Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Carport Minimalis

    15 Desain Carport Minimalis Modern Keren Terbaik 2021

    Carport minimalis bisa menjadi saat Anda tidak memiliki cukup biaya untuk membuat garasi. Ada banyak ide desain carport agar rumah tampak menawan meski hanya dengan budget  yang minim.

    Selain struktur bahannya, Anda juga perlu memperhatikan sejumlah hal penting ketika membangun carport minimalis. Berikut ulasan yang dapat membantu Anda merancang carport minimalis impian.

    Apa Itu Carport?

    Carport adalah tempat menyimpan kendaraan bagi rumah yang tidak memiliki lahan cukup untuk membangun garasi. Berbeda dengan garasi yang menyatu dengan rumah, carport terletak di luar rumah. 

    Carport dilengkapi dengan atap yang mampu melindungi kendaraan dari panas dan hujan. Walaupun keamanannya tidak sebaik garasi, carport dapat menjadi pilihan yang lebih terjangkau. 

    Tips dalam Membuat Carport Minimalis 

    Sebelum membangun carport minimalis, sebaiknya buat dulu desain konstruksinya sedetail mungkin. Merancang carport minimalis memerlukan sejumlah pertimbangan, mulai dari  ukuran, letak, kemiringan atap, dan lain sebagainya. Berikut merupakan beberapa tips yang dapat Anda ikuti saat ingin membuat carport minimalis.

    1. Letakkan di samping atau depan rumah

    Pada umumnya, carport yang terdapat di luar hunian diletakkan di bagian samping atau depan rumah. Selain agar mudah diawasi, area tersebut merupakan tempat keluar masuknya kendaraan dari jalan.

    2. Sesuaikan ukuran mobil dan carport

    Luas lahan dan ukuran carport yang akan dibuat perlu menjadi salah satu perhatian utama. Untuk  1 mobil, ukuran carport minimal 3 x 6 x 2,5 meter dengan jalur ban mobil sekitar 50-75 cm. Beri jarak aman dengan dinding samping sekitar 1 meter dari ukuran mobil sesungguhnya. Anda juga perlu memberi ruang gerak di dalam carport setidaknya sebesar 1 meter.

    3. Material pembuatan carport

    Tak hanya beton, carport minimalis juga bisa terbuat dari logam, kaca, maupun kayu. Sesuaikan desain dengan bahan yang digunakan karena akan berpengaruh pada keamanan dan kekuatan struktur carport.

    4. Lantai carport

    Sebaiknya, lantai carport menggunakan material kasar agar tidak licin saat hujan. Anda juga harus memperhatikan material lantai agar memiliki kekuatan yang dapat menahan beban kendaraan. 

    Beberapa material lantai carport minimalis yang umum digunakan yakni paving block, keramik, rabat beton, koral sikat, dan batu alam. Beri rumput atau parit kecil untuk mencegah genangan air. 

    5. Kemiringan lantai

    Idealnya, lantai carport dicondongkan ke arah pintu keluar dengan kemiringan 1 hingga 2 derajat setiap 1 meter panjang lantai. Perhatikan drainase carport untuk menghindari resiko tergenang air. 

    6. Atap carport

    Gunakan bahan yang tidak terlalu transparan untuk atap. Anda bisa memakai bahan seperti kayu dan metal. Selain itu, sisakan jarak minimal 1,3 meter di bawah atap agar bagian atas carport tidak terganggu tinggi mobil.

    7. Warna yang digunakan

    Gunakan warna yang sesuai dengan cat rumah minimalis Anda. Pada umumnya, rumah minimalis memakai cat dengan warna natural, beige, dan navy. Namun, Anda perlu ingat bahwa warna-warna terang akan memantulkan panas, sementara cat gelap cenderung lebih menyerap panas.

    Inspirasi Desain Carport Minimalis 

    Setelah memperhatikan beberapa tips di atas, yuk intip inspirasi desain carport minimalis berikut! Pilih desain yang tepat agar carport mampu menambah estetika hunian Anda.

    Kuat dan ssederhana dengan kayu

    Biaya pemasangan carport berbahan kayu relatif lebih murah dibandingkan bahan lain. Selain dari segi biaya, carport berbahan kayu juga lebih mudah dibentuk serta memberi kesan mewah dan klasik.

    carport minimalis

    Sumber: improvenet.com

    Pas untuk dua mobil

    Carport ganda sangat pas bagi Anda yang memiliki dua kendaraan. Anda hanya perlu menyesuaikan luasnya agar carport mampu menampung dua mobil. Tambahkan elemen unik seperti desain di bawah ini untuk mempercantik tampilan carport.

    carport minimalis

    Sumber: totalspan.co.nz

    Menggunakan atap pelana

    Desain yang disebut pitched roof atau gable roof ini mencegah tertumpuknya air dan salju di bagian atap. Tak hanya itu, desain carport dengan atap dua sisi ini memiliki sistem drainase air yang baik. 

