Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Cara Mengusir Tikus

    10 Cara Mengusir Tikus Membandel di Rumah dengan Bahan Alami

    Keberadaan tikus di dalam rumah memang seringkali dianggap sebagai pengganggu. Selain karena gemar menggigit benda, tikus juga berpotensi membawa penyakit masuk ke dalam rumah. Eits, mengusir hewan ini tidak boleh sembarangan! Jika cara mengusir tikus yang Anda lakukan salah, justru akan meninggalkan bau tidak sedap di lingkungan rumah.  

    Ingin tahu bagaimana cara mengusir tikus yang membandel di rumah? Yuk simak beberapa tips berikut. Jangan khawatir, bahan yang digunakan untuk mengusir tikus berikut menggunakan bahan alami dan mudah ditemukan di rumah. 

    10 Cara Mengusir Tikus Membandel di Rumah

    Ada banyak trik pintar untuk membasmi tikus tanpa harus membunuhnya secara langsung. Hanya dengan bahan-bahan alami, berikut 10 cara mengusir tikus yang membandel di rumah paling ampuh dan wajib Anda coba!

    1. Daun mint

    cara mengusir tikus daun mint

    Sumber: honestdocs.id

    Segarnya aroma daun mint nyatanya sangat tidak disukai oleh tikus. Sebab bagi tikus, daun mint merupakan musuh karena mengeluarkan aroma tajam yang akan membuatnya langsung lemas seketika. Cara mengusir tikus di rumah dengan daun mint bisa Anda lakukan dengan mengambil ekstraknya. Kemudian semprotkan ekstrak daun mint di area sekitar sarang tikus di rumah.

    2. Baking soda

    cara mengusir tikus baking soda

    Sumber: d14peyhpiu05bf.cloudfront.net

    Tak hanya dimanfaatkan sebagai pengembang kue dan makanan tertentu, baking soda ternyata juga dapat digunakan untuk membasmi tikus membandel. Cara mengusir tikus di rumah dengan baking soda pun cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan makanan sebagai umpan lalu taburkan dengan baking soda di atasnya.

    Selanjutnya, letakkan makanan tersebut dan biarkan tikus memakannya. Sesaat setelah itu, perut tikus akan menggembung karena gas dari baking soda yang tertahan di dalamnya. Kemudian tikus pun akan berusaha untuk mencari ruang terbuka demi bisa mengeluarkan gas tersebut.

    3. Lada hitam

    cara mengusir tikus lada hitam

    Sumber: vistabuzz.com

    Senyawa piperin yang dimiliki lada tampaknya ampuh untuk membuat tikus-tikus di rumah merasa terganggu. Hal tersebut disebabkan oleh aroma menyengat yang tentu saja tidak disukai tikus. Taburkan bubuk lada di beberapa area dan praktikkan cara mengusir tikus yang membandel ini secara rutin.

    4. Cangkang telur

    cara mengusir tikus cangkang telur

    Sumber: image-cdn.medkomtek.com

    Punya cangkang atau kulit telur tidak terpakai? Jangan langsung dibuang begitu saja! Sebab ternyata, Anda bisa mengaplikasikan cara mengusir tikus di rumah hanya dengan cangkan telur. Coba hancurkan atau tumbuk cangkang telur sampai menjadi bubuk. Kemudian taburkan bubuk cangkang telur tersebut di tempat yang sering dilalui tikus.

    5. Irisan bawang

    cara mengusir tikus irisan bawang

    Sumber: makeitgrateful.com

    Cara mengusir tikus di rumah ternyata cukup mudah, Anda pun bisa memanfaatkan irisan bawang yang mudah dijumpai di dapur. Hal ini disebabkan saat diiris, bawang akan mengeluarkan aroma khas yang begitu menyengat dan tajam. Letakkan irisan bawang tersebut di sudut-sudut rumah yang biasa dilalui tikus. Dijamin tikus akan segera pergi karena tidak tahan mencium sengatan aroma irisan bawang yang pedas.

    Baca juga: 12 CARA MENGUSIR SEMUT DI RUMAH DENGAN BAHAN ALAMI, MUDAH!

