Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Cottage Adalah

    Pengertian Cottage, Ini Bedanya dengan Villa, Hotel dan Resor

    Sudah tahu apa itu cottage? Cottage adalah salah satu jenis penginapan dari banyaknya tipe akomodasi yang bisa Anda pilih saat bepergian. Umumnya, pondok wisata ini akan dibangun dalam satu komplek yang memang dibuat secara khusus untuk penginapan.Harganya sendiri tentu bervariasi, sesuai penawaran fasilitas dari pemilik ataupun pengelolanya.

    Lalu apa perbedaan cottage dengan jenis penginapan lain seperti hotel, hostel, vila, dan resor? Yuk kenali karakteristik cottage lebih jauh dalam artikel berikut ini?

    Apa itu Cottage?

    Cottage adalah penginapan yang sudah hadir sejak abad pertengahan dan memiliki arti sebagai rumah sederhana buruh tani. Biasanya tempat ini memiliki 2 hingga 3 kamar tidur, berjendela tingkap, dan memiliki langit rendah. Perihal lokasi, Anda bisa menemukannya baik di pinggiran kota atau bahkan wilayah terpencil sekalipun. 

    Mengingat hal tersebut, biasanya cottage dikelilingi dengan alam, sehingga cocok buat Anda yang ingin refreshing dan bosan dengan pemandangan kota. Menariknya lagi, tempat penginapan ini dinilai memiliki potensi besar terhadap sektor pariwisata, sehingga dijadikan salah satu program prioritas guna meningkatkan angka wisatawan.

    Perbedaan cottage dengan penginapan lain

    Sering diartikan sama, tetap setiap tempat penginapan sebenarnya memiliki karakteristik dan ciri khasnya masing-masing. Nah, beberapa perbedaannya adalah sebagai berikut.

    Hotel

    Hotel umumnya berbentuk gedung dengan kamar yang saling berdekatan bak apartemen. Umumnya disekat dinding kedap suara dan tersebar luas di seluruh wilayah. Biasanya juga penginapan ini dikelilingi dengan berbagai fasilitas seperti restoran, mall, hingga area destinasi wisata.

    Hostel

    Jika hotel identik dengan apartemen, kalau hostel sering dibilang mirip kamar asrama, karena Anda akan tidur di ruangan yang sama dengan tamu lain. Mengingat hal tersebut, penginapan berjenis demikian memiliki tarif jauh lebih terjangkau. Cocok buat Anda yang travelling sendiri alias backpacker dengan budget terbatas.

    Vila

    Perbedaan cottage dan villa dapat dilihat dari segi harga, ukuran, dan kemewahannya.  Lokasinya pun terletak di pinggiran kota yang ramai. Hunian ini juga memiliki halaman rumah sendiri, diselingi semak belukar. Berbeda dengan cottage yang tampak sederhana, lebih kecil serta murah.  

    Resort 

    Resort adalah penginapan yang mengedepankan elemen rekreatif dengan menghadirkan fasilitas atau pemandangan alam, untuk memanjakan para wisatawan. Biasanya disediakan jasa spa, salon, restoran, tempat bermain, gym, jogging track, dan bahkan kelas-kelas tertentu seperti masak. Nah, maka dari itu juga resort cenderung jauh lebih mahal ketimbang hotel atau villa. 

    Jenis cottage

    Penginapan jenis ini terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan lokasinya. Beberapa tipe cottage adalah: 

    Cottage pegunungan

    cottage adalah

    Sumber: pixabay.com

    Sesuai dengan namanya, cottage ini berlokasi jauh dari kota, pemukiman, dan terletak pegunungan. Nah justru lokasi itulah yang menjadi daya tarik serta ciri khas cottage itu sendiri. Cocok buat Anda pecinta hal baru serta anti mainstream.

    Cottage kota

    cottage adalah

    Sumber: goodhomes.co.in

    Cottage tropis satu ini dapat ditemukan di tengah kota dan seringkali diperuntukan bagi tamu atau orang luar daerah yang hendak berlibur. Bisa juga digunakan untuk menjamu business partner karena terdapat fasilitas konferensi, hall, serta kegiatan bisnis lainnya. Soal kenyamanan tidak perlu diragukan lagi, cottage perkotaan tetap memiliki standar penginapan, sehingga tetap da,ai dan asri. 

