Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Desain Rumah Kayu

    15 Desain Rumah Kayu - Mewah, Modern dan Minimalis

    Desain rumah kayu secara umum digunakan di daerah pedesaan atau di kawasan dataran tinggi. Namun kini tidak sedikit orang yang menerapkannya di daerah perkotaan untuk menciptakan konsep yang unik dan berbeda. Dilihat dari gaya dan kesan yang diangkat, tema minimalis sederhana tetap menjadi primadona dari desain rumah kayu. 

    Menggunakan kayu sebagai struktur utama rumah akan memberikan beberapa manfaat bagi penghuni rumah tersebut, salah satunya yaitu proses pembangunannya yang lebih cepat. Tertarik mengetahui konsep rumah satu ini? Cek artikel pembahasan  tentang kelebihan, kekurangan, serta inspirasi desain rumah kayu berikut ini!

    Desain Rumah Kayu Minimalis

    Dalam mewujudkan rumah kayu minimalis, Anda bisa mengurangi perabotan serta menggunakan warna-warna monokrom maupun netral. Hindari bentuk desain dan penataan elemen ruang yang tidak memiliki fungsi atau tujuan tertentu. Berikut merupakan sejumlah ide desain rumah kayu minimalis yang bisa menjadi inspirasi Anda.

    1. Minimalis dengan banyak jendela 

    Desain rumah kayu minimalis berikut memadukan pemakaian pintu kaca dan banyak jendela besar dengan warna hitam. Desain seperti ini memungkinkan udara di dalam rumah menjadi lebih sejuk. Model atap yang digunakan berbentuk miring satu arah untuk melindungi rumah dari bahaya lingkungan luar.

    Sumber : decoholic.org

    2. Sentuhan minimalis untuk ruang kerja

    Bosan bekerja di dalam rumah? Desain rumah kayu seperti ini mungkin bisa menjadi pilihan. Garis tegas yang diciptakan warna hitam serta pintu kaca menjadi kunci tampilan minimalis hunian ini. Letakkan sofa nyaman untuk membantu Anda menikmati suasana taman di belakang rumah.

    Sumber : Backyard Room

    3. Kamar tidur rumah kayu minimalis

    Berikut merupakan inspirasi kamar tidur untuk desain rumah kayu minimalis. Padukan warna putih dengan corak alami kayu. Jangan lupa untuk memakai seprai berwarna netral. Tirai yang digantung mengelilingi tempat tidur serta pemilihan lampu yang tepat mampu meningkatkan kesan mewah.

    Sumber : vilondo.com

    4. Inspirasi teras minimalis untuk rumah kayu

    Paduan kayu dengan furniture serba putih mampu memberi kesan minimalis pada teras. Agar suasana lebih hijau, letakkan beberapa jenis tumbuhan sebagai dekorasi serta untuk taman di depan rumah. 

    Sumber : archdaily.com

    Desain Rumah Kayu Modern Mewah

    Pada umumnya, interior rumah modern mewah banyak menerapkan warna putih. Alasannya, warna putih memberi kesan ruangan megah, lebih luas dan bersih. Tak hanya itu, rumah modern mewah hampir selalu menempatkan sofa empuk di ruang tamu maupun living room. Tambahkan aksesoris dekoratif yang tepat seperti bunga atau tanaman.

    1. Modern dengan dominasi warna hitam

    Desain rumah kayu modern mewah di bawah ini didominasi warna hitam. Strukturnya yang megah dengan teras dan kolam renang pribadi memberi kesan rumah mewah. Tak hanya itu, rumah tampak terbuka dengan pemasangan jendela kaca besar di bagian depan.

    Sumber : behance.net/vlado3d

    2. Megah dengan halaman luas

    Pemakaian kaca untuk bagian depan rumah memberi peluang sinar matahari masuk ke dalam bangunan, mengurangi penggunaan lampu di siang hari. Selain itu, kaca mampu menciptakan pandangan yang luas ke luar rumah. Tak selalu hitam, desain berikut menerapkan warna coklat pada eksterior hunian. 

    Sumber : behance.net/vlado3d

    3. Warna putih elegan dan modern

    Desain rumah kayu modern mewah berikut diterapkan untuk hunian dua lantai. Selain warna alami kayu, rumah ini didominasi warna putih untuk rangka pintu, jendela, tiang, dan pagarnya. Untuk mengurangi kesan kaku, tanam berbagai macam bunga dan tumbuhan di halaman samping dan depan rumah.

    Sumber : behance.net/vlado3d

    4. Rumah kayu bernuansa klasik modern 

    Hunian berikut menerapkan desain rumah kayu modern mewah dengan nuansa klasik. Desain interiornya didominasi warna putih, senada dengan kayu yang dicat putih natural. Rumah ini juga dilengkapi teras sebagai tempat berkumpul. Penerangan yang digunakan mampu memberi kesan hangat dan nyaman.

