Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Cara Mengurangi Sampah Plastik

    17 Cara Mengurangi Sampah Plastik, Mudah dan Asik!

    Ada banyak cara mengurangi sampah plastik. Mengingat hanya jenis tertentu yang bisa didaur ulang, kini upaya untuk mencari pengganti plastik lebih direkomendasikan. Sebagai contoh, beberapa waktu lalu sejumlah kota di Indonesia melarang penggunaan plastik di tempat perbelanjaan, sehingga kini banyak orang beralih ke tas kain maupun paper bag. 

    Selain contoh tersebut, sebenarnya banyak cara mengurangi sampah plastik, seperti menghindari penggunaan sedotan sekali pakai. Mari intip cara-cara mengurangi sampah plastik di artikel berikut!

    Fakta tentang Sampah Plastik

    Dewasa ini, semakin banyak peraturan yang dibuat pemerintah untuk mengurangi sampah plastik. Sebagai contoh, Eropa melarang pemakaian plastik sekali pakai seperti sedotan, alat makan, dan cotton buds. Ini menunjukkan bahwa masalah lingkungan akibat polusi plastik kian mengkhawatirkan.

    Ratusan Miliar Botol Plastik dari Seluruh Dunia

    Tahukah Anda? Setiap tahun, ada 500 miliar botol plastik yang diproduksi di seluruh dunia. Selain itu, terdapat 500 juta ton plastik pada 2020. Angka ini menunjukkan peningkatan hingga 900% dibanding tahun 1980.

    Laut Mengandung Lebih Banyak Sampah Plastik daripada Ikan

    Lautan mengandung lebih dari 150 juta ton sampah plastik. Diprediksi, pada 2050 mendatang, lautan akan berisi lebih banyak sampah plastik daripada ikan. Hal ini merupakan akumulasi dari 8 juta ton sampah plastik yang dibuang manusia ke laut setiap tahun.

    17 Cara Mengurangi Sampah Plastik

    Small steps lead to big changes. Semuanya mungkin jika Anda berusaha. Pun, bukan hal yang sulit untuk ikut andil merawat lingkungan. Jadi, bagaimana cara mengurangi sampah plastik? Simak tips berikut!

    Berhenti Memakai Alat Makan Sekali Pakai

    Alat makan dan minum sekali pakai seperti sedotan plastik cukup berkontribusi pada kerusakan lingkungan. Faktanya, dalam sehari, sebanyak 93 juta batang sedotan plastik digunakan di seluruh Indonesia. 

    Di masa pandemi ini, Anda bisa membawa sedotan stainless steel dari rumah untuk menghindari tertular Covid-19. Upaya ini juga merupakan cara mengurangi sampah plastik di sekolah.

    Bergaya dengan Tas Belanja Pribadi

    Cara mengurangi sampah plastik yang kerap dilakukan adalah membawa tas belanja sendiri. Umumnya, tas jaring cocok untuk membawa sayuran, buah, dan daging. Jika Anda berbelanja banyak barang, gunakan tas dengan bahan lebih kuat. Anda juga bisa membawa tote bag yang fashionable saat barang bawaan tidak terlalu berat.

    Stop Membeli Air Minum Kemasan

    Air minum dengan kemasan plastik berdampak besar pada kerusakan lingkungan. Sebagai bukti, sampah plastik di Sangihe, Sulawesi Utara, didominasi oleh botol dan gelas air mineral. Cara mengurangi sampah plastik yang bisa Anda lakukan adalah membawa air minum sendiri dari rumah. Selain ramah lingkungan, cara ini juga lebih ekonomis.

    Berbelanja untuk Jumlah Besar

    Dibandingkan membeli dua minyak goreng 1 liter, jauh lebih baik untuk berbelanja satu kemasan dengan volume 2 liter, bukan? Selain menghasilkan sampah plastik sedikit, biasanya total harga yang dikeluarkan juga lebih murah. Kebiasaan berbelanja dalam jumlah besar juga merupakan cara mengurangi sampah plastik.

    Bawa Box Pribadi Saat Membeli Daging

    Pada umumnya, pedagang daging di pasar akan membungkus pesanan dengan plastik. Setelah digunakan, tas plastik tersebut pasti akan terbuang. Sebagai cara mengurangi sampah plastik, Anda dapat membawa box daging sendiri dari rumah.

    Mengurangi Penggunaan Pembalut Sekali Pakai

    Selain mencemari lingkungan, dalam jangka panjang, sampah pembalut sekali pakai akan mengeluarkan gas metana yang berdampak pada pemanasan global. Sebagai gantinya, produk seperti menstrual cup dan menstrual pad dapat Anda gunakan. Selain lebih ekonomis, ini juga merupakan cara mengurangi sampah plastik.

