Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Desain Gapura

    12 Desain Gapura Minimalis Unik Terbaik yang Wajib Ditiru

    Desain gapura yang unik dipercaya bisa menjadi ciri khas suatu tempat. Apalagi mengingat fungsinya sebagai pintu masuk, bagian gapura tentu bisa menjadi impresi ikonik yang akan selalu diingat. Sehingga, dapat dikatakan bahwa penilaian orang lain terhadap daerah tersebut akan meningkat.

    Tak hanya sebagai ikon suatu daerah, rumah pun dapat disempurnakan tampilannya dengan kehadiran pintu masuk yang elegan. Jika Anda sedang mencari inspirasi desain gapura untuk hunian, jangan khawatir. Langsung saja, simak beberapa rekomendasi terbaiknya di sini!

    12 Rekomendasi Desain Gapura Minimalis

    Memilih desain gapura yang sesuai dengan konsep rumah terkadang bisa membingungkan. Pasalnya, jika tampilannya enak dipandang dapat menambah keindahan suatu hunian. Begitupun kebalikannya, apabila pemilihannya tak sesuai, kehadirannya justru terkesan mubazir. Untuk itu, berikut beberapa inspirasinya untuk Anda!

    Nuansa tradisional dengan desain gapura minimalis kayu 

    Sumber: gregba.com

    Gapura dengan bahan kayu dapat menjadi pilihan jika Anda ingin menghadirkan nuansa tradisional pada hunian. Pada konsep ini, kehadiran gerbangnya dapat menambah sisi estetika bangunan. Akan tetapi perlu diingat untuk memilih material berkualitas terbaik seperti kayu jati atau mahoni, agar tahan lama dan tidak mudah lapuk.

    Desain gapura besi dan batu alam pada pintu masuk hunian

    Sumber: buechelstone.com

    Desain gapura minimalis dengan kombinasi material batu alam dan besi dapat dijadikan pilihan menarik. Bentuknya pun cenderung simpel dengan atap datar dan pilar-pilar kotak. Elemen batu alamnya dinilai mampu menciptakan suasana masa lalu, sementara gerbang besinya yang dicat warna abu-abu menghadirkan nuansa modern yang minimalis.

    Sentuhan artistik pada desain gapura modern minimalis 

    Sumber: behance.net

    Anda pasti setuju jika model gapura di atas menghadirkan kesan minimalis yang artistik. Bentuk salah satu ujungnya yang miring serta lancip membuatnya terlihat penuh gaya. Di samping itu, penciptaan dinding motifnya menambah nilai seni pada gapura. Apalagi, pemilihan warnanya yang hangat menambah kesan yang elegan dan damai.

    Kesan mewah dan berkelas pada desain gapura modern apartemen

    Sumber: pinterest.com

    Inspirasi model gapura selanjutnya dirancang untuk menghadirkan kesan mewah nan berkelas. Motif unik pada atapnya terlihat seolah menciptakan keindahan yang memiliki nilai seni tinggi. Ditambah dengan kehadiran beberapa pilar mengkilapnya, menjadikan desain gapura di atas semakin terasa eksklusif. 

    Sentuhan kayu ulin pada gapura rumah minimalis

    Sumber: dsignsomething.com

    Penggunaan kayu ulin pada bahan bangunan sudah tidak asing lagi. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab ulin terkenal akan sifatnya yang keras serta anti rayap. Sehingga, gapura rumah dengan material kayu ulin tidak hanya akan menambah tampilan hunian jadi indah, namun juga akan bertahan untuk waktu lama.

    Gapura minimalis unik dengan desain kayu melengkung 

    Sumber: carpinteria.com

    Konsep gapura kayu yang dibuat melengkung dan bergelombang seperti gambar di atas dijamin akan membuat orang terpana. Desain kanopinya bertujuan sebagai pelindung pos keamanan serta portal di bawahnya. Secara visual, bentuknya yang begitu menarik dan unik menjadikannya daya tarik utama daerah tersebut. 