    Sumber : unsplash.com/@rivphoto

    Desain Rumah Kayu Sederhana

    Sebenarnya, rumah kayu yang banyak diterapkan di pedesaan memiliki konsep sederhana. Tak banyak elemen yang ditambahkan dalam desain hunian. Kayu yang digunakan pun biasanya dibiarkan tanpa warna tambahan. Berikut adalah beberapa desain rumah kayu sederhana.

    1. Mungil nan cantik

    Meski sederhana, hunian mungil ini tampak nyaman, bukan? Agar tak terlalu monoton, pemilik rumah bisa memberikan aksen warna biru untuk rangka jendela dan pintu. Halaman depan rumah dibiarkan lapang tanpa banyak tumbuhan, cocok digunakan sebagai area bersantai dan tempat bermain anak. 

    Sumber : unsplash.com/@cezarsampaio

    2. Desain bersih dan sederhana

    Hunian ini memberi sedikit olesan cat putih ke struktur kayu yang digunakan, menciptakan kesan rumah bersih. Desainnya juga sederhana, berupa satu pintu lebar di bagian depan rumah, dengan tambahan jendela besar di samping hunian. 

    Sumber : busyboo.com

    3. Asri dengan banyak tanaman

    Hunian berikut memiliki desain sederhana, namun tampak istimewa dengan banyaknya tumbuhan yang diletakkan di halaman depan hingga belakang rumah. Bersantai di teras sambil menikmati pemandangan hijau nan asri sepertinya menyenangkan.

    Sumber : Dennis MayerPhotographer

    4. Menyatu dengan alam

    Desain rumah kayu sederhana ini sangat menyatu dengan alam. Pemberian cat hijau seakan menghubungkan rumah dengan pepohonan di sekitarnya. Hunian ini turut menerapkan kaca besar yang memberi sedikit sentuhan minimalis. 

    Sumber : unsplash.com

    Desain Rumah Kayu Panggung

    Rumah kayu panggung adalah hunian yang dibangun di atas permukaan tanah atau air. Hunian ini memiliki dasar rumah yang tidak menempel pada tanah. Rumah kayu panggung mempunyai tiang yang tinggi untuk melindungi area hunian dari binatang buas, serta bentuk proteksi dari bencana.

    1. Desain rumah kayu panggung sederhana

    Berikut merupakan contoh rumah kayu panggung sederhana, yang banyak diterapkan di daerah rawan banjir. Jika Anda menerapkan desain rumah kayu panggung, jangan lupa memberi lapisan anti rayap sebulan sekali. 

    Sumber : idea-home.thailetgo.com

    2. Contoh teras rumah kayu panggung

    Meskipun sederhana, sofa dan gorden berwarna putih memberi sentuhan minimalis pada ruangan. Letakkan dekorasi serupa payung bali untuk memperindah teras. Desain rumah kayu panggung seperti ini tampak dekat dengan alam.

    Sumber : idea-home.thailetgo.com

    3. Rumah kayu panggung modern

    Konsep modern juga dapat diterapkan pada rumah kayu panggung. Tambahkan aksen hitam pada jendela dan pilar yang menopang rumah. Bentuk desain kubus yang tak biasa seperti gambar berikut cukup mengundang perhatian. 

    Sumber : beautifullife.com

    Kelebihan Rumah Kayu

    Tak hanya ramah lingkungan, kayu sebagai struktur rumah mampu menjaga hunian tetap sejuk di musim panas dan hangat saat cuaca dingin. Dinding kayu dapat melindungi rumah dari kebisingan di luar. Selain itu, hunian yang terbuat dari kayu memiliki masa pembangunan relatif cepat dan sekitar 30% lebih murah daripada rumah dari batu bata dan beton.

    Struktur kayu yang digunakan pada rumah bisa memberikan kesan natural dan dekat dengan alam. Kelebihan lain dari hunian kayu adalah kemampuannya untuk dibongkar pasang apabila pemilik ingin merubah posisi atau lokasi rumah (knock down).

    Kekurangan Rumah Kayu

    Jika Anda tertarik membuat hunian semacam ini, pastikan bahwa kayu yang digunakan dalam kondisi sempurna dan tidak lembab. Rayap dapat merusak kayu dan hal ini berpengaruh pada ketahanan hunian. 

    Dari segi perawatan, rumah kayu harus diperiksa dalam kurun waktu tertentu. Pemilik bisa menambahkan cat eksterior untuk menutup pori-pori kayu dengan baik, agar air atau kelembaban tidak terserap ke dalam serat-seratnya dan menimbulkan kerusakan.

    Tak sulit mewujudkan desain rumah kayu yang sesuai dengan keinginan Anda. Dalam membuat rancangan hunian, pastikan Anda mengutamakan kenyamanan dan keamanan. Kunjungi iCreate untuk mendapatkan furniture dengan kualitas terbaik agar kenyamanan hunian Anda terjamin.

    Baca juga: 9 MODEL RUMAH JOGLO MODERN, UNIK DENGAN UNSUR BUDAYA