Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Cara Menghilangkan Karat Pada Besi

    9 Cara Menghilangkan Karat pada Besi, Ampuh dan Mudah!

    Bagaimana cara menghilangkan karat pada besi? Jangan cemas, sebenarnya sangat mudah menghapus bagian yang berkarat pada besi. Alat dan bahannya pun tak sulit ditemukan. Mari simak informasi mengenai cara menghilangkan karat pada besi selengkapnya berikut ini!

    Faktor Penyebab Besi Berkarat

    Bagian besi yang mengalami korosi disebut dengan karat. Saat banyak bagian besi berkarat, kemungkinan benda tersebut akan rusak dalam waktu dekat. Sebenarnya, karat pada besi dapat ditangani dengan mudah. 

    Namun, apa itu karat? Karat dengan nama ilmiah oksida besi (Fe2O3) adalah senyawa yang sangat umum. Karat terbentuk saat besi dan oksigen bereaksi dengan uap air di udara. Proses terjadinya karat merupakan reaksi pembakaran. Tidak seperti api, reaksi ini terjadi dengan sangat lambat.

    Tahukah Anda bahwa karat tidak selalu berwarna coklat kemerahan? Saat besi bereaksi dengan klorida di lingkungan bawah air, akan muncul karat yang berwarna hijau. Biasanya, fenomena ini terjadi pada pilar baja di bawah air. Berdasarkan penjelasan di atas, berikut merupakan faktor penyebab karat.

    Kelembaban udara dan air

    Jika melihat reaksi yang terjadi pada proses korosi, air adalah faktor penting yang menyebabkan berlangsungnya korosi. Air yang banyak terkandung di udara lembab akan mempercepat proses korosi.

    Sebagai informasi, korosi adalah reaksi kimia yang menyebabkan bahan rekayasa hancur bersama reaksi dengan lingkungannya. Sementara karat adalah korosi yang terjadi pada besi dan campurannya.

    Permukaan besi yang tidak rata

    Adanya permukaan tidak rata pada besi memudahkan terjadinya kutub-kutub muatan yang akan berperan sebagai anode dan katode. Maka, usahakan untuk membuat permukaan besi menjadi licin dan bersih karena akan menyebabkan karat sulit terbentuk.

    Elektrolit

    Elektrolit, baik asam atau garam, adalah media yang mendukung terjadinya transfer muatan.. Air laut banyak mengandung garam, sementara air hujan mengandung asam. Inilah alasan mengapa besi yang terkena air laut dan hujan mudah berkarat.

    Cara Menghilangkan Karat pada Besi

    Ada banyak cara menghilangkan karat pada besi. Beberapa cara menghilangkan karat pada besi biasanya memanfaatkan cuka, air lemon, baking soda, serta bahan rumah tangga lain yang mudah ditemukan. Simak daftar di bawah ini untuk informasi mengenai cara menghilangkan karat pada besi.

    1. Baking soda

    cara menghilangkan karat pada besi dengan baking soda

    Sumber: nykaa.com

    Cara menghilangkan karat pada besi yang pertama adalah menggunakan baking soda. Taburkan baking soda ke bagian besi yang berkarat. Baking soda juga dapat dioleskan dalam bentuk pasta dengan menambahkan air atau cuka. 

    Selanjutnya, pastikan untuk menutupi semua area yang berkarat. Diamkan setidaknya selama satu jam lalu bersihkan dengan sikat. Kemudian, bilas dan keringkan dengan handuk.

    Cara menghilangkan karat pada besi dengan baking soda paling baik digunakan untuk kasus yang tidak terlalu parah. Metode ini sangat umum digunakan karena bahannya yang mudah ditemukan. Kunci untuk menghilangkan karat adalah dengan menggunakan sabut baja atau sabut gosok.

    2. Cuka putih

    Cara menghilangkan karat pada besi dapat dilakukan dengan memanfaatkan cuka putih. Jika bagian yang berkarat cukup luas, siram dengan cuka putih. Namun, jika bagian besi yang berkarat hanya sedikit, basahi lap kering dengan cairan cuka putih, lalu gosokkan pada bagian yang berkarat. Ulangi proses penggosokan agar hasilnya memuaskan.

    3. Cuka biasa

    cara menghilangkan karat pada besi dengan cuka

    Sumber: chemicals.co.uk

    Bagaimana cara menghilangkan karat pada besi jika tidak ada cuka putih di rumah? Tenang, Anda bisa menggunakan cuka biasa yang sering Anda gunakan.untuk bumbu dapur.