    6. Campuran deterjen dan bubuk cabai

    cara mengusir tikus campuran detergen bubuk cabai

    Sumber: blendofbites.com

    Siapkan satu wadah penyemprot khusus lalu masukkan campuran deterjen, bubuk cabai, dan sedikit air ke dalamnya. Kemudian semprotkan langsung cairan tersebut tepat saat Anda melihat tikus muncul. Sesaat setelahnya, tikus akan bereaksi berkat rasa panas dari ramuan dan akan langsung lari terbirit-birit.

    Tak hanya mengikuti tips di atas, tentu Anda perlu memperhatikan kebersihan rumah karena tikus sangat tidak suka dengan lingkungan yang bersih. Ada beberapa tips praktis yang bisa Anda baca pada 20 CARA MEMBERSIHKAN RUMAH DENGAN CEPAT DAN EFEKTIF untuk dicoba. 

    7. Aluminium foil

    cara mengusir tikus aluminium foil

    Sumber: cmosc.org

    Baik rasa maupun suara yang dihasilkan, aluminium foil akan sangat mengganggu tikus sehingga mendorongnya untuk segera pergi. Cukup unik bukan? Bila tertarik, Anda bisa membuat bulatan kecil dari aluminium foil lalu letakkan di area sekitar tikus-tikus berada. Meski terdengar konyol, nyatanya cara mengusir tikus yang membandel dengan aluminium foil terbukti berhasil.

    8. Kantung teh bekas

    cara mengusir tikus kantung teh bekas

    Sumber: cdn-2.tstatic.net

    Siapa sangka, ternyata kantung teh bekas juga dapat digunakan sebagai salah satu cara mengusir tikus yang membandel di rumah. Pasalnya, aroma kuat ampas kantung teh dianggap mampu mengganggu pernapasan tikus sesaat setelah ia menghirupnya. Coba tempatkan beberapa kantung teh bekas di sekitar sarang tikus. Alhasil, tikus pun tak akan betah berlama-lama disana dan akan langsung pergi ke tempat lain.

    9. Bubuk kopi

    cara mengusir tikus bubuk kopi

    Sumber: majalah.ottencoffee.co.id

    Khasnya harum aroma kopi dapat dimanfaatkan untuk cara mengusir tikus dengan kopi di rumah yang membandel. Bila terhirup, tikus akan langsung menghindari bau kopi dan pergi menjauhinya. Cara mengusir tikus dengan kopi pun cukup mudah, Anda hanya perlu menaburkan bubuk kopi di jalur yang sering dilintasi tikus. Tunggu saja, tikus akan langsung menjauhi rumah Anda.

    10. Kapur barus

    cara mengusir tikus kapur barus

    Sumber: livspace.com

    Sudah sejak lama, kapur baru diketahui memiliki segudang manfaat termasuk saat Anda berencana untuk melakukan cara mengusir tikus dengan kapur barus yang membandel. Dipercaya, aroma kapur barus yang menyengat dapat membuat tikus-tikus lari dan enggan balik lagi. Cara mangusir tikus dengan kapus barus mudah, Anda hanya perlu meletakkan beberapa buah kapur barus di area yang sering dilintasi tikus.

    Kapur barus juga sudah sangat terkenal untuk menjaga kebersihan kamar mandi di rumah. Kebersihan kamar mandi perlu dijaga sebab bila dibiarkan kotor akan berpotensi menjadi sarang bakteri dan kuman. Di samping kapur barus, Anda juga bisa melakukan 6 CARA MEMBERSIHKAN KAMAR MANDI DARI KERAK MEMBANDEL dengan pilihan bahan dan trik pintar lainnya.

    Bagaimana, ternyata mudah bukan cara mengusir tikus di rumah? Meski tanpa jebakan khusus, Anda pun dapat membasmi tikus-tikus nakal yang mengganggu seisi rumah. Kini, Anda dan keluarga sudah bisa menikmati kenyamanan hunian tanpa harus khawatir akan keberadaan hewan pengerat meresahkan yaitu tikus.

    Tak adanya hewan pengganggu bukan satu-satunya faktor kenyamanan tempat tinggal. Tentu, Anda perlu melengkapinya dengan pilihan perabot yang sesuai dengan kebutuhan. Pastikan juga agar furniture yang Anda pilih sudah terjamin keaslian dan kualitasnya. Untuk itu, percayakan kebutuhan dekorasi hunian Anda hanya bersama iCreate!

    Baca juga: 19 CARA MEMBASMI RAYAP AMPUH SECARA ALAMI, EFEKTIF DAN MUDAH!