Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Desain Kanopi

    10 Desain Kanopi Rumah Minimalis Terbaru untuk Garasi Kecil

    Untuk menjaga teras rumah dari sinar matahari dan air hujan, ada elemen hunian yang disebut dengan kanopi. Selain memperhatikan fungsi dan materialnya, desain kanopi rumah juga perlu dipilih dengan tepat. Jangan sampai, gaya kanopi malah membuat eksterior hunian kurang menarik. 

    Dari sekian banyak konsep, desain kanopi rumah minimalis cukup populer dan sering dipakai untuk melindungi carport hunian mungil. Pilihan materialnya pun beragam, bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan desain. Langsung saja, simak 10 desain kanopi rumah minimalis yang keren berikut ini.

    10 Desain Kanopi Rumah Minimalis

    Desain kanopi rumah minimalis tidak bisa dipilih dengan asal-asalan. Anda perlu melakukan sedikit riset agar model yang dipakai mampu memperindah eksterior hunian. Jangan khawatir, berikut 10 gaya atap teras pilihan untuk Anda. 

    Model kanopi rumah mungil

    desain kanopi

    Sumber: grovegarden.net

    Anda mempunyai hunian berukuran mungil? Tak masalah, Anda tetap bisa membuat teras yang cantik. Gaya atap teras pada gambar berikut berhasil memanfaatkan lahan yang terbatas dengan efisien. Eksterior hunian jadi semakin indah, bukan?

    Nuansa hitam dan kayu yang memukau

    desain kanopi

    Sumber: gardenstory.jp

    Padukan warna tegas dengan aksen kalem untuk membuat kanopi rumah minimalis seperti gambar berikut. Agar nuansa di malam hari semakin dramatis, tambahkan juga penerangan dengan tone warna hangat seperti kuning dan oranye. 

    Variasi atap carport dari bahan kaca

    desain kanopi

    Mungkin Anda pernah menemukan desain kanopi rumah minimalis yang memanfaatkan bahan kaca seperti model berikut. Meski tampak rapuh, kaca yang digunakan untuk membuat atap carport menggunakan bahan khusus sehingga kuat dan tahan lama. 

    Atap fiber yang unggul dan modern

    desain kanopi

    Sumber: sakabayashi.co.jp

    Salah satu bahan atap carport yang cukup populer digunakan adalah fiber. Desain canopy dari fiber berikut ini terlihat simpel, cocok untuk Anda yang menyukai model ringkas. Bahan fiber biasanya sering dipilih karena mempunyai kelebihan seperti ringan, kuat, tidak mudah pecah, mampu meredam sinar UV, dan tidak menimbulkan suara bising saat hujan.

    Minimalis dengan nuansa putih

    desain kanopi

    Sumber: press.hapisumu.jp

    Banyak pemilik hunian menggunakan warna hitam tegas untuk membalut rangka kanopi. Padahal, tone putih pun bisa menciptakan desain kanopi rumah minimalis yang elegan  seperti gambar berikut. Apapun pilihan Anda, usahakan agar warnanya tetap senada dengan hunian.

    Atap teras yang kokoh dan aman

    desain kanopi

    Sumber: homedeedee.com

    Jika Anda meletakkan furniture di teras rumah, gunakan material dan desain canopy yang tepat agar perabotan terjaga dari sinar matahari maupun air hujan. Jika atap teras dirasa aman, Anda pun bisa menghiasnya dengan beberapa lampu gantung seperti gambar berikut.

    Baca juga: CEK! 7 IDE DENAH APARTEMEN TERBAIK UNTUK HUNIAN YANG NYAMAN

    Desain kanopi baja ringan model V

    desain kanopi

    Sumber: gemilangjayasteel.com

    Jika bosan dengan pilar tegak, desain kanopi baja ringan berbentuk V juga bisa menjadi pilihan. Gaya atap teras seperti ini mampu menciptakan sentuhan modern yang kuat. Selain itu, desain kanopi baja ringan pun cocok untuk Anda yang memiliki budget terbatas karena harganya terbilang cukup murah. 

    Putih untuk sentuhan mewah

    desain kanopi

    Selain menciptakan kesan luxurious, warna putih yang dipadukan dengan desain kanopi baja ringan juga bisa memberi sentuhan kokoh pada hunian. Gunakan pula bahan fiber agar atap carport semakin aman.

    Desain kanopi baja ringan untuk teras samping

    desain kanopi

    Tak hanya bagian depan rumah, teras samping pun perlu dilindungi dengan kanopi. Furniture kayu pada teras samping rumah umumnya sangat rentan dengan air hujan maupun sinar matahari sehingga perlu diberi proteksi khusus.

    Desain kanopi baja ringan yang populer di Indonesia

    Jika berjalan-jalan di area perumahan, desain kanopi baja ringan dengan jenis UPVC biasanya sering ditemui. Meski tidak transparan, kanopi UPVC sering dipilih karena sangat kuat terhadap cuaca ekstrem, anti bocor, dan dapat meredam suara bising. Selain ekonomis, pemasangan dan perawatannya pun terbilang mudah.

    Tips Memasang Kanopi

    Sebelum melakukan pemasangan kanopi di rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari karena kurang teliti dalam memasang kanopi. 

    Ukuran yang tepat

    Tips pertama dalam memasang kanopi adalah memastikan ukuran luas teras dengan detail dan teliti. Dengan menghitung ukuran teras, Anda bisa memperkirakan berapa biaya pemasangan yang dibutuhkan untuk memasang kanopi. 

    Bahan kanopi

    Ada banyak jenis material kanopi yang bisa Anda pilih dan tersedia di pasaran. Mulai dari kanopi baja ringan, polikarbonat, kaca, zincalume, fiber, dan membran. Masing-masing tipe bahan kanopi mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri serta harga yang bervariasi. Sesuaikan jenis atap kanopi dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

    Desain canopy

    Desain canopy sangat mempengaruhi tampilan eksterior hunian, sehingga bentuk atau modelnya perlu Anda perhatikan dengan cermat. Usahakan juga agar desain kanopi rumah minimalis serasi dengan gaya dan warna hunian. 

    Kondisi lingkungan

    Selanjutnya, jangan lupa untuk menyesuaikan bahan kanopi dengan kondisi lingkungan di tempat Anda tinggal. Jika rumah Anda berada di daerah dengan curah hujan tinggi, gunakan material kanopi yang bisa meredam suara.

    Jasa profesional

    Tips terakhir agar pembuatan kanopi lebih mudah adalah menggunakan jasa profesional. Diskusikan kondisi dan kebutuhan rumah Anda bersama dengan jasa pemasangan kanopi profesional. Biasanya, jasa-jasa ini juga akan memberi saran tentang bahan kanopi terbaik dan model yang cocok untuk rumah Anda. 

    Setelah menyimak 10 desain kanopi di atas, konsep seperti apa yang menjadi favorit Anda? Sebelum memasang kanopi, jangan lupa untuk bertanya kepada profesional agar material dan desain yang dipilih sesuai dengan kebutuhan. Bila masih bingung, ada juga beberapa model kanopi baja ringan yang mungkin sesuai dengan konsep hunian impian Anda.

    Selain memastikan carport Anda aman dari segala jenis cuaca, selanjutnya adalah mempercantik interior hunian. iCreate punya beragam furniture berkualitas yang bisa membuat hunian semakin menarik. Tak perlu khawatir, harganya pun cukup terjangkau. Tunggu apalagi? Kunjungi beranda iCreate sekarang dan pilih furniture favorit Anda!

    Baca juga: LEBIH BAIK TOWNHOUSE ATAU CLUSTER? CEK PERBEDAANNYA!