Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Decluttering Adalah

    Apa itu Decluttering? Mengenal Metode, Manfaat, dan Caranya

    Apakah Anda pernah mendengar istilah decluttering? Decluttering adalah kegiatan bersih-bersih dengan tujuan untuk menyortir barang dan menyingkirkan beberapa yang sudah tidak digunakan lagi. Artinya, decluttering adalah suatu metode untuk membuat rumah tetap tampak rapi, nyaman dihuni, dan enak dipandang.

    Bagi Anda yang tertarik menerapkan gaya hidup minimalis, sebaiknya mulailah dengan membiasakan aplikasi decluttering dalam aktivitas sehari-hari. Penasaran bagaimana metode decluttering? Dan apakah ada manfaat lainnya? Cek selengkapnya dalam ulasan berikut ini!

    Apa itu Decluttering?

    Sederhananya, decluttering adalah suatu metode beberes dengan cara menyortir seluruh barang. Decluttering artinya menyingkirkan barang tak terpakai dan menyimpan beberapa yang memang masih Anda perlukan untuk kegiatan sehari-hari. Metode ini bisa Anda terapkan di seluruh kategori barang, misalnya saja seperti decluttering baju, buku, alat tulis, hingga dapur.

    Decluttering adalah kegiatan bersih-bersih yang berbeda dari biasanya sebab Anda diharuskan untuk memilih dan memilah barang secara cermat. Bukan hanya itu, Anda pun harus rela membuang koleksi favorit yang mungkin sudah tidak digunakan lagi. Meski demikian, decluttering adalah solusi praktis terbaik yang dapat menghindarkan Anda dari rumah sesak penuh barang.

    Manfaat Decluttering

    Tumpukan berbagai benda tak terpakai kadang bisa memicu stres, bahkan hanya dengan melihatnya saja. Untuk itu, coba lakukan decluttering baju secara rutin untuk menjaga kesehatan mental Anda. Selain menenangkan, beberapa manfaat lain decluttering adalah sebagai berikut.

    1. Ruangan lebih sehat

    Memiliki barang yang terlalu banyak biasanya malah membuat Anda kerepotan dalam merawatnya. Bahkan tak jarang, benda-benda tersebut hanya akan menjadi tempat bersarangnya kuman dan debu. Decluttering adalah cara terbaik untuk membantu Anda menciptakan ruangan yang lebih sehat dengan meminimalisir jumlah barang di dalamnya.

    2. Hemat waktu dan energi

    Selain lelah merawat, mempunyai banyak barang tentu juga memaksa Anda untuk menyediakan lebih banyak area kosong di rumah. Akhirnya, daftar tempat yang perlu Anda bersihkan pun semakin banyak. Untuk itu, singkirkan beberapa dan buat ruangan jadi sedikit lebih lega.

    3. Meningkatkan mood dan fokus

    Sama seperti aktivitas beberes lainnya, decluttering adalah kegiatan bebersih yang juga bisa meningkatkan mood baik Anda. Bukan hanya selama proses pengerjaan, hasil decluttering berupa ruangan rapi dan bersih juga akan menjaga suasana hati Anda tetap positif sehingga lebih fokus saat melakukan sesuatu.

    4. Ramah lingkungan

    Decluttering adalah cara bersih-bersih, dimana Anda dipaksa untuk menyimpan barang-barang yang memang penting saja. Sehingga seluruh ruang dalam rumah pun terbebas dari benda berlebih sehingga ramah lingkungan dan baik untuk kesehatan Anda bersama keluarga.

    5. Lebih damai

    Menerapkan decluttering artinya membebaskan diri dari aneka benda tak penting. Hasilnya, Anda pun tidak perlu memikirkan banyak hal sehingga jauh lebih damai dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

    6. Belajar kontrol dan apresiasi

    Bukan hanya sekedar ruangan bersih dan rapi, decluttering artinya menghargai setiap barang yang Anda miliki. Misalnya saja selama melakukan decluttering baju, Anda pasti akan menemukan pakaian lama yang mungkin saja dilupakan dan tak pernah terpakai.

    7. Mudah menemukan suatu barang

    Decluttering adalah metode yang identik dengan pengkategorian barang sesuai jenisnya. Akhirnya, Anda pun bisa menemukan benda tertentu secara lebih mudah karena sudah tahu kelompok tempat penyimpanannya.

    Baca juga: CARA MERAPIKAN TEMPAT TIDUR DENGAN CEPAT DAN MANFAATNYA

    Metode Decluttering

    Decluttering adalah metode cukup baru yang mungkin belum banyak orang tahu bagaimana cara memulainya. Untuk itu, berikut beberapa metode decluttering baju hingga aneka barang lain yang bisa Anda ikuti dan sesuaikan dengan minat dan kebutuhan.