    Meskipun tetap efektif, cuka biasa membutuhkan proses setidaknya 24 jam untuk menghilangkan karat. Gunakan spons berbahan dasar aluminium foil untuk menggosok permukaan yang berkarat.

    4. Perpaduan sabun cuci piring dan kentang

    Terdengar aneh, bukan? Kombinasi ini terbukti cukup efektif dalam menghilangkan karat pada besi. Lantas, bagaimana cara menghilangkan karat pada besi dengan sabun cuci piring dan kentang?

    Langkah pertama adalah memotong kentang menjadi beberapa bagian kecil, lalu tumbuk sampai halus. Selanjutnya, campurkan kentang dengan sabun pencuci piring, kemudian oles pada besi yang berkarat. 

    Metode ini paling baik digunakan pada noda karat kecil yang tidak terlalu membandel. Selain itu, cara tersebut bekerja dengan baik pada peralatan dapur. Namun, Anda harus memastikan bekerja di tempat luas karena proses ini cukup berantakan.

    5. Asam sitrat

    Asam sitrat dapat ditemukan di toko bahan makanan. Cara menghilangkan karat pada besi dengan asam sitrat dapat dilakukan sebagai berikut. Tuang 2 hingga 3 sendok makan asam sitrat ke dalam mangkuk.

    Selanjutnya, tambahkan air panas secukupnya. Rendam besi yang berkarat selama satu malam. Kemudian gosok noda karat yang tertinggal dengan sikat, lalu bilas, dan keringkan.

    Meski tidak mudah menemukan asam sitrat di dapur, bahan ini cukup efektif menghilangkan karat membandel. Namun, Anda  harus berhati-hati karena cat yang melapisi benda juga akan ikut hilang.

    Baca juga: 6 CARA MEMASANG WALLPAPER DINDING MUDAH, RAPI DAN CEPAT

    6. Lemon dan garam

    cara menghilangkan karat pada besi dengan lemon dan garam

    Sumber: mccourier.com

    Cara menghilangkan karat pada besi dengan bahan alami dapat memanfaatkan lemon dan garam. Taburi permukaan yang berkarat dengan garam, lalu beri perasan lemon. Diamkan selama beberapa saat. Anda bisa menggunakan kulit lemon untuk menggosok permukaan yang berkarat. Jika karat masih belum hilang, ulangi langkah tersebut dan biarkan selama 1-2 jam.

    Campuran lemon dan garam sangat baik digunakan untuk menghilangkan karat pada pisau dapur. Pastikan Anda menggunakan sarung tangan pelindung dan bekerja di permukaan datar untuk meminimalkan risiko cedera.

    7. Minuman bersoda

    cara menghilangkan karat pada besi dengan minuman bersoda

    Sumber: junsungki.com

    Cara menghilangkan karat pada besi dengan coca cola atau minuman bersoda dapat dilakukan sebagai berikut. Rendam besi yang berkarat ke dalam wadah berisi minuman bersoda.

    Diamkan sampai bagian yang berkarat menjadi bersih. Jangan lupa untuk membilas dengan kain basah agar tidak lengket dan lap dengan handuk kering.

    8. Bahan bakar solar

    Penggunaan bahan bakar solar sebagai cara menghilangkan karat pada besi cukup mudah. Rendam besi berkarat ke dalam solar, setidaknya selama semalam. Gunakan sikat kawat atau lap kering untuk menggosok. Bilas dengan air dan keringkan.

    9. Gosok dengan ampelas

    Selain digunakan untuk meratakan permukaan benda, ampelas bisa digunakan untuk menghilangkan karat. Pada bagian benda yang berkarat, gosokkan ampelas dengan memberi sedikit tekanan. Lakukan secara berulang hingga seluruh karat hilang. 

    Merawat Besi Agar Tak Mudah Berkarat

    Untuk melindungi besi dari agar tidak mudah berkarat, jauhkan permukaannya dari udara dan air. Langkah ini dilakukan dengan melapisi permukaan besi. Anda bisa melakukan pengecatan, memberi oli atau minyak, melapisi permukaan besi dengan plastik, galvanisasi, serta elektroplating.

    Itulah berbagai informasi seputar bagaimana cara menghilangkan karat pada besi. Di akhir proses, jangan lupa untuk membilas besi dengan air. Kemudian, segera lap dengan handuk atau kain kering karena permukaan lembab akan menyebabkan karat. Kunjungi iCreate untuk menemukan informasi menarik lainnya.

    Baca juga: 17 CARA MENGURANGI SAMPAH PLASTIK, MUDAH DAN ASIK!