Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Cara Merawat Tanaman

    Cek 9 Cara Merawat Tanaman Hias agar Tumbuh Subur!

    Menghadirkan tanaman di rumah tentunya memiliki segudang manfaat, salah satunya membuat hunian lebih sejuk dan asri. Agar tanaman tidak mudah mati dan tetap terlihat segar, tentu penting untuk memperhatikan bagaimana cara merawat tanaman yang benar. 

    Cara untuk merawat tanaman hias maupun jenis tanaman lain tidak bisa disamakan. Agar tidak salah dalam menjaga tanaman, cek tips dan cara merawat tanaman agar tidak layu berikut!

    Cara Merawat Tanaman Hias

    Ada beberapa tips agar tanaman kamu bisa tumbuh subur dan tidak cepat mati. Penasaran bagaimana cara merawat tanaman yang benar? Simak penjelasan kali ini.

    1. Gunakan media yang tepat

    Tanaman hias biasanya menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Namun hal tersebut tidak bisa diterapkan pada semua tumbuhan. Cara merawat tanaman hias paling dasar yang perlu diperhatikan adalah dimana tumbuhan tersebut ditanam. 

    Anda harus memperhatikan jenis tanaman tersebut sebelum memutuskan menggunakan media apa. Sebab, bisa saja tanaman hias akan lebih cocok ditanam menggunakan media sekam, sabut kelapa atau media lainnya. Ada juga tanaman yang justru akan tumbuh subur jika ditanam menggunakan media air hidroponik maupun aquaponik.

    2. Kontrol suhu dan kelembabannya

    Tidak hanya masalah media, suhu dan kelembaban juga harus diperhatikan.  Secara umum tanaman hias biasanya menyukai kelembaban 40-60% lebih  dari tumbuhan biasanya. Untuk menyiasati hal tersebut, Anda bisa menggunakan alat bantu humidifier ataupun menempatkan sumber air dekat dengan tanaman. 

    Tips kedua, usahakan tanaman tersebut hidup dengan suhu rata-rata yang ada di sekitaran rumah agar tanaman tidak cepat layu. Usahakan tidak menanam tanaman subtropis apabila rumah Anda berada di dekat pantai.

    3. Melakukan teknik penyiraman yang tepat

    Tumbuhan tentunya membutuhkan air agar tetap hidup dan tumbuh subur. Cara merawat tanaman yang juga penting untuk diperhatikan adalah dari teknik penyiraman. Sebab setiap jenis tanaman membutuhkan kadar air yang berbeda-beda. 

    Ada beberapa teknik penyiraman yang bisa Anda terapkan untuk menjaga kebutuhan air tanaman hias di rumah.

    1. Hindari air sampai menggenang ketika menyiram agar tidak menghambat jalur oksigen
    2. Siramlah tanaman hias dengan cukup air secara merata di semua sisi
    3. Pilih waktu yang tepat untuk menyiram. Anda bisa memilih antara pagi atau malam hari agar tanaman tetap mempunyai suplai air saat terkena sinar matahari di siang hari
    4. Jangan menyiram terlalu banyak pada bagian daun karena bisa menyebabkan timbulnya hama.

    4. Memberikan cahaya matahari yang cukup

    Cahaya matahari menjadi salah satu cara merawat tanaman hias yang juga penting diperhatikan. Tanaman membutuhkan kadar cahaya matahari yang cukup untuk membantu ia berfotosintesis. Berikut tabel penjelasan jenis tumbuhan beserta durasi paparan sinar matahari yang dibutuhkan :

    Jenis Tanaman

    Durasi waktu (per hari)

    Sayur6 jam
    Tanaman buah5-6 jam
    Tanaman sukulen2 jam

    5. Pastikan terbebas dari hama

    Ketika ada debu maupun hama yang menyerang tanaman tentu proses fotosintesis akan terganggu dan bisa mengakibatkan tumbuhan cepat layu.

