi

    cara menghilangkan bau kulkas dengan bubuk kopi

    Sumber: pexels.com

    Cara menghilangkan bau kulkas dengan bubuk kopi adalah menempatkannya pada wadah kecil lalu meletakkannya ke dalam kulkas, cukup selama 24 jam saja agar aromanya tidak terlalu menyengat. Lalu, jangan lupa untuk rutin menggantinya setelah beberapa hari. Aroma kopi tersebut akan menyerap bau-bau tak sedap pada lemari pendingin

    Cara menghilangkan bau kulkas dengan kopi

    cara menghilangkan bau kulkas dengan kopi

    Sumber: majalah.ottencoffee.co.id

    Cara menghilangkan bau kulkas dengan kopi juga bisa dilakukan lewat pemanfaatan ampasnya.  Cukup taruh beberapa biji kopi ke mangkuk dan masukkan ke dalam lemari es. Biarkan selama satu malam hingga aromanya mampu menetralkan bau busuk dalam kulkas.

    Cara menghilangkan bau kulkas dengan teh

    cara menghilangkan bau kulkas dengan teh

    Sumber: pixabay.com

    Cara menghilangkan bau kulkas dengan teh cukup mudah. Masukkan kantong teh celup ke mangkuk kecil dan diamkan selama beberapa waktu. Hasilnya, bau tak sedap seperti amis akan hilang karena terserap ke dalamnya.

    Cara menghilangkan bau kulkas dengan koran

    cara menghilangkan bau kulkas dengan koran

    Sumber: pexels.com

    Cara menghilangkan bau kulkas dengan koran sangatlah gampang. Cukup letakkan beberapa lembar ke setiap rak di dalamnya dan biarkan selama semalaman. Koran tersebut akan menyerap aroma tak sedap sehingga lemari pendingin akan segar kembali keesokan harinya. Agar bau busuk tak kembali, Anda bisa menyimpan satu atau dua bola-bola kertas tersebut dan jangan lupa untuk rutin menggantinya.

    Cara menghilangkan bau kulkas dengan kentang

    cara menghilangkan bau kulkas dengan kentang

    Sumber: pexels.com

    Cara menghilangkan bau kulkas dengan kentang adalah mengupas serta memotongnya menjadi beberapa irisan. Kemudian, letakkan di tempat-tempat yang memiliki aroma menyengat atau ke sumber baunya. Lakukan hal tersebut secara rutin selama 2-3 hari dan jangan lupa untuk menggantinya jika sudah mengering.

    Baca juga: JANGAN SALAH! 10 PENYEBAB KULKAS TIDAK DINGIN & CARA MENGATASINYA

    Cara menghilangkan bau kulkas dengan jus tomat tanpa gula

    cara menghilangkan bau kulkas dengan jus tomat tanpa gula

    Sumber: pixabay.com

    Selain bisa dinikmati menjadi minuman, jus tomat juga dapat menghilangkan bau tak sedap pada lemari es. Caranya yaitu dengan menggunakan spons yang telah direndam ke dalam jus tomat segar tanpa gula untuk mengelap bagian dalam kulkas. Kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan.

    Cara menghilangkan bau kulkas dengan tisu gulung

    cara menghilangkan bau kulkas dengan tisu gulung

    Sumber: pixabay.com

    Tisu gulung dapat dipakai untuk menghilangkan bau busuk pada kulkas. Caranya adalah dengan meletakkannya ke sudut lemari es dan jangan lupa untuk menggantinya setiap bulan. Aroma tak sedap pada kulkas akan terserap ke dalam tisu tersebut.

    Cara menghilangkan bau kulkas dengan garam

    cara menghilangkan bau kulkas dengan garam

    Sumber: freepik.com

    Garam tak hanya berfungsi sebagai bumbu dapur saja, namun Anda juga bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan aroma tak sedap pada lemari pendingin. Caranya bukan didiamkan atau disebar, melainkan melarutkan garam dengan air hangat. Kemudian, tempatkan ke dalam wadah dan menyemprotkannya ke bagian dalam kulkas. Gosok dengan lembut menggunakan lap basah ke setiap sisinya agar bau tak sedap hilang.

