Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Desain Rumah Di Tanah Menurun

    10 Desain Rumah di Tanah Menurun, Kokoh dan Anti Mainstream!

    Meski dibangun di atas kontur anti mainstream, nyatanya pemilihan desain rumah di tanah miring yang tepat tetap bisa membuatnya kokoh dan terlihat penuh gaya. Meski tak mudah, tak ada salahnya lho untuk berkreasi dengan perhitungan matang dalam menghadirkan hunian impian.

    Jadi tak perlu minder lagi, berikut beberapa inspirasi desain rumah di tanah miring yang bisa Anda jadikan sebagai inspirasi menarik!

    10 Inspirasi Desain Rumah di Tanah Miring

    Desain rumah di tanah menurun bisa dirancang dengan berbagai pilihan model serta material, mulai dari konsep hunian panggung, balok kantilever, sampai bahan beton yang kokoh. Di antara beberapa inspirasinya adalah sebagai berikut

    Rumah panggung di tanah menurun

    desain rumah di tanah miring

    Sumber: pinterest.com

    Model rumah panggung memang sangat cocok diterapkan pada kontur tanah yang menurun. Dengan pemilihan material tepat, hunian ini akan dapat berdiri kokoh meskipun kondisi lahannya tidak rata. Biasanya, bangunan tersebut didirikan pada kawasan dataran tinggi yang dikelilingi pepohonan.

    Untuk material desain rumah di tanah menurun, Anda bisa menggunakan kombinasi bahan beton dan kayu agar konstruksi bangunan semakin kuat. Selain itu, Anda juga perlu memasang pagar untuk menambah keamanannya.

    Desain rumah di tanah menurun balok kantilever

    desain rumah di tanah miring

    Sumber: idnes.cz

    Selain bergaya rumah panggung, konsep kantilever yang unik juga terasa begitu tepat diterapkan pada hunian di tanah miring. Apalagi, desainnya yang modern juga dapat meningkatkan estetika bangunan Anda. 

    Namun, mengingat tempatnya berada di tanah curam, Anda harus memastikan keamanan hunian. Caranya adalah dengan memilih material kokoh yang dapat menahan beban berat bangunan, seperti beton, kayu, besi ataupun baja. Dengan begitu, penghuni akan merasakan kenyamanan berada di dalamnya serta tidak dibayang-bayangi rasa takut bahwa rumah akan roboh.

    Tampilan cat dinding abu-abu yang menawan

    desain rumah di tanah miring

    Sumber: fullwood.de

    Sempurnakan tampilan eksterior rumah di tanah miring dengan warna cat bagian luar abu-abu. Tone ini akan menghasilkan tampilan terbaik untuk hunian Anda apalagi didukung oleh lanskap sekitarnya yang menawan. 

    Selain itu, desain rumah di tanah menurun yang tinggi memungkinkan hunian mendapatkan sinar matahari. Hal ini juga akan mempengaruhi penampilan warna cat abu-abu ketika terkena cahaya alami. Pertimbangkan untuk memilih tone lebih cerah agar tampilan hunian semakin cantik.

    Semakin klasik dengan konsep wainscoting

    desain rumah di tanah miring

    Sumber: pinterest.com

    Apapun gaya hunian Anda, dinding kayu adalah salah satu inspirasi keren untuk diterapkan pada desain rumah di tanah menurun. Konsep ini dikenal dengan nama wainscoting, yaitu sejenis panel moulding yang menutupi hampir seluruh bagian tembok.

    Konsep wainscoting tersebut adalah dinding aksen kayu untuk menciptakan tampilan hunian yang klasik. Di samping itu, nuansa naturalnya juga dapat menghadirkan kenyamanan di dalam maupun luar rumah.

    Balkon yang menyegarkan

    desain rumah di tanah miring

    Sumber: pinterest.com

    Desain rumah di tanah menurun dengan balkon merupakan salah satu rekomendasi terbaik yang bisa ditiru. Pasalnya, konsep ini memungkinkan untuk melihat lanskap sekitar dengan jelas serta menikmati keindahan alamnya. Sehingga, Anda dan keluarga lain dapat bersantai di dalamnya dan menghirup udara segar.