    Metode 4 kotak

    Sumber: livingloving.net

    Sesuai namanya, metode 4 kotak decluttering artinya penyortiran barang dengan memanfaatkan beberapa buah box. Nantinya, keempat kotak ini akan dibagi dalam kategori “simpan”, “buang”, “pindah”, dan “berikan”. Hasilnya, Anda pun cukup meletakkan benda maupun koleksi ke dalam kotak sesuai jenisnya.

    Ala KonMari

    Sumber: hips.heartsapps.com

    Metode decluttering ala KonMari pertama kali dikenal dari buku Marie Kondo yang berjudul The Life-Changing Magic of Tidying Up. Ia menjelaskan bahwa decluttering adalah special event tidying, dimana Anda bisa memulainya dengan membuang seluruh benda yang tidak lagi diperlukan.

    Gaya minimalist game

    Sumber: cluttergone.ca

    Berbeda dengan metode lainnya, Ryan Nicodemus dan Joshua Fields Millburn berusaha untuk memberikan sentuhan menyenangkan pada aplikasi tips decluttering. Artinya, ada beberapa tantangan seperti dalam game yang harus Anda selesaikan. Sebagai contoh, minimalist game  proses decluttering yang dilakukan sesuai tanggal. Jadi Anda harus rela menyingkirkan barang sejumlah tanggal pada hari tersebut.

    Packing party

    Sumber: hellomagazine.com

    Masih dengan penemu yang sama, Ryan Nicodemus dan Joshua Fields Millburn juga mencetuskan tips decluttering packing party. Metode ini mengharuskan Anda untuk membuat simulasi suasana pindahan sehingga hanya barang-barang penting saja yang dibawa. Hasilnya, Anda pun dipaksa meninggalkan benda yang memang tak lagi diperlukan.

    Cara Memulai Decluttering

    Meski dengan metode berbeda, setidaknya inilah beberapa langkah dalam memulai decluttering secara umum yang bisa Anda ikuti sebagai pemula.

    1. Mulai dari bagian ruangan terdalam

    Setiap ruangan biasanya punya bagian terdalamnya masing-masing. Misalnya saat membersihkan kamar tidur, sebaiknya mulailah dari area lemari pakaian ataupun rak-rak penyimpanan. Selanjutnya, lanjutkan ke area lain yang lebih mudah dijangkau pandangan.

    2. Rapikan ruang secara berkala

    Bila jarang dilakukan, mungkin decluttering adalah aktivitas yang sangat menguras tenaga. Oleh karena itu, biasakan untuk selalu merapikan ruang secara berkala sehingga saat proses bersih-bersih pun bisa selesai lebih cepat.

    3. Berikan ruang penyimpanan untuk setiap barang

    Agar tidak terlihat berantakan, Anda bisa memanfaatkan aneka jenis tempat penyimpanan untuk menaruh barang-barang di rumah. Khusus benda penting, sebaiknya sediakan storage permanen seperti lemari untuk pakaian ataupun kabinet penyimpanan alat-alat memasak.

    4. Letakkan barang sesuai jenisnya

    Setelah rak-rak penyimpanan sudah siap, kini saatnya untuk menempatkan setiap benda sesuai kategorinya. Kelompokkan setiap benda dan letakkan di satu tempat yang sama. Selain lebih rapi, Anda pun tak akan kesusahan saat ingin menemukannya.

    5. Buang barang yang sudah tidak terpakai

    Tips decluttering paling penting adalah berani untuk membuang benda yang memang sudah tidak lagi digunakan. Misalnya seperti baju semasa Anda kecil, tumpukan koran dari beberapa tahun lalu, hingga alat elektronik usang yang tak lagi menyala.

    Menerapkan beberapa tips decluttering akan sangat membantu Anda untuk merapikan rumah dengan cara yang cukup sederhana dan mudah dilakukan sehari-harinya. Bila dikerjakan secara konsisten, Anda akan merasakan kedamaian karena merasa lebih bersih dan bebas dari tumpukan barang yang tak berguna.

    Di samping menyortir barang-barang di rumah, Anda juga bisa menerapkan tips decluttering dengan memilih furniture berkualitas yang fungsional. Hal ini bertujuan agar seluruh perabot di rumah Anda bisa awet dan dapat digunakan dalam waktu yang lama, sesuai prinsip minimalis. Untuk itu, percayakan kebutuhan furniture dan dekorasi rumah Anda bersama iCreate!

    Baca juga: 11 TRIK RAHASIA MENATA RUANG TAMU, LEBIH LUAS DAN NYAMAN