Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Dekorasi Dapur

    12 Dekorasi Dapur Minimalis Nyaman, Sederhana Mudah Ditiru

    Dekorasi dapur yang tepat memang bisa meningkatkan mood dan semangat memasak jadi lebih tinggi. Apalagi seiring dengan meningkatnya fungsi dapur sebagai tambahan ruang berkumpul, pemilihan dekorasi serta tempat penyimpanan sesuai kebutuhan tentu akan berperan penting untuk membuat Anda dan keluarga merasa nyaman di dalamnya.

    Tren desain serta gaya hidup yang terus berkembang membuat dekorasi dapur juga semakin menarik dan bermacam-macam. Daripada penasaran, berikut 12 rekomendasi dekorasi dapur cantik minimalis yang mewah dan elegan.

    12 Ide Dekorasi Dapur Cantik Minimalis

    Suka masak ataupun tidak, memiliki dapur estetik di rumah tentu idaman setiap orang. Untuk itu, yuk intip 12 pilihan dekorasi dapur cantik minimalis yang keren berikut!

    Papan tulis hitam untuk display menu pilihan

    dekorasi dapur

    Sumber: lavarincasa.it

    Inspirasi dekorasi dapur cantik pertama ini tentu sudah sering Anda lihat di cafe-cafe kekinian yang biasanya mengusung konsep minimalis. Agar tampilan dapur tidak monoton, Anda pun bisa mengadopsi desain penuh gaya untuk tampilan baru yang lebih unik dan menyegarkan. Tambahkan papan tulis hitam dan pajang menu favorit keluarga yang akan dimasak hari ini. 

    Apik dengan konsep minimalis rustic

    dekorasi dapur

    Sumber: assets.blog.hgtv.ca

    Biasanya, konsep rustic seringkali digunakan pada acara-acara outdoor tertentu seperti resepsi pernikahan, ulang tahun, dan gathering. Detail rustic yang memadukan sentuhan tradisional pedesaan alami dengan aksen modern jadi alasan mengapa ia begitu disukai banyak orang. Bila Anda salah satunya, dekorasi dapur minimalis dengan paduan konsep rustic tentu wajib jadi salah satu list referensi yang patut dicoba.

    Segar dengan warna-warni cerah

    dekorasi dapur

    Sumber: ksa-g.com

    Keindahan dekorasi dapur tidak selalu dibentuk dari perpaduan warna-warna basic yang netral. Oleh karena itu, ekspresikan diri dan ciptakan dapur impian dengan desain sesuka Anda. Misalnya saja jika Anda lebih menyukai tampilan terang yang menyegarkan mata, maka inspirasi desain dapur dengan warna-warni cerah di atas bisa jadi pilihan terbaiknya.

    Pijaran lampu kuning yang hangat

    dekorasi dapur

    Sumber: ideahuntr.com

    Hitam termasuk warna dengan tone gelap sehingga bila tidak diatur dengan benar akan menghasilkan tampilan interior yang terkesan suram dan menakutkan. Bila Anda yang sudah berencana membuat dapur dengan dominasi warna hitam, desain di atas bisa jadi salah satu inspirasinya. Selama didukung dengan aspek pencahayaan yang sesuai, dekorasi dapur minimalis Anda tentu akan tampak berkelas.

    Nuansa klasik dengan paduan marmer dan kayu

    dekorasi dapur

    Sumber: hips.hearstapps.com

    Biasanya, nuansa klasik identik akan interior berukuran luas yang tampak lapang. Namun ternyata di tengah sempitnya lahan, Anda juga tetap bisa mewujudkan dekorasi dapur minimalis impian dengan paduan aksen marmer dan kayu. Manfaatkan marmer sebagai dinding dan permukaan meja dapur untuk menghadirkan nuansa klasik. Kemudian gunakan kursi kayu dan berikan tanaman hijau agar suasana dapur tetap terasa segar alami.

    Tetap keren dengan sentuhan rona turquoise

    dekorasi dapur

    Sumber: homeawakening.com

    Meski tidak banyak dipakai, warna-warna anti mainstream seperti turquoise ternyata juga mampu menciptakan dekorasi dapur cantik yang unik dan berbeda dari kebanyakan kitchen design lainnya. Apalagi ditambah dengan motif setengah lingkaran yang tak biasa, tentu akan membuat tampilan dapur Anda terlihat keren dan stylish.

    Maksimal dengan detail minimal

    dekorasi dapur

    Sumber: dwell.com

    Finishing halus, minim detail, pemilihan warna basic, tambahan aksen alami dari tumbuhan dan kayu sudah pasti membuat inspirasi desain di atas wajib masuk list dekorasi dapur minimalis yang juga patut Anda coba. Selain tampilan cantik, Anda pun tak perlu mengeluarkan biaya berlebih untuk bisa mewujudkan desain dapur di atas. Tertarik menghadirkannya?

    Corak dinding marmer yang stand out

    dekorasi dapur

    Sumber: cdn.shopify.com

    Jika biasanya marmer digunakan sebagai permukaan meja dapur, inspirasi desain kali ini tampaknya mencoba kreatif dengan memanfaatkannya untuk tampilan dinding. Tak hanya itu, corak marmer yang dipilih pun tampak unik dengan motif abstrak berukuran sedang hingga besar. Walau demikian, dekorasi dapur cantik di atas tetap terlihat memukau bukan?