    Baca juga: 10 DESAIN RUMAH BALI MODERN MINIMALIS DAN ARTI ARSITEKTURNYA

    Desain rumah di tanah menurun gaya kontemporer 

    desain rumah di tanah miring


    Sumber: pinterest.com

    Pada dasarnya, gaya kontemporer ditentukan oleh kesederhanaan, kecanggihan desain, permainan tekstur yang disengaja, serta garis-gari bersih pada tampilannya. Warna netral seperti abu-abu, hitam, dan putih sering menjadi rona utama dalam hunian berkonsep ini.

    Misalnya pada desain rumah di tanah menurun di atas, gaya kontemporernya dapat dikenali dengan penerapan acian dinding tanpa finishing. Tak hanya itu, biasanya bangunan ini juga dilengkapi sentuhan kayu untuk menonjolkan kesan netral pada hunian.

    Lantai teras kayu yang natural 

    desain rumah di tanah miring

    Sumber: pinterest.com

    Model rumah di tanah miring dengan lantai kayu diciptakan untuk menghadirkan hunian berkonsep ramah lingkungan. Bergaya seperti rumah panggung, Anda dapat dengan mudah mengganti ubin keramik dengan material yang lebih alami.

    Desain rumah di tanah menurun berlantai kayu juga dapat diterapkan pada villa lho. Dijamin, akan banyak pengunjung yang melakukan reservasi di penginapan Anda demi mendapatkan pengalaman unik tinggal dekat dengan alam.

    Indah dengan dinding batu alam

    desain rumah di tanah miring

    Sumber: pinterest.com

    Batu alam adalah salah satu kunci untuk menciptakan tampilan terbaik pada eksterior rumah. Motifnya yang indah dan alami dapat meningkatkan estetika hunian Anda. Ditambah lagi materialnya juga dapat bertahan selama bertahun-tahun. Pasalnya, sebagian besar jenis batu bisa beradaptasi di hampir semua kondisi cuaca.

    Saat memilih bahan eksterior hunian Anda, penting untuk mempertimbangkan hal-hal seperti iklim dan struktur bangunan. Untuk itu, pada desain rumah di tanah menurun di atas, material batu alamnya diterapkan pada dinding bangunan di lantai bawah. Sedangkan bagian atasnya menggunakan material ringan yaitu kayu .

    Akses jalan kecil menuju rumah

    desain rumah di tanah miring

    Sumber: pinterest.com

    Membuat jalan setapak pada akses kecil menuju rumah dapat meningkatkan estetika hunian lho. Pada konsep ini, desain rumah di tanah menurun dapat dilalui dengan mudah akibat dari penciptaan sarana tangga untuk pejalan kaki.

    Desain rumah di tanah menurun yang estetik

    desain rumah di tanah miring

    Sumber: maisons-ideales.com

    Selain menyegarkan suasana, tampilan hunian tentu akan semakin estetik dengan kehadiran tumbuhan hijau di sekitarnya. Jika tertarik memilikinya, dijamin rumah di tanah miring Anda pasti akan menjadi aset investasi bagus di masa depan.

    Itulah beberapa inspirasi desain rumah di tanah miring yang tetap terlihat menawan meski dibangun di kontur unik. Referensi ini sangat cocok bila Anda menyukai konsep hunian tak biasa atau memang sedang berencana untuk membuat tempat tinggal di lahan menurun.

    Eits, tampilan luar rumah saja tidak cukup, yuk percantik juga sisi interiornya dengan aneka perabot berkualitas dari iCreate. Mulai dari hiasan estetik, furniture multifungsi, pernak pernik lucu, hingga dekorasi memukau, semua bisa Anda temukan di sini! Yuk wujudkan hunian impian bersama iCreate sekarang juga!

    Baca juga: 10 INSPIRASI DESAIN RUMAH HEBEL TANPA PLESTER MINIMALIS 2021