Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Desain Kolam Renang

    10 Desain Kolam Renang Minimalis Modern di Rumah Sempit

    Selain sebagai sarana olahraga, kolam renang juga bisa jadi tempat bersantai dengan keluarga. Meskipun tidak terlalu luas, Anda tetap bisa merasakan serunya berenang di  rumah dengan desain kolam renang minimalis yang pas. Kira-kira apa saja desain kolam renang yang bisa Anda pilih? Yuk intip inspirasinya berikut ini!

    7 Inspirasi Desain Kolam Renang

    Ada banyak inspirasi desain kolam renang yang dapat Anda pilih untuk diaplikasikan di rumah. Apa saja? Berikut daftarnya

    Desain berbentuk persegi panjang

    desain kolam renang

    Desain kolam renang minimalis dengan bentuk persegi panjang banyak digunakan karena modelnya yang sederhana. Bentuk segi empat dapat menjadi pilihan untuk memanfaatkan sisa lahan di rumah. Usahakan agar letak kolam sejajar dengan garis rumah. Anda bisa membuat luas kolam sesuai dengan sisa lahan yang tersedia.

    Kolam berbentuk huruf L di samping rumah

    desain kolam renang

    Desain kolam renang minimalis lainnya yang dapat digunakan adalah kolam dengan bentuk huruf L. Desain kolam seperti ini bisa dipakai saat ada sisa lahan yang dapat mengitari rumah sehingga didapat bentuk L. Biasanya, kolam renang berbentuk L sering digunakan pada rumah minimalis dengan tipe 36 maupun type 45.

    Berbentuk lingkaran seperti kolam ikan

    desain kolam renang

    Ide kolam berbentuk setengah lingkaran atau lingkaran juga bisa Anda gunakan agar tidak menghabiskan banyak lahan. Umumnya, kolam dengan bentuk ini memang tidak digunakan untuk olahraga, namun hanya dipakai sebagai tempat bersantai maupun merendam kaki dikarenakan ruang gerak yang terbatas. 

    Kolam renang minimalis untuk olahraga

    desain kolam renang

    Bagi Anda yang menggunakan kolam sebagai sarana olahraga, ada baiknya untuk membuat desain kolam renang seminimalis mungkin sesuai dengan kebutuhan. Bentuk langsing dan memanjang cocok digunakan dengan memperhitungkan lebar yang pas agar tetap nyaman saat digunakan.

    Selain itu, Anda juga bisa menggunakan konsep endless pool system dengan menambahkan alat pompa arus pada model kolam renang tipe ini.

    Konsep indoor untuk anak anak

    desain kolam renang

    Anda bisa membuat desain kolam renang minimalis indoor yang aman untuk anak-anak. Tak perlu banyak hiasan seperti tanaman dan batuan alam untuk konsep indoor. Pastikan kedalaman kolam tidak lebih dari 100 meter, mengingat desainnya yang diperuntukkan untuk anak-anak.

    Kedalaman kurang dari 100 meter dinilai aman untuk digunakan anak anak. Anda bisa mendesain lantai kolam seperti tangga untuk memudahkan akses masuk bagi mereka. Selain itu, kolam dengan konsep indoor juga tidak membutuhkan banyak biaya karena perawatan yang lebih mudah.

    Kolam dengan konsep semi indoor

    desain kolam renang

    Konsep semi indoor ini membuat Anda nyaman untuk berenang kapanpun. Anda tidak akan khawatir saat berenang di cuaca yang terik maupun saat hujan. Untuk desain bentuk kolam, Anda bebas menggunakan bentuk apapun sesuai selera. Sebab, atap diatas kolam akan menyesuaikan bentuk kolam yang Anda buat. 

    Properti di sekitar kolam

    desain kolam renang

    Agar menciptakan suasana ala liburan musim panas, Anda bisa menambahkan properti seperti kursi sun lounger di pinggir kolam renang. Payung pantai di sekitar kursi juga akan menambah suasana santai ala liburan. 

    Namun, jika tidak memiliki sun lounger, Anda bisa menggunakan sofa kecil atau beberapa bean bag dengan warna berbeda. Tambahkan tanaman di sekeliling kolam untuk menghadirkan kesan alami. Untuk menghias kolam, tambahkan juga pelampung besar berbentuk karakter lucu agar kolam tampak menarik dan suasana menjadi menyenangkan.

    Tips Merawat Kolam Renang Pribadi

    Agar kolam renang Anda tetap bersih dan nyaman digunakan, tentunya ada tips dalam perawatannya. Bagaimana caranya? Berikut tips dalam merawat kolam renang pribadi di rumah.

    1. Pembersihan berkala

    desain kolam renang

    Cara merawat kolam yang benar adalah membersihkannya secara rutin agar tidak ada waktu untuk lumut berkembang biak. Waktu yang disarankan adalah minimal 2-3 kali seminggu untuk membersihkan keseluruhan kolam atau setiap hari untuk membersihkan kotoran daun di kolam dengan menggunakan penyaring manual. 

    Jangan terlalu lama membiarkan daun-daun berada di kolam. Selain tidak enak dipandang, Anda juga akan merasa risih saat menggunakan kolam yang kotor.  Setelah menyingkirkan daun di kolam, Anda juga harus sesekali menguras air yang ada di kolam. 

    Hal ini bertujuan untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang ada di kolam sehingga tetap sehat dan nyaman digunakan. Jangan lupa untuk menyikat dinding kolam dan lantai dasar saat menguras. Cara ini dilakukan untuk menghilangkan kerak yang ada pada lantai keramik. Setelah penyikatan selesai, air kolam dapat diisi kembali.

    2. Penggunaan filter

    desain kolam renang

    Selain dibersihkan secara berkala, Anda juga dapat menambahkan filter air dalam kolam. Semakin baik kerja filter, maka kualitas air di kolam akan semakin baik. Penggunaan filter kolam sangat penting dalam membantu proses penyaringan air dari kotoran yang ada pada kolam renang.

    3. Menggunakan lampu ultraviolet

    desain kolam renang

    Pada umumnya, kaporit sering ditambahkan pada kolam renang. Kaporit digunakan untuk mematikan bakteri yang ada pada air. Namun ada cara lain tanpa menggunakan kaporit, yaitu menggunakan lampu ultraviolet.

    Lampu ultraviolet berfungsi untuk membunuh bakteri dan kuman yang ada di dalam air serta menjaga kolam renang tetap bersih. Fungsi lainnya adalah mengikat bibit lumut dan ganggang agar menggumpal menjadi satu. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk membersihkan kotoran yang ada dalam air. 

    Anda dapat membuat berbagai desain kolam renang dengan menyesuaikan lahan yang dimiliki. Ukurannya yang minimalis pun tak akan menjadi masalah asal dapat digunakan secara maksimal. Dengan pemilihan desain kolam renang yang tepat, area kolam akan terlihat cantik. 

    Baca juga: 10 IDE DESAIN KOLAM IKAN MINIMALIS MODERN DI RUMAH, PASTI SUKA!