Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Denah Apartemen

    7 Referensi Denah Apartemen Minimalis yang sesuai Kebutuhan

    Denah apartemen minimalis saat ini tengah digemari. Tidak sedikit orang yang lebih memilih apartemen sebagai tempat singgah mereka daripada membeli sebuah rumah, apalagi bagi kaum millennials yang tengah bekerja dan belum berkeluarga. 

    Karena itu, perencanaan desain apartemen harus diperhatikan dengan baik agar Anda bisa beristirahat dengan nyaman. Ada berbagai tipe desain apartemen yang bisa Anda terapkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Bagi Anda yang tertarik membeli apartemen, simak inspirasi denah apartemen terbaik di bawah ini.

    7 Ide Denah Apartemen Pilihan

    Anda bisa mengatur desain apartemen Anda dengan berbagai tipe kamar. Bagi keluarga, biasanya akan membutuhkan 2-3 kamar tidur. Sedangkan jika Anda sendiri maka Anda bisa mengaturnya dengan denah apartemen tipe studio. Berikut ulasan selengkapnya.

    Contoh denah apartemen minimalis 1 lantai

    denah apartemen

    Untuk memberikan kesan yang luas pada denah apartemen minimalis 1 lantai, Anda bisa membaginya menjadi dua ruangan. Pada gambar diatas, ruangan pertama berukuran 34 x 17 meter dan ruangan kedua berukuran 16 x 12 meter. 

    Ruangan pertama bisa Anda jadikan ruang tamu sekaligus meja dapur berdampingan. Sedangkan untuk ruangan kedua yang lebih pribadi untuk kamar tidur dan kamar mandi. Jika Anda tinggal sendiri, penataan denah seperti ini sudah cukup untuk Anda.

    Contoh denah apartemen minimalis 2 lantai

    denah apartemen

    Untuk apartemen dengan 2 lantai, Anda bisa menerapkan denah seperti gambar diatas. Untuk ruang terbuka seperti ruang tamu, dapur dan kamar mandi tamu Anda bisa meletakkannya di lantai pertama. 

    Tatanan tersebut akan membuat Anda memiliki ruang tamu yang luas yang muat untuk menerima banyak tamu. Penataan meja makan  yang berdampingan dengan ruang tamu akan membuat space ruang keluarga Anda juga menjadi lebih luas.

    Lantai 2 terkesan lebih pribadi, karena itu Anda bisa meletakkan kamar dan kamar mandi pribadi. Ukuran apartemen 2 lantai cukup luas, untuk itu Anda bisa menambahkan 2 kamar di dalamnya. Anda juga bisa membangun kamar mandi yang sedikit lebih luas.

    Baca juga: 13 DESAIN RUMAH BERTINGKAT MINIMALIS MEWAH TERBARU

    Contoh denah apartemen 1 kamar tidur

    denah apartemen

    Denah apartemen 1 kamar tidur pada gambar di atas bisa Anda terapkan pada ukuran apartemen yang luas. Anda bisa membangun kamar tidur pribadi yang berukuran besar, ruangan ini juga memungkinkan Anda membuat sebuah walking closet di dalam kamar. 

    Dengan tipe apartemen 1 kamar tidur, Anda akan mendapatkan ukuran ruang keluarga dan dapur yang luas serta memungkinkan Anda untuk membangun taman. Bagi Anda yang menyukai ruangan dengan gerak bebas, tipe yang satu ini cocok untuk Anda.

    Contoh denah apartemen 2 bedroom

    denah apartemen

    Dengan penataan denah apartemen 2 bedroom bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan ruangan yang luas. Pada gambar diatas, ruang keluarga menjadi satu dengan dapur dan meja makan tanpa adanya sekat. 

    Penataan seperti itu akan membuat ruangan terkesan lebih luas. Denah apartemen 2 kamar tidur tersebut bisa didesain dengan penataan 2 kamar yang berdampingan di bagian belakang. Adanya lorong kecil dan kamar mandi di depan kamar akan membuat kamar Anda menjadi lebih tertutup, sehingga privasi Anda tetap bisa terjaga.

    Contoh desain apartemen 3 kamar tidur

    denah apartemen

    Dengan kebutuhan kamar yang tidak sedikit, tentu saja akan mengurangi jatah luas ruangan yang lain. Desain apartemen 3 kamar bisa Anda buat dengan 2 kamar utama yang luas dan satu kamar kecil. 

    Masing-masing kamar bisa Anda letakkan di ujung-ujung ruangan, sehingga di ruangan tengah akan cukup untuk ruang tamu dan meja makan. Penataan ruang yang strategis seperti gambar di atas akan membuat Apartemen Anda memiliki fasilitas lengkap seperti dapur dan kamar mandi.

    Contoh denah apartemen tipe studio

    denah apartemen

    Denah apartemen tipe studio cocok sebagai hunian mahasiswa. Apartemen tipe studio memiliki ukuran yang kecil. Agar tidak terasa sempit, setiap ruangan dibuat tanpa sekat seperti pada gambar di atas, kecuali kamar mandi. 

    Jika ingin desain apartemen studio terasa lebih luas lagi, Anda mungkin bisa menghilangkan sofa di bagian tengah dan menggantinya dengan bean bag. Hal ini juga akan membuat ruangan menjadi lebih cozy.

    Contoh desain apartemen tipe loft

    denah apartemen

    Desain apartemen ini menonjolkan mezzanine sebagai desain utamanya. Tipe apartemen ini memiliki ukuran ruangan yang tinggi. Anda bisa menempatkan kamar tidur dan ruang kerja di lantai atas. Sedangkan untuk ruang tamu dan dapur bisa Anda tempatkan di lantai bawah. Desain apartemen ini tidak membutuhkan ruangan yang luas, namun disarankan pada ruangan yang tinggi.

    Itu dia beberapa inspirasi penataan desain apartemen yang bisa menjadi referensi Anda. bukan hanya penataan yang baik saja, namun untuk mendapatkan hunian yang nyaman juga harus diiringi dengan perawatan yang baik pula. Untuk mendapatkan informasi seputar desain dan perawatan rumah, simak artikel iCreate lainnya!

    Baca juga: 13 DESAIN KAMAR TINGKAT MINIMALIS TERBARU, HEMAT RUANG!