    Lampu gantung bulat untuk nuansa elegan klasik

    dekorasi dapur

    Sumber: brockpropertyrefurbishments.co.uk

    Tema klasik termasuk desain interior timeless yang tak akan lekang oleh waktu. Sampai puluhan tahun kedepan, dekorasi dapur elegan berkelas seperti desain di atas akan masih tetap eksis dan disukai oleh banyak orang. Identik akan kesan mewah, kehadiran lampu gantung bentuk bulat di tengah-tengah dapur bisa jadi salah satu pilihan dekorasi yang dapat Anda pilih.

    Segar dengan tanaman hias indoor

    dekorasi dapur

    Sumber: media.designcafe.com

    Dapur merupakan salah satu area di rumah yang berpotensi untuk menghasilkan udara panas dari proses memasak ataupun pemanasan makanan. Oleh karena itu, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi persoalan ini. Misalnya saja dengan memastikan kelancaran sirkulasi udara dan menambahkan beberapa tanaman hijau di dalamnya. Jika masih bingung, Anda bisa mempelajari karakteristik setiap tumbuhan di 13 JENIS TANAMAN HIAS INDOOR UNTUK RUANGAN & MUDAH DIRAWAT

    Kekinian dengan warna-warna terang

    dekorasi dapur

    Sumber: lakeland-furniture.co.uk

    Bila tidak ingin terikat dengan konsep tertentu, dekorasi dapur minimalis berwarna-warni seperti desain di atas bisa jadi salah satu referensi yang layak dicoba. Gunakan warna dasar yang netral seperti putih lalu berikan perabot atau aksesoris terang di sekitar dapur. Dijamin, interior dapur Anda akan tampak lebih hidup dan berwarna.

    Integrasi alam terbuka dengan konsep open space

    dekorasi dapur

    Sumber: mydomaine.com

    Konsep open space dengan integrasi alam terbuka memang tengah menjadi desain interior yang banyak diminati akhir-akhir ini. Salah satunya dapat dilihat dari dekorasi dapur minimalis di atas. Anda pun bisa coba menghadirkannya dengan memberikan akses entrance yang cukup lebar antara dapur dan taman. Hal ini akan membuat sirkulasi udara di sekitar dapur terasa lebih segar sehingga tidak pengap karena penuh oleh asap hasil memasak.

    Ukuran Tinggi Meja Dapur

    Dekorasi dapur ideal dibentuk dari kombinasi keindahan desain dan proporsional rasio setiap elemen di dalamnya. Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan juga yaitu seputar pembuatan meja dapur. Sebab dengan ukuran yang tepat, aktivitas memasak bisa jadi lebih menyenangkan. Lalu bagaimana cara menghitung ukuran tinggi meja dapur yang tepat?

    Secara umum, ada rumus super mudah yang dapat Anda jadikan sebagai patokan awal. Perhitungan tersebut akan menyesuaikan ukuran tubuh Anda dengan standar tinggi meja dapur. Contohnya, bila Anda mempunyai tinggi 170 cm, maka perhitungannya akan menjadi seperti ini

    • Bagi ukuran tinggi tubuh dengan angka 2
    • Diperoleh hasil 170 : 2 = 85cm
    • Kemudian tambahkan hasil tersebut dengan angka 5
    • Hasil akhirnya yaitu 85 + 5 = 90cm

    Jadi jika Anda memiliki tinggi tubuh sekitar 170 cm, maka ukuran meja dapur yang ideal yaitu sekitar 90 cm.

    Tak cukup sampai disitu, sebab Anda juga perlu memperhatikan lebar meja, luas area memasak, jarak antar kabinet, hingga ukuran kitchen sink sesuai layout dapur pilihan. Jangan sampai, keindahan dapur Anda tidak diimbangi dengan standar ukuran yang ideal. Untuk itu, pahami standar perhitungannya lebih lanjut di TINGGI MEJA DAPUR IDEAL INDONESIA, BEGINI CARA MENGHITUNGNYA.

    --

    Itulah 12 ide dekorasi untuk dapur yang bisa Anda coba terapkan di rumah. Meski sempit, pemilihan desain yang tepat tentu akan membuat dapur Anda tetap tampil maksimal. Bahkan dengan perencanaan pembangunan yang cermat, dekorasi dapur minimalis bisa jadi lebih efektif dan optimal. Oleh karena itu, Anda benar-benar harus teliti memilih setiap elemen yang akan diletakkan pada dapur.

    Bila masih kesulitan, Anda bisa menemukan perlengkapan dan kebutuhan dekorasi dapur di laman iCreate. Sebagai toko furniture online terdepan di Indonesia, iCreate jual lemari kabinet serta rak susun serbaguna yang bisa Anda manfaatkan sebagai tempat penyimpanan di dapur. Klik laman iCreate sekarang dan wujudkan dapur impian Anda dengan berbagai promo menarik khusus hari ini!

    Baca juga: 12 DESAIN DAPUR TERBUKA MINIMALIS, BUAT MASAK JADI SERU