Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Ciri Ciri Rumah Sehat

    11 Ciri-Ciri Rumah Sehat dan Bersih yang Wajib Diketahui

    Ada beberapa ciri-ciri rumah sehat yang kerap dijadikan sebagai suatu indikator hunian ideal bagi sebagian besar orang. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab tempat tinggal memang seharusnya juga bisa berperan sebagai area yang nyaman bagi para penghuninya. Jadi tak mengherankan jika ada kaitannya dengan aspek kesehatan.

    Nah namun sebelum itu, apakah Anda sudah tahu apa itu rumah sehat? Yuk kenali lebih jauh dan ketahui ciri-cirinya dalam ulasan berikut ini!

    Apa Itu Rumah Sehat?

    Suatu rumah bisa diartikan sehat ketika sang penghuni dapat membentuk kehidupan sosial, sekaligus membina kesehatan fisik dan mental. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan fasilitas bersama dengan prasarana yang nantinya mampu mengakomodir kebutuhan sehari-hari Anda dan keluarga.

    Ada beberapa keperluan dasar seperti instalasi listrik, akses jalan, drainase, tempat pembuangan limbah, hingga air bersih yang wajib dimiliki ketika membangun sebuah hunian. Sedangkan mengenai fasilitas, sebenarnya tergantung pada majunya wilayah itu sendiri, misalnya dengan kehadiran rumah sakit, tempat ibadah, sekolah, atau supermarket sekalipun.  

    Ciri-Ciri Rumah Sehat

    Apabila ingin memiliki rumah sehat, Anda dapat mengacu pada kebijakan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat perihal standar hunian layak huni. Secara garis besar, syarat kenyamanan serta kesehatan rumah menjadi tolak ukur untuk dipertimbangkan. Berikut ciri-ciri rumah sehat dan keterangannya.

    1. Letak rumah sesuai arah matahari

    ciri-ciri rumah sehat

    Sumber: habitusliving.com

    Memilih hunian yang letaknya sesuai dengan arah matahari akan membantu sirkulasi udara menjadi lebih optimal. Sedangkan menurut compass, bagian timur-darat merupakan pusat sinar surya tersebut. Tidak hanya dari segi kesehatan, tetapi Anda juga dapat memanfaatkan matahari sebagai pencahayaan alami yang bisa membantu menghemat pengeluaran. 

    2. Dibuat dengan bahan ramah kesehatan

    ciri-ciri rumah sehat

    Sumber: architectureanddesign.com.au

    Selanjutnya, ciri-ciri rumah sehat adalah mengaplikasikan bahan ramah kesehatan. Sayangnya tanpa disadari, masih banyak konstruksi rumah yang menggunakan material berbahaya seperti kandungan arsenik pada wallpaper dan timbal dalam cat. Maka dari itu, pastikan Anda memahami muatan setiap bahan supaya hunian memenuhi standar kesehatan ketika dihuni.

    3. Lantai tidak lembab

    ciri-ciri rumah sehat

    Sumber: pinterest.com

    Ciri-ciri rumah sehat dan bersih adalah selalu kering, supaya tidak terhirup spora jamur atau serpihan yang nantinya dapat mengganggu pernapasan. Pastikan lantai Anda mudah untuk dibersihkan supaya tetap kering dari hantaran air. Opsi lain, bisa juga membuat rumah dengan ketinggian minimal adalah 10 cm dan 25 cm. 

    4. Sirkulasi udaranya lancar

    ciri-ciri rumah sehat

    Sumber: houzz.com.au

    Memiliki banyak ventilasi merupakan ciri-ciri rumah sehat, karena hunian akan terasa lebih sejuk dan segar. Nah maka dari itu, penting untuk menginstalasi cukup banyak jendela supaya udara pun bersirkulasi dengan baik. Contohnya seperti pada gambar di atas, hunian juga jadi tenteram dan cerah lewat pencahayaan yang cukup.