    Sumber : pexels.com/@shvetsa

    Pilih Roti yang Dibungkus dengan Paper Bag

    Banyak bread shop yang menggunakan paper bag untuk membungkus roti dan kue. Tak hanya ramah lingkungan, paper bag tampak lebih modis dan estetik daripada bungkus plastik. Makanan juga aman dan terhindar dari kandungan kandungan berbahaya yang ada di wadah plastik.

    Bawa Kotak Bekal Pribadi untuk Makanan Take Away

    Pada umumnya, restoran menggunakan styrofoam untuk makanan yang dibawa pulang. Minta kepada pelayan untuk membungkus makanan di kotak bekal pribadi yang Anda bawa. Terdengar merepotkan, tapi kelak Anda akan menginspirasi orang lain untuk melakukan hal serupa.

    Bawa Tumbler Saat ke Kafe

    Sama seperti poin sebelumnya, ajukan request kepada pelayan untuk menggunakan tumbler Anda sebagai wadah minuman yang dipesan. Ini merupakan cara mengurangi sampah plastik mengingat banyaknya limbah kemasan minum dari kios kopi.

    Kreatif dengan Memasak Sendiri di Rumah

    Selain sebagai salah satu cara mengurangi sampah plastik, kegiatan memasak di rumah mampu memangkas kebiasaan konsumtif serta meningkatkan kedekatan antar anggota keluarga. Para ibu pun dapat lebih kreatif dengan berganti resep masakan setiap hari.

    Beralih ke Sabun Batang

    Dilihat dari kemasan refill yang dibeli saat barang habis, sabun cair menimbulkan lebih banyak sampah plastik dibanding tipe batang. Namun, jangan lupa untuk memilih sabun batang yang dikemas dengan kertas, bukan plastik. Cara mengurangi sampah plastik dapat dimulai dari hal sederhana, bukan?

    Pilih Es Krim Berbentuk Cone

    Memilih es krim cone juga merupakan salah satu cara mengurangi sampah plastik. Sadarkah Anda bahwa es krim cup memiliki elemen plastik yang lebih banyak daripada jenis cone? Tak hanya wadahnya, es krim cup juga disertai sendok yang terbuat dari plastik. Kelebihan lain es krim kerucut adalah cone dari adonan waffle yang bisa ikut dimakan. 

    Sumber : pexels.com/@mayday

    Mengurangi Pembelian CD dan DVD baru

    CD dan DVD terbuat dari plastik polikarbonat murni. Jenis plastik ini cukup berbahaya karena dapat menghasilkan racun Bisphenol-A (BPA). Racun tersebut membuat kerusakan pada beberapa organ serta mengganggu hormon tubuh. Sebagai cara mengurangi sampah plastik, hindari pembelian CD maupun DVD.

    Hindari Plastik sebagai Pembungkus Paket

    Saat Anda berbelanja secara daring, minta secara khusus kepada penjual agar tidak menggunakan terlalu banyak plastik di bungkus paket. Bayangkan, berapa banyak sampah plastik yang dihasilkan online shop di era modern seperti ini. Terdengar sederhana, namun bisa jadi ini merupakan cara mengurangi sampah plastik yang cukup berpengaruh.

    Memanfaatkan botol plastik bekas untuk pot gantung

    Untuk membuatnya, Anda hanya memerlukan tali, gunting, cutter, pensil gambar, dan cat akrilik. Tak lupa, tentukan tanaman apa yang akan Anda gunakan. Biasanya, tumbuhan yang dipakai adalah fuschia, lili paris, dan begonia.

    Kreasi Terrarium dari Botol Plastik 

    Salah satu cara mengurangi sampah plastik adalah memanfaatkan botol bekas untuk terrarium. Terrarium adalah taman mini dalam wadah yang dapat berbahan kaca atau plastik. Pada wadah tersebut, Anda dapat menambahkan tanaman, seperti kaktus, sukulen, lidah mertua, pakis, hingga cryptanthus.  

    Menyimpan Beras dan Kacang-kacangan di Botol Plastik Besar

    Punya botol plastik bekas berukuran besar? Anda bisa memanfaatkannya sebagai wadah untuk menyimpan beras serta kacang-kacangan. Pastikan botol telah dicuci dengan bersih dan dikeringkan terlebih dahulu.

    Merubah kebiasaan untuk mengurangi pemakaian plastik memang tidak mudah. Namun, penerapan cara-cara mengurangi sampah plastik di atas dapat Anda lakukan dimulai dari diri sendiri. Seiring waktu, kebiasaan baru Anda akan menginspirasi orang lain untuk ikut menghindari penggunaan plastik. Mari berubah demi bumi yang lebih bersih!

    Baca juga: 9 CARA MENGHILANGKAN KARAT PADA BESI, PRAKTIS DAN EFEKTIF!