    Anda harus memastikan tanaman terbebas hama sebagai salah satu cara merawat tanaman agar tumbuh subur dengan memutar tanaman tersebut secara rutin. 

    6. Potong tanaman yang sudah kering dan mati

    Ketika ada bagian ranting atau daun yang mengering atau mati, usahakan untuk segera memotongnya. Cara merawat tanaman ini ampuh untuk mencegah bagian lain ikut mengering. Selain itu, langkah ini menjadi salah satu cara agar hama tidak menyebar dan membuat tumbuhan semua layu.

    Caranya, potong bagian tanaman yang sudah menguning atau membusuk. Biarkan bagian yang masih hidup untuk tumbuh lagi dengan cara perawatan yang benar.

    7. Lakukan pemupukan secara berkala

    Selain kebutuhan akan cahaya matahari dan air, Anda juga harus memberikan pupuk pada tanaman untuk membuatnya tumbuh subur. Sebab, sebenarnya tanaman juga membutuhkan sulfur, kalsium, fosfor, magnesium, potasium dan nitrogen yang bisa didapatkan dari proses pemupukan. 

    Namun usahakan memakai pupuk organik sesuai dengan jenis tanamannya. Karena setiap tanaman memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda.

    8. Menjaga kebersihan di sekeliling tanaman

    Tidak hanya memberikan nutrisi pada tanaman, Anda juga harus menjaga kebersihan di sekeliling tanaman tersebut. Misalnya saja usahakan tidak membuang botol, plastik dan berbagai sampah yang tidak bisa terurai kesekitarnya. Bersihkan patahan dahan dan berbagai kotoran lainnya yang akan membantu pertumbuhan tanaman tersebut.

    9. Ganti pot tanaman secara berkala 

    Cara merawat tanaman agar tumbuh subur yang juga harus Anda lakukan adalah mengganti pot secara berkala. Hal ini bertujuan agar tanaman tersebut bisa tumbuh secara sempurna dengan media yang mendukung. Sebab ketika ia tumbuh dengan subur media tanaman seperti pot kecil tidak bisa membantu kelembabanya.

    Manfaat merawat tanaman

    Tidak hanya berfungsi memperindah rumah, manfaat lain juga akan Anda dapatkan ketika merawat tanaman dengan tepat. Berikut manfaat ganda yang diperoleh jika tanaman bisa tumbuh subur.

    1. Kaya akan oksigen di rumah

    Jika Anda telaten dalam mempraktikkan cara merawat tanaman hias, tentunya akan tumbuh subur. Hal ini akan sangat menguntungkan sebab, ketika tumbuhan melakukan fotosintesis menghasilkan oksigen. Tentunya rumah Anda akan terasa lebih sejuk bukan?

    2. Memperkaya produktivitas

    Ketika Anda merawat tanaman tidak hanya membuat rumah menjadi sejuk tapi juga meningkatkan produktivitas. Hal ini disebabkan, ketika Anda merasa stres dalam bekerja, dengan melihat tanaman tersebut akan merasa tenang kembali dan produktivitas tetap terjaga.

    3. Meningkatkan imun tubuh

    Tidak hanya meningkatkan produktivitas dalam bekerja ternyata ketika Anda melihat tanaman juga akan meningkatkan imun dalam tubuh. Pasalnya, ketika Anda melihat bunga maupun tanaman saat sedang sakit dipercaya dapat membantu mempercepat pemulihan dari cedera, penyakit atau pembedahan.

    Baca Juga: 12 Macam-Macam Tanaman Hias Bikin Hidupkan Suasana

    Ketika rumah memiliki tanaman yang tumbuh tentunya kadar oksigen semakin berlimpah dan membuat rumah terasa sejuk. Selain itu, ketika Anda melihat tanaman hijau di rumah juga akan membantu mengurangi kadar stres. Yuk mulai jaga tumbuhan dengan cara merawat tanaman yang tepat!