Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Cara Mengusir Semut

    12 Cara Mengusir Semut di Rumah dengan Bahan Alami, Mudah!

    Semut termasuk serangga yang paling banyak dijumpai, baik di dapur, ruang tamu, tempat tidur, sampai kamar mandi. Meski berukuran kecil, semut biasanya hadir berkoloni sehingga tampak menyebalkan karena langsung menyerang serbuannya secara tiba-tiba Asalnya yang sulit dideteksi juga kerap membuat berbagai cara mengusir semut jadi terasa sia-sia.

    Biasanya, obat nyamuk berbahan pestisida banyak dimanfaatkan untuk membasmi semut-semut di rumah. Padahal, masih ada cara mengusir semut dengan bahan-bahan alami yang jauh lebih aman. Penasaran? Berikut ulasan selengkapnya.

    Cara Mengusir Semut Merah

    Gigitannya yang menyakitkan seringkali membuat orang-orang bertanya bagaimana sebenarnya cara mengusir semut merah? Mudah, manfaatkan beberapa bahan berikut sebagai cara mengusir semut merah yang wajib Anda coba!

    1. Lemon

    Sumber: luxnomade.com

    Sudah sejak lama, lemon memang dikenal memiliki banyak manfaat, salah satunya yaitu cara mengusir semut merah di rumah. Hal ini disebabkan aroma khas lemon yang ternyata tidak disukai oleh semut. Praktis dan mudah, Anda hanya perlu membuat lemon menjadi ekstrak lalu sebarkan di beberapa tempat yang sering dikerubungi semut. Untuk lebih mudahnya, Anda pun bisa langsung memotong lemon dan menaruhnya di dekat sarang semut.

    2. Garam

    Sumber: ccclife.org

    Garam merupakan bahan dapur yang paling umum dijumpai di setiap rumah. Oleh karenanya, cara mengusir semut merah menggunakan garam termasuk yang paling mudah dilakukan. Triknya, taburkan garam secukupnya di area sekitar semut berada seperti kusen pintu dan ujung jendela. Bahkan bila Anda memahami jalur favorit semut di rumah, sebarkan juga taburan garam disana untuk menghalangi mereka melintas.

    3. Bubuk kayu manis

    Sumber: as01.epimg.net

    Kayu manis tak hanya dikenal sebagai bumbu pelezat makanan, namun juga aroma kuatnya yang cukup khas. Siapa sangka hal tersebut ternyata malah membuatnya bisa dijadikan sebagai salah satu cara mengusir semut merah di rumah. Jika Anda punya bubuk kayu manis, cukup taburkan di dekat sarang semut. Namun bila tidak ada, Anda pun bisa langsung meletakkan beberapa potong batang kayu manis di beberapa sudut rumah.

    4. Cengkeh

    Sumber: ohmedia.my

    Mirip seperti kayu manis, cengkeh juga dapat dimanfaatkan untuk cara mengusir semut merah berkat wangi khas yang dihasilkannya. Cukup letakkan beberapa cengkeh dan tunggu beberapa saat. Hasilnya, ruangan pun jadi aman tanpa serangan semut-semut merah yang menyebalkan. Mudah sekali bukan cara mengusir semut merah menggunakan cengkeh?

    Cara Mengusir Semut di Rumah

    Koloni semut di rumah memang terkadang sangat mengganggu kenyamanan para penghuni di dalamnya. Selain kotor dan mengganggu pemandangan, keberadaan semut juga akan berpotensi untuk menghancurkan makanan di dalam rumah. Untuk itu, basmi semut di rumah dengan beberapa cara simpel berikut ini.

    1. Minyak peppermint

    Sumber: my-best.id

    Khasiat daun peppermint yang luar biasa, membuatnya terus dimanfaatkan sebagai alternatif pengusir serangga pengganggu di rumah, termasuk untuk cara mengusir semut di rumah. Agar lebih mudah, Anda bisa menggunakan daun peppermint yang telah diekstrak menjadi minyak lalu menyemprotkannya di area-area favorit semut. Tinggalkan olesan minyak peppermint sampai mengering dan biarkan semut di rumah pergi dengan sendirinya.

    2. Cuka

    Sumber: mejorconsalud.as.com

    Jika malas meramu suatu bahan tertentu, coba manfaatkan cuka yang ada di dapur Anda. saat melihat koloni semut sedang berkumpul, semprotkan langsung ke arah mereka untuk membuatnya pergi. Bahkan setelah kering pun, semut masih enggan mendekati area tersebut karena bau khas yang ditinggalkan cuka. Anda bisa menggunakan cuka murni ataupun dengan campuran air untuk kepekatan yang lebih rendah.