    Baca juga: 10 INSPIRASI DESAIN GERBANG PERUMAHAN MEWAH MINIMALIS MODERN

    Desain gapura bambu dengan sentuhan oriental yang khas

    Sumber: bing.com

    Desain gapura bambu dapat dijadikan pilihan yang tepat untuk menghemat budget. Model gerbangnya pun sederhana serta tidak memiliki banyak detail, sehingga tak akan memerlukan banyak pengeluaran. Namun, hunian Anda sudah bisa menikmati kehadiran gapura bambu yang otentik.

    Mengadopsi nuansa oriental Jepang, desain gapura bambu minimalis Anda tetap bisa terlihat indah dan menawan. Meskipun desainnya sederhana, gerbang ini terlihat begitu estetik dengan sentuhan aksen bambu yang khas.

    Konsep tradisional jawa pada model gapura jalan

    Sumber: pinterest.com

    Salah satu cara untuk melestarikan budaya dapat diterapkan pada desain sebuah gapura. Misalnya saja pada konsep gerbang kawasan di atas yang terlihat unik dan estetik dengan adaptasi adat Jawa Tengah. Saat melalui gapura tersebut, dijamin pengunjung akan merasakan pengalaman baru yang berbeda dibandingkan dengan melewati daerah lain.

    Desain gapura modern minimalis pada rumah

    Sumber: 

    Konsep gapura modern minimalis pada rumah seperti gambar di atas memberikan kesan yang privat dan tertutup. Sebab, ukuran gerbang yang tidak terlalu luas membuat bagian dalam hunian tidak sepenuhnya tersekspos. Di samping itu, adanya elemen batu alam dan kayu membuat konsep minimalis ini terkesan damai dan nyaman.

    Desain gapura minimalis dengan warna putih 

    Sumber: apthai.com

    Pemilihan warna putih pada gerbang masuk di atas memberikan kesan bersih dan elegan. Bentuk simetris perseginya juga menambah suasana damai serta tenang. Dilengkapi dengan dua pintu utama sebagai jalan masuk dan keluar membuat gapura di atas terasa eksklusif. Apalagi, tumbuhan hijau di sekitar gerbang menghadirkan nuansa sejuk nan asri.

    Konsep gapura pada daerah industrial

    Sumber: finsa.net

    Berbeda dari kebanyakan model gapura pada umumnya, gerbang masuk di daerah industri umumnya mengadopsi arsitektur futuristik yang modern. Selain itu, pemilihan material bangunannya juga menambah kesan artistik dengan menonjolkan garis-garis tegas pada atapnya. Pemilihan warna yang didominasi abu-abu gelap menjadikannya semakin terlihat kokoh.

    Kesan elegan dan cantik pada model gapura dinding roster 

    Sumber: behance.net

    Dinding roster memang tidak bisa dijadikan tembok utama pada sebuah bangunan. Namun, Anda bisa memasangnya sebagai dekorasi tambahan pada gapura gerbang seperti inspirasi di atas. Dengan begitu, konsep minimalisnya tetap ada namun tampilannya jadi lebih cantik dengan kehadiran roster di salah satu sisinya.

    Jadi, dari kedua belas inspirasi desain di atas, model manakah yang merupakan favorit Anda? Dari beberapa ide tersebut, dapat dilihat bahwa pemilihan gerbang yang tepat dapat menyempurnakan tampilan suatu hunian. Semoga rekomendasi desain gapura di atas dapat membantu Anda untuk menentukan pilihan. 

    Tak hanya menyuguhkan rekomendasi gapura saja, Anda bisa menemukan artikel seputar home idea lainnya di iCreate. Tersedia berbagai tips rumahan, rekomendasi desain interior serta eksterior hunian, dan masih banyak lagi. Yuk, langsung saja klik tab blog iCreate sekarang juga!

    Baca juga: 12 INSPIRASI MODEL GAPURA MINIMALIS TERBAIK, PATUT DITIRU!