Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Desain Kolam Ikan Minimalis

    10 Inspirasi Desain Kolam Ikan Minimalis dan Sederhana

    Memiliki hobi memelihara hewan tentu dapat menjadi salah satu cara untuk menghilangkan stres. Selain kucing dan anjing, ikan menjadi hewan peliharaan yang sering ditemukan di berbagai rumah. Tak harus selalu menggunakan aquarium, Anda bisa memilih berbagi desain kolam ikan yang unik sebagai alternatifnya. 

    Pemilihan desain bisa disesuaikan dengan luas area dan kebutuhan Anda. Agar tidak salah pilih, berikut 10 desain kolam ikan minimalis untuk inspirasi di rumah!

    Desain Kolam Ikan Minimalis

    Rumah akan terlihat semakin indah ketika Anda berhasil memilih desain kolam ikan yang tepat. Yuk cek inspirasi desain kolam ikan minimalis dan sederhana berikut ini!

    Kolam Ikan Model Batu Alam

    Bagi Anda yang ingin memelihara ikan dan menghadirkan kolam di depan rumah maka model batu alam bisa jadi pilihan. Desain kolam ikan ini akan terlihat sempurna karena memiliki perpaduan antara kesan modern dan tradisional. Selain itu, kombinasi lapisan tembok dari batu alam dan tanaman yang ada di sekitarnya makin menambah kesan asri dan menyejukkan. Anda juga bisa menambahkan dekorasi patung berukuran mini untuk menambah kesan kokoh pada kolam ikan minimalis ini.

    Kolam Ikan Model Selokan

    Jika biasanya kolam ikan berbentuk lingkaran, kini Anda juga bisa mengkreasikan kolam ikan berbentuk selokan. Karena berbentuk selokan, tentu saja biaya pembuatan desain kolam ikan minimalis ini juga terjangkau. Anda bisa membuatnya dari kayu maupun semen sesuai kebutuhan. Selain itu, agar kolam ikan sederhana ini tampak makin indah, jangan lupa tambahkan ornamen batu kali maupun air mancur kecil. Model kolam ikan jenis ini cocok diaplikasikan untuk hunian dengan area terbatas ataupun minimalis.

    Kolam Ikan Semi Aquarium

    Jika biasanya Anda memelihara ikan di aquarium hanya bisa dinikmati keindahannya dari sisi samping saja, maka desain semi aquarium bisa jadi solusi. Desain kolam ini akan terlihat unik karena Anda bisa melihatnya dari kedua sisi, baik atas maupun samping. Untuk material pembuatannya, kolam ikan semi aquarium bisa dibuat dari kombinasi kaca dengan konblok. Lalu untuk desain penempatan, usahakan permukaan kolam lebih tinggi dari tanah, agar kaca yang terpasang bisa terlihat sempurna.

    Kolam Ikan Asimetris

    Tidak harus kotak dan melingkar, desain kolam ikan asimetris juga bisa jadi solusi. Desain kolam ini akan terlihat artistik dan menarik, sebab tampilannya yang unik dan bisa jadi solusi untuk memaksimalkan ruang. Selain itu untuk membentuk kesan alami, Anda juga bisa menambahkan batu-batuan alam agar terlihat natural dan terkesan tidak dipaksakan.

    Desain Kolam Ikan Air Mancur Bertingkat

    Ketika kolam ikan dikombinasikan dengan desain air mancur tentu akan membuat suasana rumah menjadi tenang dan menyegarkan. Anda juga tidak perlu area luas untuk mewujudkan desain kolam ikan sederhana ini. Cukup dengan buat kolam dekat dinding dan kombinasikan menggunakan air mancur bertingkat. Maka suasana tenang juga desain kolam menarik bisa Anda dapatkan.

    Baca juga: 7 Ide Model Meja TV Minimalis & Cara Membuatnya

    Kolam Ikan Model Pot

    Jika Anda tidak mau ribet untuk membuat kolam ikan, maka model pot bisa jadi pilihan. Cukup dengan memiliki model pot dengan diameter sesuai kebutuhan maka desain kolam ikan sederhana ini bisa Anda hadirkan di rumah. Jangan lupa untuk menambahkan tanaman sebagai hiasan agar terlihat menarik. 

    Kolam Ikan Berdesain Jepang

    Bosan dengan desain kolam ikan yang sederhana, Anda bisa menghadirkan model kolam ala Jepang. Desain kolam ini akan semakin terasa suasana di negeri Sakura ketika Anda mengisinya dengan ikan koi. Selain itu, kombinasi bunga berwarna pink juga tanaman-tanaman hias juga bisa dipilih sebagai pelengkap suasana.

    Kolam Ikan Model Lingkaran Llasik

    Ingin menghadirkan kolam ikan dibelakang rumah dengan tema klasik? Maka desain kolam ikan model lingkaran klasik bisa jadi pilihan. Desain ini memadukan nuansa alam dengan tambahan taman kecil dan batu-batuan sebagai pelengkapnya. Sehingga kesan alami dan klasik akan menjadi perpaduan yang sempurna.

    Kolam Ikan Depan Rumah Gaya Leveling

    Bagi Anda yang memiliki rumah dengan ukuran minimalis desain kolam ikan depan rumah gaya leveling adalah solusinya. Model kolam ikan jenis ini bisa Anda buat dengan material semen. Selain itu, leveling juga disebut sebagai terasering bertumpuk. Jadi, Anda bisa merawat ikan dengan berbagai jenis sesuai keinginan. Untuk membuat kesan lebih hidup jangan lupa tambahkan tanaman dan air mancur agar kesan alami semakin terasa.

    Kolam Ikan Berbentuk Kotak

    Bosan dengan model kolam berbentuk lingkaran, maka bentuk kotak bisa jadi pilihannya. Model kolam jenis ini cocok jika diletakkan di area depan rumah minimalis. Untuk membuatnya, Anda bisa menggunakan batu bata maupun beton yang sudah diplester. Jangan lupa juga tambahkan tanaman hijau agar kesan alami tetap terasa.

    Pemilihan desain kolam ikan yang tepat akan membuat hunian terlihat semakin indah. Itulah sebabnya Anda bisa menentukan model kolam ikan sesuai kebutuhan, baik dari segi ukuran, desain maupun penempatannya. Jadi, desain mana yang paling sesuai dengan rumah Anda?

    Baca juga: Ruang Bermain Anak yang Sederhana dan Minimalis