    Baca juga: 20 CARA MEMBERSIHKAN RUMAH DENGAN CEPAT DAN EFEKTIF

    5. Akses pencahayaan yang baik

    ciri-ciri rumah sehat

    Sumber: diynetwork.com

    Pencahayaan yang baik dapat membantu tubuh Anda menjadi lebih sehat. Pasalnya sinar matahari akan memproduksi vitamin D yang baik bila terpapar dengan permukaan kulit. Adapun nutrisi tersebut sangat dibutuhkan untuk menjaga kadar kalsium dan imunitas badan. Nah untuk intensitas cahaya sendiri disarankan berada di 60 lux agar dapat menjangkau setiap ruangan. 

    6. Sarana pembuangan limbah yang optimal

    ciri-ciri rumah sehat

    Sumber: suez.com.au

    Kegiatan manusia tidak luput dari memproduksi limbah. Maka dari itu, tersedianya tempat sampah yang memadai harus diperhatikan supaya kondisi hunian selalu bersih. Hal ini bisa dimulai dengan menaruh wadah kotoran pada setiap ruangan dan sudut rumah. 

    7. Adanya tumbuhan hijau di sekeliling rumah

    ciri-ciri rumah sehat

    Sumber: pinterest.es

    Menghadirkan elemen hijau dapat membuat hunian semakin asri dan sehat lewat oksigen yang terus diproduksi oleh tanaman. Tak harus memiliki halaman luas, menanam sedikit tumbuhan pada area kecil juga sudah cukup. Hal ini tentunya lebih baik daripada tidak memanfaatkannya sama sekali.

    8. Punya aliran air bersih

    ciri-ciri rumah sehat

    Sumber: popularmechanics.com

    Mempunyai akses terhadap air bersih telah menjadi salah satu kebutuhan manusia. Pasalnya, aktivitas sehari-hari Anda tidak akan pernah luput dari elemen tersebut. Misalnya ketika sedang mandi, minum, mencuci pakai, hingga menyiram tanaman pun butuh yang namanya air. Jadi pastikan kualitasnya memenuhi standar kebersihan juga ya. 

    9. Bebas jamur dan hewan penular penyakit

    ciri-ciri rumah sehat

    Sumber: thecolumbian.com

    Ciri-ciri rumah sehat selanjutnya adalah bebas dari jamur dan hewan. Jika ingin menghindarinya, Anda harus pastikan tidak ada ruangan yang bau amis, kotor, dan terlalu lembab. Di sisi lain untuk membasminya, harus dilakukan inspeksi minimal sekali dalam kurung waktu 3 bulan. Namun semakin sering diperiksa, hunian pun akan menjadi lebih sehat. 

    10. Pengaturan tata ruang yang ideal

    ciri-ciri rumah sehat

    Sumber: archdaily.com

    Perihal tata ruang pada hunian harus didesain dengan matang supaya kebutuhan sehari-hari Anda dapat terakomodasi. Di sisi lain menyisihkan ruang pada setiap tempat juga akan meningkatkan kenyamanan dan efektivitas ketika menjalani aktivitas. Dengan demikian, suasana hati yang terus senang saat berada di hunian menjadi bagian dari ciri-ciri rumah sehat.

    11. Kebersihan di setiap sudutnya

    ciri-ciri rumah sehat

    Sumber: treehugger.com

    Seringkali saat membersihkan rumah, Anda mungkin lupa untuk memperhatikan bagian sudut ruangan. Padahal daerah pojok sangat rentan didatangi oleh hewan penular penyakit seperti kecoa dan nyamuk. Supaya hunian tetap terjaga kesehatannya, pastikan Anda telah melakukan pembersihan secara telaten. 

    Itulah ciri-ciri rumah sehat yang bisa jadi tolak ukur Anda dalam mewujudkan hunian nyaman dan ideal. Selain beberapa poin di atas, coba cek lagi apa saja sebenarnya hal ataupun fitur tempat tinggal yang Anda butuhkan bersama keluarga. Kini, hunian idaman pun rasanya semakin dekat di depan mata.

    Di samping aspek kesehatan, tambahkan juga beberapa perabot dan pernak pernik pendukung yang bisa memperlancar aktivitas Anda bersama keluarga. Jangan hanya tergiur oleh harga murah, namun perhatikan kualitasnya juga ya. Untuk itu, percayakan kebutuhan dekorasi rumah hanya di iCreate, toko furniture online terdepan di Indonesia!

    Baca juga: APA ITU DECLUTTERING? INI METODE, MANFAAT, & CARA MEMULAINYA