    carport minimalis

    Sumber: bricksandagent.com

    Lebih stabil dengan atap datar

    Desain ini memiliki beberapa kelebihan seperti murahnya biaya pemasangan, proses instalasi dan pemeliharaan yang lebih mudah, serta dapat disesuaikan dengan desain rumah. Tak hanya itu, carport dengan atap datar atau flat bersifat lebih stabil daripada carport dengan atap miring. 

    carport minimalis

    Sumber: eurofabbro.com

    Atap rendah yang mudah dibersihkan

    Desain carport ini memudahkan Anda membersihkan dan merawat bagian atapnya. Tak hanya itu, pemasangan carport dengan atap rendah mampu menekan biaya pemasangan. Sesuaikan tinggi atap agar tetap memiliki jarak yang lega dengan kendaraan.

    carport minimalis

    Sumber: theofy.world

    Semakin minimalis dengan aluminium

    Carport berstruktur aluminium cocok diterapkan di hunian minimalis. Anda bisa memakai cat warna abu-abu atau hitam untuk menegaskan tema yang Anda usung. Bahan aluminium juga relatif lebih mudah dipasang dan dirawat.

    carport minimalis

    Sumber: hayneedle.com

    Carport kokoh dengan baja

    Carport yang memiliki struktur baja dikenal sangat kokoh dan mampu bertahan dalam kondisi alam apapun. Pemasangan carport jenis ini juga mudah serta cepat dilakukan. Selain itu, material baja mampu mengurangi resiko kebakaran.

    carport minimalis

    Sumber: prepona.info

    Menyatu dengan alam

    Desain carport berikut cocok diterapkan untuk hunian di pedesaan. Strukturnya menggunakan kayu dan memiliki atap dengan dua sisi. Meski tampak tradisional dan sederhana, rancangan ini mampu melindungi kendaraan dengan baik.

    carport minimalis

    Sumber: carports.co.za

    Keramik vinyl untuk carport  minimalis

    Keramik berbahan vinyl seperti gambar di bawah ini cocok bagi pemilik mobil berukuran besar karena memiliki kemampuan anti selip. Agar tampak minimalis, Anda bisa menggunakan dua pilihan pola atau warna yang serasi.

    carport minimalis

    Sumber : eclipsesaga.com

    Cat hitam memberi kesan tegas

    Salah satu ciri khas rumah minimalis adalah penggunaan warna hitam. Pemakaian cat hitam pada carport akan memberi kesan tegas dan kuat. Gunakan cat khusus bagian luar rumah sebab area ini akan sering terkena terpaan sinar matahari dan air hujan.

    carport minimalis

    Sumber: diato.co.uk

    Elegan dengan cat putih

    Tak hanya warna hitam, carport minimalis juga dapat diwujudkan dengan memberi sentuhan cat warna putih. Warna ini mampu menghadirkan nuansa elegan dan natural. Pastikan Anda menggunakan cat tahan lama yang berkualitas.

    carport minimalis

    Sumber: carportoesterreich.at

    Kombinasi kayu dengan aluminium

    Carport minimalis berikut mengkombinasikan struktur aluminium dan kayu sehingga mampu memberi sentuhan modern dan mewah pada hunian Anda. Kayu memiliki kelebihan mampu menyerap panas dengan baik, sementara aluminium tahan terhadap cuaca apapun.

    carport minimalis

    Sumber: sepalumic.com

    Menempel dengan rumah

    Carport yang dikenal dengan lean to carport ini memiliki struktur yang melekat pada bangunan rumah. Desain ini merupakan pilihan yang tepat jika rumah Anda memiliki ruang yang terbatas. Selain itu, rancangannya juga menggunakan konstruksi yang lebih sederhana sehingga mudah dibongkar sewaktu-waktu.

    carport minimalis

    Sumber: onlaon.com

    Free-standing  carport

    Dalam membuat carport minimalis seperti ini, pastikan ada cukup ruang antara carport dengan bangunan lain di sekitar rumah Anda. Namun, desain carport ini kurang cocok diterapkan di area yang sering diterpa badai dan hujan deras.

    carport minimalis

    Sumber: na-dache.pro

    Garden carport

    Carport minimalis dengan sentuhan tanaman hijau bisa menjadi alternatif bagi Anda yang tidak mempunyai area berkebun. Selain memanjakan mata, desain garden juga akan membuat carport di rumah tampak unik dan indah. 

    carport minimalis

    Sumber: london-unattached.com

    Itulah beberapa inspirasi desain carport minimalis beserta tips yang dapat Anda terapkan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda mewujudkan carport minimalis yang sesuai dengan tema pilihan. 

    Baca juga: 10 Inspirasi Model Teras Rumah Minimalis untuk Hunian Anda