Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Desain Pagar Tanaman Hidup

    10 Desain Pagar Tanaman Hidup Kreatif, Buat Rumah Asri dan Indah

    Tidak hanya beton maupun batu bata, Anda bisa menggunakan desain pagar tanaman hidup sebagai alternatif yang unik. Ada berbagai jenis tumbuhan yang bisa jadi referensi agar hunian terlihat natural. Untuk itu, berikut beberapa jenis tanaman yang cocok jadi pagar di rumah.

    12 Desain Pagar Tanaman Hidup

    Tidak semua jenis tanaman bisa dijadikan sebagai pembatas halaman maupun pagar. Untuk itu, berikut jenis pagar tanaman hidup yang bisa jadi pilihannya.

    1. Pohon cemara

    desain pagar tanaman hidup

    Sumber: nurserytrees.com

    Salah satu jenis pagar tanaman hidup yang bisa digunakan di rumah adalah pohon cemara. Arborvitae atau cemara kipas merupakan pilihan terbaik karena memiliki bentuk tegak dengan tinggi sekitar 3 - 6 meter. Selain memberikan kesan kokoh, pagar pohon cemara ini banyak dipilih karena dapat melindungi privasi penghuninya.

    Meskipun memiliki ukuran yang cukup tinggi dan kokoh, namun kayu ini ringan dan lembut sehingga dapat menahan angin alami saat digunakan. Tidak hanya itu, aromanya yang khas juga bermanfaat sebagai pengusir ngengat.

    2. Pagar bambu

    desain pagar tanaman hidup

    Sumber: bambooplantshq.com

    Ide desain pagar tanaman hidup selanjutnya adalah bambu. Pagar bambu yang tinggi dan rapat cocok untuk Anda yang mengutamakan privasi pada rumah. Selain itu, pagar tanaman bambu juga akan membuat bangunan terlihat lebih kokoh dan tinggi. 

    Sebagai referensi, Anda bisa memilih menggunakan bambu dengan bilah besar pada bagian depan rumah. Sedangkan pada area belakang rumah, gunakan pagar tanaman bambu yang sudah ditanam dalam pot dan letakkan secara berjejer. Selain digunakan sebagai pagar tanaman hidup, deretan bambu akan membuat hunian Anda lebih sejuk.

    3. Tanaman pakis

    desain pagar tanaman hidup

    Sumber: flickr.com

    Tanaman pakis merupakan sejenis paku-pakuan dengan bentuk unik seperti tulang ikan yang bisa dijadikan sebagai salah satu ide desain pagar tanaman rambat selanjutnya. Pakis dapat digunakan baik di depan maupun belakang rumah. Anda bisa menanamnya pada permukaan tanah maupun dibiarkan merambat dan menempel pada pagar. 

    Tanaman pakis akan memberikan kesan imbun dan natural pada rumah. Tidak hanya itu, tanaman pakis juga bisa dimanfaatkan untuk mengendalikan serangan hama agar tidak masuk ke bagian dalam rumah.

    4. Bunga bougenvil

    desain pagar tanaman hidup

    Sumber: plantmaster.com

    Bunga Bougenvil juga bisa digunakan sebagai pagar yang indah untuk rumah. Bunga ini memiliki karakteristik unik berupa bentuk kelopaknya yang tidak bisa mekar sepenuhnya serta mempunyai warna beragam mulai dari ungu, pink, putih, oranye dan lain-lain. Selain itu, bunga bugenvil juga memiliki kebiasaan unik merontokkan daunnya ketika berbunga. 

    5. Tanaman sansevieria

    desain pagar tanaman hidup

    Sumber: pinterest.com

    Di Indonesia tanaman hias Sansevieria lebih dikenal dengan sebutan lidah mertua. Sansevieria berdaun keras, tegak dengan ujung meruncing serta mampu bertahan hidup dengan cahaya matahari dan air yang sedikit. 

    Warna tanaman lidah mertua juga beragam, mulai dari hijau muda, hijau tua, sampai putih-kuning. Pagar tanaman hias Sansevieria terbukti mampu menyaring karbon dioksida sehingga akan membuat rumah Anda terasa lebih sejuk.

