Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Desain Rumah 2 Lantai Di Lahan Sempit

    15 Desain Rumah 2 Lantai di Lahan Sempit Minimalis Mungil

    Popularitas desain rumah 2 lantai di lahan sempit sepertinya terus mengalami peningkatan akhir-akhir ini. Hal tersebut tentu tak terlepas dari fakta melonjaknya harga tanah secara signifikan di setiap tahun. Oleh karena itu, banyak orang memilih untuk membeli kavling berukuran kecil dan mengakalinya dengan menerapkan hunian bertingkat agar lebih luas.

    Nah selain itu, pemilihan rancangan konsep yang tepat juga jadi salah satu faktor utama lho. Jadi, area minim bukan lagi alasan ya! Anda tetap bisa mewujudkan rumah idaman meski di lahan sempit dengan beberapa inspirasi desain berikut ini

    15 Desain Rumah 2 Lantai di Lahan Sempit

    Bila diakali dengan trik yang benar, area kecil bukanlah suatu halangan. Cukup siasati dengan memilih desain rumah 2 lantai di lahan sempit yang tepat, di antaranya yaitu:

    Rumah 2 lantai dengan pekarangan luas 

    desain rumah 2 lantai di lahan sempit

    Sumber: ruanginspiratif.com

    Bagi pecinta tanaman, desain dengan halaman luas ini berarti cocok buat Anda. Pasalnya, seringkali lahan sempit memiliki tanah memanjang ketimbang melebar. Maka dari itu, bagian depan dan belakang hunian dapat dimanfaatkan menjadi taman. 

    Desain rumah 2 lantai di lahan sempit dengan 3 kamar 

    desain rumah 2 lantai di lahan sempit

    Sumber: idntimes.com

    Apabila Anda memiliki anggota keluarga besar, desain dengan 3 kamar tidur yang satu ini patut dipertimbangkan. Terlepas dari lahan sempit, ada berbagai cara untuk menyiasatinya seperti menggabungkan beberapa ruang, seperti area makan dan dapur, atau menggunakan kasur tingkat.

    Desain rumah 2 lantai di lahan sempit dengan 4 kamar

    desain rumah 2 lantai di lahan sempit

    Sumber: pinterest.com

    Apakah mungkin rumah sempit memiliki 4 kamar tidur? Jangan khawatir, karena luas lahan tidak menjadi patokan untuk menghadirkan banyak ruang. Kuncinya, coba gabungkan beberapa ruang menjadi satu. Misalnya tempat tamu yang dimanfaatkan sebagai area keluarga sekaligus seperti inspirasi di atas.

    Menciptakan suasana hangat pada lahan sempit

    desain rumah 2 lantai di lahan sempit

    Sumber: pinterest.com

    Memiliki lahan sempit bukan berarti hunian tidak dapat dinikmati. Nyatanya, Anda pun tetap dapat menciptakan suasana nyaman dan hangat dengan menyiasati penempatan ruangan serta warna cat rumah. Misalnya penggunaan rona coklat yang memiliki unsur alami agar menciptakan rasa hangat sekaligus aman pada hunian Anda. 

    Rumah minimalis dengan kamar di lantai yang sama

    desain rumah 2 lantai di lahan sempit

    Sumber: langkahwarna.com

    Denah satu ini cocok buat Anda yang menginginkan kamar di lantai sama. Jadi setiap lantai memiliki fungsinya masing-masing, di atas untuk rehat dan di bawah untuk beraktivitas. Di sisi lain Anda juga tidak akan terganggu dengan kebisingan saat ingin santai dan tidur dalam kamar. 

    Desain rumah 2 lantai di lahan sempit dengan kamar terpisah

    desain rumah 2 lantai di lahan sempit

    Sumber: pinterest.com

    Desain yang satu ini dapat disesuaikan dengan selera, apabila lebih menyukai kamar pisah lantai agar lebih mendapatkan privasi, maka Anda bisa menaruh dua kamar di setiap lantai.

    Menyiasati rumah sempit dengan tangga memutar

    desain rumah 2 lantai di lahan sempit

    Sumber: denahpro.blogspot.com

    Tangga memang terkesan memakan banyak tempat, khususnya bagi hunian kecil. Nah untuk menyiasatinya, Anda bisa loh menggunakan tangga memutar agar ruangan lebih luas. Di sisi lain juga akan terlihat unik, dijamin membuat rumah jadi anti-mainstream.

    Baca juga: 10 INSPIRASI DESAIN RUMAH HEBEL TANPA PLESTER MINIMALIS 2021

    Desain rumah 2 lantai di lahan sempit beserta ruang cuci 

    desain rumah 2 lantai di lahan sempit

    Sumber: homeshabby.com

    Jika tidak membutuhkan halaman luas, Anda bisa menggantinya dengan ruangan khusus gudang atau tempat untuk mencuci baju. Alhasil rumah menjadi lebih fungsional terlepas dari lahan yang terbatas. 

