Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Desain Jendela

    12 Inspirasi Desain Jendela Minimalis Modern, Unik dan Keren!

    Tidak hanya sebagai pelengkap desain rumah, jendela juga berfungsi sebagai ventilasi udara dan pencahayaan alami. Untuk itu, dibutuhkan desain jendela rumah yang tepat agar tampilan rumah terlihat menarik dan bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Berikut beberapa inspirasi desain jendela rumah minimalis modern yang bisa jadi pilihan Anda.

    12 Inspirasi Desain Jendela Rumah

    Agar tampilan rumah terlihat modern dengan desain yang menarik coba aplikasikan salah satu dari 12 desain jendela minimalis berikut sebagai referensi untuk ventilasi udara alami dalam ruangan.

    1. Hung Window

    desain jendela

    Sumber: bobvila.com

    Inspirasi hung window bisa jadi pilihan bagi Anda yang menyukai desain vintage. Desain ini memiliki ciri khas engsel pada bagian tengah yang bisa digeser secara horizontal. Selain itu, jendela ini juga memiliki ventilasi udara unik yang bisa digunakan pada ruangan kecil.

    Hung window memiliki dua desain yaitu, single hung dan double hung. Ciri khas single hung hanya bisa dibuka satu bagian saja, sedangkan double hung bisa dibuka secara vertikal dan dibuka dua sisi pada bagian atas atau bawah.

    2. Transom window

    desain jendela

    Sumber: flickr.com

    Jendela bergaya Transom Window cocok diaplikasikan untuk Anda yang mempunyai kamar berukuran luas. Model ini memiliki kombinasi beberapa model jendela berupa persegi, elips, persegi panjang dan bentuk geometris lainnya. Aplikasi transom window pada kamar tidur Anda akan membantu cahaya masuk ke ruangan sehingga tidak perlu menyalakan lampu disiang hari.

    3. Sliding

    desain jendela

    Sumber: m.made-in-china.com

    Desain jendela minimalis sliding umumnya digunakan pada rumah modern. Sebab, model jendela ini bisa digeser secara horizontal sehingga akan terlihat menarik jika diletakkan pada berbagai desain rumah. Selain itu, sliding juga terlihat berkelas dan jauh lebih awet karena dibuat dari bahan kayu.

    4. Jendela Pivot

    desain jendela

    Sumber: archello.com

    Jendela pivot memiliki bentuk yang tampak mirip dengan sliding window. Bedanya hanya terdapat pada bentuk kusen dan modelnya. Umumnya, jendela pivot dibuat dari material kayu dan alumunium. Daya tarik jendela pivot biasanya terletak pada aksen engsel di bagian tengahnya.

    5. Wall Window

    desain jendela

    Sumber: hookedonhouses.net

    Wall window bisa jadi salah satu referensi bagi Anda yang memiliki rumah berlantai dua. Desain jendela rumah jenis ini cocok untuk dinding berbahan beton. Wall window biasanya berfungsi sebagai pemisah ruang internal maupun eksternal sehingga pemandangan di luar ruangan terlihat menarik. Sayangnya, wall window tidak pas untuk rumah berlantai satu. Sebab nantinya, aktivitas yang ada di dalam rumah akan terlihat sehingga berdampak pada privasi penghuninya.

    6. Awning Window

    desain jendela

    Sumber: retrorenovation.com

    Awning window merupakan salah satu desain jendela modern yang bisa jadi inspirasi Anda selanjutnya. Model jendela rumah ini banyak digunakan pada garasi, kabinet dan berbagai tempat yang lebih membutuhkan privasi serta ventilasi daripada estetika. Biasanya, awning window dibuat untuk membiarkan air hujan mengalir pada bukaan jendela.

    Baca juga: 9 MODEL JENDELA RUMAH MINIMALIS MODERN POPULER TERBARU 2021

    7. Jalousie Window

    desain jendela

    Sumber: gjames.com

    Penggemar desain rumah klasik dan vintage pasti akan menyukai model jalousie window. Biasanya, jalousie window terbuat dari beberapa lapisan kaca sehingga akan cocok jika diletakkan pada area kamar maupun ruangan yang menghadap ke teras. 

    8. Hopper Window

    desain jendela

    Sumber: modernize.com

    Desain jendela rumah unik selanjutnya adalah hopper window. Desain ini punya ciri khas berupa engsel yang terletak pada bagian bawah sehingga akan menghadap ke atas ketika dibuka. Namun, sayangnya hopper window tidak cocok diaplikasikan pada ruang tamu. Hal ini dikarenakan ketika terjadi hujan percikan air akan bisa menggenang di jendela.

    9. Garden Window

    desain jendela

    Sumber: blog.innovatebuildingsolutions.com

    Garden window atau yang sering disebut dengan jendela taman adalah desain jendela minimalis yang tampak seperti kotak kaca dengan rak untuk tanaman dan tumbuhan. Biasanya, garden window memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, sehingga cocok diletakkan pada area dapur, tempat makan maupun kamar mandi untuk memberikan udara segar.

    10. Bow Window

    desain jendela

    Sumber: flickr.com

    Desain jendela modern bow window merupakan model lengkung yang cocok diaplikasikan di berbagai tipe rumah. Bow window dirancang untuk memberikan pemandangan indah lebih jauh dari jalan maupun taman. Biasanya, bow window menggabungkan empat atau lebih casement window.

    11. Skylight Window

    desain jendela

    Sumber: blinds.com

    Model skylight window banyak disukai oleh para pecinta desain jendela modern dengan nilai estetika tinggi. Model jendela ini cocok diaplikasikan pada bagian atas langit langit rumah. Sebab selain menghasilkan cahaya alami, desain skylight window juga memungkinkan penghuninya untuk melihat pemandangan langit yang indah.

    12. Stationary Window

    desain jendela

    Sumber: hautblog.wordpress.com

    Stationary window cocok dijadikan diaplikasikan pada rumah berukuran minimalis. Desain jendela minimalis ini bergaya kontemporer dan sederhana. Sayangnya, stationary window tidak bisa dibuka. Jadi, Anda harus mempertimbangkan pembuatan ventilasi udara di rumah.

    12 Inspirasi desain jendela rumah unik di atas bisa jadi pilihan untuk rumah Anda. Namun tentunya Anda juga harus memperhatikan penempatan dan konsep rumah agar desain jendela modern bisa tetap selaras dan berfungsi sebagaimana mestinya. jangan lupa juga perhatikan ukuran jendela agar tetap terlihat proporsional jika diaplikasikan di rumah Anda.

    Baca juga: 12 MODEL JENDELA RUMAH KLASIK MINIMALIS PALING KEREN 2021