Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Desain Atap Rumah

    10 Desain Atap Rumah Minimalis Modern yang Menjadi Favorit

    Membuat rumah tampil lebih cantik tidak hanya bisa diterapkan dari sisi interiornya saja. Anda bisa melengkapi kecantikan rumah termasuk pada bagian terluar atau exterior rumah, salah satunya pada desain atap rumah.

    Atap rumah berfungsi untuk melindungi hunian dari panas, hujan maupun bencana. Itulah sebabnya memilih kombinasi desain atap yang tepat harus menjadi perhatian. Berikut ide desain atap rumah minimalis yang bisa jadi referensi hunian Anda.

    10 Desain Atap Rumah Minimalis

    Agar menciptakan fasad hunian yang terlihat menarik, berikut 10 ide desain atap sederhana yang cocok untuk hunian sederhana Anda.

    Atap rumah datar

    desain atap rumah

    Sumber: nimvo.com

    Bagi Anda yang ingin menghadirkan desain rumah minimalis namun low budget, maka atap rumah datar bisa jadi pilihannya. Desain atap rumah datar minimalis ini tidak akan memakan banyak biaya karena material yang dibutuhkan tidak begitu banyak sehingga waktu pengerjaan lebih sebentar.

    Selain itu, desain atap model datar juga dibuat lebih miring untuk mencegah genangan air. Sehingga cocok dijadikan atap rumah dengan bagi Anda yang tinggal di daerah dengan intensitas curah hujan tinggi agar tidak mudah bocor.

    Atap rumah hexagon

    desain atap rumah

    Sumber: loc.gov

    Jika biasanya Anda menemukan atap berbentuk hexagon pada gazebo, maka desain ini juga bisa diaplikasikan menjadi atap rumah. Desain atap rumah hexagon akan membuat tampilan rumah terlihat menarik dan makin mempesona. Selain itu, sudut pertemuan yang runcing dengan lengser miring drastis juga dapat menghadap tiupan angin. Sehingga cocok digunakan sebagai atap rumah Anda yang berada di wilayah berangin.

    Atap rumah pelana

    desain atap rumah

    Sumber: 123rf.com

    Desain atap rumah sederhana ini tentu bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia. Model pelana, dimana menjadi desain teraman di antara jenis atap rumah minimalis lainnya. Sebab terbentuk dari dua sisi miring dengan ujung yang bertemu sehingga cocok dijadikan pelindung di segala macam cuaca. Kemiringannya yang 30 derajat dapat menyerap panas dengan baik dan mampu membuat aliran air hujan mengalir ke talang secara lancar.

    Atap rumah lengkung

    desain atap rumah

    Sumber: optolov.ru

    Jika biasanya Anda melihat desain atap lengkung di aula, maka desain ini juga bisa diterapkan di rumah. Desain atap rumah minimalis berbentuk lengkung akan membuatnya terlihat menarik dan tahan panas. Selain itu, bentuknya yang cembung juga akan membantu mengurangi transmisi panas ke dalam rumah. Sehingga rumah akan tetap sejuk meskipun musim kemarau tiba.

    Atap rumah dome

    desain atap rumah

    Sumber: fotocommunity.de

    Bagi Anda yang ingin menghadirkan desain atap rumah modern unik, maka model dome bisa jadi pilihan. Model atap rumah ini berbentuk seperti kubah dengan dilengkapi genteng kaca ataupun karya mozaic. Selain itu, karena lengkungan bangunan yang sempurna tentu membuatnya tahan angin dan air hujan bisa mengalir cepat ke bawah.

    Baca juga: 6 Model Atap Rumah Minimalis Terbaru untuk Huniah Anda

    Atap rumah silikon

    desain atap rumah

    Sumber: roofmaxx.com

    Bagi Anda yang menyukai desain rumah bernuansa modern, maka atap rumah silikon cocok sebagai pelengkapnya. Desain atap rumah modern ini memiliki kemiringan sekitar 20 inci sampai 40 inci Biasanya atap rumah silikon cocok diaplikasikan pada wilayah dengan curah hujan tinggi maupun bersalju. Tapi bagi Anda yang berada di daerah tropis, desain atap ini tetap terlihat menarik dan bisa disesuaikan kemiringannya tergantung keinginan.

    Atap rumah kontemporer

    desain atap rumah

    Sumber: floorplans.com

    Bagi Anda yang ingin menghadirkan desain atap rumah modern dan tradisional maka model kontemporer bisa jadi pilihannya. Model atap ini akan mengkombinasikan antara flat roof panjang dengan warna kayu untuk menampilkan perpaduan yang selaras.

    Atap rumah berulir

    desain atap rumah

    Sumber: smallivingroomideas.org

    Bagi Anda yang tinggal di daerah dengan curah hujan tinggi, misalnya saja Bogor maka desain atap rumah minimalis berulir bisa jadi pilihan. Model atap rumah ini akan membantu menangkap tetesan air hujan secara sempurna sehingga bunyinya tidak akan terdengar.

    Atap rumah reguler (hip roof)

    desain atap rumah

    Sumber: world-arcitects.com

    Selain desain atap pelana, maka model reguler (hip roof) juga tak kalah populer. Desain atap rumah sederhana ini menggabungkan 4 sisi dinding rumah dan bentuk seperti segitiga. Tentunya jenis atap rumah ini akan terlihat simpel namun juga tetap menarik jika Anda bisa mengkombinasikan dengan warna yang tepat. Selain itu, bagi Anda yang tertarik menggunakan atap rumah reguler maka akan dapat menangkis angin kencang karena permukaan bagian atapnya tidak rata.

    Desain atap perisai

    desain atap rumah

    Sumber: apkpure.com

    Seperti namanya model atap rumah ini berbentuk perisai atau sering disebut limas. Desain atap rumah minimalis ini merupakan penyempurnaan dari model pelana. Dimana memiliki dua bidang atap berbentuk segitiga siku-siku dengan kemiringan sama sehingga terkesan seperti rumah adat. Selain terlihat artistik, desain atap model perisai juga akan mampu memberikan perlindungan pada dinding rumah terhadap sinar matahari maupun hujan.

    Menghadirkan desain atap yang unik tentunya akan membuat rumah terlihat menarik dari kejauhan. Namun, meskipun desain atap rumah minimalis sangatlah beragam tetaplah pilih sesuai kebutuhan dan fungsinya. Jadi, kalau Anda suka tipe atap rumah seperti biasa ataupun desain desain unik seperti beberapa referensi diatas?

    Baca juga: 12 Inspirasi Desain Rumah Atap Miring, Unik dan Hits Banget!