    Rumah kecil di sudut kota 

    desain rumah 2 lantai di lahan sempit

    Sumber: id.pinterest.com

    Padatnya bangunan di kota mengharuskan beberapa orang mengambil rumah pada sudut perkotaan. Untuk menyiasatinya, menghadirkan hunian bertingkat dapat menjadi solusi atas keterbatasan lahan tersebut. Supaya tetap homey, gunakanlah base warna putih dan coklat agar terlihat luas sekaligus hangat.  

    Denah rumah mungil dengan 2 lantai

    desain rumah 2 lantai di lahan sempit

    Sumber: qhomemart.com

    Membangun hunian 2 lantai akan sangat membantu bagi pemilik rumah mungil. Pasalnya tempat bertingkat akan menghadirkan lebih banyak ruangan yang dapat Anda gunakan. Misalnya dengan membuat kamar tidur di atas dan tempat berkegiatan sehari-hari ada di lantai bawah. 

    Desain rumah 2 lantai di lahan sempit bertipe 36

    desain rumah 2 lantai di lahan sempit

    Sumber: pinterest.com

    Rumah 2 lantai sangat mungkin untuk diaplikasikan pada rumah bertipe 36. Pastinya, hunian ini tetap menciptakan rasa hangat dan nyaman buat Anda yang menempatinya. Masalah spesifikasi, tipe 36 biasanya memiliki 2 kamar tidur, 1 ruang tamu atau keluarga, dan 1 tempat mandi. Namun tentunya, harus disesuaikan dengan kebutuhan pribadi, bisa saja Anda menghadirkan 3 kamar tidur jika memiliki anak. 

    Desain rumah 2 lantai di lahan sempit bergarasi luas

    desain rumah 2 lantai di lahan sempit

    Sumber: homeshabby.com

    Apabila ingin memiliki garasi luas, pastikan ukuran setiap ruangan proporsional serta disesuaikan dengan kebutuhan. Hal tersebut dilakukan agar tidak memakan banyak tempat dan sisa lahan pun bisa dimanfaatkan untuk memperluas garasi. Cocok bagi Anda yang memiliki lebih dari satu kendaraan.

    Kamar anak yang digabung di tengah lahan sempit 

    desain rumah 2 lantai di lahan sempit

    Sumber: rumahcor.com

    Untuk menyiasati lahan sempit, Anda bisa mengakalinya dengan menggabungkan kamar anak, ketimbang menyediakan satu per satu. Namun pastinya, furniture tetap harus disediakan khusus sendiri-sendiri misalnya twin bed atau bunk bed bagi tempat yang kecil. Sedangkan sisa ruang dapat dimanfaatkan dijadikan kamar belajar agar lebih fungsional. 

    Desain rumah 2 lantai di lahan sempit yang minimalis

    desain rumah 2 lantai di lahan sempit

    Sumber: homeshabby.com

    Umumnya, hunian minimalis mementingkan fungsionalitas ketimbang estetika. Nah untuk itu, Anda bisa memaksimalkan bagian bawah untuk beraktivitas dan menjamu tamu, sedangkan ruang beristirahat di lantai dua. Dijamin, kebutuhan sehari-hari Anda akan terpenuhi terlepas dari lahan yang sempit. 

    Rumah 2 lantai tanpa kamar anak

    desain rumah 2 lantai di lahan sempit

    Sumber: pinterest.com

    Terakhir, buat yang belum memiliki momongan, Anda dapat memanfaatkan ruangan untuk keperluan pribadi, misal dijadikan tempat kerja, membaca, atau bahkan studio musik sekalipun. Nah di sisi lain, bisa juga master bedroom tidak disekat supaya lebih luas bak tinggal di hotel.  

    Itulah beberapa desain rumah 2 lantai di lahan sempit yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Bagaimana, tampilan bangunan tetap tampak kece dan terasa melegakan bukan meski ukuran tanahnya sendiri tak terlalu luas? Di samping penentuan konsep, perhatikan juga pemilihan setiap elemen baik di bagian eksterior maupun interiornya.

    Berbicara soal interior, tentu tak akan lepas dari aneka perabot dan pernak pernik di dalamnya. Hal ini penting, mengingat penataan ataupun pemilihan furniture yang salah seringkali membuat suasana terasa semakin sempit. Untuk itu, temukan beragam inspirasi desain aneka ruang dan tips & trik pintar menatanya hanya di laman resmi iCreate sekarang juga!

    Baca juga: 10 DESAIN RUMAH DI TANAH MENURUN, KOKOH DAN ANTI MAINSTREAM!