    Baca juga: 17 CARA MENGURANGI SAMPAH PLASTIK, MUDAH DAN ASIK!

    3. Merica

    Sumber: reviewbox.com.mx

    Kuatnya aroma lada bukan hanya membuat manusia batuk bila menghirupnya, namun juga ampuh untuk membuat semut pergi. Taburan bubuk lada ataupun dengan tambahan sedikit air sudah cukup untuk membasmi semut-semut di rumah. Perhatikan jalur lintasan ataupun lokasi sarang, dan aplikasikan cara mengusir semut ini secara rutin untuk membuatnya benar-benar hilang.

    4. Cairan pembersih

    Sumber: marca.com

    Aneka cairan pembersih seperti pencuci piring, pemutih, deterjen, pewangi pakaian, hingga pelicin lantai dan kaca ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk cara mengusir semut yang mudah sekaligus ampuh. Pilih salah satu cairan pembersih dan campurkan dengan air secukupnya lalu masukkan dalam botol spray kecil. Bila melihat sekumpulan semut, semprotkan langsung sampai mereka benar-benar pergi.

    Cara Mengusir Semut pada Tanaman

    Berbeda dengan sebelumnya, cara mengusir semut kali ini tentu juga harus memperhatikan tumbuh kembang tanaman. Jangan sampai, zat yang Anda gunakan malah membahayakan keberlangsungan hidup tanaman nantinya. Berikut beberapa cara mengusir semut pada tanaman dengan menggunakan bahan-bahan alami.

    1. Kulit jeruk

    Sumber: gaekon.com

    Meski buahnya manis dan begitu disukai, nyatanya semut sangat membenci aroma kulit jeruk. Itulah sebabnya, cara mengusir semut juga bisa dengan menggunakan sisa-sisa kulit jeruk yang belum Anda buang. Sisihkan beberapa kulit jeruk kemudian haluskan dan campur dengan sedikit air lalu semprotkan ke pusat sarang semut yang ada di rumah.

    2. Bawang putih

    Sumber: jozzyfarm.com

    Selain membuat hidangan semakin sedap, bawang putih juga bisa membasmi semut-semut pada tanaman di rumah dengan cukup ampuh dan mudah. Kupas dan iris bawang putih kemudian letakkan di area sekitar semut berada. Dijamin, semut-semut pasti akan langsung pergi karena tak tahan akan aroma bawang putih yang begitu khas.

    3. Ampas kopi

    Sumber: pekarstvi-hirsch.com

    Ampas kopi yang mungkin sudah Anda anggap tak berguna, nyatanya ampun untuk cara mengusir semut pada tanaman. Aromanya yang sangat menyengat cukup untuk membuat semut pergi dan enggan kembali lagi ke tempat tersebut. Cukup taburkan bubuk kopi di sekitar sarang dan ulangi sampai beberapa kali secara rutin.

    4. Tepung maizena

    Sumber: cocinavital.mx

    Meski terdengar konyol, tepung maizena dianggap mampu untuk membuat semut kapok mendekati tanaman-tanaman Anda. Caranya, taburkan segenggam tepung maizena di sekeliling tanaman. Saat melihatnya nanti, semut akan langsung pergi mundur dan berangsur menjauhi tanaman kesayangan Anda di rumah.

    Itulah 12 cara mengusir semut membandel di rumah dengan bahan alami yang mudah ditemukan sehari-hari. Pastikan juga untuk selalu menjaga kebersihan agar tidak mengundang kedatangan semut ke dalam rumah. Simpan makanan secara rapi lalu cegah kotoran menumpuk dan nikmati kenyamanan hunian bersama keluarga dengan tenang tanpa khawatir akan serangan semut.

    Selanjutnya coba lengkapi aspek kenyaman hunian Anda dan keluarga dengan pilihan perabot yang tepat sesuai kebutuhan. Ada banyak jenis furniture dan aksesoris berkualitas yang bisa Anda temukan di iCreate. Untuk itu, segera kunjungi laman resmi iCreate dan dapatkan aneka kemudahan berbelanja furniture secara online sekarang juga!

    Baca juga: 10 CARA MENGUSIR TIKUS DI RUMAH DENGAN BAHAN ALAMI, AMPUH!