    Cottage pantai

    cottage adalah

    Sumber: pinterest.com

    Jenis cottage ini berlokasi di pinggir pantai dengan view lautan. Biasanya penginapan tersebut memanfaatkan keindahan alam guna menarik perhatian wisatawan. Cocok juga buat Anda yang bosan suasana kota dan ingin mendapatkan ketenangan sembari berlibur. 

    Cottage pedesaan

    cottage adalah

    Sumber: smallhouseswoon.com

    Kalau Anda pergi ke pedesaan, biasanya cottagenya didesain serta dibangun dengan mengkombinasikan elemen budaya dari wilayah itu sendiri. Contoh cottage penginapan di Bali dan di NTT sudah pasti berbeda dengan tradisi mereka masing-masing.

    Cottage untuk kesehatan

    cottage adalah

    Sumber: cottagehealth

    Terakhir, ada jenis cottage yang dikhususkan untuk memulihkan kesehatan pasien, seperti tempat rehabilitasi. Penginapan ini digunakan guna mendapatkan suasana nyaman dan diharapkan dapat membantu proses pemulihannya. 

    Fasilitas cottage

    Meskipun tidak semewah resort, tetap ada sederet akomodasi yang cukup dan dapat dimanfaatkan selama masa penginapan. Beberapa fasilitas cottage adalah: 

    • Atraksi wisata dengan kehadiran alam di sekitar penginapan atau aktivitas budaya setempat. Tentunya Anda juga dapat menyewa transportasi roda empat untuk memudahkan mobilitas.
    • Struktur rumah seperti pada umumnya, stabil, ruangan bernuansa lokal, terdapat kamar tidur, ruang tamu, tempat mandi, listrik, hingga air bersih. 
    • Hal printilan seperti kipas angin, soket listrik, kelambu, cermin, meja, sofa, linen bersih, hingga jendela berfilter kawat untuk mengusir serangga. 
    • Untuk layanan umum seperti sarapan, makan siang dan malam, laundry, hingga tempat parkir juga sudah tersedia. 

    Ciri khas cottage

    Untuk memudahkan Anda dalam mengidentifikasi penginapan berjenis cottage, terdapat beberapa ciri khas yang dapat dipahami. Biasanya rumah ini dibangun berstruktur satu lantai dengan desain pondok terbuka, sehingga lebih dekat dengan alam. Beberapa ciri khas cottage adalah:

    Modern namun tradisional

    Salah satu daya tarik cottage adalah bangunannya yang bersifat modern tradisional. Sentuhan modernitas dibutuhkan untuk memberikan kenyamanan serta efisiensi bagi pengunjung. Sedangkan unsur masa lalu diaplikasikan sebagai ciri khas dan nilai jual dari penginapan itu sendiri. 

    Ukuran lebih kecil

    Selanjutnya ciri khas cottage adalah ukurannya yang lebih kecil yakni di bawah 2.000 kaki persegi. Maka dari itu, bangunan ini biasanya hanya terdiri dari satu sampai tiga kamar tidur, ruang tamu, dan tempat makan. 

    Desain asimetris

    Terakhir, ciri khas cottage adalah bangunannya yang bersifat asimetris alias tidak sepenuhnya proporsional. Terlepas dari itu, sentuhan elemen-elemen modern tetap akan membuat cottage terasa nyaman sekaligus menawan. 

    Kini Anda telah mengetahui apa itu cottage hingga perbedaannya dengan tipe akomodasi lain seperti hotel, hostel, vila, dan resor. Saat bepergian nanti, tentu tak perlu bingung lagi jenis penginapan seperti apa yang cocok dengan tipe liburan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk memperhitungkan seluruh plus minusnya ya!

    Bila tertarik dengan informasi seputar home idea seperti ini, Anda bisa mempelajarinya lebih lengkap di blog iCreate. Di sana, ada banyak inspirasi memukau dan 

    insight baru yang membahas lebih lanjut tentang kenyamanan hunian. Langsung klik tab blog sekarang untuk temukan beragam ide menarik lainnya!

    Baca juga: 9 DESAIN RUMAH UNIK MINIMALIS MODERN TERBARU, SUPER ESTETIK!