Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Coffee Table

    Tips Memilih Coffee Table yang Cocok untuk Ruang Tamu

    Di sebuah ruang tamu, tentu tidak pas jika tidak dilengkapi dengan meja tamu atau biasa disebut dengan coffee table. Meja ini biasanya terletak sebagai pusat di ruang tamu. Meja kopi ini dapat digunakan saat menjamu tamu yang hadir ke rumah kita.

    Banyak orang yang masih bingung dalam memilih meja untuk ruang tamu. Termasuk saat menentukan model dan ukuran coffee table. Berikut panduan dan tips memilih coffee table yang cocok untuk ruang tamu.

    Memilih Coffee Table

    Ukuran coffee table harus proporsional dengan sofa. Aturan umumnya, ukuran coffee table yang Anda beli setidaknya setengah dari panjang sofa, namun tidak lebih panjang dari sofa itu sendiri. Panjang meja yang bagus adalah tiga perempat atau dua pertiga dari sofa. Untuk tinggi coffee table, akan lebih baik jika berukuran sama dengan tinggi kursi sofa.

    Jenis Coffee Table

    Apakah Anda bingung jenis dan ukuran coffee table mana yang cocok untuk ruang tamu rumah Anda? Jawabannya tergantung dengan jenis sofa yang Anda miliki. Jika Anda memiliki sofa horizontal standar, maka akan cocok menggunakan meja kopi oval atau yang berbentuk persegi panjang. Sedangkan untuk sofa sectional atau yang berbentuk L, Anda harus menggunakan meja berbentuk bulat atau persegi agar cocok dan serası. 

    Cek beberapa inspirasi dan penjelasan lengkap jenis meja berikut.

    • Meja Kopi Oval

    Meja oval sangat cocok dijadikan penyeimbang sofa horizontal. Bentuk ini mempromosikan gerakan dan menawarkan banyak ruang untuk menyimpan barang di atasnya. Tidak ada tepian yang tajam di sini, jadi meja oval cocok untuk rumah yang memiliki anak.

    • Meja Kopi Persegi Panjang

    Meja persegi panjang jelas lebih modern dan menawarkan jumlah ruang permukaan paling banyak untuk digunakan.

    • Meja Kopi Bulat

    Meja bundar merupakan meja yang sangat cocok digunakan untuk acara besar. Keluarga besar bisa berkumpul dengan meja tersebut. Selain itu juga para tamu bisa menggunakannya untuk acara pesta.

    • Meja Persegi

    Meja persegi membuat tampilan yang simetris ke ruang tamu. Tampilan yang dibuat oleh meja persegi ini biasa ditemui di banyak ruang tamu. Bentuk ini menjadi bentuk meja paling praktis dan terkadang menawarkan penyimpanan di bawah permukaan.

    Bahan Coffee Table

    Meja favorit kami biasanya terbuat dari marmer, kuningan, kayu, atau kaca. Berikut adalah beberapa rekomendasi untuk setiap bahan coffee table.

    • Marmer

    Meja yang terbuat dari marmer ini menjadi meja yang paling banyak dicari saat ini, khususnya ketika fotonya banyak dibagikan melalui postingan Instagram dan Pinterest. Marmer merupakan bahan meja yang digandrungi. Bahannya yang berat pun membuat harganya lebih mahal. Karena itu, Anda perlu budget yang lumayan merogoh kantong untuk meja berbahan marmer ini.

    • Kuningan

    Meja dari kuningan tua juga bisa menjadi incaran banyak orang. Hal tersebut lantaran bahan kuningan dapat memberikan daya tarik vintage pada ruang tamu Anda.

    • Kayu

    Meja dari kayu adalah pilihan tepat untuk rumah rumah dengan tema tradisional, dan siapa saja yang menginginkan suasana pedesaan ke ruang tamu mereka.

    • Kaca

    Meja dari kaca yang terbuat dari kaca merupakan jenis minimal Biasanya meja ini akan lebih menarik perhatian tamu di sofa.

    • Cermin

    Meja dari cermin menambahkan sentuhan keanggunan ke ruang tamu mana pun.

    • Coffee Table Minimalis

    Jika Anda sudah bosan dengan jenis konvensional, maka meja ini bisa menjadi pilihan. Kini orang-orang sudah banyak yang lebih memilih meja kopi berbahan alternatif atau benda nonkonvensional. Pikirkan: koper vintage sebagai meja atau barang temuan pasar loak untuk tema meja alternatif dan kreatif ini. Karena kreativitas, kini ide coffee table minimalis ini menjadi banyak pilihan orang. 

    Berikut beberapa ide Coffee Table Minimalis alternatif:

    • Ottoman

    Beberapa orang memilih untuk mengabaikan meja kopi untuk ruang tamu mereka. Namun ada juga yang memilih versi yang sedikit dimodifikasi dari meja ini dengan memilih jenis ottoman. Ottoman bagus untuk digunakan sebagai coffee table dengan tambahan pijakan kaki. Anda dapat dengan mudah menambahkan baki kecil untuk membuat permukaan datar saat Anda membutuhkannya. Ada juga yang memberikan ruang penyimpanan di bawahnya.

    • Sarang

    Tren desain interior baru yang kini semakin banyak adalah meja berbentuk sarang. Meja kopi sarang adalah 2-3 meja terpisah dengan berbagai ketinggian dan ukuran yang menyatu dengan rapi membentuk cluster meja kopi. Meja sarang ini sangat bagus untuk menambahkan dimensi ekstra ke ruang tamu Anda.

    • Bentuk Bebas

    Meja ini berbentuk unik yang tidak terlalu cocok dengan satu bentuk. Mereka bisa saja berbentuk persegi longgar atau persegi panjang longgar, untuk memberi Anda gambaran di mana mereka bisa muat. Meja bentuk bebas seringkali terbuat dari kayu jati, tetapi Anda juga dapat menemukan beberapa meja kopi kaca bentuk bebas modern abad pertengahan untuk gaya bebas ini.

    • Kelompok Meja Samping

    Mirip dengan meja jenis sarang, kini banyak di ruang tamu yang indah dengan menggabungkan 2-3 meja samping ditempatkan bersebelahan (seringkali dengan ketinggian yang bervariasi) untuk membentuk meja kopi kasual.

    Demikianlah tips dan panduan dalam memilih coffee table yang cocok untuk tipe ruang tamu rumah Anda. Selalu ingatlah bahwa rumah tak hanya tentang desain, namun tentang keharmonisan dan kekeluargaan di dalamnya.