    6. Vertical garden

    desain pagar tanaman hidup

    Sumber: ignitersasia.com

    Bagi Anda yang memiliki hunian berukuran kecil, desain pagar tanaman rumah minimalis vertical garden adalah pilihan yang tepat. Jenis pagar ini berupa taman menggantung atau menempel pada dinding. 

    Vertical garden memberikan kesan natural, mewah, cantik namun tetap sederhana. Namun, jika Anda memilih pagar tanaman rambat ini, pastikan untuk melakukan pemotongan secara rutin agar terlihat rapi. 

    Baca juga: 8 IDE DESAIN PAGAR RUMAH MINIMALIS MODERN TERBARU 2021

    7. Bunga soka

    desain pagar tanaman hidup

    Sumber: twitter.com

    Jenis pagar tanaman hidup yang juga bisa jadi pilihan adalah bunga soka. Bunga soka merupakan tanaman hias berdaun kecil yang memiliki warna beragam dan dapat tumbuh menjulang tinggi tanpa ranting. 

    Ketika diaplikasikan sebagai pagar, jenis bunga soka mampu bertahan sekitar 3-4 bulan dengan pemupukan 3 bulan sekali. Tidak hanya difungsikan sebagai pagar, bunga soka juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit mulai dari meredakan stress, mengobati diare sampai meredakan kram.

    8. Bunga sepatu

    desain pagar tanaman hidup

    Sumber: mundoecologia.com.br

    Tanaman hias lainnya yang cocok dijadikan pagar tanaman hidup adalah bunga sepatu. Bunga sepatu memiliki bentuk dan tekstur yang cocok jika diaplikasikan sebagai pagar. Apalagi, tanaman ini juga tidak membutuhkan media rambat khusus. Anda hanya perlu membiarkannya tumbuh besar dan rimbun lalu memotong daunnya agar lebih rapi.

    9. Tanduk rusa

    desain pagar tanaman hidup

    Sumber: aujardin.info

    Jenis tanaman tanduk rusa juga cocok dijadikan sebagai pagar. Terlebih bila  diaplikasikan sebagai vertical garden. Selain akan membuat rumah terlihat asri, aplikasi tanduk rusa untuk pagar akan membuat hunian Anda terkesan lebih natural.

    10. Boxwood

    desain pagar tanaman hidup

    Sumber: obeki.com

    Desain pagar tanaman hidup yang populer lainnya adalah boxwood. Tanaman boxwood merupakan pohon kecil berbentuk kotak ataupun bulat yang biasanya paling sering digunakan sebagai pagar. 

    Boxwood atau buxus juga merupakan tanaman panjang yang bisa tumbuh sampai 6 meter. Itulah sebabnya, ketika Anda memilih tanaman ini sebagai pagar, usahakan memotongnya secara berkala agar tidak tumbuh liar.

    11. Morning glory

    desain pagar tanaman hidup

    Sumber: nmd.mk

    Pagar tanaman hias rambat yang juga cocok diaplikasikan di rumah minimalis adalah morning glory. Tanaman ini memiliki bau harum saat mekar di pagi hari. Tertarik dengan bunga cantik satu ini? Jangan lupa untuk siapkan kayu atau bambu sebagai media untuk merambat bagi bunga morning glory. 

    12. American holly

    desain pagar tanaman hidup

    Sumber: harwoodslawncare.com.au

    Jenis pagar tumbuhan lainnya yang tidak kalah populer adalah American holly. Tanaman ini merupakan pohon yang mirip dengan cemara. Bedanya, american holly memiliki daun hijau yang bisa tumbuh hingga mencapai 20 meter. Itulah sebabnya, ketika Anda memilih jenis tanaman ini sebagai pagar rumah, usahakan rajin memangkasnya agar tidak tumbuh berantakan.

    Pagar tumbuhan  bisa jadi pilihan terbaik bagi Anda yang menyukai rumah bernuansa natural. Namun jangan lupa, tidak semua tanaman bisa dijadikan pagar. Anda harus pintar memilih tanaman yang tepat agar dapat dimaksimalkan sesuai dengan fungsinya. Selamat mencoba!

    Baca juga: 12 ANEKA KREASI PAGAR BAMBU MINIMALIS UNIK YANG INSPIRATIF