    Cara menghilangkan bau kulkas dengan lemon

    cara menghilangkan bau kulkas dengan lemon

    Sumber: pixabay.com

    Lemon merupakan bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau tak sedap pada kulkas. Potonglah menjadi beberapa irisan dan masukkan ke dalam lemari es. Diamkan selama beberapa hari sampai aroma busuk pada kulkas hilang. Anda juga bisa memeras lemon dan menempatkan airnya ke dalam wadah. Lalu, masukkan ke dalam lemari es dan biarkan aroma segarnya menyebar.

    Cara menghilangkan bau kulkas dengan arang

    cara menghilangkan bau kulkas dengan arang

    Sumber: pixabay.com

    Tak banyak yang tahu bahwa arang dapat digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap pada kulkas. Caranya simpel, cukup tempatkan sepotong arang ke mangkuk lalu masukkan ke dalam lemari pendingin. Aturlah temperatur kulkas ke suhu rendah dan diamkan selama tiga hari sampai aroma tak sedap pada kulkas lenyap.

    Cara menghilangkan bau kulkas dengan oatmeal

    cara menghilangkan bau kulkas dengan oatmeal

    Sumber: pexels.com

    Selain bisa dikonsumsi dan dijadikan masker wajah, oatmeal juga bisa dipakai untuk menghilangkan bau tak sedap pada lemari pendingin. Tuangkan ke mangkuk aluminium secukupnya lalu masukkan dalam kulkas. Kemudian, diamkan selama beberapa jam sampai oatmeal menyerap bau tak sedap pada lemari es Anda.

    Cara menghilangkan bau kulkas dengan baking soda

    cara menghilangkan bau kulkas dengan baking soda

    Sumber: freepik.com

    Baking soda dinilai mampu menyerap bau kulkas yang tidak sedap. Caranya yaitu dengan menempatkannya pada wadah terbuka ke dalam lemari pendingin. Kemudian, diamkan selama 24 jam dan Anda dapat membuangnya setelah aroma kulkas menjadi segar kembali.

    Cara menghilangkan bau kulkas dengan ekstrak vanila

    cara menghilangkan bau kulkas dengan ekstrak vanila

    Sumber: whisksandwhimsy.com

    Ekstrak vanili mempunyai aroma wangi yang manis sehingga dipercaya dapat menghilangkan bau tak sedap pada kulkas. Cara menggunakannya adalah dengan merendam beberapa bola kapas dalam perasa vanila. Lalu, pindahkan ke wadah kecil dan masukkan ke dalam lemari es. Biarkan selama beberapa jam hingga aroma vanilinya menyebar. 

    Cara menghilangkan bau kulkas dengan cuka

    cara menghilangkan bau kulkas dengan cuka

    Sumber: tasteofhome.com

    Cuka juga merupakan bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan sekaligus menetralkan bau tak sedap pada lemari es. Caranya sangat sederhana, cukup tuangkan cuka ke mangkuk kecil dan simpan di dalam kulkas. Diamkan selama beberapa saat lalu keluarkan jika bau tak sedap pada kulkas telah mereda.

    Nah, itulah penjelasan mengenai cara menghilangkan bau kulkas dengan bahan-bahan alami. Semoga tips di atas dapat membantu Anda mengatasi aroma busuknya dengan cepat. Namun jangan lupa juga untuk tetap menjaga kebersihan kulkas di rumah agar permasalahan tersebut tidak terulang kembali.

    Setelah bau tak sedap pada kulkas teratasi, kini Anda bisa menyelesaikan masalah rumah tangga lainnya dengan membaca artikel yang menarik dan inspiratif dari iCreate. Disamping itu, iCreate juga menyediakan berbagai macam tips and trick serta inspirasi desain rumahan yang dapat dijadikan referensi. Penasaran? Buktikan sendiri dengan mengunjungi blog iCreate sekarang juga!

    Baca juga: 11 CARA MEMBERSIHKAN KULKAS YANG BENAR, MUDAH, DAN CEPAT